Macam-macam Penipuan SNMPTN, SBMPTN dan UM Yang Sering Terjadi

Macam-macam Penipuan SNMPTN, SBMPTN dan UM Yang Sering Terjadi

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Ujian Mandiri (UM) rutin di selenggarakan tiap tahun. Calon mahasiswa yang sudah mendaftar di perguruan tinggi favoritnya pasti tengah was-was menunggu agenda akbar ini. Akan tetapi kekhawatiran tidak lulus seleksi yang dirasakan oleh adik-adik sering  dimanfaatkan oleh sejumlah oknum yang tidak bertanggung jawab. Mereka memungut sejumlah uang dalam nominal yang cukup besar dengan janji jaminan masuk perguruan tinggi negeri yang diinginkan. Banyak korban yang terjerat kasus penipuan seperti ini. Adapun beberapa bentuk modus penipuan yang terjadi akir-akir ini antara lain:

 7 Bentuk Penipuan SNMPTN, SBMPTN dan UM Yang Sering Terjadi


1. Penipuan Lewat Telepon

Pengumuman hasil ujian hanya ditayangkan melalui website resmi panitia SBMPTN dan media cetak. panitia tidak akan menghubungi peserta, baik yang dinyatakan diterima maupun yang gagal untuk keperluan apapun. Panitia tidak akan menelepon peserta secara by name. Pengumuman resmi lewat web dan media massa. Jika ada orang yang menelepon terkait keperluan administrasi SBMPTN, itu bohong. hal teknis berkenaan dalam teknis registrasi ulang dalam website resmi. Prosedur pembayaran pun sudah ada di dalam situs resmi SBMPTN atau PTN yang menerima calon mahasiswa itu. Pembayaran pun dilakukan langsung pada akun resmi yang disebutkan, tidak melalui perantara.

2. Penipuan Berkedok Panitia

Untuk mencegah adanya tindak pidana penipuan yang akan menimpa peserta SNMPTN, SBMPTN dan UM, panitia penyelenggara menghimbau kepada selurus peserta supaya waspada dengan segala bentuk penipuan menjelang hari H, baik itu berupa sms, maupun telepon yang mengatasnamakan panitia penyelenggara. Karena pada saat pengumuman berlangsung, pihak panitia tidak pernah menelepon peserta secara langsung.

3. Hati-Hati dengan Web SBMPTN Palsu

Hati-Hati Terhadap Penipuan Website SNMPTN, SBMPTN dan UM Palsu. Kami mengingatkan peserta pendaftar untuk selektif atas website resmi pendaftaran SNMPTN, SBMPTN dan UM. Sebab kerap muncul situs / website palsu. Penipu mengambil celah dengan menyertakan nomor rekening palsu di laman web palsu tersebut. Dengan begitu, calon pendaftar yang tertipu itu akan mentransfer sejumlah uang di nomor rekening tersebut.

4. Penipuan Bermodus JOKI

Waspadai pula beberapa orang yang mengaku-ngaku sebagai joki. Lebih baik gunakan usaha sendiri untuk masuk ke PTN yang adik-adik inginkan. Usaha sendiri tentu lebih memuaskan hati dan juga sebagai sarana pengukur kemampuan kita. Alangkah ruginya jika adik-adik menggunakan jasa joki lalu adik-adik pun tetap gagal, tidak hanya menyesal, kerugian finansial juga pasti ada karena adik-adik harus meronggok gocek lebih untuk para joki. iya kalo jokinya dapat di percaya alias jujur, lah kalo itu cuma bermodus joki? sudah uang hilang menyesal pula tidak lolos SNMPTN, SBMPTN dan UM

5. Kunci Jawaban yang Disebar dan Di Perjual Belikan

Berhati-hati dengan kunci jawaban SBMPTN dan UM yang di sebar maupun diperjualbelikan. Ada baiknya bila adik-adik juga menghindari hal ini, karena tidak sedikit juga peserta tes SBMPTN dan UM yang gagal karena mengikuti hal semacam ini. Terlebih lagi bila adik-adik tidak mengenal baik dari mana kunci jawaban itu berasal.

6. Hindari Pungli

Hindari pula beberapa kejadian kriminal seperti pemalakan dan pungli (pemungutan liat) yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Perlu diingat baik-baik bahwa setiap tempat pelaksanaan SBMPTN dan UM merupakan daerah bebas pungli dari pihak manapun sebab telah ditetapkan oleh negara dan dijaga oleh pemerintah.

7. Hindari pula menyontek selama tes SBMPTN Berlangsung

Ingatlah bahwa peserta tes yang nantinya akan menjadi teman ruangan adik-adik sangat memungkinkan bukanlah orang yang adik-adik kenal, oleh karena itu kerjakanlah soal adik-adik sebaik mungkin karena bukaan tidak mungkin bahwa yang adik-adik conteki lebih lemah skornya dibandingkan skor adik-adik nantinya. parahnya lagi kalau sampai ketahuan oleh panitia penyelenggara, maka akan langsung di KICK OUT dan langsung di nyatakan gagal.

Itu tadi segala bentuk penipuan yang harus adik-adik ketahui, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. admin minta bantuan bagi para pembaca untuk meng SHARE artikel ini guna meredam kejahatan serupa. Sekian Trimakasih
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts