-->
5 Beasiswa Kuliah yang Sangat Recomended Untuk Kamu Coba
close

5 Beasiswa Kuliah yang Sangat Recomended Untuk Kamu Coba

Mempersiapkan diri lebih awal tentunya sangat menunjang keberhasilan meraih beasiswa. Arah lebih jelas dan tekad untuk memperoleh beasiswa yang diimpikan semakin matang. Banyaknya beasiswa yang ditawarkan setiap tahun memang sangat menguntungkan bagi pelamar. Setidaknya beragam pilihan tersedia. Tapi, seiring berjalannya waktu, tidak sedikit pula beasiswa yang sebelumnya rutin dibuka, tahun ini sudah tidak terlihat lagi. Bisa jadi program beasiswa tersebut ditutup atau berganti dengan jenis dan nama beasiswa yang baru. Masalahnya mungkin, Anda sudah mempersiapkan diri untuk beasiswa yang dimaksud, tapi saat waktu yang ditunggu-tunggu tiba, beasiswa tersebut tidak lagi buka

Kecewa, tapi tak perlu mengurungkan niat. Banyak peluang lain yang perlu dipertimbangkan. Meski harus menyesuaikan lagi dengan kriteria dan persyaratan yang mereka tetapkan. Nah, di sinilah perlunya mengetahui info beasiswa yang rutin dibuka. Sehingga Anda bisa menghadapi beragam jenis beasiswa sekaligus. baiklah, ini dia daftar 5 beasiswa yang sangat kami rekomendasikan untuk sobat semua.

1. Bidik Misi
Bantuan biaya pendidikan diberikan sejak calon mahasiswa dinyatakan diterima di perguruan tinggi selama 8 semester untuk program Diploma IV dan S1, dan selama 6 semester untuk program Diploma III. Beasiswa ini berupa pembebasan dari seluruh biaya pendidikan selama di perguruan tinggi, baik uang pangkal maupun SPP per bulan. Selain itu, mahasiswa penerima beasiswa juga menerima uang saku untuk biaya kuliahnya yang akan diterimanya setiap 6 bulan sekali. Besaran Biaya Bidikmisi adalah sebesar 6 Juta Rupiah / Semester yang terdiri atas 2 Komponen :

  • Bantuan biaya penyelenggaraan yang dikelola perguruan tinggi, maksimal 40% dari bantuan biaya pendidikan sebesar Rp2.400.000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah) per-semester per-mahasiswa yang digunakan untuk pembayaran biaya pendidikan khusus Bidikmisi.
  • Bantuan biaya hidup yang diserahkan kepada mahasiswa, minimal 60% dari bantuan biaya pendidikan sebesar Rp 3.600.000,00 (empat juta lima ratus ribu rupiah) persemester per mahasiswa yang ditetapkan dengan SK Rektor/Direktur/Ketua.
Tujuan diselenggarakannya Beasiswa Bidikmisi adalah untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik baik, memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma atau Sarjanasampai selesai dan tepat waktu, meningkatkan prestasi mahasiswa, baik pada bidang kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler, menimbulkan dampak iring bagi mahasiswa dan calon mahasiswa lain untuk selalu meningkatkan prestasi dan kompetif, dan melahirkan lulusan yang mandiri, produktif dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat. 

2. Beasiswa Bank Indonesia
Mau tau seberapa besar beasiswa ini? Yups harian tempo memberitakan bahwa beasiswa reguler yang diberikan kepada  3.040 mahasiwa dinaikkan dari Rp 500 ribu menjadi Rp 750 ribu per bulan. Waw jumlah yang tidak sedikit loh, dan ingat PERBULAN. Jumlah ini sudah melebihi beasiswa pertamina yang membiayai 500.000 perbulan. Gmna tertarik?. Namun perlu sahabat ketahui bahwa kriteria penerima beasiswa reguler antara lain berasal dari keluarga tidak mampu dan memiliki indeks prestasi kumulatif sementara (IPK dari semester 1) minimal 3. Bagi kamu yang memiliki nilai bagus, kamu juga bisa mengikuti program ini. Sementara nilai beasiswa bagi 80 mahasiswa unggulan yang memiliki IPK 3,5 dinaikkan dari Rp 1,2 juta menjadi Rp 1,5 juta per bulan.

3. Beasiswa Pertamina
Beasiswa Pertamina yang satu ini ditujukan bagi mahasiswa dari jenjang S1 yang sudah menginjak minimal semester 4 dan maksimal semester 7 dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 3.0 untuk Universitas di bagian barat dan 2,75 untuk Universitas di Timur. Tidak seperti beasiswa lain yang hanya mendasarkan penilaian dari prestasi akademik. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi mengharuskan calon penerima untuk terlibat aktif dalam organisasi sosial terutama yang bertemakan lingkungan, seperti organisasi perlindungan flora dan fauna langka atau organisasi perlindungan habitat liar. Proses seleksinyapun cukup ketat dan tidak bisa sembarang mahasiswa mengajukan beasiswa ini.

Syarat paling utama adalah mahasiswa calon penerima beasiswa harus berasal dari Universitas mitra Pertamina Foundation (ada 48 Perguruan Tinggi, 24 Perguruan Tinggi merupakan Universitas Negeri). Jika lolos proses seleksi kamu berhak mendapatkan Penggantian biaya semester, Biaya hidup perbulan sebesar Rp 600.000 dan kesempatan untuk berkeliling Indonesia. Karena beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa dari Sabang hingga Merauke maka jangan heran jika nantinya kamu akan memiliki banyak teman dari berbagai suku di Indonesia.

4. Beasiswa PPA dan BPP-PPA
Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) diperuntukan bagi mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri. Untuk mendapatkan beasiswa ini mahasiswa harus memenuhi syarat seperti IPK paling rendah harus mencapai 3.00, sedang kuliah pada semester dua dan bisa dari semester pertama asal ada rekomendasi dari pihak sekolah dan memiliki prestasi sewaktu di SMA, memiliki prestasi bidang ko-kurikuler dan/atau ekstra kurikuler sebagai nilai plus dsb. Biasanya pengumuman penerimaan beasiswa ini akan diumumkan pihak Fakultas/Jurusan tinggal mahasiswa mendaftarkan diri dan melampirkan seluruh dokumen yang dipersyaratkan. Hasil akhir tentu saja hanya mahasiswa yang memiliki kualifikasi paling baik diantara pelamar lainnya yang akan mendapatkan beasiswa ini.
sedangkan Persyaratan dan prosedur pengajuan Beasiswa Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BPP-PPA) tidak jauh berbeda dengan Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA). Hanya saja Beasiswa Bantuan PPA harus menyertakan Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua dan Surat Keterangan Tidak Mampu atau layak mendapat bantuan yang dikeluarkan oleh Lurah/Kepala Desa atau pejabat berwenang.
Beasiswa peningkatan prestasi akademik (PPA) dan bantuan biaya pendidikan peningkatan prestasi akademik (BPP-PPA) disediakan pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Beasiswa PPA dan BPP PPA ditujukan bagi mahasiswa yang tengah menjalani kuliah diploma maupun sarjana di perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air. Penerima beasiswa PPA – BPP PPA akan mendapatkan Rp 350 ribu per bulan yang diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. 

5. Beasiswa Djarum
Beasiswa Djarum Foundation ini tidak kalah kece dengan Beasiswa Bank Indonesia bukan hanya financial tapi kamu juga akan mendapat berbagai pelatihan seperti Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposur dsb. Beasiswa ini diperuntukan untuk Perguruan Tinggi yang bermitra dengan Program Djarum Beasiswa Plus. Untuk mendapatkan beasiswa ini kamu harus memenuhi syarat administrasi seperti mahasiswa semester empat, memiliki IPK 3.00, aktif dalam berorganisasi. Nah, setelah dinyatakan lulus administrasi kamu harus menaklukan serangkaian tes dan wawancara.
Penerima beasiswa Djarum  akan mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 750 ribu per bulan yang diberikan selama 1 tahun. Sementara, kegiatan soft skill yang diberikan di antaranya meliputi Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, International Exposure, serta Community Empowerment. 

nah sobat semua, semoga postingan di atas dapat membantu meringankan beban kuliah kalian ya, jangan lupa share potingan ini jika di rasa bermanfaat 

sumber: 
https://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id
wikipedia
https://beasiswa-id.net
www.beasiswapascasarjana.com
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Download Soal