12 Tips dan Cara Ampuh Memilih Jurusan Kuliah Dalam Negeri Maupun Luar Negeri

hai teman teman, mana nih yang mau lulus SMA, pasti seneng banget kan. setelah lulus sekolah mau langsung kuliah atau kerja ?

Untuk prospek hidup yang lebih baik kali ini brainesia.com akan membagikan 12 Tips dan Cara Ampuh Memilih Jurusan Kuliah Dalam Negeri Maupun Luar Negeri, semoga bermanfaat

 12 Tips dan Cara Ampuh Memilih Jurusan Kuliah Dalam Negeri Maupun Luar Negeri


1. Evaluai diri 

Mulailah dengan mengevaluasi hobi, prestasi dan sifat kamu untuk mengerti bidang manakah yang cocok untuk kamu. Mungkin kamu seseorang yang bertalenta di bidang musik atau seni lukis, kamu dapat mempertimbangkan untuk memilih jurusan di bidang arts. Atau apabila kamu sering berpartisipasi dalam olimpiade matematika dan sains, mungkin ilmu pengetahuan yang lebih teknik lebih cocok untuk kamu. Kegiatan apakah yang kamu suka lakukan pada waktu luangmu? Biasanya hobi kamu juga akan mencerminkan ketertarikan dan talenta kamu, lho! Pilihlah jurusan yang benar-benar kamu suka agar pengalaman kuliah kamu bisa maksimal.

2. Lakukan riset tentang jurusan yang kamu pertimbangkan 

Sebaiknya, lakukanlah riset mendalam tentang jurusan yang kamu minati. Peluang karir apakah yang dapat kamu raih dengan gelar dari jurusan tersebut? Kamu juga harus mempertimbangkan tentang pekerjaan yang nantinya akan kamu lakukan apabila terjun ke dalam bidang tersebut, dan pertimbangkanlah hingga kamu yakin bahwa kamu benar tertarik disitu.

3. Pilih jurusan sesuai dengan apa yang kamu sukai

Kalau kamu nggak tahu mau jadi apa, pilih lah jurusan dari bidang yang paling kamu sukai. Mempelajari hal yang kamu sukai akan menyenangkan. Meski perkuliahan menjadi semakin sulit, karena kamu menyukai bidang tersebut, kamu gak akan menyerah apalagi menyesal di tengah jalan. Pastikan bidang tersebut benar-benar kamu sukai bukan cuma tertarik karena menurutmu terlihat keren.

4. Pilih jurusan yang sesuai dengan kemampuan

Meski kamu menyukai drama tentang kedokteran atau seorang programmer terlihat keren di matamu, ada baiknya kamu perhatikan kemampuan diri sendiri dulu. Kalau kamu pintar di bidang seni atau sastra, kamu nggak perlu mengambil jurusan eksak hanya karena orang bilang itu keren. Bidang apapun punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jurusan kuliah yang keren itu adalah jurusan yang bisa membuatmu berprestasi dan mengembangkan diri di dalamnnya. Bukan cuma jadi mahasiswa yang ikut-ikutan tren.

5. Pilih yang paling banyak peluang kerjanya

Ketika selesai kuliah nanti, kamu akan dihadapkan dengan sulitnya dunia kerja. Bukan cuma dunia kerja yang sulit, tapi untuk masuk dunia kerja pun sulit. Zaman sekarang mencari pekerjaan relatif sullit. Kalau kamu belum tahu mau jadi apa dan tidak ada bidang yang benar-benar kamu sukai, gak ada salahnya memilih jurusan yang peluang kerjanya paling banyak. Toh selesai kuliah, kamu juga akan cari kerja kan?
6. Pilih jurusan yang dibutuhkan dimana-mana atau bisa masuk banyak bidang

selain mencari jurusan yang peluang kerjanya banyak, kalau kamu belum tahu mau apa, mencari jurusan yang fleksibel untuk kerja dimana saja juga bukan ide yang buruk. Jurusan Teknik informatika atau akuntansi yang selalu dibutuhkan perusahaan apapun latarbelakang perusahaannya bisa jadi pilihan yang baik. Tapi ingat, pertimbangkan kemampuan dan minat kamu dulu ya.

7. Lakukan aptitude test

Aptitude test atau tes bakat dapat membantu kamu yang kurang yakin tentang bakat dan kemampuan kamu. Ada banyak fasilitas tes bakat yang dapat kamu lakukan di Indonesia, ada juga tes dari situs online. Namun, berhati-hatilah untuk tidak menuruti hasil yang kamu dapat tanpa berpikir lebih lanjut agar tidak memilih langkah yang salah.

8. Bertanya kepada mahasiswa fakultas yang kamu minati 

Apabila kamu tidak yakin tentang jurusan yang kamu suka, kamu bisa menghubungi alumni atau mahasiswa yang sedang mempelajari hal tersebut. Kamu dapat bertanya tentang hal-hal spesifik yang dipelajari, pengalaman mereka dalam mengerjakan tugas dan poin pro dan kontra dari jurusan tersebut.
baca juga: 7 Jalur Pendaftaran Masuk Universitas Lampung
9. Pertimbangkan opsi double major atau major/minor

Bingung memilih antara dua jurusan yang menarik? Apa bila universitas kamu mengadakan program double major, kamu bisa sekaligus belajar dua-duanya dan lulus dengan dua gelar. Walaupun pilihan ini akan sangat sibuk, tentunya lulus dengan dua gelar terdengar seperti pilihan yang menarik, bukan? Kamu juga bisa memilih program major/minor dimana kamu memilih satu jurusan utama, dan mengambil kelas minor dari jurusan lain. Namun, banyak universitas yang hanya memperbolehkan kamu memilih dua jurusan yang masih berhubungan. 

10. meminta pertimbangan dengan keluarga

Dalam memilih jurausan faktor keluarga sangatlah penting, karena sumber biaya dan ketika kita sudah masuk kuliahpun kita masih tergantung keluarga, apapun hasilnya keluarga juga yang ikut menanggungnya, saran ane sebelum memilih jurusan kuliah di musyawarahkan baik baik dengan kedua orang tua, agar semua berjalan sebagaimana mestinya

11. Perbanyak browsing

Sekarang sudah jamanya yang canggih-canggih gan, semua ada di mbah google, internet tak sekedar untuk kesenangan dan bisnis tapi juga untuk menggali pengetahuan dan informasi, tapi dalam hal ini anda harus berhati-hati dalam mencari informasi yang akurat, lebih baik cari sumbernya terlebih dahulu, untuk masalah memilih jurusan pun sebaiknya ane sarankan untuk perbanyak browsing di google tapi liat info nya yang terpercaya aja kayak media yang udah terkenal, soalnya ane pernah ketipu waktu mau snmptn, waktu itu ane mau milih jurusan ilmu komunikasi unair, nah setelah browsing ada yang menuliskan kalau pesaing di unair tu Cuma ratusan eh setelah daftar ternyata ribuan bahkan puluhan ribu, gagal lah ane di snmptn.

12. sering kontak dengan BK

BK atau yang sering di sebut dengan bimbingan konseling adalah tempat yang bagus buat kita curhat dan meminta petunjuk buat hal hal yang genting, di sekolah ane bk merupakan teman yang selalu ingat pada di kita yang selalu menasehati dll. Nah ketika bingung memilih jurusan kulaih ane sarankan anda meminta nasehat ke BK karena Biasanya BK lebih faham dari guru guru lainnya. Dan BK juga biaasnya punya data data akurat untuk wawasan kita memilih jurusan , seperti halnya data pesaing,kuota,peluang tahun ini dan kemarin pun  BK sudah mempersiapkan. Jadi kita tinggal lihat analisis dan putuskan sebagai referensi buat memlih jurusan.

December 16, 2018