Jenggot ku Masih Bongkar-Pasang

Jenggot ku Masih Bongkar-Pasang


mau nulis kok hawanya males banget, takut kalo tulisan ini nanti jadi bahan perbincangan publik. kita tau lah indonesia kan bangsa yang majemuk, banyak suku, budaya dan adat istiadat. di tengah perbincangan ratusan juta masyarakat yang berbeda pandangan serta pola pikir mungkin tulisan ini hanya sekedar coretan sang blogger yang lalu lalang di mesin pencarian google. 

tapi aku yakin hampir dari mereka semua yang melihat tulisan ini, lihat judulnya sajalah, pasti mereka sudah tau kemana arah pembicaraan sedang berlangsung. aku kasih bocoran sajalah, alur yang akan di sajikan dalam artikel ini membahas seputar buka tutup, eh salah, bongkar muat maksudnya.

setiap artikel tentunya atau pada umumnya berawal dari pembukaan, lalu konflik setelah itu penyelesaian di akhirnya, kalau tadi pembukaan udah, sekarang menuju ke topik utamanya. langsung saja lah, tidak usah bertele tele, kalo banyak janji takutnya cuma jadi wacana aja hehe

sekarang jenggotku sudah tumbuh besar, tumbuh lebet kalee. Setiap akan pulang kampung aku harus membongkarnya karena bisa menimbulkan konflik di masyarakat jika jenggot ini tetep nemplok. wajarlah orang desaku masih banyak yang belum faham tentang manfaat dan hukum berjenggot, kalau aku tetap pakek jenggot bisa-bisa mereka salah korban sehabis sholad ied nanti

okelah sejenak aku berfikir, sebenernya salah enggak sih aku pakek jenggot, ini kan sunnah, amalan yang enggak ngeluarin banyak harta dan tenaga lagi, intinya ini sunnah yang paling simpel yang penah di ajarkan kepada manusia, tapi kok ya masih di cibir gitu sama mereka-mereka, apalah salah jenggot ini mas suparman (nama samaran).


yaudah akhirnya aku putuskan untuk membongkarnya, tapi setelah si jenggot bin jengki di cukur habis tak tersisa sepeserpun, eh malah di nyinyirin sama temen-temen kampus bahkan ada yang bilang begini " jenggotnya mana, gantengan pakek jenggot loh". kan jadi pengen terbang melayang gitu

keesokan setelah  pulang kampung ternyata si jenggot tumbuh rimbun lagi, yeeeey, sontak aku menyambut gembira kenyataan ini, ah sedikit lebai kau nak. oke lanjut, di tengah hari-hari yang di penuhi rasa senang karena my jenggot is comeback, suatu waktu ada yang nyinyir lagi, entah aku yang salah sarapan tadi pagi atau dia yang sangat perhatian dengan aku tiba-tiba dia ngelontarin pernyataan yg sedikit membingungkan "lho kok udah rimbun lagi mas, kalo hijrah yang SERIUS dong, jangan buat mainan, kayak anak alay aja". 

aku langsung mbatin (jawa), ealaah stang motor kalo di kasih nyawa jadinya begini to, enggak tau duduk permasalahannya tiba-tiba nyinyir aja. pengen di seriusin ngomong, jangan diem-diem baek kayak batu akik oplosan. kalau aku mau serius mah udah dari dulu main kerumahmu. ishh bahas apa sih aku ni, ngelantur kemana mana, dasar jomblo. siap kita? jomblowan. 

oke kembali ke topik pembahasan, bukannya aku enggak serius ya mbak e, daku ini masih bongkar pasang jenggot karena punya alasan tersendiri, demi kebaikan umat terutama untuk mereka yang berbeda pandangan dengan kita, seperti di desa ku tadi contohnya, dan kalau masalah hijrah lebih baik nggak usah ditanya lagi, biar aku dan tuhanku yang tau. 

weslah, cukup sekian aja, kalo tak terusin bisa-bisa aku yang kejerumus dalam dosa karena yang tadinya cuma menjelaskan malah jadi ngomongin orang, walaupun masih banyak lagi sih nyinyiran yang masuk dan mencicipi es teler di dalem telingaku, mungkin secuil cibiran di atas sudah cukup memberikan alasan tersendiri buat yang masih bongkar-muat jenggot. dan yg lancar-lancar baek melihara jenggotnya, bersyukurlah allah swt memberikan kemudahan untuk anda

Dan teruntuk kalian semua yang sudah mantap berjenggot, ataupun sedang berusaha memeliahranya saya doa kan semoga istiqomah mawadah warohmah ya, kalau bisa jangan bongkar pasang kayak truk gandeng, truk aja gandengan masak situ enggak, eaaak. issh bahas apa lagi sih ini ngaco mulu

okelah sekian penjelasan singkat dariku, eh tunggu aku nya tu siapa, siapa aku? 
jomblowan, lha terus kapan nikah? semua udah di urus, di urus siapa? sama yang maha kuasa

sekian.
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts