Tahapan Seleksi Beasiswa Fullbright Amerika – Proses Seleksi Fullbright


Lanjut melalui pengalaman rudi hartono, pemuda Indonesia yang berhasil memperoleh beasiswa fullbright amerika, inilah tahapan proses seleksi beasiswa fullbright amerika secara lengkap

Tahapan Seleksi Beasiswa Fullbright Amerika – Proses Seleksi Fullbright
                                                      sumber foto : web aminef.or.id

1. Aplikasi

Persyaratan umum dan khusus dapat di lihat pada website ini
Lengkapi semua data tanpa kurang satupun, harus se detil mungkin, berkas yang perlu di persiapkan adalah aplikasi yang sudah di isi, study objective (1halaman), fotocopy hasil TOEFL atau IELTS, KTP atau paspor, surat rekomendasi dari atasan sekarang dan dosen terdahulu, ijasah dan transkip yang di translate kedalam bahasa inggris. Kirim ke AMINEF sebelum deadline yang telah di tentukan, silahkan cek pada web aminef.or.id .
Pada application form, kita mengisi program yang di lamar, GPA, TOEFL, dan awards/honors, professional history, social involvement, research projects completed, Articles/Books/Unpublished, Papers/Thesis/Dissertation, traveled or lived outside.
Dokumen terpenting ialah study objective (SO), dalam mengisi dokumen ini, anda harus sudah jelas ingin mengambil program study apa, kemudian pastikan program study yang kalian ambil ada pada salah satu universitas di amerika.

Tips menulis Study Objective (SO):

Pertama, jelaskan apa bidang studimu. Jelaskan jurusan dan area spesialisasi secara detail.
Kedua, berikan tiga alasan utama mengapa ingin studi di area tersebut. Masukan contoh-contoh dari pendidikan atau pelatihan sebelumnya.
Ketiga, jelaskan keinginanmu di masa depan, dan bagaimana rencana studimu dapat membantu meraih keinginan itu.

2. Interview

Tahap kedua adalah interview, pastikan kalian cek email yang terdaftar, jika kalian lolos tahap awal, kalian akan mendapatkan email yang berisi lokasi interview dan jam interview, untuk perjalanan menuju ke lokasi dan uang akomodasi akan di tanggung pihak AMINEF
Interview akan berlangsung setidaknya selama 30 menit hingga satu jam, dan sifatnya tanya jawab, akan ada penanya 3 orang yang akan interview kalian. Pastikan kalian sudah mempersiapkan diri untuk tahap kedua ini. Persiapkan diri kalian dari jauh jauh hari

3. Pengumuman

Setelah tahap 1 dan 2 terlewati kalian akan menunggu tahap pengumuman, pastikan kalian tetap memantau web AMINEF serta email yang kalian daftarkan, isi pesan jika kalian diterima beasiswa fullbright ini adalah
“Dear Mr. Hartono, Congratulations! I am extremely pleased to inform you that you have been officially nominated as a principal candidate for a Fulbright scholarship to pursue study for a Master’s degree in the United States commencing with the Fall 2014 academic term”. 
Selanjutnya kalian mempersiapkan diri untuk melengkapi berkas, pastikan tetap cek email secara rutin, karna syarat berkas di kirim melalui email, dan persiapan standardized tests TOEFL iBT dan GRE atau GMAT.

 4. TOEFL iBT dan GRE atau GMAT

Setelah kalian di nyatakan di terima, apakah proses sudah selesai ? tentu tidak, masih ada tes TOEFL Ibt dan gre atau gmat patokan minimum 80 untuk IBT score dan GRE ada beberapa universitas yg meminta score minimum, ada juga yang meminta GRE score tanpa minimum score, kalian harus mempersipkan diri dengan matang, untuk melaksanakan tes ini.

5. submission plan

Padaproses ini kalian akan diminta untuk memilih 4 universitas dengan tujuan yang anda pilih sebelumnya, proses ini akan di lakukan oleh IIE.
6. PDO (Pre-Departure Orientation)
PDO (Pre-Departure Orientation) ini di peruntukan untuk grantee yang akan berangkat ke amerika, tentunya yang sudah di terima di kampus amerika, biasa ini pada bulan mei dan bertempat di Ayodya Resort Nusa Dua, Bali, jadi teman teman jangan sampai ketinggalan informasi. Pada acara ini kegitannya adalah pembekalan mengenai Accommodation, Money and Expenses, Geography, Shopping, Eating, Media, dan Transportation/Travel. 
7.visa Application and Interview
Kalian akan menerima email berisi form untuk mengisi Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant (DS-160), ini di lakukan secara online dan wajib membawa halaman konfirmasi jadwal wawancara; satu foto terbaru, paspor yang berlaku dan paspor lama, dan semua dokumen dokumen yang diperlukan pada saat wawancara visa di kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
8. Departure
Keberangkatan calon penerima beasiswa setiap orang akan berbeda beda, tetap pantau email masing masing untuk informasi jadwal keberangktan.
9. pre academic training
Salah satu keuntungan yang di berikan oleh beasiswa ini yaitu adanya intensive English course yg berlangsung di US yang lamanya berkisar 3-12 minggu, yang di peruntukan penerima beasiswa agar penerima beasiswa semakin faham dan fasih untuk berbahasa inggris.
10. Menuju ke Universitas
Setelah selesai melalui tahap pre academic training, kalian akan langsung menuju ke universitas masing masing, untuk memulai study

Itu dia tahapan lengkap mengenai proses masuk beasiswa fullbright amerika yang kami ambil dari pengalaman rudi hartono, semoga dapat bermanfaat untuk pembaca artikel setia brainesia.com


December 02, 2019 - tanpa komentar

0 komentar untuk Tahapan Seleksi Beasiswa Fullbright Amerika – Proses Seleksi Fullbright.

berilah komentar yang tidak melanggar peraturan website