-->
Program Studi Universtias Pertamina dan Prospek Kerjanya
close

Program Studi Universtias Pertamina dan Prospek Kerjanya

Brainesia.com- Berdiri tahun 2016, Universitas Pertamina memiliki 6 (enam) Fakultas yang terbagi ke dalam 15 (lima belas) program studi (Prodi) yang di tawarkan untuk calon pendaftar, program studi ini terbadi menjadi dua, yaitu umum dan yang menerima lulusan SMK, berikut ulasan prodinya:
Fakultas dan Program Studi Umum
A. Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi
1. Program Studi Teknik Geofisika
Ilmu Teknik Geofisika dapat diaplikasikan dalam kegiatan penyelidikan bawah permukaan bumi yang berkaitan dengan bidang eksplorasi dan produksi sumberdaya energi kebumian, mitigasi bencana kebumian, penyelesaian masalah Geoteknik dan lingkungan. Penyelidikan bawah permukaan tersebut didasarkan pada analisis citra bawah permukaan bumi. Oleh karena itu, lulusan Teknik Geofisika dituntut untuk mampu melakukan proses pengukuran data di lapangan, pengolahan data Geofiska, dan melakukan interpretasi data tersebut secara tepat.
Adapun prospek kerja seorang lulusan Teknik Geofisika adalah sebagai berikut:
  • Bidang Eksplorasi dan Produksi Migas, seperti pada perusahaan Migas dan Penyedia Jasa Migas (Pertamina, ExxonMonil, Chevron, Schlumberger, Halliburton, Elnusa) dan instansi pemerintah (Kementerian ESDM, SKK Migas, LEMIGAS, BUMD Migas)
  • Panas Bumi, yaitu pada perusahaan migas dan penyedia jasa (Pertamina, Hitay Energy, Star energy, Halliburton, Elnusa) dan instansi pemerintah (Kementerian ESDM, Dirjen EBTKE)
  • Pertambangan, pada perusahaan tambang (Rio Tinto, Aneka Tambang) dan pada institusi pemerintah seperti Kementerian ESDM
  • Komputasi, Pendidikan dan Penelitian Kebumian, seperti dosen dan peneliti
  • Geoteknik dan Mitiasi Bencana Alam, seperti pada BMKG, LIPI, Badan Geologi, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bendana Geologi, Asuransi Kebencanaan, Kementerian PUPR, kementerian Kelautan dan Perikanan
  • Hidrologi, pasa perusahaan atau lembaga pemerintah yang terkait dengan eksplorasi air tanah (Kementeria PUPR)
  • Bidang Instrumentasi, seperti pada perusahaan pembuata alat eksplorasi dan produksi bawah permukaan (OYO, Mala, Geometrics, dsb)
  • Bidang Pengembangan Wilayah dan Lingkungan, seperti pada Kementerian PUPR, Kontraktor Geoteknik (Waskita, Nindya Karya, Hutama Karya, Wika, dll)
2. Program Studi Teknik Geologi
Teknik Geologi mempelajari proses pembentukan bumi, komposisi, struktur, serta sifat kimia dan fisikanya. Program studi ini mengintegrasikan ilmu matematika, fisika, kimia, biologi dan komputasi dalam mempelajari bagaimana bumi hidup, merekonstruksi apa yang telah terjadi, sedang terjadi, dan apa yang akan terjadi akibat proses bumi. Lulusan Teknik Geologi dapat berkontribusi di bidang :
  • Energi, Minyak dan Gas bumi: melakukan tahap awal eksplorasi
  • Pertambangan: melakukan eksplorasi dan eksploitasi mineral, logam dan non-logam
  • Lingkungan: memastikan bangunan agar aman, ramah lingkungan dan berkelanjutan
  • Energi Terbarukan (Panas Bumi/ Geothermal): melakukan eksplorasi dan eksploitasi energi terbarukan yang ramah lingkungan
  • Mitigasi Bencana : memitigasi (melakukan upaya-upaya pengurangan risiko secara struktural dan non-struktural) bencana alam untuk mengurangi korban bencana
  • Hidrogeologi : mengelola sumber daya air dengan baik untuk kehidupan.
3. Program Studi Teknik Perminyakan
Teknik Perminyakan UP memiliki karakterisik yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengeksplorasi dan memproduksi, baik energi fosil maupun energi baru dan terbarukan. Lingkup keilmuan Teknik Perminyakan meliputi aplikasi Teknik pemboran, Teknik reservoir, Teknik produksi dan Teknik evaluasi formasi pada industri migas dan panas bumi. Mahasiswa Teknik Perminyakan UP akan mempelajarai berbagai hal yang berkaitan dengan proses ekstraksi minyak bumi dan gas alam dari reservoir. Lulusan Teknik Perminyakan UP dapat bekerja di berbagai bidang yang terkait dengan energi, seperti
  • Pemerintahan (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi)
  • Perusahaan minyak dan gas di dalam dan luar negeri
  • Perusahaan kontraktor, pelayanan minyak dan gas serta penyediaan peralatan perminyakan
  • Lembaga konsultan yang menyediakan tenaga ahli : pengeboran, produksi dan reservoir yang dapat bekerja di lapangan onshore (darat) , offshore (lepas pantai), maupun di kantor
  • Akademisi

B. Fakultas Teknologi Industri (FTI)
4. Program Studi Teknik Elektro
Program studi Teknik Elektro mengembangkan keilmuan di bidang rekayasa, terutama rekayasa energi listrik, mempelajari tentang dasar dari sistem kelistrikan yang akan digunakan untuk menunjang teknologi industri. Lulusan prodi Teknik Elektro dibutuhkan oeh industri-industri strategis, antara lain :
  • Profesi yang luas di bidang industri manufaktur dan energi
  • Ahli bidang kelistrikan : desain dan kontruksi sistem kelistrikan, insinyur listrik industri, insinyur transmisi dan distribusi listrik, insinyur pembangkit listrik, manajer produksi kelistrikan, ahli perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan, staf perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan
  • Manajer perawatan dan perbaikan
  • Tenaga pendidik sistem kelistrikan
  • Konsultan
  • Technopreneur
5. Program Studi Teknik Mesin
Program studi ini mempelajari bidang mengenai oerancangan, pembuatan, serta pemeliharaan komponen serta sistem mekanika yang kompleks. Rekayasan energi merupakan bidang yang dunggulkan dalam prodi ini karena memiliki kaitan erat dengan visi Universitas Pertamina di bidang teknologi dan bisnis energi.

Lulusan Teknik Mesin UP dapat bekerja di berbagai industri sebagai tenaga ahli dan perancang proses pemipaan, fabrikasi, Inspektor Teknik, pemeliharaan, manufaktur, konsultan dan pemerintahan. Selain itu lulusan Teknik Mesin juga dapat berkiprah di bidang akademis seperti dosen dan peneliti.
6. Program Studi Teknik Kimia
Teknik Kimia merupakan cabang dari Ilmu Teknik (engineering) yang menerapkan ilmu alam (kimia dan fisika), ilmu biologi (biologi, mikrobiologi, dan biokimia), matematika, desain alat dan proses serta ilmu ekonomi untuk merancang suatu proses pengolahan bahan mentah menjadi produk bernilai tinggi dan pemanfatan energi yang feasible, profitable, dan sustainable.

Secara umum, lulusan Teknik Kimia UP dapat bekerja di berbagai bidang industri, di antaranya di bidang energi, engineering procurement construction, petrokimia, semen, kosmetik, farmasi, pangan, daily household items (consumer’s good), clothings, materials, dan berbagai industri kreatif. Selain itu, lulusan Teknik Kimia dapat berkontibusi di bidang akademis atau riset, hukum, lingkungan, ekonomi dan pemerintahan.
7. Program Studi Teknik Logistik
Teknik Logistik mempelajari perancangan dan manajemen untuk memastikan aliran barang, informasi, modal dan uang berada pada tempat dan waktu yang tepat dengan jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Lulusan Teknik Logistik UP dapat bekerja di berbagai bidang seperti perusahaan transportasi dan distribusi (termasuk pelabuhan, bandara, terminal dan stasiun); pergudangan; ekspor-impor minyak dan gas; manufaktur; jasa pelayanan logistik; Lembaga konsultasi atau procurement and sales; baik sebagai staf operasional maupun planner. Selain itu lulusan Teknik Logistik juga bisa menjadi peneliti atau pengajar di Lembaga penelitian maupun perguruan tinggi.

C. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB)
8. Program Studi Manajemen
Program studi manajemen secara umum mempelajari berbagai fungsi manajemen dalam organisasi, dikhususkan dalam bisnis dan teknologi energi. Lulusan program studi Manajemen UP dapat bekerja sebagai pengusaha, Manajer Sumber Daya Manusia, Keuangan, Pemasaran dan Operasional, Perbankan, Investment Banking, Konsultan Manajemen dan Bisnis, Perusahaan Multinasional (Industri Energi, Consumer Goods dan Jasa), BUMN, lembaga-lembaga negara, dosen serta peneliti.
9. Program Studi Ekonomi
Program studi ini fokus pada pembelajaran berbasis energi dan lingkungan dengan menggunakan prinsip dan teori ekonomi. Mahasiswa dibekali kemampuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis permasalahan sosial ekonomi serta mampu mengaplikasikan teori dan prinsip ekonomi dalam menjawb isu-isu ekonomi kontemporer, terutama di sektor energi dan lingkungan. Lulusan prodi Ilmu Ekonomi UP diharapkan dapat bekerja secara profesional di bidang teknologi dan bisnis energi maupun bidang lainnya seperti :
  • Lembaga pemerintahan seperti kementerian BUMN, Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, BAPPENAS
  • Lembaga keuangan perbankan dan non-perbankan
  • Dosen, peneliti, perencana dan konsultan ekonomi di Lembaga-lembaga pendidikan dan penelitian baik di tingkat nasional maupun internasional
  • Pengusaha yang professional, berintegritas dan berwawasan lingkungan
D. Fakultas Perencanaan Infrastuktur (FPI)
10. Program Studi Teknik Sipil
Program studi ini mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi seluruh infrastruktur dan bangunan yang berkaitan dengan kegiatan manusia sehari-hari. Program studi Teknik Sipil UP memberikan ciri khusus di bidang pembangunan infrastruktur energi. Lulusan Teknik Sipil UP disiapkan untuk menjadi Sumber Daya Manusia yang siap bekerja secara individu maupun terlibat dalam tim, dan juga mampu menyelesaikan permasalahan global yang terdapat dalam industri seperti:
  • Bergabung dengan industri sebagai konsultan/kontraktor menjadi engineer yang terlibat adalam proses desain, konstruksi, operasi, dan perawatan infrastruktur energi maupun infrastruktur umum.
  • Bergabung dengan instansi pemerintahan yang menyusun kebijakan-kebijakan infrastruktur seperti kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat), kementerian perhubungan, kementerian koordinator bidang kemaritiman, Dinas di pemerintah daerah tingkat provinsi/kabupaten/kota, dsb.
  • Bergabung dengan badan-badan pemerintah yang terkait dengan pembangunan infrastruktur dan kebencanaan seperti BAPPENAS, Badan Nasional Penanggulangan Bencana
  • Bergabung dengan institusi keuangan, konsultan, dan lembaga pembiayaan infrastruktur untuk menjadi konsultan terkait kebijakan investasi di bidang infrastruktur.
  • Berwiraswasta mendirikan perusahaan sendiri di bidang jasa konstruksi dan pengadaan alat/bahan konstruksi.
  • Berkarir di bidang pertambangan, pertanian, perkebunan, perikanan, dll dalam rangka penyediaan infrastruktur yang mendukung proses produksi bidang-bidang tersebut.
  • Melanjutkan studi untuk bergabung dengan pusat riset dan akademik.
11. Program Studi Teknik Lingkungan
Program studi Teknik Lingkungan UP mempelajari tentang analisis kondisi lingkungan, rekayasa pengendalian dan pengelolaan lingkungan berbasis kegiatan industri, khususnya industri pengembangan energi. Lulusan program studi Teknik Lingkungan memiliki cakupan pekerjaan yang luas, antara lain :
  • Instansi Pemerintah: Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah), Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)
  • Industri : Konstruksi, Energi, Manufaktur, Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Research & Development, HSE Engineer, adli dalam bidang limbah padat, cair atau udara, Ahli Lingkungan Umum.
  • Badan Riset dan Universitas : LIPI, BATAN, Peneliti, Dosen, Tenaga Ahli Lingkungan
  • United Nations Organizations, International Organization Donor dan Non-Government Organizations : UNEP, WWF, Greenpace, dll.

E. Fakultas Sains dan Komputer (FSK)
12. Program Studi Kimia
Program studi Kimia menitikberatkan pada pendidikan dan penelitian energi masa depan meliputi sintesis dan rekayasa material baru baik secara teori maupun eksperimen. Melalui program studi ini, mahasiswa disiapkan untuk secara mandiri dan aktif terlibat dalam penelitian-pengembangan material baru yang bermanfaat dalam penggunaan energi konvensional secara optimal maupun energi baru-terbarukan. Lulusan program studi Kimia dapat bekerja diberbagai bidang, seperti:
  • Industri, Kesehatan dan Lingkungan sebagai analis lab misalnya di laboratorium uji (uji makanan, uji obat, uji darah, uji pencemaran, uji kualitas bahan, dll); research and development (RnD), method development, sales yang berhubungan dengan bidang kimia dan procurement.
  • Akademis dan riset misalnya di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia), BATAN (Badan Tenaga Nuklir Nasional), Deperindag (Departemen Perindustrian dan Perdagangan), Dosen atau peneliti di pusat penelitian swasta
  • Jasa konsultan dan pelatihan instrumentasi dan keselamatan bahan kimia
  • Kepolisian sebagai tenaga ahli forensik
  • Pengusaha misalnya usaha instrumentasi, supplier bahan kimia, pemurnian air.
13. Program Studi Ilmu Komputer
Program studi Ilmu Komputer UP fokus pada ilmu komputasi sebagai jembatan antara sains eksperimen, teori dan terapan. Program studi ini memiliki beberapa peminatan antara lain ilmu komputasi, data science, manajemen sistem informasi, rekayasa perangkat lunak dan sistem jaringan komputer. Lulusan program studi Ilmu Komputer UP dapat bekerja di sejumlah industri yang memerlukan kompetensi dan keterampilan ilmu computer seperti :
  • Manajerial Teknologi Informasi (TI) yang berperan dalam mengelola layanan TI pada organisasi
  • Konsultan TI, mampu mengidentifikasi, menganalisis dan memberikan rekomendasi yang tepat dari sudut pandang TI
  • Pengusaha di bidang TI
  • Softwsre Engineer, menguasai berbagai metode, Teknik, dan alat bantu dalam mengembangkan perangkat lunak
  • Peneliti, baik akademisi maupun peneliti professional.

F. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi (FKD)
14. Program Studi Komunikasi
Ilmu Komunikasi mempelajari tentang tata cara berkomuniikasi menggunakan berbagai media sebagai sarana komunikasi serta mempelajari cara-cara transfer ide dari satu pihak ke pihak lainnya, khususnya di sector industry energi dan sosial. Lulusan Sarjana Ilmu Komunikasi UP mampu memberikan alternatif solusi permasalahan komunikasi dalam isu-isu global terutama di sector industry dengan berlandaskan etika profesi komunikasi. Beberapa bidang profesi yang dapat dikerjakan oleh lulusan sarjana ilmu komunikasi adalah :
  • Advertising
  • Marketing
  • Public relations
  • Manajemen media : contentpreneurship, produser, penulis naskah, presenter, penyiar radio, wartawan/jurnalis.
14. Program Studi Hubungan Internasional
Prodi Hubungan Internasional UP berfokus pada Diplomasi dan Keamanan Energi. Diplomasi energi pada program studi ini menitikberatkan pada hubungan antaraktor HI dalam dinamika tata kelola global. Sedangkan keamanaan energi difokuskan pada pemenuhan ketahanan dan keamanan energi sebuah negara serta pola interaksinya pada tatanan politik global.

Profesi lulusan program studi Hubungan Internasional UP memiliki cakupan yang luas dan beragam, mulai dari ranah publik seperti Kementerian Luar Negeri dan kementerian/lembaga lainnya hingga pemerintah daerah; serta di lingkungan swasta baik di dalam maupun luar negeri. Beberapa profil utama dan profesi lulusannya adalah diplomat, analis di Lembaga publik atau swasta, jurnalis internasional, tenaga profesional di Lembaga internasional, dan government relations specialist di perusahaan multinasional.

Fakultas dan Program Studi yang menerima lulusan SMK
Jurusan SMK yang diterima di Universitas Pertamina adalah siswa SMK yang mempelajari paket keahlian yang tertulis dalam tabel dibawah ini :
No. Fakultas Prodi Program Keahlian SMK Paket Keahlian
1 Fakultas Teknik Eksplorasi dan Produksi Teknik Geologi Geomatika Geomatika
Teknik Perminyakan Teknik Produksi Minyak dan Gas
Teknik Pemboran Minyak dan Gas
Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia
Geologi Pertambangan Geologi Pertambangan
Teknik Geofisika Geomatika Geomatika
Teknik Perminyakan Teknik Produksi Minyak dan Gas
Teknik Pemboran Minyak dan Gas
Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia
Teknik Telekomunikasi Teknik Transmisi Telekomunikasi
Teknik Suitsing
Teknik Jaringan Akses
Teknik Perminyakan Teknik Perminyakan Teknik Produksi Minyak dan Gas
Teknik Pemboran Minyak dan Gas
Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia
2 Fakultas Teknik Industri Teknik Elektro Teknik Ketenagalistrikan Teknik Pembangkit Tenaga Listrik
Teknik Jaringan Tenaga Listrik
Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik
Teknik Otomasi Industri
Teknik Pendingin dan Tata Udara
Teknik Mesin Teknik Pemesinan
Teknik Elektronika Teknik Elektronika Industri
Teknik Elektronika Komunikasi
Teknik Mekatronika
Teknik Ototronik
Teknik Energi Terbarukan Teknik Energi Hidro
Teknik Energi Surya dan Angin
Teknik Mesin Teknik Mesin Teknik Pemesinan
Teknik Pengelasan
Teknik Fabrikasi Logam
Teknik Pengecoran Logam
Teknik Pemeliharaan Mekanik Industri
Teknik Gambar Mesin
Teknik Otomotif Teknik Alat Berat
Teknik Instrumentasi Industri Kontrol Mekanik
Teknik Energi Terbarukan Teknik Energi Hidro
Teknik Energi Surya dan Angin
Teknik Energi Biomassa
Teknik Kimia Teknik Perminyakan Teknik Produksi Minyak dan Gas
Teknik Pemboran Minyak dan Gas
Teknik Pengolahan Minyak, Gas dan Petrokimia
Teknik Kimia Kimia Analis
Kimia Industri
Teknik Energi Terbarukan Teknik Energi Biomassa
Teknik Logistik Teknik Industri Teknik Pelayanan Produksi
Teknik Pergudangan
3 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Ilmu Ekonomi Teknik Industri Teknik Pelayanan Produksi
Teknik Pergudangan
Keuangan Akuntansi
Perbankan
Perbankan Syariah
Manajemen Semua SMK Semua SMK
4 Fakultas Perencanaan Infrastruktur Teknik Sipil Teknik Bangunan Teknik Konstruksi Baja
Teknik Konstruksi Kayu
Teknik Konstruksi Batu dan Beton
Teknik Gambar Bangunan
Teknik Energi Terbarukan Teknik Energi Hidro
Teknik Energi Surya dan Angin
Teknik Lingkungan Teknik Plambing dan Sanitasi Teknik Plambing dan Sanitasi
Teknik Kimia Kimia Analis
Kimia Industri
Teknik Energi Terbarukan Teknik Energi Biomassa
Kesehatan Analis Kesehatan
Mekanisasi Pertanian Teknik Tanah dan Air
Kehutanan Teknik Konservasi Sumberdaya Hutan
Teknik Rehabilitasi dan Reklamasi Hutan
5 Fakultas Sains dan Komputer Kimia Teknik Kimia Kimia Analis
Kimia Industri
Kesehatan Farmasi
Farmasi Industri
Ilmu Komputer Teknik Ketenagalistrikan Teknik Otomasi Industri
Teknik Instrumentasi Industri Kontrol Proses
Teknik Elektronika Teknik Audio Video
Teknik Elektronika Industri
Teknik Elektronika Komunikasi
Teknik Mekatronika
Teknik Ototronik
Teknik Komputer dan Informatika Rekayasa Perangkat Lunak
Teknik Komputer dan Jaringan
Multimedia
Teknik Telekomunikasi Teknik Transmisi Telekomunikasi
Teknik Suitsing
Teknik Jaringan Akses
6 Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Ilmu Komunikasi Teknik Broadcasting Teknik Produksi dan Penyiaran Program Radio dan Pertelevisian

Seni Rupa Desain Komunikasi Visual
Animasi
Hubungan Internasional Tidak Ada Tidak Ada
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal