-->
close
Cara Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

Cara Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

Brainesia.com Hampir semua persyaratan untuk melamat kerja selalu diminta membuat CV. Curriculum Vitae (CV) atau dalam bahasa indonesianya daftar riwayat hidup adalah sebuah kertas yang berisikan informasi dan gambaran secara garis besar tentang diri kita. CV bisanya berisi rekam jejak seseorang seperti nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, nomor hp, email, riwayat pendidikan, dan pengalaman kerja. Lantas bagaimana dengan anda yang baru lulus sekolah atau fresh graduate tanpa pengalaman kerja?. Buat kamu yang bingung atau belum tau cara membuat CV tanpa pengalaman kerja, kami akan memberi tips dan ulasan beserta contoh CV Tanpa Pengalaman Kerja mu tetap terlihat menarik. 



Apa Bedanya CV, Resume, dan Cover Letter?

Sebelum memberikan tips dan caranya, kami akan memberikan sediti review agar faham terlebih ddahulu. Salah satu pertanyaan yang sering banget muncul di benak banyak orang ketika membahas soal curriculum vitae adalah: apa perbedaan CV dengan resume?

Well, nggak bisa dipungkiri sih, CV dan resume memang tampak serupa—tapi nggak sama. CV dan resume memang sama-sama berisi daftar riwayat hidup kamu, namun terdapat perbedaan di dalam tujuan serta panjang tulisan dari keduanya.

CV biasanya terdiri dari dua halaman atau lebih, dan berisi penjelasan rinci mengenai pengalaman kerja, deskripsi pekerjaan, latar belakang pendidikan, dan prestasi serta pencapaian dalam hal akademis dan profesi. Umumnya, CV ditulis secara kronologis, lengkap dengan deskripsi dari tiap-tiap poinnya karena CV dirancang untuk memberikan penjelasan lengkap mengenai perjalanan karir seseorang.

Berbeda dengan CV, resume (atau résumé) adalah dokumen yang berisi ringkasan skill, kualifikasi, pengalaman, dan juga latar belakang pendidikan kamu. Kata kuncinya adalah ringkasan, jadi jika diibaratkan, resume merupakan versi singkat dari CV. Resume umumnya hanya terdiri dari satu halaman—maksimal dua halaman—dan nggak harus dituliskan dalam format kronologis. Kamu bisa menyesuaikan isi resume dan apa yang ingin ditonjolkan di dalamnya sesuai dengan lowongan yang kamu lamar.

Perbedaan-perbedaan inilah yang membuat CV dan resume digunakan untuk kebutuhan yang berbeda di beberapa negara. Di Amerika Serikat misalnya, CV biasanya digunakan untuk melamar posisi-posisi di bidang pendidikan (akademis), penelitian, medis, beasiswa, atau hibah. Sementara untuk melamar pekerjaan di industri lainnya seperti swasta maupun NGO, dokumen yang diminta adalah resume.

Sementara itu, untuk negara-negara lain seperti Uni Eropa, Afrika, Asia—dan termasuk di dalamnya Indonesia, CV umumnya dapat digunakan untuk melamar posisi di berbagai bidang mulai dari swasta, pemerintahan, non-profit, dan tentunya juga pendidikan.

Kemudian, selain CV dan resume, ada lagi nih dokumen terkait yang kerap diminta dalam melamar pekerjaan maupun beasiswa. Yup, cover letter!

Cover letter atau surat lamaran adalah sebuah surat pengantar dari dokumen CV atau resume yang akan kamu kirimkan untuk melamar sebuah posisi tertentu. Tentunya berbeda dengan CV dan resume yang berisi riwayat hidup serta pengalaman profesional kamu. Selengkapnya tentang cover letter akan kita bahas di panduan berikutnya.


Cara Membuat CV Tanpa Pengalaman Kerja

1. Mulailah dengan tujuan karier Anda

Tujuan karier bukanlah untuk mengatakan kepada pihak HR tentang apa yang Anda harapkan atau peroleh dari perusahaan. Sebaliknya, tujuan karier yang dimaksud adalah untuk menunjukkan kemampuan dan keterampilan Anda yang akan membantu Anda sukses menjalankan tanggung jawab pada posisi yang dilamar. Tujuan karier layak dicantumkan pada surat lamaran kerja dan ringkasan pada CV Anda yang belum memiliki pengalaman kerja, karena menekankan karakter dan kepribadian yang membuat Anda cocok untuk posisi tersebut. Baca juga: Membuat CV, Perlukan Mencantumkan Hobi dan Minat? Mulailah dengan karakter-karakter yang membuat Anda bernilai untuk perusahaan. Ini tentu saja akan menarik perhatian perekrut. Ini adalah beberapa contoh cara penyusunan tujuan karier dalam surat lamaran kerja bagi fresh graduate. "Saya adalah lulusan baru perguruan tinggi (IPK 3,6) dengan kemampuan interpersonal dan riset yang baik. Saya ingin menggunakan kemampuan saya agar sukses menjalankan posisi di perusahaan Anda. Antusiasme saya untuk mempelajari hal-hal baru akan membantu perusahaan mencapai tujuannya" Pastikan juga Anda menyertakan jurusan kuliah Anda. Selain itu, jelaskan pengalaman atau karakteristik yang dapat dibuktikan dan relevan dengan posisi yang Anda lamar. 


2. Perluas kolom pendidikan Anda

Bagi kaum profesional atau pekerja yang sudah berpengalaman, kolom pendidikan pada CV kerap sangat ringkas dan hanya membuktikan bahwa Anda memiliki gelar akademik. Biasanya, dalam kolom pendidikan hanya disertakan nama perguruan tinggi, jurusan, tahun lulus, dan IPK. Namun demikian, bagi pelamar tanpa pengalaman kerja, kolom pendidikan dalam CV harus diperkuat. Tujuannya untuk memoles minimnya pengalaman kerja Anda. Baca juga: Catat, 8 Kesalahan pada CV yang Harus Dihindari Adapun hal-hal yang harus dicantumkan dalam kolom pendidikan selain hal-hal yang telag disebutkan di atas antara lain IPK, klub atau unit kegiatan mahasiswa yang diikuti, penghargaan akademik, kursus atau seminar yang relevan, dan publikasi ilmiah. Dengan memperluas kolom pendidikan, maka pelamar kerja tanpa pengalaman masih dapat secara efektif memperlihatkan keterampilan dan kualitasnya. Selain itu, dengan berpartisipasi di unit kegiatan mahasiswa atau badan kemahasiswaan, maka Anda dapat menunjukkan potensi Anda sebagai anggota atau pemimpin tim di dalam perusahaan. Lalu, bagaimana jika Anda tidak aktif di kampus? Dalam kasus ini, fokuslah pada seminar atau kursus yang Anda ikuti, yang relevan terhadap posisi yang Anda lamar. 


3. Tambahkan kolom prestasi yang pernah Anda raih

Meskipun Anda aktif di kampus dan menyertakannya di CV, penting juga untuk menyertakan kolom prestasi. Sebab, informasi-informasi mengenai prestasi akan menguntungkan Anda. Kolom prestasi dapat bertindak sebagai perpanjangan pengalaman pendidikan Anda dan mengisi kekosongan dalam CV. Strukturnya serupa dengan kolom pengalaman kerja dalam CV profesional. Kolom prestasi ini juga dapat menjadi cara Anda untuk menunjukkan kemampuan organisasi, bertindak sebagai pemimpin, dan menyelesaikan masalah.

4. Tulislah pengalaman berorganisasi yang pernah Anda ikuti

Belum memiliki pengalaman kerja tak masalah untuk banyak perusahaan. Apalagi banyak juga perusahaan yang mencari tenaga fresh graduate untuk mengisi beberapa bagian pekerjaan. Tulislah pengalaman berorganisasi dalam CV kamu sehingga perusahaan melihat nilai lebih kamu dibanding pelamar lain yang tidak punya pengalaman berorganisasi. Baik itu berorganisasi di sekolah atau universitas, atau organisasi sosial kemasyarakatan, cantumkan saja agar CV kamu lebih berbobot.

5. Tulislah dengan jujur, apa adanya diri Anda

Tips dan trik mengakali CV tanpa pengalaman kerja bukan berarti memungkinkan untuk berbuat curang, tidak jujur, dan melebih-lebihkan apa yang ada pada diri sendiri. Bagaimanapun, CV terbaik adalah yang dibuat dengan jujur, yang mencerminkan apa adanya diri sendiri, namun dikemas dalam bahasa atau kalimat yang menarik, ditunjang dengan tata letak yang keren. Cara ini akan mudah memikat perusahaan yang hendak kamu tuju. Jika kamu mengabaikan kejujuran atau tidak menuliskan apa adanya diri kamu, selain berisiko dipersoalkan setelah kamu diterima, Anda pun akan merasakan malu akibat kebohongan yang kamu buat.

6. Isikan Portfolio dan skill yang Anda Kuasai

Kamu di dalam CV ngakunya punya skill di bidang desain. Bagaimana membuktikannya? Ya dengan mencantumkan lampiran hasil-hasil karya desain kamu di CV. Itulah yang disebut dengan portfolio. Kalau kamu belum punya pengalaman kerja, portfolio ini bisa dibilang punya pengaruh besar dalam penilaian oleh para HR. Portfolio juga bisa berupa karya tulis, fotografi, hasil terjemahan artikel, dan cetak biru untuk seorang arsitek.

7. Tulis Skill dan Portfolio yang Anda miliki pada bagian yang mudah dibaca

Entah Anda menulisnya dan CV kreatif atau CV biasa, pastikan rentetan skillmu ditulis pada bagian yang jelas. Baik pada paragraph tersendiri atau letakkan pada bagian tertentu. Percuma saja dong kalau Anda punya banyak nilai lebih tapi Anda nulisnya di dalam paragraph lain yang susah dibaca. Semakin cepat HRD tertarik pada CV mu semakin baik pula kesempatan yang Anda miliki.

Note

Sekian cara Cara Membuat CV Untuk Yang Belum Punya Pengalaman Kerja dari kami, jika anda ingin memesan atau dibuatkan CV yang menarik dengan harga yang terjangkau bisa langsung kontak WA partner kami di no berikut     +6289634193827 


Semoga info ini dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang membutuhkan, Jangan lupa follow sosmed kami dan join grub telegram untuk info rutin seputar kuliah dan beasiswa. Gratis...

Instagram            : Brainesia_com
website                : www.brainesia.com
Grub Telegram    : t.me/brainesia



Source:
money.kompas.com
redaksiweb.com
jobstreet.co.id
vistaeducation.com
rencanamu.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah