-->
Kisah Inspiratif Paul Polman Dari Pekerja Pabrik Hingga Menjadi Kepala Eksekutif Unilever
close

Kisah Inspiratif Paul Polman Dari Pekerja Pabrik Hingga Menjadi Kepala Eksekutif Unilever


Paul Polman adalah kepala eksekutif Unilever, perusahaan yang membuat segalanya mulai dari sabun dove hingga mayones, seebagai CEO dari perusahan barang konsumen Inggris-Belanda ia membawa Unilever ke puncak kejayaan.

 Kisah Inspiratif Paul Polman Dari Pekerja Pabrik Hingga Menjadi Kepala Eksekutif Unilever


Masa kecil Paul Polman

Paul Polman lahir di Belanda setelah perang dunia ke 2, orang tua nya menikah pada waktu perang dunia 2 dan menderita akibat perang, kibat nya Paul Polman tidak dapat sekolah dengan baik, bahkan untuk lanjut ke Universitas tidak mampu, ayahnya bekerja sebagai administrasi di salah satu pabrik di Belanda, Ibunya bekerja sebagai guru di sekolah, satu satunya tujun orang tua paul polman adalah memastikan bahwa paul polman dapat bersekolah dengan baik.

Pekerjaan Pertama Paul Polman

Pekerjaan pertama Paul polman yaitu petugas penjaga di menara kantor cincinnati, pada saat paul polman menempuh pendidikan MA dan MBA di Universitas Cincinnati. Ketika paul polman lulus dia mengirimkan banyak surat lamaran pekerjaan ke berbagai perusahaan dan mendapatkan panggilan kerja di Procter & Gamble, mereka mengatakan membutuhkan pegawai di bidang keuangan di Belgia. Paul polman bekerja di pabrik belgia bidang keuangan analisis biaya.

17 tahun di P&G dan Nestle

Setelah berhenti bekerja sebagai analisis biaya di Belgia, paul polman bekerja di P&G dan Nestle. Pelajaran yang di ambil oleh paul polman pada saat bekerja di P&G adalah bagaiman paul polman menjaga komunitas sosial hubungan dengan orang lain dan menjaga etika baik, serta cara mempertahankan produk yang baik. Kemudin bekerja di Nestle paul polman menemukan bagaimana perusahaan di jalankan dengan ambisius dan tertarget, serta mendapatkan pelajaran bagaimana cara investasi di berbagai negara lain.

Perjalanan Akhir Menjadi CEO Unilever

Akhir bekerja di perusahaan Nestle, paul polman sebagai chief financial officer dan ke Unilever menjadi CEO, perusahaan Unilever mewawancarai banyak orang termasuk paul polman, dan akhirnya yang terpilih adalah paul polman, paul polman sempat berfikir bahwa sebenarnya masih banyak yang lebih baik dari dia, alasan paul polam bertahan adalah bahwa Unilever adalah perusahaan inggris – belanda, dan sebuah kehormatan bekerja di perusahaan belanda, itu sebab nya ia menjadi CEO selama 10 tahun di unilever. Ketika perjalanan paul polman bekerja dari P&G dan nestle ia banyak mendapatkan pelajaran berharga, dan di terapkan di perusahaan Unilever dan terbukti berjaya.

Posisi Unilever Ketika Paul Polman Datang


Unilever pada januari 2009 berada pada puncak krisis keungan, mengalami penurunan 10 tahun terakhir, omset merosot dari $55 Miliar ke $38 miliar omset.  Cara menangani masalah krisis keuangan ini yaitu dengan mensejahterkan pegawai dan membuat perusahaan unilever layak huni hingg 50 tahun kemudian, paul polman menggunkan strategi jangka panjang bukan jangka pendek ia memperbaiki segala lini, mulai dari pegawai hingga proses produksi produk unilever yang tidak merugikan orang lain, semisal pembuangan limbah dll. Terbukti dengan jalan ini Perusahaan Unilever menuju ke puncak kejayaan.

Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Download Soal