--> Bagaimana Prospek dan Karir Lulusan Teknik Informatika Untuk Saat Ini? - Brainesia
Bagaimana Prospek dan Karir Lulusan Teknik Informatika Untuk Saat Ini?
close

Bagaimana Prospek dan Karir Lulusan Teknik Informatika Untuk Saat Ini?

Brainesia.com Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, kesempatan untuk berkarir di bidang Teknik Informatika sangatlah luas. Kebutuhan terhadap dunia digital diprediksi terus memberikan tren yang positif sehingga kamu pun tidak perlu merisaukan tentang kiprah profesi. Bila tak ingin menjadi karyawan pun, peluangmu untuk menjadi pemain bisnis dalam bidang yang masih relevan pun sama tingginya.

Karyawan IT
Bila dirincikan lagi, ada banyak jenis pekerjaan yang bisa kamu temui saat menjadi karyawan IT di sebuah perusahaan seperti berikut ini.
   
Programmer
Ini adalah pekerjaan lulusan jurusan Teknik Informatika yang paling umum. Tugasmu adalah membuat sebuah program tertentu. Seperti contoh bila berada di tim IT perbankan, kamu akan diminta untuk mengembangkan sistem core banking yang sesuai dengan SOP instansi. Pembuatan program ini pun biasanya kerap disebut proyek dan dibagi atas beberapa tahap sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
   
System Analyst
Seperti namanya, profesi ini akan membutuhkanmu untuk melakukan analisis dan perancangan alias desain terhadap sebuah sistem. Tentu saja, sistem yang dimaksud di sini tidak lain merupakan sistem yang berhubungan dengan perangkat lunak, jaringan komputer, dan hal-hal yang berkaitan secara teknis lainnya. Agar dapat memberikan analisis yang kuat, kamu biasanya akan diminta untuk melakukan pengecekan dari system definition, database, sampai perangkat keras yang digunakan di dalam sistem tersebut.

Developer
Di samping dua profesi di atas, lulusan Teknik Informatika juga biasanya dipercaya untuk menjadi Network Administrator, Database Engineer, Software Engineer, hingga Web Designer.
   
Konsultan
Ini adalah salah satu pekerjaan yang bisa kamu kerjakan secara independen pula. Perusahaan akan memanfaatkan jasamu sebagai dasar pertimbangan untuk mengambil langkah strategis dalam kaitannya terhadap pengembangan sistem IT. Pemahaman yang kamu butuhkan pun sangat luas dan mendalam, tetapi besarnya keuntungan yang akan diperoleh pun sebanding. Namun bila lebih spesifik, kini menjadi seorang konsultan ERP adalah pilihan yang cukup menggiurkan. Enterprise Resource Planning alias ERP merupakan sebuah aplikasi masif yang memuat segala aktivitas sebuah perusahaan. Tanggung jawab menjadi konsultan ERP yang besar ini pun membutuhkan modal yang tidak sedikit. Paling tidak, kamu harus mampu menggunakan sistem database tertentu seperti SAP dan Oracle.
   
Bisnis Sofware House dan Startup
Kalau kamu enggan untuk bergabung dalam perusahaan dan bekerja sebagai karyawan yang terikat, coba saja menjadi seorang pebisnis. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan IT yang muncul bahkan dengan kantor yang berada di rumah sendiri. Bahkan, keuntungan dari bisnis software house ini pun tidak bisa diremehkan. Paling tidak, ratusan juta rupiah bisa jadi omset yang terus mengalir ke kantongmu setiap bulannya. Bila ingin setingkat lebih maju, kamu bisa memulai membangun startup. Mulailah bersama dengan orang-orang di inner circlemu yang berkompeten dan dapat dipercaya. Dengan bekerja seperti ini, kamu tidak hanya memberikan keuntungan bagi diri sendiri, tetapi juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.
   
Digital Nomad
Selama beberapa tahun terakhir, istilah digital nomad semakin sering digunakan. Sesuai namanya, digital nomad berarti seseorang yang hidup secara nomaden alias berpindah-pindah dengan pekerjaan utamanya berbasis digital. Hanya saja, istilah nomaden yang digunakan pada frasa ini memiliki kesan yang berbeda dengan istilah nomaden yang kerap merujuk pada kehidupan manusia di zaman dahulu. Sebaliknya, seorang digital nomad justru berpindah dari satu kota atau negara ke wilayah lainnya untuk bekerja sekaligus berlibur tanpa batas. Seorang freelancing programmer juga dapat dikategorikan sebagai digital nomad. Pada dasarnya, mereka dapat bekerja di mana pun selagi terhubung dengan internet. Melihat tingginya peluang seorang programmer untuk bekerja secara independen maupun remote di masa kini, kamu pun bisa menjadi salah satunya. Kamu bahkan bisa bekerja dari tempat tidur, pinggir pantai, tepian kolam di vila mewah, atau bahkan di kawasan hutan yang asri selagi berbekal laptop dan internet.

Dosen
Kalau kamu mau berkiprah di dunia pendidikan, menjadi dosen Teknik Informatika bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, paling tidak kamu harus menempuh satu tingkat pendidikan lagi untuk mendapat gelar master alias S2 sehingga bisa lolos sebagai syarat utama menjadi tenaga pengajar untuk tingkat perguruan tinggi ini. Pilihan untuk melanjutkan studi pascasarjana terbuka semakin luas, baik di dalam maupun di luar negeri. Faktor biaya yang kerap menjadi bahan pertimbangan kini juga telah dipermudah aksesnya dengan ketersediaan berbagai macam beasiswa, mulai dari pemerintah, swasta, hingga pihak universitas atau perguruan tinggi tujuan. Beberapa jenis beasiswa ini pun berupa ikatan dinas yang mengharuskanmu untuk mengabdi menjadi dosen setelah lulus, tetapi sebagian besar masih cukup membebaskanmu untuk mengejar karir di bidang profesi lainnya.

Source: www.teknik.unpas.ac.id/
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal