Soal Bahasa Indonesia Dan Pembahasan Lengkap UN Untuk SMP Terbaru 2020/2021 (NO 21-30)

Soal Bahasa Indonesia Dan Pembahasan Lengkap UN Untuk SMP Terbaru 2020/2021 (NO 21-30)


Hai teman teman kita akan coba untuk bahas lagi soal UN B Indonesia. Kali ini kita akan bahas nomor 21-30. Jangan lupa like dan share blognya ke teman-teman kalian ya, berbagi pengetahuan itu termasuk hal yang baik.

 Soal Bahasa Indonesia Dan Pembahasan Lengkap UN Untuk SMP Terbaru 2020/2021 (NO 21-30)


Bacalah teks berikut untuk menjawab soal nomor 21-22!

Hiduplah seekor rusa pada zaman dahulu. Ia sangat sombong lagi pemarah. Sering ia meremehkan kemampuan hewan lain.
Pada suatu hari si Rusa berjalan-jalan di pinggir danau. Ia bertemu dengan Kura-kura yang terlihat hanya mondar-mandir saja. "Kura-kura, apa yang sedang engkau lakukan di sini?"
"Aku sedang mencari sumber penghidupan," jawab si Kura-kura.
Si Rusa tiba-tiba marah mendengar jawaban si Kura-kura. "Jangan berlagak engkau, hei Kura-kura! Engkau hanya mondar-mandir saja namun berlagak tengah mencari sumber penghidupan!"
Si Kura-kura berusaha menjelaskan, namun si Rusa tetap marah. Bahkan, si Rusa mengancam akan menginjak tubuh si Kura-kura. Si Kura-kura yang jengkel akhirnya menantang untuk mengadu kekuatan betis kaki.
Si Rusa sangat marah mendengar tantangan si Kura-kura untuk mengadu betis. Ia pun meminta agar si Kura-kura menendang betisnya terlebih dahulu. "Tendanglah sekeras-kerasnya, semampu yang engkau bisa lakukan!"
Si Kura-kura tidak bersedia melakukannya. Katanya, "Jika aku menendang betismu, engkau akan jatuh dan tidak bisa membalas menendangku."
Si Rusa kian marah mendengar ucapan si Kura- kura. Ia pun bersiap-siap untuk menendang. Ia berancang-ancang. Ketika dirasanya tepat, ia pun menendang dengan kaki depannya sekuat-kuatnya.


21. Komentar terhadap pola pengembangan alur pada kutipan teks tersebut adalah ….

A. alur cerita berupa abstrak – komplikasi – koda
B. alur cerita berupa orientasi – komplikasi – evaluasi
C. alur cerita berupa abstrak – orientasi – komplikasi
D. alur cerita berupa pengenalan – klimaks – peleraian

Pembahasan

Pola pengembangan cerpen tersebut dimulai dengan menampilkan lokasi karena di dalam kutipan fabel dimunculkan lokasi cerita yaitu di suatu hutan.

22. Komentar penggunaan bahasa dalam kutipan teks tersebut adalah ....

A. menggunakan majas agar ceritanya menarik
B. menggunakan kata-kata kiasan untuk memperindah cerita
C. bahasa lugas dan sederhana sehingga mudah dipahami
D. menggunakan campuran bahasa daerah sehingga sulit dimengerti.

Pembahasan

Mengomentari penggunaan bahasa dapat didasarkan pada kekomunikatifan bahasa yang digunakan di samping unsur bahasa, seperti kata ganti, konjungsi, rujukan, dsb.
Bahasa yang digunakan dalam fabel tersebut adalah bahasa sehari-hari sehingga pembaca mudah dalam memahami isi fabel tersebut.

23. Bacalah teks berikut!

Musim hujan atau musim basah adalah musim dengan ciri meningkatnya curah hujan di suatu wilayah dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan hanya dikenal di wilayah dengan iklim tropis. Secara teknis [...], musim hujan dianggap mulai terjadi apabila curah hujan dalam tiga dasarian berturut-turut telah melebihi 100 mm per meter persegi per dasarian dan berlanjut terus. Apabila hal ini belum terpenuhi namun curah hujan telah tinggi kondisinya dianggap sebagai peralihan musim (pancaroba).

Kata yang tepat untuk mengisi kalimat rumpang dalam paragraf tersebut adalah ....

A. astronomi
B. meteorologi
C. geografi
D. sosiologi

Pembahasan  

Untuk melengkapi kalimat dengan kata dilakukan dengan cara mencermati kata sebelum dan sesudah kata yang dirumpangkan.

24. Bacalah teks berikut!

Setelah proses pemijahan selesai, segera angkat induk dari kolam pemijahan ikan lele. Hal ini untuk menghindari telur disantap oleh induk ikan karena setelah memijah induk ikan betina akan merasa lapar. Selanjutnya telur yang telah dibuahi ditetaskan. Penetasan bisa dilakukan di kolam pemijahan atau pun di tempat lain seperti akuarium, fiberglass atau kolam terpal. [...]
Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

A. Selama ikan belum menetas sebaiknya air tidak diganti karena akan berpengaruh pada suhu air dan kelembabannya berubah.
B. Selama proses penetasan suplai oksigen (aerasi) harus dipertahankan dan suhu distabilkan pada kisaran 28 – 29 o C.
C. Setelah itu ditunggu sekitar satu minggu sampai ikan-ikan menetas dan siap dipanen.
D. Selama proses ini lampu yang menerangi akuarium diatur suhunya.

Pembahasan

Melengkapi teks dengan kalimat dapat dilakukan dengan cara mencermati kalimat sebelum dan sesudah kalimat yang dirumpangkan.

25. Bacalah teks prosedur berikut dengan saksama!

(1)Pengairan selanjutnya dikurangi, terutama pada fase penuaan rimpang karena tanah yang menggenang dapat menyebabkan buruknya rimpang jahe.
(2)Mula-mula air disalurkan melalui saluran pemasukan, kemudian dibiarkan menggenangi petakan hingga tanah cukup basah.
(3)Selanjutnya, air segera dialirkan melalui saluran pembuangan.
(4)Pengairan harus dilakukan secara rutin 3 – 5 hari sekali atau bergantung pada keadaan cuaca dan kelembaban tanah.
(5)Pengairan dilakukan dengan cara digenangi 15 menit atau lebih sehingga tanah cukup basah.

Urutan kalimat teks prosedur yang tepat adalah…

A. (1), (3), (2), (5), (4)
B. (3), (1), (5), (2), (4)
C. (4), (5), (1), (2), (3)
D. (4), (1), (2), (5), (3)

Pembahasan

Menyusun kalimat-kalimat laporan agar padu, maka urutan kalimat harus memperlihatkan keruntutan berpikir yang dapat dilihat dari keterkaitan antarkalimat yang ditandai antara lain dengan konjungsi, pengulangan, dan kata ganti.

26. Cermati kalimat berikut!

Peran dan manfaat WTO Globalisasi memberikan dampak berupa perubahan pada pasar internasional. Salah satunya adalah [...] perdagangan, yang dipandang sebagai suatu upaya untuk meningkatkan daya saing ekonomi.
Kata yang tepat untuk melengkapi bagian rumpang pada kalimat tersebut adalah ....

A. globalisasi
B. liberalisasi
C. kapitalisasi
D. modernisasi

Pembahasan

Untuk melengkapi teks dengan kata dilakukan dengan cara mencermati kata sebelum dan sesudah kata yang dirumpangkan pada kalimat.

27. Bacalah teks berikut!

Manfaat olahraga bagi kesehatan manusia jelas sangat banyak dan bisa dirasakan oleh setiap orang. Tak bisa dipungkiri bahwa olahraga menjadi salah satu gaya hidup yang wajib dilakukan setiap orang untuk bisa membuat tubuhnya tetap sehat dan bugar. Sebagai sebuah kegiatan yang bisa melemaskan otot-otot tubuh, olahraga dinilai sangat penting bagi semua orang. [...] Olahraga dianjurkan untuk semua orang, baik yang sehat, sedang menjalankan diet, bahkan bagi orang yang kurang sehat pun terkadang disarankan untuk berolahraga karena faktanya olahraga mampu mengembalikan kesehatan tubuh dan mampu membakar lemak jahat yang tertimbun di dalam tubuh.

Kalimat yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

A. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampak negatifnya.
B. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampat positif dan negatifnya.
C. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampak dalam kehidupannya.
D. Tak peduli itu orang dewasa ataupun anak-anak, jika tak pernah berolahraga pasti akan merasakan dampak yang negatif dalam hidupnya.

Pembahasan

Melengkapi paragraf dengan kalimat dapat dilakukan dengan cara mencermati kalimat sebelum dan sesudah kalimat yang dirumpangkan.

28. Bacalah teks berikut!

Orang tua harus mampu memberikan penjelasan yang menginterpretasikan kembali adegan yang ada di dalam televisi, mengajak dialog dan berdiskusi agar melatih sikap kritis anak dalam menonton, serta mematikan televisi kalau isi siarannya banyak mengandung unsur kekerasan, seksualitas, dan tidak pantas. Di samping itu, orang tua jangan pelit membelikan film bermutu, sehingga anak tidak terjebak dalam tayangan televisi yang tidak menyehatkan.
[...]
Pemerintah harus tegas menerapkan undang-undang, sehingga televisi yang sudah membuat banyak pelanggaran, hak siarnya bisa diluruskan, kalau perlu ditutup sekalian. Pemerintah jangan sampai main mata karena masa depan bangsa adalah yang utama. Industri media harus taat dengan regulasi. Industri media hadir bagi negara sebagai penyangga membangun peradaban masa depan.

Paragraf yang tepat untuk melengkapi teks tersebut adalah ...

A. Anak adalah investasi masa depan. Jangan sampai media televisi membunuh masa depan mereka dan masa depan bangsa ini. Terakhir, hindari menonton televisi pada waktu menjelang tidur. Biasakan hal ini. Semakin malam tayangan televisi, biasanya diisi dengan acara yang ditujukan bagi penonton lebih dewasa.

B. Sayangnya, ekologi masyarakat kita belum sepenuhnya menyadari pentingnya media, apalagi pihak televisi hanya mengejar rating. Di samping itu, masih kurang pendidikan media sehat oleh agen literasi media, seperti orang tua, guru, dan masyarakat. Dari sini, memilih tayangan yang sehat dan bermutu merupakan keniscayaan di tengah dahsyatnya kejar rating yang dilakukan pihak televisi.

C. Aghata Lily (2014), Komisioner KPI Pusat Bidang Isi, menjelaskan tayangan yang baik adalah yang edukatif. Hal ini bisa dilakukan dengan durasinya tidak terlalu panjang (25-30 menit), nyaman di telinga dan mata, memperhatikan tone atau tempo musik dari tayangan, mencermati iklan dalam tayangan anak, mengusung nilai positif, serta memerhatikan warna dan gerakan.

D. Pihak sekolah juga harus mampu memberikan tayangan ―tandingan‖, sehingga anak mempunyai tambahan referensi yang bermutu. Sekolah juga harus mendorong anak membuat tayangan ―tandingan‖ tersebut. Anak diajak menjadi produser, bukan konsumen yang pasif. Dorongan ini sangat penting sehingga anak justru sudah paham sejak dini untuk mengisi tayangan televisi yang tidak menyehatkan, dengan tayangan yang kreatif dan inovatif.

Pembahasan

Melengkapi teks dengan paragraf dapat dilakukan dengan cara mencermati paragraf sebelum dan sesudah paragraf yang dirumpangkan.


29. Bacalah teks berikut!

Tugas Sekolah

Suatu sore, Budi dan Iwan akan mengerjakan tugas kelompok yang diberikan guru seni rupa. Tugas mereka adalah membuat patung dari bahan gips.
―Bud, kita mulai saja membuat patung dari gips ini!‖ ajak Iwan kepada Budi. ―Oke, Wan,‖ Budi mengiyakan. ―Apa yang harus kita lakukan, Wan?‖ tanya Budi. Iwan pun menjelaskan, ―Menurut catatan, pertama, kita ambil gips secukupnya. Lalu, gips itu kita campur dengan air dan aduk sampai rata. Setelah rata, kita masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan.‖
―Nah, cetakan sudah terisi adukan. Apalagi, Wan?‖ tanya Budi. ―Selanjutnya, jemur adukan di cetakan itu di panas matahari sampai keras,‖ Iwan kembali menjelaskan. ―Oke, Wan,‖ ujar Budi sambil menjemur adukan ke tempat yang panas.
Setelah beberapa jam, adukan di cetakan itu pun keras. ―Sudah keras nih, Wan. Apalagi?‖ tanya Budi. ―Angkat gibs dari cetakan! Pelan-pelan, ya, Bud!‖ pesan Iwan. ―Sudah nih, Wan. Terus?‖ tanya Budi lagi. ―Terakhir, kita dapat menghias patung gips ini sesuai selera!‖
―Wah, indah sekali jadinya patung gips ini, Wan,‖ Budi memuji karyanya sendiri. Iwan hanya mengangguk pelan sambil tersenyum.

Teks prosedur yang tepat berdasarkan teks cerpen tersebut adalah...

A. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah gips secukupnya!
2) Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
6) Hiaslah sesuai selera!

B. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Baca catatan petunjuk pembuatan!
2) Ambilah gips secukupnya!
3) Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
4) Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
5) Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
6) Setelah keras, angkat gibs dari cetakan dan hiaslah sesuai selera!

C. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah gips secukupnya!
2) Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Amati adukan itu selama beberapa jam!
6) Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
7) Hiaslah sesuai selera!

D. Langkah-langkah membuat patung dari gips
1) Ambilah gips secukupnya!
2) Campur gips dengan air dan aduk sampai rata!
3) Masukkan adukan tersebut ke dalam cetakan yang sudah disediakan!
4) Jemur adukan di panas matahari sampai cetakan itu keras!
5) Setelah keras, angkat gibs dari cetakan!
6) Hati-hati jangan sampai adukan pecah!
7) Hiaslah sesuai selera!

Pembahasan

Yang harus diperhatikan dalam mengubah sebuah teks menjadi teks lain adalah inti informasi (inti cerita) teks hasil ubahan tidak berbeda dengan inti informasi teks yang diubah.

30. Cermati data-data berikut!

Jeruk Nipis (Citrus Aurantifolia)
-Digolongkan ke dalam Familia Rutaceae
-Termasuk adalah tumbuhan perdu
-Tumbuh di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik
-Dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan
-Buah berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, berdiameter 3-6 cm, rasa masam agak pahit
-Mengandung vitamin C, saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral.
-Perasan isi buahnya dipakai untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Juga digunakan sebagai obat batuk, obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain.

Penulisan teks laporan yang sesuai dengan data-data tersebut adalah ...

A. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain : membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.

B. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain : membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.

C. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, kalsium, fosfor, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain : membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau serta dapat menghilangkan ketombe.


D. Jeruk nipis (citrus aurantifolia) digolongkan ke dalam Familia Rutaceae. Jeruk nipis atau limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tanaman jeruk nipis tumbuh di daerah terbuka dengan sirkulasi udara yang baik. Tanaman ini dikembangbiakkan melalui semaian biji atau bibit cangkokan. Buah jeruk nipis berbentuk bulat, berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3 – 6 cm, memiliki rasa masam agak pahit, agak serupa dengan lemon. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C lebih banyak dibandingkan jenis jeruk lainnya. Selain vitamin C, buah jeruk nipis juga mengandung saponin, lavonoida, minyak atsiri, linalin asetat, geronil astat, asam sitrat, vitamin B1, zat besi, fellandren, dan sitral. Jeruk nipis dipakai perasan isi buahnya untuk memasamkan makanan seperti pada soto. Selain digunakan untuk penyedap makanan, jeruk nipis juga digunakan sebagai obat batuk,obat sembelit, obat ambeien, mencegah rambut rontok, obat demam, obat flu, obat amandel, dan lain-lain. Jeruk nipis juga bermanfaat untuk kecantikan, antara lain membuat kuku cemerlang, membuat rambut halus, lembut, dan berkilau, menghilangkan jerawat, serta dapat menghilangkan ketombe.

Pembahasan

Menulis teks berdasarkan fakta berarti semua fakta yang ada harus bisa kita uraikan dalam bentuk kalimat-kalimat yang saling berkaitan.


LANJUT ---->>> SOAL 31-40
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts