Apa Yang di Perlukan dan Persiapkan Untuk Kuliah Program Studi Teknik Informatika?

Apa Yang di Perlukan dan Persiapkan Untuk Kuliah Program Studi Teknik Informatika?

Brainesia.com Setiap pilihan studi mempunyai konsekuensi masing-masing. Kalau kamu juga mulai mempertimbangkan untuk meneruskan studi di jurusan Teknik Informatika, ada baiknya kamu benar-benar membuat pertimbangan yang tepat. Pasalnya, meski tidak terkesan ‘horor’ seperti beberapa jurusan lainnya, menjalani kehidupan sebagai mahasiswa Teknik Informatika juga tidaklah mudah. Maka dari itu kami anjurkan untuk memperhatikan hal ini selama perkuliahan


Apa yang Menjadi Tujuanmu?
Pertimbangan paling utama sebelum memutuskan final ke mana kamu akan melangkah adalah dengan kembali menegaskan tujuan. Apa yang menjadi dasarmu untuk memilih jurusan Teknik Informatika dibandingkan lainnya?. Besar atau kecilnya niat yang dimiliki akan memengaruhi banyak hal yang dapat terjadi di depan nantinya. Kamu mungkin memilih jurusan ini lantaran prospek kerjanya yang bagus. Atau boleh jadi, seperti dalam banyak kasus, mungkinkah kamu memilih jurusan ini lantaran ikut-ikutan teman atau bahkan hanya mengikuti arahan orang tua?
Kalau ya, wajar-wajar saja sebetulnya.

Namun, alangkah lebih baik jika kamu pun sedari awal juga mencari tahu banyak tentang bagaimana kehidupan di Teknik Informatika, berikut peluang apa yang bisa kamu dapat setelah lulus. Paling tidak, dengan demikian, kamu pun akan memiliki rasa bertanggung jawab yang lebih besar untuk menyelesaikan studi.
Sesuaikah dengan Minat dan Bakatmu?
Hal ini sangat penting untuk membantumu beradaptasi nantinya. Paling tidak, bila Teknik Informatika memang ‘klik’ dengan minat atau bakatmu, kemungkinan kamu akan merasa tertekan di tengah jalan relatif lebih kecil. Cara paling mudah untuk melihat apakah kira-kira kamu akan cocok atau tidak dengan jurusan ini adalah dengan meninjau kembali mata kuliah apa yang disajikan. Dari sini, kamu bisa mulai memiliki gambaran apa saja yang nantinya akan menjadi ‘makanan’mu sehari-hari.

Namun, hal ini bukan berarti kamu harus menyukai seluruh mata kuliah yang diberikan, ya. Wajar kok bila ternyata ada pula beberapa bagian yang sebenarnya kurang menarik minat atau tidak sesuai dengan bakatmu. Walau begitu, selagi proporsinya lebih sedikit dibandingkan yang sesuai kategorimu, kamu tidak perlu terlalu risau.
Mampukah Kamu Bertahan?
Menjadi mahasiswa Teknik Informatika tidaklah mudah. Tugas-tugas yang diberikan cenderung menyita waktu dan fokusmu. Di samping itu, tugas-tugas tersebut juga menuntut keterampilanmu secara pribadi sehingga tidak selamanya kamu dapat mengandalkan teman untuk menyelesaikan pekerjaanmu. Pertanyaannya, mampukah kamu kira-kira bertahan nantinya? Mampukah kamu harus begadang sepanjang malam untuk menyelesaikan skrip program dan mencari di mana logika atau perintah yang salah dimasukkan? Mampukan kamu menghabiskan lebih banyak waktu untuk ‘berbicara’ dengan komputer dalam bahasa pemrograman dengan logika yang hanya kamu yang dapat memahaminya?

Bagaimanapun, hal ini tidak dapat dipisahkan dari karaktermu sebagai seorang individu. Perbanyaklah mencari informasi mengenai jurusan Teknik Informatika dari kakak angkatan, alumni, atau bahkan teman yang kamu temui di media sosial. Persiapkan dengan matang dirimu, termasuk untuk urusan mental. Pasalnya, tidak sedikit mahasiswa yang kemudian mundur di tengah jalan karena terlambat ‘menyadari’ bahwa dirinya tidak sesuai berada di lingkungan yang demikian.

Semoga bermanfaat gengs, jangan lupa SHARE artikel ini ya

Source:www.teknik.unpas.ac.id/
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment