-->
close
Prospek Cerah dan Masa Depan Lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Prospek Cerah dan Masa Depan Lulusan Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan ini memang masih terdengar asing untuk kamu yang masoh SMA, karna perkembangan dunia millenial baru terasa akhir akhir ini. Di jurusan DKV ini kamu akan berkutat mengenai desain, ilustrasi, fotografi, animasi, desain web dan yang ada hubungannya dengan karya dsain digital lainnya. Di era millenial ini, lulusan jurusan DKV banyak dicari oleh banyak perusahaan swasta maupun negeri, ataupun ada peluang besar jika mendirikan usaha. lebih lengkapnya lagi sebagai berikut:

Web Designer
Lulusan desain komunikasi visual seringkali berkarir sebagai web designer. Hal itu disebabkan ilmu yang didapatkan semasa kuliah sangat menunjang karir web designer. Sebagai web designer, kamu akan bekerja membuat sebuah website.Kamu akan membuatnya mulai dari desain visual hingga konten dari website tersebut. Dengan bekal ilmu desain komunikasi visual, pastinya kamu bisa membuat website yang mampu menarik perhatian calon penggunanya kelak.
baca juga: Prospek Kerja Lulusan Jurusan Jurnalistik Yang Banyak di Cari
Visual Designer di Penerbitan dan Percetakan
Pastinya, lulusan desain komunikasi visual amat dibutuhkan di industri penerbitan dan percetakan. Sebab, di kedua industri itu membutuhkan seorang desainer visual untuk produk-produknya. Selain itu, di industri percetakan, terkadang visual designer bertugas pula melakukan kontrol kualitas hasil cetakan.

Graphic Designer
Bidang pekerjaan ini ada di sebagian besar perusahaan kreatif, baik itu bidang perfilman, agensi periklanan, maupun perusahaan video games. Pekerjaannya tentu membuat desain grafis untuk keperluan perusahaan atau klien perusahaan. Selain itu, ada kalanya graphic designer memiliki tugas untuk typesetting dan membuat ilustrasi.
Image Source: www.jurusankuliah.info

Illustrator
Menjadi illustrator tentunya bukan hal baru bagi lulusan desain komunikasi visual. Sebab, jurusan tersebut memang mengajarkan beberapa elemen dasar desain visual, seperti menggambar sketsa menggunakan alat tulis dan komputer.Sebagai illustrator, kamu akan berkutat dengan pembuatan gambar untuk berbagai keperluan, seperti untuk storyboard, iklan, dan lain sebagainya. Pastinya, lini pekerjaan ini ada di beberapa jenis perusahaan kreatif, seperti production house film, biro agensi iklan, penerbitan, dan lain sebagainya.
baca juga:Prospek Kerja Cerah Jurusan Hubungan Internasional di Masa Depan
Creative Director
Pekerjaan yang menjadi bagian penting dalam beberapa industri kreatif ini konsep kreatif sebuah proyek. Bila di dunia pertelevisian, creative director menjadi pengarah konsep kreatif program televisi, sedangkan di bidang periklanan dia akan bertugas menjadi pengarah konsep iklan sesuai permintaan klien. Bagi lulusan desain komunikasi visual yang bekerja di posisi ini akan memiliki banyak keunggulan dibanding mereka dari latar belakang berbeda. Keunggulan itu ialah kemampuan desainer komunikasi visual untuk memahami psikologis masyarakat sehingga apa yang dibuatnya bisa tepat sasaran dan menarik minat banyak orang. Selain itu, dia akan mampu memahami konteks tampilan visual yang tepat untuk diterapkan pada proyeknya.

Art Director
Di bidang periklanan atau lumrah disebut advertising, seorang art director memiliki tugas penting. Dia akan bertanggung jawab menerjemahkan teks dari copywriter ke dalam bentuk visual. Dengan begitu, tampilan visual dari konsep suatu iklan akan sesuai dengan keinginan dan kemauan klien.Posisi ini sangat cocok bagi lulusan desain komunikasi visual. Sebab, dia akan mampu menerjemahkan secara tepat kebutuhan tampilan visual suatu iklan dari seorang copywriter, termasuk di dalamnya dampak psikologis bagi penonton iklan tersebut.
baca juga:Prospek Kerja Jurusan Pendidikan Yang Banyak di Minati
Freelance Designer
Pekerjaan satu ini merupakan pekerjaan lepas yang tidak terikat oleh jam kantor. Kebanyakan dari mereka yang lulus dari jurusan desain komunikasi visual lebih memilih sebagai desainer lepas atau freelance designer lantaran jam kerjanya yang fleksibel. Saat ini, banyak perusahaan lebih memilih menggunakan jasa freelance designer untuk proyeknya lantaran pengiritan budget perusahaan. Ketimbang menggunakan jasa perusahaan kreatif, mereka lebih memilih mempekerjakan freelance designer karena lebih murah.

Meski begitu, bukan berarti menjadi freelance designer dibayar rendah. Justru karena dia bergerak secara individu maka bayarannya bisa melebih gaji satu orang designer di perusahaan periklanan. Kalau kamu tipe orang yang tidak ingin terikat jam kerja, menjadi freelance designer merupakan pekerjaan yang tepat untukmu.

Itulah beberapa bidang pekerjaan yang kiranya cocok untuk lulusan jurusan desain komunikasi visual. Selain bidang-bidang pekerjaan itu, masih banyak bidang lainnya yang membutuhkan tenaga desainer komunikasi visual. Peluang berkarirnya sangat luas guys!

Referensi
https://idseducation.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah