-->
close
Kuliah di Turki Dengan Berbagai Beasiswanya

Kuliah di Turki Dengan Berbagai Beasiswanya

Brainesia.com Kuliah di Turki sudah menjadi destinasi pendidikan yang populer bagi masyarakat Indonesia. Dari mulai program beasiswa pemerintah Turki Türkiye Bursları, beasiswa Kementerian Agama, beasiswa universitas, yayasan ataupun biaya sendiri. Bagi Anda yang bukan penerima beasiswa negara Turki dan membutuhkan financial support tambahan jangan khawatir. Beberapa lembaga di Turki juga turut memberikan bantuan financial kepada mahasiswa asing




Kenapa Harus Kuliah di Turki

Btw, turki itu bukan negara arab walau kebanyakan masyarakatnya beragama Islam, negara Turki di antara benua Eropa dan Asia yang memiliki peradaban Islam di masa silam ini memang telah menjelma kembali menjadi sebuah negara yang memiliki perekonomian kuat, berpengaruh, dan maju dalam berbagai sektor, termasuk sektor Pendidikan. Negara dengan tahun akademik September-Juni ini menerapkan bahasa Turki dalam sebagian besar universitasnya (Bahasa Inggris digunakan juga di beberapa universitas). Tapi meski dari segi bahasa dan politik Turki bukan termasuk dalam EU, Turki mengimplementasi Bologna process sejak tahun 2001. Ini membuat sistem pendidikan di negara tersebut setara dengan negara-negara di Eropa. 

Hal ini dibuktikan dari semua perguruan tingginya yang menggunakan credit system yang sama dengan Universitas di Amerika Utara. Sedangkan untuk segi sistem pendidikannya sendiri, Turki menggunakan two-tier system, kecuali untuk beberapa jurusan seperti Ilmu kedokteran gigi, Ilmu kedokteran hewan, farmasi, dan obat-obatan. Adapun kelebihan dari penerapan Bologna process ini adalah dalam hal pengakuan gelar, jaminan kualitas, kualifikasi kerangka kerja, dan sistem akreditasi terbaru yang di universalkan dengan European Union. Para pelajar juga dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke negara Eropa (Erasmus). Syaratnya yaitu harus lulus seleksi TOEFL dan nilai GPA. Bila lulus, pelajar di Turki bisa ke Jerman, Prancis, Belanda, Polandia, dan negara eropa lainnya sesuai kerjasama masing-masing universitas. Sedangkan untuk pencapaian, berdasarkan statistik ISI Web Sains Indeks Thomson ,Turki selalu berada di 20 besar peringkat dunia untuk publikasi jurnal ilmiah. Turki juga menambah jumlah universitas mereka pada tahun 2010, dari 51 menjadi 171. 

Misi pemerintah Turki untuk menjadi pusat regional untuk pendidikan tinggi telah membuat negara ini menambah daya tampung pelajar asing nya. Menurut UDEF sebuah Lembaga Pendidikan di Turki, pemerintah Turki berencana akan meningkatkan jumlah mahasiswa asing dari angka 100 ribu mahasiswa di tahun 2015, menjadi 350 ribu mahasiswa di tahun 2020. Saat ini mahasiswa dari 155 negara termasuk Indonesia sudah mengenyam pendidikan di Turki. Internasionalisasi universitas Turki adalah salah satu upaya insentif untuk menstandarisasi kualitas yang lebih tinggi. Perluasan kapasitas pendidikan tinggi di Turki juga telah menjadi bagian integral dari kemampuan Turki untuk menyambut lebih banyak siswa internasional. 


Positif dan Negatifnya Kuliah di Turki

Kuliah di manapun tidak terlepas dari susah dan senang, apalagi di Turki yang sangat banyak tempat destinasi dan berbeda kultur dengan kita. Hampir semua yang pernah berkunjung ke Turki pasti tahu bahwa Turki merupakan persilangan dua benua, yakni Asia dan Eropa. Inilah kenapa Turki merupakan negara multikultural. Ini juga yang menyebabkan adanya percampuran antara budaya timur dan barat. Bagi yang suka travelling, kuliah di Turki bakalan membuat Anda tidak bosan. Banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti misalnya 3 provinsi besar; İstanbul, Ankara, İzmir, Bursa. Atau mencoba ke khasan wisata di provinsi lain seperti melihat kuda troy di Canakkale, atau situs sejarah di Sanliurfa atau Mardin. Selain itu, berkunjung ke Eropa saat liburan juga bukan hal yang tidak mungkin. Misalnya jika kamu ingin ke Yunani atau Bulgaria, bisa lewat Edirne. Jarak yang dekat dan kemudahan transportasi bisa membuat biaya travelling mu jauh lebih murah. 

Cara daftar kuliah di Turki gak susah. Karena banyak universitas Turki yang mengadakan seleksi masuk di Indonesia. Kamu tinggal ikut ujian masuk yang soalnya matematika dan IQ, kalau lulus, tinggal bikin visa studi dan berangkat. Kamu gak mau ikut ujian? Bisa aja, kamu daftar pakai nilai UN dan transkrip nilai. Jalur ini biasa dikenal dengan jalur berkas. Untuk masalah Visa, berbeda dengan kebanyakan negara Eropa lainnya. Untuk membuat Visa studi ke Turki benar-benar mudah. Misalnya tidak ada syarat harus melampirkan sertifikat bahasa. Tidak ada syarat deposit money. Kamu hanya perlu melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir dan surat referensi bank saja. Ditambah dengan surat penerimaan dari universitas dan bukti booking tempat tinggal/asrama disana. 

Dilain sisi di sini kami ketemu teman dari berbagai negara, diskusi berbagai hal. Turki itu indah, kaya akan berbagai sejarah juga, kalian bisa temukan di berbagai sudut Turki fasilitas yang modern, dan kualitas pendidikan yang baik. Di satu sisi, hal yang kurangnya dari Turki, khususnya kota Izmir, di sini sekulerisme masih terbuka jelas. Di mana dari hampir keseluruhan rakyatnya yang muslim, hanya 50% diantaranya yang menunaikan solat, bisa mengaji, dll. Selebihnya, mereka hanya islam KTP. Kota saya, Izmir, merupakan kota paling sekuler di Turki. Di sini jujur agak susah juga menemukan mesjid. Patut diketahui, di sekolahku ga ada mesjid satupun. Jadi sekedar untuk menunaikan solat, harus cari taman atau pojokan untuk ibadah (Ciptadi Akbar Ahdiat, 2018). 
Bahasa

Turki merupakan salah satu negara yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang rendah. Artinya kalau kamu tinggal di Turki mau gak mau, suka gak suka kamu harus belajar dan bisa bahasa Turki. Walaupun kamu kuliah di Turki dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, kamu tetap saja harus bisa bahasa Turki. Itulah sebabnya di tahun pertama kamu harus kursus bahasa Turki dulu di TÖMER atau lembaga kursus bahasa Turki baik di kampus atau di luar kampus. Tahun selanjutnya kamu baru bisa mulai kuliah. 

1. Makanan di Turki

Salah satu yang biasa jadi masalah pelajar Indonesia yang tinggal disana adalah makanan. Karena masakan Turki dengan Indonesia benar-benar berbeda. Misalnya saja menu sarapan disana. Kamu gak akan Nemu nasi uduk, nasi goreng atau bubur ayam. Menu yang ada adalah roti, keju, zaitun, telur, cokelat, selai, madu, mentimun, tomat, sosis dan lain-lain. Belum lagi menu makanan yang lain seperti kebab, döner, dürüm, kokoreç, patlıcan, fasulye, biber dolması dan lain-lain. Sebenarnya enak, tapi kalau pertama kali coba mungkin kamu perlu terbiasa dengan rasanya. 

2. Cuaca di Turki

Sebagaimana yang kita tahu, bahwa Turki adalah negara 4 musim. Bulan Desember sampai Februari adalah musim dingin atau musim salju. Bulan Maret sampai bulan Mei adalah musim semi. Bulan Juni sampai bulan Agustus musim panas. Bulan September sampai bulan November adalah musim gugur. Apalagi buat kamu nanti yang kebetulan tinggal di kota-kota yang dingin. Seperti Bursa, Erzurum, Isparta dan lain sebagainya. Kamu harus siap dengan suhu -5° sampai -30° Celcius saat musim dingin. Serunya sih kamu bisa main salju yang gak pernah kamu lihat di Indonesia.
Mungkin untuk kisah susah senengnya kamu bisa cek di youtube bang lanang official ( jika videonya sudah di unggah) atau channel lain yang membahas kehidupan di turki, karena kalau di jelaskan rincinya wah, poin lain nggak sempet kebahas nanti, ini aja masih poin kedua hehe

3. Universitas di Turki

Program di universitas negeri umumnya diajarkan dalam bahasa Turki, meskipun beberapa program diajarkan dalam bahasa Inggris, Jerman atau Prancis. Siswa yang tidak fasih berbahasa Turki yang masuk program Turki dapat mengambil satu tahun pelatihan bahasa sebelum melanjutkan studi mereka. Sebagian besar program internasional diajarkan di universitas swasta, di mana bahasa pengantar sebagian besar adalah bahasa Inggris. Universitas swasta juga dikenal sebagai universitas yayasan.

Saat ini ada sekitar 30,000 siswa internasional yang terdaftar dalam program pendidikan di negara ini; Namun, Turki bertujuan untuk meningkatkan jumlah ini menjadi 150,000. Meskipun sebagian besar spesialisasi akademik tersedia, program populer untuk siswa internasional adalah hubungan internasional, studi Mediterania Timur, studi urusan multikultural, teknik, administrasi bisnis, dan perhotelan.

Mengutip dari wikipedia, ada sekitar 183 perguruan tinggi di negeri ini yang terdiri atas 109 universitas negeri (termasuk di dalamnya 8 universitas teknik, 1 institut teknologi, serta 1 universitas seni murni), 65 universitas swasta dan 8 akademi lainnya. Namun, di artikel ini saya menyuguhkan daftar 10 perguruan tinggi terbaik di Turki yang masuk dalam daftar QS World University Ranking 2020. Rekomendasi ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu atau orang terdekatmu yang berencana melanjutkan studi ke negeri asal bunga tulip ini.


Beasiswa untuk kuliah di Turki

1. Daftar Beasiswa Turkiye Burslari untuk Program Sarjana

a. Bosphorus Undergraduate Scholarship Program

Bosphorus Undergraduate Scholarship Program adalah beasiswa yang diberikan untuk calonmahasiswa sarjana dari berbagai negara, salah satunya Indonesia. Program beasiswa ini memberi kesempatan kepada calon mahasiswa untuk menempuh pendidikan di semua program sarjana di Turki, selain jurusan kedokteran, agama, sastra dan bahasa turki.

b. Anatolian Undergraduate Scholarship Program

Anatolian Undergraduate Scholarship Program adalah beasiswa yang diberikan untuk pelajar asing yang telah menempuh pendidikan SMA di Turki. Mereka yang berminat untuk melanjutkan sekolah di universitas di Turki boleh melamar beasiswa ini. Calon mahasiswa boleh memilih kuliah di jurusan apa saja, selain jurusan kedokteran, agama, sastra dan bahasa turki.


2. Daftar Beasiswa Turkiye Burslari untuk Program Master dan Doktor

a. Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship

Ali Kuşçu Science and Technology Graduate Scholarship program adalah beasiswa yang diberikan untuk lulusan S1 dan S2 yang ingin melanjutkan studi ke Turki dalam bidang Science dan Engineering and Technology. Beasiswa ini dibuka untuk seluruh mahasiswa internasional dari seluruh negara.

b. İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship

İbni Haldun Social Sciences Graduate Scholarship adalah beasiswa yang diberikan untuk calon mahasiswa yang ingin mengambil program Master dan Doktor di bidang Social Science. Program beasiswa ini juga terbuka untuk seluruh kandidat dari seluruh negara.


3. Daftar Beasiswa Turkiye Burslari untuk Program Aplikasi Jurusan Tertentu

a. İbni Sina Medical Sciences Scholarship Program

İbni Sina Medical Sciences Scholarship adalah beasiswa yang diberikan untuk calon mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan studi pada bidang kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, dan kedokteran hewan. Beasiswa ini diperuntukkan untuk program Associate, Undergraduate, Master’s degree, dan PhD degree. Program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa asing dari seluruh negara.

b. Yunus Emre Turkish Language Scholarship Program

Yunus Emre Turkish Language Scholarship memberikan beasiswa kepada calon mahasiswa internasional yang ingin mempelajari Bahasa Turki di Turki. Beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa program Sarjana, Master, dan Doktor. Program ini terbuka untuk seluruh mahasiswa asing dari seluruh negara

c. Islamic Studies Scholarship Program

Islamic Studies Scholarship program adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa program Sarjana, Master, dan Doktor yang ingin mempelajari bidang agama di Turki. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh mahasiswa asing dari seluruh negara.


4. Daftar Beasiswa Turkiye Burslari untuk Program Jangka Pendek 

a. Support and Succes Scholarship Program

Support and Success Scholarship Program adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa internasional yang sedang belajar di universitas di Turki

b. Research Scholarships

Research Scholarships oleh Turkiye Burslari adalah beasiswa yang diberikan untuk mahasiswa program Doktor yang berasal dari luar Turki. Untuk mendaftar beasiswa ini, kandidat harus diterima di salah satu universitas di Turki. Penelitian akan dilaksanakan jika memenuhi kriteria bahasa di universitas tersebut.


5. Daftar Beasiswa Turkiye Burslari untuk Program Pendidikan Bahasa dan Budaya Turki

Program beasiswa ini ditujukan untuk para pejabat publik, diplomat, akademisi, dan peneliti yang ingin mempelajari bahasa dan kebudayaan Turki. Beasiswa ini dibuka untuk umum dan pendaftarannya dilakukan melalui Kedutaan Besar Turki di negara masing-masing. Beasiswa ini mencakup gaji bulanan dan biaya asrama. Kandidat akan mengikuti program selama 8-10 bulan.



Biaya Kuliah dan Hidup di Turki

Untuk ukuran negara maju sekelas Turki, dengan berbagai kenyamanan dan fasilitas yang serba lengkap juga tersedia, ternyata biaya hidupnya relatif terjangkau. Di Turki, kamu bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya kuliah yang cukup terjangkau, dikarenakan adanya subsidi biaya kuliah. Biaya kuliah per semester di universitas negeri di mana pengajaran dalam bahasa Turki adalah sekitar $ 100- $ 200 (AS) untuk warga negara Turki dan siswa dari Azerbaijan, Bashkortostan, Bosnia, dan Herzegovina, Dagestan, Karachay-Cherkessia, Kazakhstan, Kirgistan, Makedonia, Mongolia, Moldova, Nakhchivan, Uzbekistan, Uzbekistan, Tajikistan, Tartarstan, Turkmenistan, dan Ukraina. Biaya kuliah siswa internasional per semester di universitas negeri di mana pengajaran dalam bahasa Turki adalah sekitar $ 300- $ 600 (AS). 

Biaya kuliah sekitar 1.5 hingga 2 kali lebih tinggi di lembaga negara di mana pengajaran dalam bahasa Inggris. Bahkan di beberapa universitas Turki seperti Kastamonu Univeristy, Kirklareli University, dan lainnya Tuition Fees (SPP) kurang dari satu juta rupiah per semester. Khusus di Universitas Suleyman Demirel, fakultas kedokteran hanya sekitar 2 juta rupiah per semester. Bayangkan kalau kamu kuliah di Indonesia, berapa ratus juta yang harus kamu keluarkan untuk kuliah jurusan kedokteran. Selain itu kuliah di Turki tidak ada uang pangkal. Jadi kamu hanya perlu membayar uang semester saja. Misalnya biaya kuliah kamu per semester 2 juta. Artinya sampe kamu lulus, kamu hanya mengeluarkan uang 16 juta rupiah saja. Wow! Murah banget kan.

Uang sekolah tahunan di universitas dasar biasanya $ 6,000 (AS) hingga $ 20,000 (AS); namun, yayasan universitas juga menyediakan banyak siswa dengan beasiswa yang mencakup 30 hingga 40 persen dari biaya kuliah mereka. Sebagian besar gelar master membutuhkan waktu dua tahun untuk diselesaikan, tetapi ini bervariasi menurut program dan institusi. Untuk membantu membiayai biaya, siswa internasional dapat mencari pekerjaan di universitas sebagai peneliti; namun, siswa internasional tidak memiliki hak untuk bekerja di organisasi lain di sektor publik atau swasta. 

Kalau dirincikan biaya hidup di truki secara sederhana sebagai berikut:
  • Makanan 6-30TL
  • Pulsa 10-100 TL
  • Pakaian Musim Dingin 40-200 TL
  • Asrama Pemerintah 105-400 TL/ bulan
  • Asrama Swasta 400-600 TL/ bulan
  • Sewa Rumah 800-1500TL/bulan
1 TL pada saat artikel dibuat = Rp 3635
Itulah tadi ulasan lengkap tentang kuliah di Turki, untuk kamu yang ingin kuliah kesana, jangan lupa selalu update info terbaru ya, bisa lewat web brainesia.com atau intagram bang lanang offisial, atau jika ada sohibmu yang ingin kuliah ke Turki, kamu bisa SHARE artikel ini sebagai bahan referensi. Selamat berjuang!



Kriteria Penerima Beasiswa Turki (Türkiye Scholarships)

Proses perkuliahan kebanyakan menggunakan bahasa Turki. Tetapi ada juga program studi yang menggunakan bahasa pengantar Inggris, Perancis, atau Arab. Sebaiknya sebelum mendaftar beasiswa, pelamar harus mencermati bahasa pengantar apa yang akan digunakan dalam program studi yang akan dilamar. Selain itu, untuk beaiswa YTB pelamar juga akan mendapatkan kursus bahasa Turki gratis selama satu tahun sebelum perkuliahan yang tentunya akan membantu proses perkuliahan nantinya.

Umur maksimal bagi pendaftar beasiswa TBS biasanya yaitu:
  • Tidak lebih dari 21 tahun bagi yang berniat mendaftar untuk jenjang s1
  • Tidak lebih dari 30 tahun bagi yang berniat mendaftar untuk jenjang s2
  • Tidak lebih dari 35 tahun bagi yang berniat mendaftar untuk jenjang s3
  • Tidak lebih dari 45 tahun bagi yang berniat mendaftar beasiswa penelitian.


Lembaga Turki Yang Memberikan Beasiswa Untuk Mahasiswa Asing

Terdapat berbagai lembaga di Turki yang sering memberikan Beasiswa Untuk Mahasiswa Asing yang akan kuliah di turki, beasiswa ini pada umumnya dapat di apply tanpa pungutan biaya apapun alais gratis pendaftaran. Persaingan untuk mendapatkan beasiswaya pun sangat susah karena harus bersaing dengan seluruh pendaftar di dunia.

1. YTB SUCCESS AND SUPPORT SCHOLARSHIP PROGRAMS

Program beasiswa yang merupakan bagian dari Türkiye Bursları milik pemerintah ini diperuntukkan untuk mahasiswa mandiri. Mahasiswa asing yang memiliki GPA sesuai dengan persyaratan dapat mendaftarkan diri untuk mendapatkan beasiswa dari pemerintah Turki. Pendaftaran dilakukan secara online sesuai dengan waktu yang ditentukan.

Informasi pendaftaran: Klik Disini 


2. VAKIFLAR GENEL MÜDÜRLÜĞÜ (GENERAL DIRECTORATE OF FOUNDATIONS SCHOLARSHIP)

Beasiswa ini merupakan program General Directorate of Foundations yang diperuntukkan bagi seluruh mahasiswa yang belajar di Turki. Beasiswa diberikan selama 8 bulan sejak Oktober-Mei dengan besaran bantuan 500TL per bulan. Pendaftaran beasiswa ini melalui online dan dibuka sejak bulan September-Oktober.

Informasi pendaftaran : Klik Disini


3. SEFIRE-I ALEM INTERNATIONAL STUDENT ASSOCIATION

Lembaga ini merupakan Foundation yang bergerak merangkul mahasiswa asing di Turki. Beasiswa ini hanya ditujukan untuk perempuan saja dan menempuh pendidikan di Istanbul. Selain beasiswa, foundation ini juga menawarkan program pengembangan dan kualitas diri bagi mahasiswa asing di Turki. Program yang diberikan diantaranya, kursus YOS (tes masuk universitas Turki), belajar bahasa Turki dan juga program pengenalan kebudayaan.

Pendaftaran dilakukan secara langsung di gedung Sefire-I Alem yang berada di distrik Fatih dengan membawa dokumen yang dibutuhkan.

Informasi pendaftaran : Klik Disini


4. İSTANBUL BAB-I ALEM INTERNATIONAL STUDENT ASSOCIATION

Beasiswa ini sama halnya seperti Sefer-I Alem namun Bab-I Alem merupakan lembaga yang ditujukan untuk laki-laki. Pendaftaran beasiswa dilakukan melalui online di website Bab-I Alem.

Informasi pendaftaran : Klik disini


5. YENI DUNYA VAKFI

Lembaga ini bukan hanya ditujukan bagi mahasiswa asing saja, namun juga untuk seluruh mahasiswa di Turki. Banyak program pengembangan yang ditawarkan oleh lembaga ini. Lembaga ini juga turut menyediakan asrama. Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa asing senilai 200TL perbulan selama 8 bulan. Pendaftaran beasiswa dilakukan secara langsung.

Informasi pendaftaran : Klik Disini


6. MIHMANDER INTERNATIONAL STUDENT ASSOCIATION

Program beasiswa yang ditujukan untuk mahasiswa asing ini dibuka setiap tahun. Selain beasiswa banyak program pengembangan yang bisa diikuti oleh mahasiswa asing disini.

Informasi pendaftaran : Klik Disini


7. ENSAR VAKFI

Ensar Vakfi menawarkan pemberian bantuan beasiswa dan juga program-program pengembangan bagi mahasiswa. Lembaga ini juga menyediakan asrama. Selain itu foundation ini juga memberikan makan siang gratis kepada mahasiswa.

Informasi pendaftaran : Klik Disini



Sekian, Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan dapat menjadi informasi mendalam, ya. Jangan lupa follow sosmed kami, dan join grub telegram brainesia untuk mendapat informasi menarik setiap harinya




Source:
republika.co.id
fatihgazi.com
optima-education.com
brilio.net
aa.com.tr
blog.schoters.com
beritaturki.c

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah