Permasalahan Sosial di Indonesia Saat Ini dan Cara Mengatasinya

Permasalahan Sosial di Indonesia Saat Ini dan Cara Mengatasinya

Perngertian dan Definisi Permasalahan Sosial
Soerjono Soekanto mendefinisikan permasalahan sosial sebagai ketidaksesuaian unsur-unsur kebudayaan yang dapat membahayakan kehidupan dari suatu kelompok sosial. Permasalahan sosial sendiri dapat terjadi karena adanya interaksi sosial di tengah-tengah masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu antar individu, antar kelompok, atau antara individu dengan kelompok.

Menurut Soetomo, masalah sosial merupakan sebuah kondisi yang tidak diinginkan oleh sebagian besar warga masyarakat. Martin S. Weinberg menambahkan bahwa masyarakat yang tidak menginginkan permasalahan sosial tersebut sepakat bahwa dibutuhkan suatu tindakan untuk dapat mengubahnya.

 

Penyebab terjadinya permasalahan sosial 
  • Faktor ekonomi, misalnya masalah pengangguran dan kemiskinan.
  • Faktor budaya, misalnya masalah kenakalan remaja dan seks bebas.
  • Faktor biologis, misalnya masalah kekurangan gizi dan penyakit menular.
  • Faktor psikologis, misalnya masalah kontrol terhadap emosi.

Cara Mengatasi Permasalahan Sosial 
1. Peningkatan Mobilitas Tenaga Kerja dan Modal
Peningkatan mobilitas tenaga kerja dilakukan dengan memindahkan pekerja ke kesempatan kerja yang ada dan melatih ulang keterampilannya, sehingga dapat memenuhi tuntutan kualifikasi di tempat baru. Peningkatan mobilitas modal dilakukan dengan memindahkan industri (padat karya) ke wilayah yang mengalami masalah pengangguran. Cara ini baik digunakan untuk mengatasi masalah pengangguran struktural.

2. Menggalakkan Program Transmigrasi
Program transmirasi merupakan cara efektif meratakan pembangunan, dan jumlah penduduk, serta untuk mengatasi masalah pengangguran. Transmigrasi adalah solusi terbaik untuk mengatasi pengangguran jika diikuti dengan memberikan pelatihan dan pemberian modal untuk membuka usaha di wilayah transmigrasi. Dengan demikian terdapat lapangan pekerjaan baru dan mengurangi jumlah pengangguran.
 
3. Penyediaan Informasi Tentang Kebutuhan Tenaga Kerja
Untuk mengatasi pengangguran musiman, perlu adanya pemberian informasi mengenai tempat - tempat yang sedang membutuhkan tenaga kerja. Masalah pengangguran dapat muncul karena seorang tidak tahu perusahaan apa saja yang membuka lowongan kerja, atau perusahaan seperti apa yang cocok dengan keterampilan yang dimiliki. masalah tersebut adalah masalah penyampaian informasi.
  
4. Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi
Pertumbuhan ekonomi dapat digunakan untuk mengatasi pengangguran friksional. Dalam situasi normal, pengangguran friksional tidak mengganggu karena sifatnya hanya sementara. Tingginya tingkat perpindahan kerja justru menggerakkan perusahaan untuk meningkatkan diri (karier dan gaji) tanpa harus beprindah ke perusahaan lain.

5. Program Pendidikan dan Pelatihan Kerja
Pengangguran disebabkan oleh masalah tenaga kerja yang tidak terampil dan ahli. Perusahaan lebih menyukai calon pegawai yang sudah memiliki keterampilan atau keahlian tertentu. Masalah tersebut amat relevan di negara kita, mengingat sejumlah besar pengangguran adalah orang yang belum memilii keterampilan atau keahlian tertentu.
 
6. Meningkatkan dan mendorong kewirausahaan
Adanya UKM dengan pemberian modal yang diberikan oleh pemerintah dan kerjasama dengan pihak swasta dapat meningkatkan jumlah wiraswasta. Menumbuhkan jiwa wirausaha sejak sekolah dapat merubah paradigma dalam mencari pekerjaan. Hal inilah yang harus didukung oleh pemerintah. Mendukung kegiatan wirausaha kecil dan memberikan pelatihan - pelatihan wirausaha hingga memberikan pinjaman - pinjaman wirausaha dapat meningkatkan dan mendorong kewirausahaan. Kewirausahaan bukan saja dapat mengatasi pengangguran, tetapi juga merupakan bentuk usaha untuk meningkatkan perekonomian Indonesia.

7. Tindakan preventif
Tindakan preventif adalah tindakan yang dilakukan oleh pihak berwajib sebelum penyimpangan sosial terjadi agar suatu tindak pelanggaran dapat diredam atau dicegah. Pengendalian yang bersifat preventif umumnya dilakukan dengan cara bimbingan, pengarahan dan ajakan.

8. Tindakan Represif
Tindakan Represif adalah suatu tindakan aktif yang dilakukan pihak berwajib pada saat penyimpangan sosial terjadi agar penyimpangan yang terjadi dapat dihentikan. Usaha menindak pelanggaran norma - norma sosial dan moral dapat dilakukan dengan menerapkan hukuman terhadap setiap perbuatan pelanggaran.

9. Tindakan Kuratif dan Rehabilitasi
TIndakan ini dilakukan setelah tindakan pencegahan lainnya dilaksanakan dan dianggap perlu mengubah tingkah laku si pelanggar dengan memberikan pendidikan lagi. Pendidikan diulangi melalui pembinaan secara khusus, hal ini sering ditanggulangi oleh lembaga khusus maupun perorangan yang ahli dalam bidang ini.

10. Tanggulangi sesuai tipe permasalahannya
Setiap jenis masalah yang ada memiliki solusi yang berbeda-beda dalam penanganannya. Contohnya, angka kenakalan remaja dapat ditekan dengan memberikan ruang aktivitas positif seperti pelatihan-pelatihan bagi remaja di lingkungan sekolah dan tempat tinggalnya. Masalah pengangguran telah mendapat berbagai upaya dari pemerintah, misalnya dijalankannya pekerjaan bersifat padat karya yang menyerap banyak tenaga kerja. Begitupun bagi masalah aliran sesat yang senantiasa mendapatkan penanganan langsung dari kepolisian Republik Indonesia. Contoh lainnya ialah penyebaran berita hoax yang dapat diminimalisir dengan meningkatkan kemampuan literasi masyarakat, terutama dalam menggunakan social media.

Source
  • http://materiips.com/perbedaan-konflik-sosial-dengan-masalah-sosial/ 
  • https://bsd.pendidikan.id/data/SMA_11/Sosiologi_2_Kelas_11_Suhardi_Sri_Sunarti_2009.pdf
  • http://blog.unnes.ac.id/najib23/materi-sosiologi-sma-kelas-xi-permasalahan-sosial-dalam-masyarakat/
  • http://sosiologis.com/masalah-sosial/ 
  • http://hariansejarah.id/2017/01/upaya-mengatasi-konflik.html/
  • http://falah-kharisma.blogspot.com 
  • www.quipper.com

Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

1 comment

  1. Nama saya, jayachandra fadhlan
    dari Indonesia Saya seorang perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu semua orang agar berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak pemberi pinjaman di sini untuk menipu orang. menipu Anda dengan uang hasil jerih payah Anda, saya mengajukan pinjaman untuk sekitar Rp900.000.000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya tentang macet karena hutang. Ketika saya mencari perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaan itu adalah PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND. Saya kehilangan 15 juta bersama mereka dan sampai hari ini, saya belum pernah menerima pinjaman yang saya usulkan. Teman baik saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman, memperkenalkan saya ke perusahaan yang dapat dipercaya di mana Ibu KARINA bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta kredensial saya, dan setelah itu mereka selesai memverifikasi rincian saya, pinjaman itu disetujui untuk saya dan saya pikir itu hanya lelucon, dan mungkin ini adalah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tetapi saya tertegun. Ketika saya mendapatkan pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam dengan tingkat bunga rendah 2% tanpa jaminan. Saya sangat senang bahwa ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan memperkenalkan saya kepada mereka dan karena saya selamat membuat bisnis saya melambung tinggi di udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi di Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya. tahu tentang perusahaan mode. Jadi saya menyarankan semua orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk menghubungi Mrs. KARINA melalui email: (karinarolandloancompany@gmail.com) atau hanya Whatsapp +15857083478 Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (jayachandrafadhlan@gmail.com) Sekali lagi terima kasih telah membaca kesaksian saya, dan semoga ALLAH terus memberkati kami dan memberi kami umur panjang dan sejahtera.

    ReplyDelete

Post a Comment

berilah komentar yang tidak melanggar peraturan website