-->
Hal-hal yang Harus di Pertimbangkan Sebelum Memilih PTN, PTS, dan PTK
close

Hal-hal yang Harus di Pertimbangkan Sebelum Memilih PTN, PTS, dan PTK

Musim penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai. Para lulusan SMA berbondng bondong mencari kampus/perguruan tinggi sesuai keinginan mereka. Namun diantara mereka tentu banyak yang sering bertanya tanya “yang mana sih lebih bagus antara kuliah di kampus umum dengan kuliah di perguruan tinggi kedinasan?” Nah bagi yang belum tahu masing masing kelebihan dan kekurangan, berikut adalah perbandingan singkat yang bisa dijadikan pertimbangan. Yang dimaksud Pergurun Tinggi Umum disini adalah PTN maupun PTS. Sedangkan PTK (Perguruan Tinggi Kedinanasan) adalah perguruan Tinggi khusus yang didirikan pemerintah dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai di Instansi pemerintah.

PERBANDINGAN

1. Jalur penerimaan
Untuk PTN dan PTS Pada umumnya jalur penerimaan mahasiswa baru bagi universitas umum adalah melalui jalur SPMB atau UMPTN yang diadakan secara serentak secara nasional. namun sebagian kampus juga menggunakan jalur penerimaan dengan sistem ujian mandiri atau UM. Bahkan sebagian kampus lebih memprioritaskan penerimaan mahasiswa baru melalui sistem UM. sedangkan untuk PTK Sistem penerimaan mahasiswa baru biasanya dilakukan secara sendiri sendiri atau USM berdasarkan kalender akademik kampus masing masing. Kadang ada yang masa penerimaan mahasiswa baru lebih cepat dari PT umum tetapi ada juga yang lebih lambat. Bahkan tes penerimaan diadakan setelah kampus lain sudah memasuki masa perkuliahan. Tingkat kelulusan di PTK relatif kecil, karena jumlah pendaftar tergolong cukup banyak. bahkan salah satu PTK seperti STAN hanya menerima sekitar 2-3 persen dari jumlah pendaftar.
2. Biaya Perkuliahan
Untuk masuk kuliah di universtas umum, biayanya relatif, tergantung masing masing kampus. Kadang ada yang murah tetapi ada juga yang biayanya sangat mahal. Bahkan tidak terjangkau bagi sebagian orang/ calon mahasiswa. Tentunya biaya yang paling mendasar adalah biaya uang masuk, SPP yang dibayar setiap semester, plus biaya lain lain berupa uang pembangunan dan biaya ekstra lainnya selama masa perkuliahan. Sedangkandi PTK, Hampir bahkan semua PTK tidak membebankan biaya kepada mahasiswa, malah mahasiswa lah yang mendapatkan uang saku selama pendidikan. namun biaya lain masih menjadi tanggungan mahasiswa, utamanya biaya hidup seperti makan, biaya kos/kontrakan dan lain lain. Namun sebagian besar PTK sudah menyediakan asrama bagi mahasiswanya.
3. Sistem Pendidikan
Sistem pendidikan yang digunakan umumnya sistem pendidikan yang berorietasi pada pengembangan bidang ilmu tertentu. Artinya murni pada pengembangan mata kuliah yang dipilih. Sehingga pendidikan bersifat teoritis. sedangkan Mengutamakan Sistem pendidikan yang mengarah pada pembekalan kemampuan teknis, artinya mahasiswa diberikan pendidikan yang lebih fokus pada penerapan ilmu di dunia kerja (instansi pemerintahan). Jadi kalau bagi calon mahasiswa yang ingin mengembangkan bidang ilmu sampai ke jenjang yang lebih tinggi, mungkin akan lebih baik jika memilih universitas umum. Sebab kalau di kuliah di PTK. ada ketentuan yang mewajibkan lulusan bekerja/mengabdi selama beberapa tahun yang disebut masa ikatan dinas jadi selama waktu tersebut alumni tersebut tidak diberiizin melanjutkan kuliah.Selain itu, untuk melanjutkan kuliah harus memperoleh izin dari atasan maupun dari tingkat departemen/kementerian yang bersangkutan.

4. Lulusan
PTN, Dapat dikatakan bahwa lulusan dari universitas umum tidak ada jaminan untuk mendapatkan pekerjaan. Kecuali jika sebelumnya sudah ada kontrak dengan pihak lain. Namun lulusan PT umum memiliki kesempatan yang besar untuk lansung melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi (S2 – S3 ). Karena tidak ada ketentuan yang mewajibkan bekerja terlebih dahulu. Sedangkan untuk lulusan PTK sudah diberi jaminan pekerjaan yang pasti. karena memang pada dasarnya tujuan dari pendidikan PTK adalah untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada instansi pemerintah yang bersangkutan.
Itulah sekilas perbandingan antara Perguruan Tinggi umum dengan Perguruna tinggi Kedinasan. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan bagi teman2/adik2 maupun para orang tua dalam memilih perguruan tinggi yang tepat. Semoga bermanfaat. 

sumber: https://www.kompasiana.com/sutha
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Download Soal