-->
close
Program Studi Kuliah Keperawatan, Gaji Lulusan Keperawaan dan Prospek Kerjanya

Program Studi Kuliah Keperawatan, Gaji Lulusan Keperawaan dan Prospek Kerjanya

Brainesia.com Buat kamu yang mempunyai cita-cita sejak keil menjadi perawat mungkin jurusan ilmu keperawatan atau lebih di kenal dengan keperawatan sanagt cocok untuk kamu coba. Tapi tahukah Kamu seberapa luas prospek kerja keperawatan? banyak dari kamu yang bertanya di instagram kami kalau jurusan keperawatan prospek kerjanya sempit, meka dari itu kami akan mencoba memberikan secercah wawasan bahwa keperawaan itu tidak demikian, apalagi di jaman moder ini. okelah langsung saja akan kami kupas tuntas di bawah tentang jurusan keperawatan
Apa itu keperawatan/perawat?
Di lansir dari quipper, perawat adalah seseorang yang bertugas memberikan asuhan pada individu, keluarga, juga kelompok dalam keadaan sakit maupun sehat. Secara umum, ada 2 jenis perawat, yaitu Perawat vokasi, minimal lulusan D3 Keperawatan, dan Perawat Profesi, minimal lulusan S1Keperawatan. Nah untuk Perawat Profesi ini terdiri dari Ners dan Ners Spesialis. Seorang perawat setidaknya berperan sebagai care provider, manager and community leader, educator, advocate, juga researcher. Dalam menjalankan profesinya, perawat akan bekerja sama dengan dokter umum, dokter spesialis, bidan, juga tenaga kesehatan lainnya. Di rumah sakit dan klinik, perawat mengikuti petunjuk dokter untuk mengurus dan membantu pasien dalam pemeriksaan kesehatan dan perawatan medis. Perawat memahami gejala pasien dengan tepat dan berupaya untuk mengatasinya. Dengan spesialisasi medis saat ini, tugas perawat pun semakin khusus. Kebutuhan perawat di fasilitas perawatan khusus seperti panti jompo, panti sosial juga meningkat.

Dahulu perawat dikenal dengan sebutan zuster/suster untuk perawat perempuan dan bruder untuk perawat laki-laki. Namun saat ini panggilan tersebut sudah nggak digunakan lagi dan diganti dengan sebutan perawat atau Ners, jadi jangan sampai salah panggil ya!. Kamu juga pasti sering menemukan panggilan Mantri yang merujuk pada perawat senior (umumnya laki-laki) yang bertugas di puskesmas yang ada di desa. Dilansir dari okezone, ternyata mantri adalah sebuah tingkatan dalam sistem pemerintahan jaman dahulu dan nggak hanya ada dalam dunia medis, melainkan dalam berbagai bidang

Pendidikan perawat atau juru rawat pertama di indonesia dibuka tahun 1906. Pendidikan ini diselenggarakan oleh Rumah Sakit Persatuan Gereja Indonesia (RS PGI) Cikini. Florence Nightingale dikenal sebagai ibu keperawatan dunia, perempuan yang lahir 12 Mei 1820 ini menetapkan standarisasi dalam dunia keperawatan pada masa Perang Krimea (1853-1856). Saking besar jasanya dalam dunia medis, ia juga dikenal sebagai pelopor ilmu keperawatan modern. Hari lahir Florence Nightingale kemudian diabadikan menjadi hari perawat sedunia (International Nurses Day).

Pendidikan perawat termasuk pendidikan yang tersedia dari segala jenjang mulai dari D3, D4, S1, S2 hingga S3. Tahun 2019 ada dua universitas yang menyelenggarakan pendidikan doktoral (S3) untuk jurusan Keperawatan yaitu Universitas Indonesia dan Universitas Airlangga. Pendidikan perawat juga pernah diselenggarakan setingkat SMA namun ditutup pada tahun 1999 oleh Kemenkes. Kamu tau nggak? Kalau aktris Julie Walters yang berperan jadi ibunya Ron Weasley di film Harry Potter adalah seorang mantan perawat di Inggris lho! Sama seperti dokter, perawat juga ada pendidikan spesialis lho! Setidaknya ada 5 jenis pendidikan spesialis keperawatan antara lain; keperawatan anak, keperawatan jiwa, keperawatan komunitas, keperawatan maternitas dan keperawatan medikal bedah.

Selain pendidikan spesialis ada juga sertifikasi untuk perawat sehingga memiliki keahlian tertentu atau yang disebut perawat keahlian khusus. Merujuk pada situs Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) terdapat 24 himpunan dan ikatan perawat dengan keahlian khusus yang tergabung dalam organisasi tersebut. Sama seperti dokter dan bidan, perawat juga boleh membuka praktek mandiri lho! Merujuk pada UU Keperawatan No. 38 tahun 2014 yang boleh membuka praktik mandiri adalah perawat dengan pendidikan minimal lulusan D3 keperawatan dan tentunya harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Izin Praktik Perawat (SIPP). Perawat Indonesia juga bisa lho go international! Buktinya, Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mencatat kalau sampai April 2017 ada 652 perawat yang bekerja di luar negeri.



Kegiatan sehari-hari seorang perawat
  • Memberikan asuhan keperawatan kepada individu, keluarga, kelompok dan masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, penyembuhan penyakit, dan pemulihan kesehatan.
  • Menetapkan jenis intervensi keperawatan sesuai tingkat ketergantungan klien.
  • Mengumpulkan data kuantitatif untuk pembuatan laporan kasus klien.
  • Menyusun laporan pelaksanaan tugas dan program bidang keperawatan.
  • Menyiapkan perumusan kebijakan teknis, pembinaan, pengkoordinasian penyelenggaraan tugas, pelaksanaan keperawatan.
  • Menginventarisasi permasalahan berhubungan dengan pelaksanaan tugas dan program kerja bidang keperawatan.
  • Melakukan proses edukasi kesehatan pada klien mengenai kebutuhan dasar.
  • Mengevaluasi ketercapaian edukasi kesehatan dan rencana tindak lanjut.



Jenjang karir profesi seorang perawat
Sebenarnya jenjang karier perawat dapat berbeda-beda tergantung dengan instansi tempatnya bekerja bahkan nggak menutup kemungkinan untuk terlibat dalam tingkatan manajerial lho. Menurut pengalaman dan masa kerja perawat dapat dikategorikan menjadi perawat junior dan senior. Jika sesuai dengan fungsinya, secara umum jenjang karier perawat terbagi menjadi 4 bagian besar dengan masing-masing memiliki 5 level di dalamnya.

1

Perawat Klinis (PK). Perawat yang memberikan asuhan keperawatan langsung kepada klien sebagai individu, keluarga, kelompok, dan masyarakat.

2

Perawat Manajer (PM). Perawat yang mengelola pelayanan keperawatan di sarana kesehatan, baik sebagai pengelola tingkat bawah (frontline manager), tingkat menengah (middle management), maupun tingkat atas (top manager). Untuk jadi Perawat Manajer level I harus punya kompetensi Perawat Klinis level II.

3

Perawat Pendidik (PP). Perawat yang memberikan pendidikan kepada peserta didik di institusi pendidikan keperawatan. Untuk jadi Perawat Pendidik level I harus punya kompetensi Perawat Klinis level III.

4

Perawat Peneliti/Riset (PR). Perawat yang bekerja di bidang penelitian keperawatan/kesehatan. Untuk jadi Perawat Peneliti/Riset level I harus punya kompetensi Perawat Klinis level IV.





Prospek kerja atau pekerjaan untuk Lulusan D3 dan S1 Keperawatan Beserta Gajinya
Dilansir dari insanmedika, renesia dan lifepal.Untuk kamu yang mengaggap program studi atau jurusan keperawatan itu sempit sekali, mungkin mulai dari sinilah kami akan mencoba membantu dan berbagi sedikit wawasan mengenai keperawatan agar kamu lebih open minded lagi. Berikut ada beberapa Prospek kerja yang biasanya di Apply oleh mahasiswa keperawatan pasca wisuda

Tenaga Ahli Keperawatan
Menjadi seorang perawat tidak hanya membantu dokter tapi juga langsung berhadapan dengan pasien yang mempunyai beraneka ragam karakter. Pekerjaan umum seorang suster mulai dari menyuntik, mengganti infus, memberikan obat, melakukan pencatatan riwayat penyakit pasien dan perkembangan kesehatan pasien hingga membantu kebersihan pasien. Seperti yang dikatakan oleh Muhammad Suryadi sebagai Anggota Perwakilan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) “Perawat seorang tenaga medis yang membantu orang agar tetap sehat. Karena setiap harinya mereka mau melayani pasien sakit dalam situasi apa pun” paparnya dikutip dari Okezone.com 

Tenaga Pengelola Pelayanan Kesehatan
Bagi kamu yang berminat untuk bekerja di ruang lingkup Rumah sakit, Puskesma, Poliklinik, Departemen, Dinas Kesehatan Pusat atau Daerah sangat cocok mengambil karier sebagai Tenaga Pengelola Pelayanan Kesehatan. Tugas dan tanggung jawab untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada penduduk di suatu daerah mulai dari desa hingga provinsi di rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan masyarakat yang tersedia.

Peneliti Keperawatan/Kesehatan
Ingin menjadi seorang peneliti atau pengajar di Lembaga Penelitian dan Pengembangan bidang Kesehatan, Institusi Pendidikan Negeri atau Swasta? Namun tidak semua lulusan S1 Keperawatan bisa menjadi peneliti keperawatan, kamu harus mempunyai pengetahuan yang luas dan kuat sesuai dengan bidang yang akan diteliti. Dalam bidang kesehatan (UU No. 23 1992) dinyatakan terdapat 4 ilmu bidang kesehatan, mulai dari kedokteran, keperawatan, kesehatan masyarakat dan farmasi.

Tenaga Perawat di Tambang, Minyak dan Gas
Siapa yang tidak tergiur untuk bekerja di pertambangan, perminyakan hingga gas? Semua orang pasti ingin mendapatkan gaji yang besar dari bekerja di perusahaan tersebut. Bagi kamu yang lulusan keperawatan baik D3 atau pun S1 mempunyai peluang besar untuk bergabung menjadi tenaga medis atau pun non medis di perusahaan tambang, minyak dan gas. Gaji yang ditawarkan juga sangat menggiurkan, bahkan berkali-kali lipat UMR di Jakarta, namun ya kamu harus mau ditempatkan di lokasi tambang.Mungkin bisa sampai Rp.5 Juta atau bahkan Rp. 8 Juta

Menjadi Perawat di Home Care
Walau gaji yang di tawarkan oleh perusahaan home care tidak sebesar perusahaan tambang, namun gajinya lebih menarik ketimbang di rumah sakit bagi kamu lulusan baru (fresh graduate) lho. Saat ini banyak perusahaan home care di Indonesia yang dapat kamu jadikan batu loncatan untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan langsung di lapangan. Bagi kamu lulusan D3 atau S1 Keperawatan baik yang belum mempunyai STR atau pun sudah mempunyai STR dapat mendaftar di home care dengan cukup mudah berbeda dengan mendaftar di rumah sakit. Ingin berkarier sebagai perawat profesional di home care? Bergabung saja dengan Insan Medika. Satu-satunya perusahaan home care terbaik di Indonesia dengan puluhan penghargaan dari dalam dan luar negeri. Di sana Kamu akan merawat orang-orang yang membutuhkan perawatan. Bisa bayi, anak kecil, bahkan para lansia. Kelebihannya adalah Kamu memiliki waktu yang lebih fleksibel daripada bekerja di sebuah instansi resmi. Rata-rata gajinya adalah Rp 2.5juta – Rp 7juta.

Menjadi Perawat di Rumah Sakit
Seyogyanya lulusan D3 atau S1 Keperawatan adalah menjadi perawat di rumah sakit, namun banyak juga lulusan keperawatan yang kesulitan berkarier di rumah sakit. Berbagai kendala mulai dari penuhnya bagian keperawatan hingga tidak sesuai dengan standar dan administrasi yang diperlukan. Menjadi seorang perawat di Indonesia memang sangat dilematis mengingat seluruh perawat lulusan D3 atau S1 haruslah mempunyai STR agar bisa bekerja di rumah sakit. Namun jika seluruh syarat dan mempunyai kompetensi sesuai standar yang berlaku di Indonesia, kamu bisa coba untuk melamar pekerjaan menjadi seorang perawat rumah sakit di kota-kota besar seperti Jakarta. Banyaknya rumah sakit di kota-kota besar di Indonesia memungkinkan kamu untuk diterima sebagai perawat lho. Rata-rata gajinya adalah Rp 2juta – Rp 5juta.

Penulis Buku Kesehatan
Kalau Kamu suka menulis dan mempunyai kemampuan menyusun kata-kata serta bermimpi ingin menerbitkan bukumu sendiri, Kamu bisa menjadi penulis buku dengan tema-tema kesehatan. Kamu bisa membukukan hasil penelitian yang telah Kamu lakukan kemudian dijual secara luas. Pendapatannya bisa melebihi teman-teman Kamu yang berkarir menjadi perawat jika bukumu laris manis di pasaran dan menjadi best seller. Rata-rata gajinya tergantung buku yang terjual.

Medical Representative
Jika Kamu adalah seorang lulusan perawat dengan kemampuan ilmu pemasaran yang mumpuni, Kamu bisa berkarir menjadi medical representative. Tugasnya adalah mempromosikan produk-produk farmasi secara profesional, kredibel, dan berintegritas. Profesi ini dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang farmasi. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 7juta.

Perawat klinik kecantikan 
Bagi calon perawat yang lebih menyukai dunia kecantikan, maka bisa merintis karier sebagai perawat klinik kecantikan. Sebagai perawat kecantikan, tugas yang dilakukan adalah membantu dokter dalam melakukan tindakan medis yang berkaitan dengan perawatan kosmetik, seperti perawatan menghambat penuaan, pencerahan kulit, dan lainnya. Untuk bisa mendampingi tindakan medis di klinik kecantikan, perawat juga perlu memiliki sertifikat STR yang membuktikan bahwa perawat terkait mampu melakukan tindakan medis. Rata-rata gajinya adalah Rp 2.5juta – Rp 5juta.

Asisten Dokter
Lulusan perawat juga bisa menjadi asisten dokter. Tugasnya adalah memberikan pelayanan kesehatan dengan pengawasan dokter, memberikan pengobatan dan nasihat kepada pasien. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta.

Manajer Data Klinis
Tugasnya tidak jauh-jauh dari pengelolaan data untuk memecahkan suatu masalah. Kamu harus bisa menerapkan pengetahuan kesehatan dan juga pandai melakukan manajemen database untuk analisis data klinis sehingga bisa digunakan untuk mengidentifikasi dan melaporkan tren. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta.

Manajer Layanan Medis Dan Kesehatan
Berkarir sebagai manajer layanan medis dan kesehatan berarti Kamu memiliki tanggung jawab untuk mengkoordinasikan pelayanan medis dan kesehatan di instansi tempat Kamu bekerja. Rata-rata gajinya adalah Rp 4juta – Rp 7juta.

Ahli Epidemiologi
Ahli epidemiologi adalah seseorang yang bertugas mendeteksi masalah kesehatan yang terjadi. Profesi ini berperan penting dan dibutuhkan di setiap negara agar penyakit yang ada tidak menjadi wabah. Rata-rata gajinya adalah Rp 3juta – Rp 5juta

Perawat gawat darurat
Praktik keperawatan gawat darurat adalah penanganan medis secara cepat dan tepat kepada pasien yang sedang mengalami kondisi gawat darurat. Sesuai dengan namanya, di sini perawat akan ditempatkan pada unit gawat darurat di sebuah rumah sakit atau klinik.  Dalam dunia keperawatan, ditempatkan dalam unit gawat darurat memiliki gengsi tersendiri. Ini dikarenakan, perawat tersebut berarti dipercaya untuk menangani dan mengambil keputusan genting. Misalnya, bisa memutuskan pasien mana yang harus ditangani terlebih dahulu berdasarkan tingkat kegawatannya dan lain sebagainya. Itu sebabnya untuk bisa menjadi perawat gawat darurat, umumnya perawat harus memiliki pengalaman di dunia medis paling tidak selama enam bulan di bagian keperawatan. Selain itu, perawat gawat darurat juga harus telah memiliki sertifikasi tindakan gawat darurat yang meliputi:
  • Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).
  • Basic Trauma Life Support (BTLS).
  • Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD).
  • General Emergency Life Support (GELS).


Berapa  besar gaji atau penghasilan Perawat di Indonesia?
Dilansir dari id.indeed. Gaji rata-rata untuk Perawat adalah Rp3.608.802 per bulan di Indonesia. Perkiraan gaji didasarkan pada 122 gaji yang dikirimkan secara anonim kepada Indeed oleh karyawan Perawat, pengguna, dan dikumpulkan dari iklan lowongan di Indeed pada selama 36 bulan terakhir. Lebih rincinya lagi sebagai berikut
KotaGaji rata-rata
Perawat in Jakarta
64 gaji
Rp3.823.791 per bulan
Perawat in Denpasar
16 gaji
Rp5.964.223 per bulan
Perawat in Tangerang
9 gaji
Rp3.375.497 per bulan
Perawat in Medan
11 gaji
Rp8.274.202 per bulan
Perawat in Balikpapan
6 gaji
Rp8.584.574 per bulan
*Perlu diperhatikan bahwa semua jumlah gaji adalah perkiraan berdasarkan masukan dari pihak ketiga kepada Indeed. Jumlah ini dibagikan kepada pengguna Indeed hanya untuk tujuan perbandingan saja. Gaji minimum mungkin saja berbeda dari tiap wilayah yurisdiksi dan kamu harus berkonsultansi langsung dengan perusahaan tersebut untuk mengetahui jumlah gaji sebenarnya.



Berapa Kisaran Gaji untuk Setiap Peluang Profesi Lulusan Keperawatan?
Gaji yang Anda dapatkan sebagai seorang perawat bisa jadi cukup bisa terutama bila Anda bekerja di luar negeri. Dilansir dari AllNursingSchools, rata-rata gaji tenaga perawat bisa dilihat pada data di bawah ini:
Jenis perawatGaji
Perawat Anesthetist tersertifikasiRp 180 juta/ bulan
Bidan perawat tersertifikasi  Rp 125 juta/ bulan
Perawat di klinik spesialis  Rp 125 juta/ bulan
Praktisi perawatRp 125 juta/ bulan


Rekomendasi kampus untuk kuliah Keperawatan
Para pelajar yang tertarik untuk kuliah Keperawatan di Indonesia tidak perlu bingung mengenai tempat kuliah. Ada banyak universitas terkemuka di Indonesia yang menawarkan program studi Keperawatan dengan berbagai jenjang dan beragam spesialisasi jurusan. Berikut ini adalah beberapa universitas terbaik di Indonesia untuk jurusan Keperawatan:
  • Universitas Indonesia
  • Universitas Padjajaran
  • Universitas Gadjah Mada
  • Universitas Riau
  • Universitas Airlangga
  • Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Universitas Diponegoro
  • Universitas Brawijaya
  • Universitas Andalas
  • Universitas Sumatera Utara
  • Universitas Jember
  • Universitas Jenderal Soedirman 
  • Universitas Syiah Kuala
  • Universitas Syarif Hidayatullah


Berapa Biaya Kuliah Keperawatan di Indonesia?
Biaya kuliah Keperawatan di Indonesia cukup bervariasi. Ada beberapa faktor yang memengaruhi biaya kuliah jurusan keperawatan di Indonesia. Faktor-faktor tersebut di antaranya adalah lokasi universitas, jenis universitas, jenjang pendidikan, dan spesialisasi jurusan. Jadi, besarnya biaya pendidikan yang harus dikeluarkan tergantung pada faktor-faktor tersebut. Dilansir dari easyuni Biaya kuliah Keperawatan di Indonesia memiliki kisaran antara Rp 85.000.000,- hingga Rp 300.000.000,-. ada juga yang lebih murah dan mahal semua itu tergantung kampus masing-masing, maka dari itu sebelum mendaftar harap cermati terlebih dahulu tentang rincian biaya perkuliahannya


Bidang atau Konsentrasi Jurusan Keperawatan
Jurusan pendidikan Keperawatan memang tidak memiliki peminatan atau spesialisasi jurusan yang cukup banyak sebagaimana jurusan kuliah yang lain. Akan tetapi, ini bukan berarti Anda tidak punya pilihan spesialisasi jurusan. Ada beberapa pilihan spesialisasi jurusan atau peminatan yang bisa Anda pilih. Berikut adalah pemfokusan (minor) jurusan yang bisa Anda dapatkan dalam jurusan Keperawatan:
  • Ilmu Keperawatan
  • Keperawatan Anak
  • Keperawatan Maternitas
  • Keperawatan Dewasa
  • Keperawatan Jiwa
  • Keperawatan Medikal Bedah
  • Keperawatan Komunitas
  • Dan lainnya


Karaktermu yang cocok untuk kuliah di Keperawatan
Ada beberapa karakter yang perlu dimiliki apabila Anda ingin menjadi pelajar jurusan Keperawatan. Hal ini dikarenakan karakter-karakter tersebut akan menunjang kegiatan dan prestasi akademis Anda selama kuliah. Inilah beberapa karakter yang cocok untuk kuliah Keperawatan:
  • Peduli pada mahluk hidup terutama manusia
  • Suka memberikan pelayanan kepada orang lain
  • Memiliki tanggung jawab dan komitmen yang bagus
  • Teliti dan cekatan terhadap segala kondisi
  • Mampu memahami ilmu kesehatan


Suka dan Duka Menjadi Seorang Perawat Terutama di Indonesia
Menurut data yang dikeluarkan oleh World Health Organization (WHO), rasio perawat di Indonesia idealnya berada pada angka 18:10 ribu. Maksudnya, secara ideal terdapat 18 orang perawat di setiap 10 ribu warga Indonesia. Namun nyatanya, Indonesia masih belum bisa menyentuh angka ideal tersebut dan hanya berada di angka 10:10 ribu. Ini berarti kita masih kekurangan pasokan tenaga perawat. 

Penyebab utama dari kurangnya ketertarikan masyarakat dalam menempuh karier sebagai perawat adalah penetapan gaji yang terbilang kecil. Jika diteliti, umumnya instansi kesehatan di Indonesia menetapkan gaji perawat lulusan D3 dan S1 dengan kisaran gaji Rp4 juta hingga Rp7 juta.  Nah, jika dibandingkan dengan pengeluaran semasa mengenyam pendidikan di sekolah medis, nominal tersebut tergolong tidak besar. 

Perlu dipahami juga bahwa sebenarnya tidak semua instansi kesehatan menetapkan nominal upah yang sama. Apalagi jika perawat tersebut diterima di instansi kesehatan swasta yang umumnya bersedia memberikan upah dengan nilai yang lebih besar bahkan mencapai dua digit. Selain itu, perawat pada umumnya juga memiliki waktu kerja yang tidak menentu. Namun, jika kita memiliki ketertarikan di dunia medis, perawat bisa menjadi pekerjaan yang menyenangkan dan penuh adrenalin, lho. Sebagaimana ada saja pasien yang ramah dan ada juga yang seringnya tidak menghargai dedikasi seorang perawat, deh.



Pengalaman Nikita Menjadi Seorang Perawat
Perawat itu ada banyak jenisnya, ada perawat yang bekerja di Rumah Sakit, Panti Jompo, Puskesmas atau di klinik/praktek dokter swasta. Nikita, wanita berumur 24 tahun ini bekerja sebagai perawat di sebuah praktek bidan swasta yang beroperasi di Cinere. Tugas yang dilakukan Nikita mungkin secara detail berbeda dengan perawat yang bekerja di Rumah Sakit tapi secara garis besar sama yaitu merawat orang. Apa saja tugasnya? Tugas – tugasnya mencakup periksa kehamilan, menolong persalinan, perawatan bayi yang baru lahir dan perawatan Ibu nifas.

Gaji pokok yang diterima Nikita adalah sebesar Rp. 800.000, dan uang makan per harinya Rp. 20.000. Meskipun jarak antara rumah dan klinik jauh, tapi Nikita tidak diberi uang transport. Nikita mendapat tambahan pendapatan jika dia menolong persalinan, Rp. 50.000 per kepala. Jadi kalau dihitung – hitung, gaji Nikita seluruhnya kurang lebih sebesar Rp. 1.900.000 sampai Rp. 2.400.000. “Gaji total saya ga tentu, kalau pasien banyak yang operasi, saya suka mendapat insentif sekitar 100-200ribu, lalu tergantung juga dengan berapa orang yang saya tolong persalinannya” jelas Nikita.

Apa gaji sebesar itu cukup? Ketika ditanya Nikita hanya senyum miris, dia merasa gajinya tidak sesuai dengan ilmu dan kemampuannya karena Nikita merupakan S1 Sarjana Sains Terapan. Nikita juga mengeluhkan mengenai jam kerjanya. Dia bekerja dari jam 06.00 – 10.00 lanjut lagi jam 16.00 – 21.00 dan selama jeda yang lama itu, Nikita tidak diperkenankan pulang ke tempat tinggalnya melainkan istirahat di asrama dekat klinik tempat dia bekerja. Lalu apa yang terjadi bila Nikita sakit? Nikita tidak mendapat asuransi dari perusahaannya melainkan dia dapat mengambil obat gratis di klinik dan bila Nikita tidak masuk dengan alasan apapun uang makan tidak akan diberikan. Perusahaan Nikita tidak mempunyai Serikat Pekerja tapi Nikita diijinkan untuk menjadi anggota Serikat Pekerja di luar, meskipun Nikita masih tidak tertarik untuk bergabung dengan Serikat Pekerja,



Source:
https://blogs.insanmedika.co.id/
https://campus.quipper.com/
https://www.renesia.com/
https://www.easyuni.co.id/
https://lifepal.co.id/
https://gajimu.com/
https://www.allnursingschools.com/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah