-->
Sharing Pengalaman Berjuang di UTBK
close

Sharing Pengalaman Berjuang di UTBK


Ditulis Oleh: Koharudin
Editor: Bang Lanang Official
 
Namaku koharudin, mungkin sudah ada beberapa yang tau siapa aku, bahkan sering bertatap muka secara langsung. Aku bukan siapa – siapa, aku bukan anak UI Bukan maba UGM apalagi maba ITB atau yang lainnya. Aku hanya seseorang yang pernah merasakan betapa pahitnya tidak diterima di jalur masuk PTN seperti PMDK – PN, SNMPTN, JALUR PRESTASI, SBMPTN, dan juga UJIAN MANDIRI. Betapa putus asanya ditolak POLINES, POLBAN, UGM, UI, UNY, dan UNNES.

Tahun ini, tahun 2019 merupakan tahun yang bener – bener membuatku merasa satu – satunya manusia yang paling hancur di muka bumi ini “lebay banget” wkwk. Tapi memang begitu kenyataanya banyak kegagalan yang aku alami tahun ini dan kegagalan yang paling menyakitkan adalah ketika aku ditolak oleh PTN impianku!. Rasanya hidup ini sudah tidak ada gunanya lagi, ah! tapi aku tidak mau berlama – lama berada diposisi yang paling aku benci ini. Aku teringat kembali akan apa yang dulu aku cita – citakan dan menjadi nazarku pas masih duduk dibangku SMK kelas 12. “Kalo aku bisa diterima di PTN impianku tahun ini, aku berniat untuk membantu proses sekaligus menjadi bagian dari perjuangan adik – adik kelas ku untuk meraih impiannya diterima di PTN yang mereka inginkan”. Tapi niat baiku ini tidak selalu berakhir baik pula, Aku sendiri gagal memperjuangan mimpiku untuk diterima di PTN impianku. Mungkin allah belum merestui niat baiku ini kali ya.

Singkat cerita, aku tidak ingin kamu mengalami kegagalan yang sama sepertiku, maka dari itu aku memutuskan untuk menulis ini, sebenernya sudah sejak beberapa bulan yang lalu aku ingin menuliskan ini cuman berhubung saat itu aku masih ragu, masih bingung mau nulis apa, akhirnya aku menundanya hingga beberapa minggu kemarin. Tujuan ku menulis ini yaitu agar kamu tidak mengalami hal yang sama sepertiku, supaya kamu tidak merasakan gimana rasanya ditolak SBMPTN maupun jalur masuk kuliah yang lain, gimana rasanya tidak diterima di PTN impianmu. “Bukannya gagal itu juga bisa membuat diri kita menjadi lebih baik lagi ya? Dengan cara kita belajar dari kegagalan yang kita alami”. Bener... bener banget! Tapi kalo seandanya kamu bisa langusng meraih mimpimu untuk diterima di PTN impianmu tanpa harus mengalami kegagalan kenapa ngga gitu loh?! Toh kamu kan bisa belajar dari kegagalan orang lain (dari aku misalnya) sama aja kan!
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Download Soal