Mengapa Mendaftar Sekolah Kedinasan Sangat di Anjurkan?

Mengapa Mendaftar Sekolah Kedinasan Sangat di Anjurkan?

Brainesia.com Sekolah kedinasan tentulah menjadi perguruan tinggi favorit para siswa dan orang tua oleh sebab ikatan dinas selepas lulusnya nanti. Di zaman persaingan seperti ini, siapa yang tidak mau sekolah gratis dengan jaminan pekerjaan tetap di instansi negara.  

Saat ini sudah tidak ada lagi perbedaan yang sangat jauh atau juga timpang pada kurikulum antara sekolah kedinasan dan non kedinasan pada major ilmu yang sama. Karena kurikulum-kurikulumnya terkualifikasi dan terstandarisasi oleh Badan Akreditasi Nasional sebagai salah satu penilai kualitas pendidikan. Selain itu, jenjang karir para pengajar/dosen di sekolah kedinasan tersebut sama dengan jenjang karir di universitas umum


Deskripsi jurusan sekolah kedinasan
Bidang yang dipelajari merupakan bagian dari berbagai aspek kehidupan yang berhubungan erat dengan kepentingan masyarakat luas, seperti ekonomi dan keuangan, kesehatan, keamanan, dan sebagainya bidang ini disesuaikan dengan lembaga pemerintahan yang menaungi sekolah kedinasan yang akan kamu pilih.

Pengetahuan dan Keahlian yang harus di kuasai
Kemampuan melakukan analisis
Kemampuan berpikir kritis
Kemampuan meneliti
Kemampuan manajerial
Kemampuan komunikasi
Kepemimpinan 

Keuntungan dan kelebihan sekolah kedinasan
  1. Rata-rata sekolah kedinasan membebaskan biaya pendidikannya lho brainesian! Bahkan, kamu juga akan dapat uang saku. Jadi semacam beasiswa pendidikan yang include dengan biaya hidup, gitu.
  2. Di sekolah kedinasan, selain belajar akademis, kamu juga dibekali dengan kemampuan teknis. Jadi, kamu akan lebih siap ketika menerapkan ilmu dan pengetahuan yang diperoleh di bangku kuliah.
  3. Lulusan sekolah tentunya punya prospek yang cerah, karena biasanya otomatis diangkat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di instansi yang menaunginya. Khusus lulusan Akuntansi STAN, tidak hanya ditempatkan di Kementerian Keuangan, tapi bisa juga ditempatkan di BPK, BPKP, Kemenko Ekonomi, dan instansi lainnya yang membutuhkan.
  4. Penempatan pertama bagi lulusan sekolah kedinasan biasanya bukan di daerah asal. Beberapa instansi akan memberlakukan sistem rotasi bagi pegawainya. Nah, kapan lagi kan dinas sekalian keliling Indonesia?
  5. Kamu juga punya kesempatan yang luas untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana di dalam atau pun di luar negeri. Banyak beasiswa juga lho!
Prospek kerja Sekolah Kedinasan 
Prospek kerja lulusan sekolah kedinasan sangat cerah. Gimana nggak? Saat lulus kamu akan langsung diangkat jadi Calon Pegawai Negeri Sipil di Kementerian/Lembaga yang menaungi. Lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) rata-rata diangkat di Kementerian Keuangan. Lulusan STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik) ditempatkan di Badan Pusat Statistik. Lulusan STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara) diangkat di Badan Siber dan Sandi Negara. Begitu pula dengan lainnya. Secara umum, rata-rata gaji awal lulusan sekolah kedinasan mengikuti standar gaji PNS dan disesuaikan dengan pangkat dan golongan ruangnya. Berikut beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti:
  1. Pegawai Negeri Sipil (PNS)
  2. Pegawai Negeri Sipil Daerah (PNS Daerah)
  3. Petugas Imigrasi
  4. Konsultan Pajak
  5. Kondektur Transportasi
  6. Mekanik Pesawat
  7. Mekanik Mobil
  8. Pilot
  9. Perancang dan Teknisi Mesin
  10. Tenaga Ahli Prakiraan Cuaca
  11. Bagian Keuangan (Finance)
  12. Ahli Statistik
  13. System Analyst
  14. Aktuaris

Dunia dan Suasana Perkuliahan di Kedinasan
Sekolah kedinasan umumnya memiliki program Diploma maupun Sarjana Terapan. Masa studi masing-masing jurusan juga berbeda. Misalnya, PKN STAN ada jurusan Pajak, Akuntansi, Penilai, Kebendaharaan Negara, Kepabeanan dan Cukai, Manajemen Aset. Jika memilih D1 Pajak, kamu akan ditempa selama 1 tahun, biasanya langsung penempatan di Kantor Pelayanan Pajak Pratama. Beda lagi dengan pendidikan D3 Perbendaharaan, kamu akan menempuh studi selama 3 tahun, kemudian ditempatkan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara. Lulusan Manajemen Aset biasanya dinas di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang. Pokoknya lulusan STAN biasanya ditempatkan di Kementerian Keuangan.

Di Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) memiliki 4 jurusan jenjang D4 dengan masa studi 4 tahun. Meteorologi mempelajari fenomena di atmosfer, baik dari aspek dinamis, fisik, komputasi meteorologi, maupun oseanografi. Klimatologi mempelajari kualitas udara juga keadaan iklim. Geofisika mempelajari gejala-gejala alam yang dikaitkan dengan ilmu fisika. Ada juga Instrumentasi yang mempelajari mesin-mesin peralatan observasi meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Di STMKG, Quipperian diproyeksikan untuk bekerja di Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Nah kalau STSN menawarkan program D4 setelah lulus kamu akan ditempatkan di Badan Siber dan Sandi Negara. Jurusan yang ada di STSN antara lain Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, Rekayasa Keamanan Siber, Manajemen Persandian, serta Teknik Persandian. Di sini Brainesian akan belajar seputar siber dan sandi untuk keamanan nasional. Begitu pula dengan sekolah kedinasan lainnya. Jadi Brainesian akan disiapkan untuk jadi tenaga yang ahli pada bidang tertentu. Selama kuliah akan dibekali dengan keterampilan teknis, supaya benar-benar siap ketika lulus nanti.

Source:
kompasiana.com
quipper.com
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment