-->
Mengulas Beasiswa LPDP dan Beasiswa Unggulan 2020
close

Mengulas Beasiswa LPDP dan Beasiswa Unggulan 2020

Hai teman teman, kali ini brainesia.com akan mengulas Beasiswa LPDP dan Beasiswa Unggulan 2020 secara lengkap, untuk teman teman yang sekarang berada di tingkat atau strata s1 dan srata s2, info ini sangat membantu teman teman dalam memahami dan mendapatkan beasiswa LPDP dan juga beasiswa unggulan 2020, mohon di simak baik baik ya teman teman semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk teman teman yang mencari informasi beasiswa.

Beasiswa LPDP S1 2020
Beasiswa LPDP S2 2020
Mengulas Beasiswa LPDP dan Beasiswa Unggulan 2020
Pengertian Beasiswa LPDP
Beasiswa lpdp adalah program beasiswa yang di peruntukan untuk lulusan S1 sedang ingin melanjutkan studi S2 dan S3 program Magister dan Doktor, yang di tujukan untuk warga negara Indonesia dengan kemampuan akademik yang baik dan prestasi yang baik, program ini mempunyai alur seleksi yang ketat, jika teman teman berminat mengikuti beasiswa lpdp, teman teman harus mempersiapkan diri dari jauh jauh hari. Besiswa ini sendiri di selenggarakan oleh pemerintah Indonesia lebih tepat nya beasiswa LPDP Kemenkeu.

Sasaran Beasiswa Reguler:
  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program magister ( Beasiswa LPDP S1)
  2. Warga Negara Indonesia (WNI) yang telah lulus magister atau magister terapan (S2), atau lulusan sarjana atau sarjana terapan (S1/D4) yang memenuhi kualifikasi untuk program doktoral. (Besiswa LPDP S2) 

Skema Program Beasiswa:
  1. Program Beasiswa Reguler diberikan untuk jenjang pendidikan Magister satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 24  bulan dan Doktoral satu gelar (single degree) dengan lama studi paling lama 48 bulan.
  2. Program Beasiswa Reguler jenjang magister dapat memilih 3 (tiga) perguruan tinggi tujuan yang berbeda sesuai dengan tujuan Dalam Negeri atau Luar Negeri dengan program studi yang sama/sejenis/serumpun;
  3. Pendaftar Beasiswa Reguler yang telah ditetapkan sebagai Penerima Beasiswa wajib menyerahkan 1 (satu) LoA Unconditional dari Perguruan Tinggi Tujuan sebagaimana dimaksud pada angka 2 dan tidak dapat mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi Tujuan dan program studi tujuan.
  4. Program Beasiswa Reguler Jenjang Doktoral memilih satu perguruan tinggi dan Program studi dan tidak dapat mengajukan perpindahan;

Pendaftaran Beasiswa LPDP
  1. Pengajuan beasiswa LPDP 2019 dilakukan secara online melalui laman resmi LPDP
  2. Anda bisa membuat akun terlebih dahulu di laman tersebut, kemudian melengkapi formulir pendaftaran yang disediakan. Berikutnya unggah dokumen yang diperlukan berdasarkan keterangan persyaratan di atas. Anda bisa menscan dokumen terlebih dahulu.
  3. Setelah melakukan pendaftaran online, siapkan juga dokumen fisiknya (hard copy) dan juga dokumen asli yang nantinya wajib dibawa ketika mengikuti seleksi wawancara bila dinyatakan lulus seleksi administrasi dan seleksi berbasis komputer.
Baca Juga: Daftar Beasiswa Untuk S1 Dalam Negeri yang Selalu Dibuka Setiap Tahunnya

Proses Seleksi Beasiswa LPDP:
A. Seleksi Administrasi Beasiswa LPDP
 1. Seleksi Administrasi dilakukan dengan memeriksa kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya.
 2. Pemeriksaan kelengkapan dokumen dan persyaratan lainnya sebagaimana dimaksud pada point a dilakukan dengan tahapan sebagai berikut:
  • Tim penyeleksi administrasi melakukan verifikasi dan validasi terhadap kelengkapan dan kecocokan berkas pendaftaran berdasarkan persyaratan yang ditetapkan.
  • Pendaftar yang dokumennya tidak memenuhi persyaratan dinyatakan tidak lulus seleksi administrasi.
  • Pendaftar yang dokumennya memenuhi persyaratan dinyatakan lulus administrasi.
  • Pendaftar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ditetapkan sebagai peserta Seleksi Berbasis Komputer.
  • Khusus untuk Pendaftar BPI Reguler jenjang doktoral yang dinyatakan lulus seleksi administrasi ditetapkan sebagai peserta wawancara.
  • Informasi pendaftar yang lulus atau tidak lulus seleksi administrasi disampaikan melalui akun pendaftaran online masing-masing pendaftar.
  • Pendaftar yang tidak lulus seleksi administrasi dapat mendaftar kembali pada periode berikutnya.
B. Seleksi Berbasis Komputer (Khusus Program Magister);
1. Seleksi Berbasis Komputer diikuti oleh peserta yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi dan ditetapkan sebagai peserta Seleksi Berbasis Komputer.
2. Materi dalam Seleksi Berbasis Komputer meliputi:
    a. Tes Potensi Akademik atau Tes Intelijensi Umum; dan
    b. Soft Competency atau Tes Karakter Kepribadian;
3. Pengambilan keputusan peserta yang dinyatakan lulus pada Seleksi Berbasis Komputer berdasarkan hasil nilai Tes Potensi Akademik.
4. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi Berbasis Komputer ditetapkan sebagai peserta Wawancara.
5. Peserta Seleksi Berbasis Komputer yang tidak lulus dapat mendaftar kembali pada periode berikutnya.

C. Wawancara
1. Sebelum wawancara, verifikator yang ditunjuk oleh LPDP melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diserahkan oleh peserta
2. Peserta tidak dapat mengikuti seleksi wawancara, apabila dokumen yang diserahkan:
    a. tidak sesuai dengan persyaratan LPDP; atau
    b. terdapat unsur pemalsuan dokumen.
3. Peserta yang melakukan pemalsuan data atau dokumen tidak dapat mendaftar kembali pada semua program beasiswa LPDP.
4. Peserta mengikuti wawancara berdasarkan lokasi yang dipilih pada saat pendaftaran.
5. Wawancara dilaksanakan oleh Tim Pewawancara yang ditetapkan oleh LPDP.
6. Peserta yang dinyatakan tidak lulus seleksi wawancara tidak dapat mendaftar pada seluruh program beasiswa LPDP di tahun yang sama.

Untuk website resmi dari beasiswa LPDP Kemenkeu ini yaitu:
www.lpdp.kemenkeu.go.id/

Informasi terkait beasiswa LPDP bisa ditanyakan melalui email: cso.lpdp@kemenkeu.go.id, call center: 1500652, atau langsung kunjungi laman beasiswa LPDP (www.lpdp.kemenkeu.go.id).

Semua informasi bisa kalian pantau dalam website tersebut, mulai dari tanggal mulai pendaftaran sampai berkas dan proses seleksi besiswa LPDP. Kami brainesia.com berharap info yang kami sajika sangat lengkap mengenai Beasiswa LPDP, jika ada yang perlu di tanyakan, silahkan tanyakan di kolom komentar.

Selanjutnya »  Beasiswa Unggulan
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal