-->
close
Prospek Kerja Masa Depan Lulusan Jurusan Akuntansi

Prospek Kerja Masa Depan Lulusan Jurusan Akuntansi

Sejak jaman dahulu jurusan akuntansi memang selalu menajdi primadona anak IPS. Buat kamu anak IPS tapi suka menghitung, disinilah tempatnya. Menurut Kemenristek, jurusan akuntansi berada di urutan kedua yang paling banyak dipilih peserta ujian SBMPTN 2017 setelah jurusan manajemen. Jurusan akuntansi juga dibutuhkan di hampir semua perusahaan baik neberi maupun swasta, baik skala nasional maupun skala internasional. Sebab semua perusahaan membutuhkan perhitungan rugi laba, audit. Lebih lengkap lagi sebagai berikut:
1. Menjadi credit analyst
Credit analyst biasanya dibutuhkan oleh industri perbankan atau pembiayaan. Tugas seorang credit analyst yaitu mengukur kemampuan calon pencari kredit dalam membayar cicilan dan bunga per bulannya. Credit analyst juga lah yang menilai, mengevaluasi, dan mengusulkan nominal pinjaman yang dapat diberikan oleh bank atau perusahaan pembiayaan kepada calon debitur. Seorang credit analyst, baik di bank maupun perusahaan pembiayaan memiliki gaji rata-rata sekitar Rp5,5 juta hingga Rp15 juta per bulan.

2.  Menjadi PNS
Jurusan akuntansi selalu dibutuhkan di bidang kerja apapun, termasuk dalam pemerintahan. Setiap instansi pemerintah pasti membutuhkan pekerja dengan latar belakang akuntansi untuk menangani seluruh urusan keuangan. Tak heran setiap pembukaan lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil tersedia lowongan untuk jurusan akuntansi. Lulusan jurusan akuntansi yang bekerja di instansi pemerintah bisa mencapai Rp5 juta hingga Rp7juta per bulan. Namun, angka tersebut hanya berupa gaji pokok, belum termasuk tunjangan-tunjangan tambahan seperti tunjangan keluarga, tunjangan umum, kinerja, imbalan prestasi, dan tunjangan lainnya. Jika tunjangan tersebut dijumlahkan dengan gaji pokok, penghasilan yang didapat bisa mencapai paling sedikit Rp9 juta per bulannya.
Image source: lupitan6.com
3. Akuntan Pendidik
Selain bekerja di instansi pemerintah, perusahaan swasta, atau BUMN, lulusan akuntansi juga bisa menjadi tenaga pendidik yang memberikan materi di dalam maupun di luar kelas. Selain sebagai dosen atau guru, akuntan pendidik juga bisa menjadi seorang konsultan yang mengisi acara seminar keuangan. Atau bekerja dalam lebaga riset yang meneliti masalah atau isu akuntansi yang terjadi dalam masyarakat.
Baca Juga: Prospek Kerja Cerah Jurusan Desain Grafis
4. Konsultan Pajak
Konsultan pajak adalah orang yang menyediakan jasa konsultasi perpajakan kepada wajib pajak. Salah satu syarat untuk memperoleh izin praktik sebagai konsultan pajak adalah mengikuti ujian sertifikasi konsultan pajak (USKP) yang diadakan oleh Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI). Jika profesional yang telah lulus dalam ujian ini, mereka akan mendapatkan gelar BAP. Jasa yang biasanya diberikan oleh konsultan pajak adalah perencanaan pajak, pembuatan laporan SPT pajak, review pajak, pendampingan pemeriksaan pajak, pelatihan pajak, dan restitusi pajak.

5. Perencana Keuangan
Dengan meningkatnya golongan menengah dan kesejahteraan di Indonesia, maka kebutuhan seseorang yang memberikan saran di bidang keuangan juga akan meningkat. Peluang ini pun dimanfaatkan oleh beberapa orang yang berprofesi sebagai perencana keuangan. Untuk meningkatkan karir, maka mereka membutuhkan sertifikasi sebagai perencana keuangan. Sertifikasi tersebut dikeluarkan oleh Financial Planning Standards Boards (FPSB) yang ditujukan untuk orang yang ahli di bidang perencanaan keuangan. Untuk memperoleh sertifikat tersebut, kamu harus melalui tahap ujian, seperti Foundation in Financial Planning, Investment Planning, Risk Management & Insurance Planning and Retirement, serta Income Tax and Estate Planning.
Referensi
www.cekaja.com
ajaib.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah