-->
close
Macam-macam Beasiswa Kuliah di Universitas Pertamina Yang Banyak di Cari

Macam-macam Beasiswa Kuliah di Universitas Pertamina Yang Banyak di Cari

Braiensia.com Untuk kamu yang ingin lanjut atau sudah kuliah di Universitas Pertamina, brainesia punya segudang informasi tentang beasiswa yang ada di universitas tersebut. Berikut akan kami rangkumkan beasiswa yang sering di berikan oleh Universitas Pertamina guna menunjang proses belajar mahasiswanya. Mulai dari fasilitas yagn di berikan, syarat beasiswa pertamina yang harus di penuhi dan tatacara pendaftaran beasiswa pertamina terbaru. Baca sampai selesai ya 


Macam-macam Beasiswa Kuliah di Universitas Pertamina Yang Banyak di Cari


1. Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina

Pengajuan Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina tahun akademik 2020/2021 terbuka bagi lulusan SMA/sederajat tahun 2020, 2019, dan 2018 yang mendaftar dan lulus Ujian Masuk Universitas Pertamina periode Januari 2020 atau Maret 2020 (UM Gelombang 1 dan Gelombang 2), dengan prestasi akademik sangat baik namun MEMILIKI KESULITAN EKONOMI untuk mengikuti dan/atau menyelesaikan pendidikan di Universitas Pertamina. Beasiswa diberikan selama maksimal 8 (delapan) semester masa studi dengan evaluasi setiap tahun.

Tipe Beasiswa Ekonomi UP:

Tipe 1: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 100% SPP
Tipe 2: Pembebasan 100% SPI dan Pembebasan 50% SPP


2. Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina  

Universitas Pertamina menyediakan Beasiswa Prestasi berupa pembebasan 100% dan 50% Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) untuk 100 (seratus) peraih Nilai Terbaik pada Ujian Masuk (UM) Universitas Pertamina Periode April 2020 (Gelombang 3). Seluruh peserta Ujian Masuk Periode April 2020 berkesempatan untuk menerima Beasiswa Prestasi Hasil UM.


3. Beasiswa Unggulan Semester (BUS) Universitas Pertamina

Universitas Pertamina membuka kesempatan bagi mahasiswanya untuk mengajukan BEASISWA UNGGULAN SEMESTER. Beasiswa Unggulan Semester adalah bentuk penghargaan Universitas Pertamina kepada mahasiswa dengan Prestasi akademik sangat baik. Beasiswa Unggulan Semester diajukan pada akhir semester untuk pembebasan 100% SPP di semester selanjutnya. Tidak ada kontrak belajar yang harus ditandatangani oleh penerima Beasiswa Unggulan Semester.


4. Beasiswa Studi Berkelanjutan (BSB) Universitas Pertamina

Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang tidak mengajukan Beasiswa ekonomi di awal perkuliahan namun memiliki kesulitan ekonomi untuk menyelesaikan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) pada masa belajarnya. Beasiswa ini dibuka setiap akhir semester Genap dan diutamakan bagi mahasiswa yang TIDAK MAMPU secara ekonomi. Beasiswa Studi Berkelanjutan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 50% SPP untuk sisa masa belajar.

Mahasiswa penerima Beasiswa Studi Berkelanjutan akan menandatangani Kontrak Belajar yang mengatur tentang hak dan kewajiban mahasiswa penerima beasiswa (nilai IPS dan IPK minimum, keharusan untuk menaati peraturan-peraturan di Universitas Pertamina, dan kewajiban lainnya). Kelayakan mahasiswa atas beasiswa ini akan ditinjau setiap semester (IPS) dan setiap akhir tahun akademik. Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pertamina berhak menghentikan beasiswa yang diterima oleh mahasiswa jika ybs dinilai tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan dalam kontrak belajar.


5. Beasiswa Bantuan Belajar Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina

Ikatan Orangtua Mahasiswa Universitas Pertamina terbentuk pada tanggal 01 September 2018, dengan visi menjembatani antara mahasiswa dan kampus untuk kelancaran studi mahasiswa. Salah satu bentuk penerjemahan visi tersebut adalah berupa pemberian beasiswa bantuan belajar kepada mahasiswa Universitas Pertamina. Beasiswa Bantuan Belajar IOM Universitas Pertamina Semester Ganjil tahun akademik 2019/2020 adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Pertamina yang kurang mampu secara ekonomi namun berprestasi. Beasiswa diberikan kepada 15 mahasiswa terpilih dengan bantuan belajar sebesar Rp 2.000.000,-.


6. Beasiswa Bazma Universitas Pertamina

Beasiswa BAZMA adalah Program Kerja Sama antara Yayasan Baituzzakah Pertamina dengan Universitas Pertamina. Beasiswa ini diselenggarakan dalam rangka memberikan kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang setinggi-tingginya, terutama mahasiswa Universitas Pertamina. Beasiswa diberikan untuk membantu mahasiswa yang mengalami kesulitan secara finansial, baik itu kuliah maupun untuk kehidupan sehari-hari. Beasiswa BAZMA diberikan selama 2 (dua) semester. 

Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa Universitas Pertamina terdiri dari 3 (tiga) kategori, yaitu:

  1. Kategori satu: Menerima Keringanan SPP sebesar Rp 1.775.000 (satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah) dan Uang Saku senilai Rp 1.775.000 (satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah) setiap semester;
  2. Kategori Dua: Menerima Keringanan SPP sebesar Rp 1.775.000 (satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah);
  3. Kategori Tiga: Menerima Uang Saku senilai Rp 1.775.000 (satu juta tujuh ratus tujuh puluh lima ribu Rupiah) setiap semester.

7. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

PF Prestasi adalah salah satu bentuk komitmen PT. Pertamina (Persero) dan Pertamina Foundation dalam peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia dalam menghadapi persaingan global yang kompetitif dalam kreatifitas, inovasi, dan teknologi. Salah satu bentuk dukungan untuk kemajuan di bidang pedidikan diberikan beasiswa S1 untuk putra-putri terbaik di seluruh Indonesia.

Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020 merupakan apresiasi kepada mahasiswa yang berprestasi secara akademik, aktif dalam organisasi atau kegiatan sosial-kemasyarakatan, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, dan mengikuti pendidikan di kampus mitra Pertamina Foundation. Pertimbangan khusus diberikan kepada mahasiswa dari keluarga kurang mampu dan khusus pada tahun 2020 dengan kondisi wabah pandemik covid-19 diberikan prioritas bagi mahasiswa yang terdampak virus corona.

Bantuan beasiswa diberikan mulai bulan Januari s/d Desember tahun 2020. Komponen beasiswa meliputi bantuan biaya pendidikan SPP per-Semester dengan besaran Rp4.000.000 dan bantuan biaya hidup Rp500.000 per-bulan. Penerima beasiswa berkewajiban untuk mengikuti kegiatan capacity building dan Aksi Sobat Bumi yang bertujuan untuk meningkatkan softskill dan kegiatan pelestarian lingkungan yang diselenggarakan oleh Pertamina Foundation. Menyikapi kondisi saat ini dan apabila sampai dengan Bulan September 2020 masih terdampak dengan Covid-19, maka kegiatan CB akan diganti dengan Pelatihan Peningkatan Kapasitas secara online dengan materi mengenai Leadership, Keterampilan Social Preneur, dan melibatkan narasumber maestro (ahli), praktisi, dan disiapkan modul-modul secara online beserta penugasannya.

Universitas Pertamina merupakan salah satu kampus mitra Pertamina Foundation untuk program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020. Berikut adalah informasi lengkap terkait program Beasiswa Pertamina Sobat Bumi 2020.


8. Beasiswa Keringanan Spp Terdampak Pandemi Covid-19

Beasiswa Keringanan SPP Terdampak Pandemi COVID-19 adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mengalami hambatan dalam pembayaran Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) semester karena kondisi ekonomi keluarganya terdampak COVID-19. Beasiswa ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 25% SPP.


9. Beasiswa Eksternal Universitas Pertamina (Beasiswa CIMBNIAGA )

Program Beasiswa CIMB Niaga mendukung mimpi para generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang memadai. Khususnya di kondisi Pandemi Covid-19 yang membawa banyak dampak perubahan bagi kehidupan bermasyarakat, tanpa terkecuali di sektor ekonomi dan pendidikan. Kedua hal ini harus menjadi kebutuhan yang diperjuangkan, karena kondisi perekonomian yang sulit seharusnya tidak memadamkan semangat dan mimpi para generasi muda untuk melanjutkan studinya.


Tatacara Pendaftaran, sayrat dan jadwal pendaftaran silahakn cek di link berikut: Klik Disini

Sekian, Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan dapat menjadi informasi mendalam, ya. Jangan lupa follow sosmed kami, dan join grub telegram brainesia untuk mendapat informasi menarik setiap harinya

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah