-->
close
Lakukan Hal Ini Selama Masih Kuliah Agar Setelah Lulus Cepat Mendapat Kerja

Lakukan Hal Ini Selama Masih Kuliah Agar Setelah Lulus Cepat Mendapat Kerja

Branesia.com Kamu seorang mahasiswa/i yang akan lulus kuliah tapi masih bingung mencari pekerjaan?, atau kamu seorang mahasiswa/i sedang kuliah aktif akan tetapi sudah kepikiran mencari kerja?. memang benar, tidak bisa di pungkiri setelah menyelesaikan kuliah, fokus selanjutnya dalam hidup adalah bagaimana cara mencari kerja. Kalau kamu ingin segera dapat pekerjaan, ada beberapa cara mencari kerja yang bisa kamu terapkan. Mulai saat kamu kuliah hingga menjelang wisuda. Beikut pejelasan detailnya


Lakukan Hal Ini Selama Masih Kuliah Agar Setelah Lulus Cepat Mendapat Kerja


Saat masih kuliah

Ada beberapa cara dan tips yang kamu dapat lakukan saat kamu masih kuliah agar nanti cepat mendaapt pekerjaan. Tips ini banyak di lakukan oleh mehasiswa yang memang sudah mempersiapkan diri jauh-jauh hari guna masa depannya nanti di dunia kerja. 


Asah keahlian dan perluas jaringan saat masih kuliah

Koneksi di dunia kerja merupakan suatu hal yang penting. Semakin luas jaringan yang dimiliki, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Ikuti juga organisasi  kampus agar lebih banyak jaringan atau bahasa gaulnya ngelink ke kakak tingkat/senior/alumni. Alumni bisa menjadi salah satu jalan pintas untuk mendapatkan pekerjaan ketika lulus dari bangku kuliah. Dengan bantuan alumni, setidaknya mereka bisa merekomendasikan kamu di perusahaan tempatnya bekerja dengan syarat kamu memenuhi kriteria pekerja yang dibutuhkan perusahaan.


Perbanyak ikuti event saat masih kuliah

Mengikuti event saat masih kuliah sangatlah penting guna mengisi ruang CV agar terlihat lebih menarik. CV yang menarik akan lebih menjadi fokus perusahaan/tempat kamu mendatar kerja. Semakin kamu punya pengalaman dan prestasi selama mengikuti event seperti lomba, relawan, Host dan lain sebagainya maka perusahaan/tempat kerja yang akan kamu daftarin akan mempertimbangkanmu. Kebanyakan perusahaan jaman sekarang tidak hanya mencari kariawan yang pandai dalam hard skill saja, softskill juga sangat di pertimbangkan guna kemajuan perusahaan


Usahakan mempuyai pengalaman kerja saat masih kuliah

Mempunyai pengalaman kerja saat masih kuliah jaman sekarang seperti sudah di utamakan dalam mencari pekerjaan, menurut pengalaman admin pribadi dalam mencari pekerjaan, kebanyakan yang membuka lowongan kerja, selalu melampirkan poin berpengalaman kerja selama sekian tahun. Tidak hanya dalam dunia kerja, dalam dunia beasiswa juga banyak yang harus mempunyai pengalaman kerja, seperti beasiswa Chevening  Maka dari itu magang saat kamu kuliah mungkin menjadi sangat penting agar kamu punya pengalaman kerja setidaknya satu tahun.


Kuasai dan belajar bahasa Inggris saat masih kuliah

Secara umum, bahasa Inggris adalah bahasa pilihan untuk bisnis di sebagian besar dunia. Semakin baik bahasa Inggris Anda, semakin baik peluang kerja kamu. Berlatihlah setiap hari agar kemampuan Anda meningkat dan lebih baik. Peluang lowongan kerja jaman sekarang sudah banyak yang memberi nilai plus untuk kamu pelamar yang pandai bahasa inggris, terutama lowongan di perusahaan besar bertaraf internasional, baik perusahaan dalam negeri maupun luar negeri. Kemampuan bahasa inggris dengan baik dapat memudahkan perusahaan dalam menjalin komunikasi dan kerjasama bilateral maupun multilateral. Apalagi untuk bekerja di perusahaan yang sudah go internasional yang kariawannya dari berbagai dunia, bahasa inggris wajib dan harus kamu kuasai sejak dini.


Rapikan Profil kamu di Dunia Maya

Dunia maya tidak terkecuali media sosial menyimpan semua riwayat dan aktifitas kamu. Itu sebabnya penting untuk memilah mana hal yang harus dibuang dan mana yang dapat dibagikan di profil media sosial. Sebagai gantinya, mungkin kamu bisa mengunggah foto, video, maupun menuliskan status yang mendukung profil profesional kamu. Selain itu memperbarui email bisa menjadi satu hal yang krusial. Tentu tidak mungkin untuk memberikan alamat email yang tidak pantas ke perusahaan yang hendak dilamar. Bisa-bisa yang ada nantinya kamu  dicap terlalu labil atau justru gaptek. Jadi, rubahlah dan perbaharui media sosial kamu agar lebih profesional agar peruhaan tertarik untuk merekrutmu





Saat menjelang wisuda

Nahm kalau di atas tips dan trik saat masih kuliah,sekarang kita akan membahas yang harus kamu lakukan saat menjelang wisuda, sebab persiapan lebih diini lebih bagus dari pada nanti-nanti yang ujungnya gupek sendiri


Bedakan CV yang Dibutuhkan

CV dan surat lamaran kerja merupakan salah satu hal yang terpenting saat melamar kerja. Nah, untuk kamu yang bingung bagaimana cara membuat CV yang baik, langkah pertama adalah perhatikan dulu posisi pekerjaan yang ingin kamu ajukan. Jika pekerjaan tersebut terkesan formal, maka kamu tak perlu membuat CV yang terlalu kreatif. Buatlah CV yang profesional, dan pastikan bahwa informasi mengenai diri kamu lengkap dalam CV tersebut. Gunakan kalimat yang formal namun menarik agar bisa menarik perhatian.

Beda halnya jika kamu ingin melamar pekerjaan di bidang kreatif. Buatlah CV sekreatif mungkin, mulai dari desain yang unik, hingga susunan biodata yang menarik. Di luar itu, pastikan bahwa kamu menuliskan biodata diri secara lengkap. Hal-hal yang wajib kamu tuliskan adalah riwayat pendidikan, biodata diri singkat, soft skill, serta prestasi (yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu ambil, ya). Pernah mengikuti kegiatan organisasi atau seminar? Atau kamu pernah mengikuti magang? Cantumkan dalam CV beserta dengan deskripsi singkat mengenai peran kamu saat magang, serta tanggung jawab apa saja yang kamu kerjakan. Ini akan jadi nilai plus,


Maksimalkan Aplikasi dan Platform Mencari Pekerjaan

Di jalam yang sudah canggih saat ini kamu tidak harus melamar kerja dengan mendatangi tempatnya langsung. Lowongan kerja jaman sekarang kebanyakan sudah di unggah/upload di berbagai platorm atau portal pencarian kerja online seperti LinkedIn, Jobstreet, instagram, website, dll. Maka dari itu maksimalkan aplikasi dan platform tersebut sebaik mungkin, karena terdapatbanyak infi lowongan kerja disana. Nah, supaya CV kamu lebih cepat dilirik saat akan upload secara online dalam lowongan kerja contoh saja di paltform atau portal pencarian kerja LinkedIn, lihat bagian Featured Skills & Endorsement di akun LinkedIn kamu. Sebuah perusahaan besar biasanya akan menyortir CV lewat software dan tidak banyak mengandalkan pihak HRD untuk melakukannya. That’s why, keywords are important. Gunakan kata yang tepat, dan masukan skill yang tepat serta mudah dicari (semisal: writing, photographer, video editor, dan sebagainya). Kamu akan terkejut mengetahui seberapa besar hal ini memengaruhi kesempatan kamu untuk ditelepon oleh sebuah perusahaan.


Buat Surat Lamaran Kerja dengan Baik dan Benar

Surat lamaran juga menjadi poin penting bagi pelamar kerja. Sayangnya, bagi fresh graduate masih banyak yang tidak menyertakan surat lamaran pada saat apply CV ke perusahaan. Padahal surat lamaran ini bersifat resmi yang ditulis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Isi surat lamaran terdiri dari pembuka, perkenalan, data diri singkat, maksud dan tujuan dibuatnya surat lamaran pekerjaan, lampiran berkas dan penutup. Pastikan dalam membuatnya jangan sampai ada huruf yang typo. ini tentunya akan mengurangi penilaianmu. Semakin rapi, lengkap dan jelas surat lamaran yang kamu buat, maka aplikasi lamaran bisa dipilih perusahaan di antara ratusan aplikasi lamaran yang masuk. 


Rajin mengikuti event jobfair

Ikutilah event jobfair, di sana kamu akan temukan ratusan lowongan kerja dari puluhan perusahaan. Event jobfair selalu ada setiap bulan, dan sangat potensial untuk bisa bekerja secepatnya karena kamu bisa menaruh langsung lamaran kerja sesuai kualifikasi dan kebutuhan perusahaan. Biasanya di kampus-kampus sudah terdapat event jobfair yang bekerjasama langsung dengan kampus, seperti Universitas Lampung yang biasanya bekerjasama dengan CCED Unila dalam penyelenggaraan jobfair. Jobfair ini memang banyak di selanggarakan di jakarta, dan pusat-pusat kota lainnya di seluruh indonesia, baik yang bekerjasama dengan kampus atau tidak, akan tetapi kamu harus mendatangi tempatnya langsung untuk dapat mendaftar lowongan kerja dan menyerahkan semua persyaratannya. 


Daftar sebanyak mungkin ke portal pencarian kerja

Kemajuan teknologi dengan munculnya internet yang dilanjutkan dengan hadirnya smartphone begitu memudahkan hidup banyak orang. Itu juga yang dirasakan banyak orang saat mencari pekerjaan. Mereka gak perlu lagi datang dari kantor ke kantor buat menaruh surat lamaran. Ditambah lagi, banyaknya orang-orang yang mencari kerja dimanfaatkan sebagai peluang dengan munculnya portal-portal pencarian kerja. Kamu pun juga bisa memanfaatkan kehadiran portal-portal tersebut dengan meregistrasikan diri atau terdaftar memiliki akun di portal tersebut. Ada beberapa portal pencarian kerja yang bisa kamu manfaatkan. Mulai dari Glints, Qerja, Urbanhire, Jora, Jobstreet, JobsDB, Indeed, Jobscdc, Job-Like, Loker, Karir, Jobindo, hingga Jobfinder. Kamu juga bisa memanfaatkan Linkedin agar memudahkan HR dalam menemukanmu.


Perbanyak doa dan ikhtiar

Setelah berusaha dengan maksimal kamu juga harus berdoa dan ikhtiar. Karena keinginan dan harapan kamu akan terwujud manakala Allah mengabulkan doa dan ikhtiarmu. Demikian beberapa tips cara cepat dan efektif mendapatkan pekerjaan, semoga bisa membantu sahabat sehingga bisa segera mendapat pekerjaan.



Sekian, Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan dapat menjadi informasi mendalam, ya. Jangan lupa follow sosmed kami, dan join grub telegram brainesia untuk mendapat informasi menarik setiap harinya


Source:
brainesia.com
lifepal.co.id
cosmopolitan.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah