--> Beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk Semua - Brainesia
Beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk Semua
close

Beasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk Semua

Brainesia.com Beasiswa ITB untuk Semua lahir pada 2009. Ketika itu, sesuai Undang-undang Perguruan Tinggi yang berlaku waktu itu, Institut Teknologi Bandung berstatus Badan Hukum Milik Negara (BHMN) yang memberinya independensi sekaligus tanggungjawab untuk mandiri secara finansial. Kebijakan ini berdampak perguruan tinggi menaikan biaya kuliah dan secara tidak langsung menutup kesempatan bagi anak-anak cerdas dari keluarga kurang mampu untuk berkuliah di universitas papan atas di Tanah Air.

Beasiswa ITB untuk Semua adalah sebuah upaya untuk memberi solusi terhadap kondisi tidak ideal yang terjadi. Pada dasarnya, program ini memiliki dua tujuan. Pertama, ia menyediakan beasiswa penuh (uang kuliah dan biaya hidup) bagi mahasiswa cerdas dari keluarga kurang mampu. Kedua, ia berkampanye bahwa pintu terbuka bagi anak-anak dari keluarga kurang mampu untuk menaiki eskalator sosial ekonomi melalui pendidikan tinggi. Melalui kampanye ini, anak-anak dari keluarga kurang mampu disemangati untuk tetap berani bercita-cita tinggi.

Pada 2009, Beasiswa ITB untuk Semua berhasil mengumpulkan dana untuk membiayai 40 mahasiswa kurang mampu untuk kuliah di ITB. Pada 2010, jumlah penerima beasiswa naik menjadi 60 dan pada 2011 berjumlah 100. Seiring berjalannya waktu, pemerintah mulai memberi perhatian terhadap para mahasiswa dari keluarga tidak mampu yang menjadi perhatian Beasiswa ITB untuk Semua. Lahir beasiswa Bidik Misi yang menanggung uang kuliah dan biaya hidup para mahasiswa. Maka pada 2011, Beasiswa ITB untuk Semua dikolaborasikan dengan Beasiswa Bidik MISI. Pada Kolaborasi ini Beasiswa ITB untuk Semua membiayai uang kuliah sampai lulus, sementara Pemerintah melalui Direktorat Pendidikan Tinggi membiayai beasiswa biaya hidup bagi penerima beasiswa.

Persoalan tetap muncul bagi para mahasiswa dari keluarga kelas menengah bawah. Mereka tidak tergolong keluarga kurang mampu yang ditangani Bidik MISI tetapi tetap tidak mampu untuk membayar uang kuliah yang cukup tinggi, sebesar Rp 20 juta per tahun.

Sesuai semangat awal sebagai gerakan yang memberi solusi dan terobosan agar ITB terbuka bagi semua, Beasiswa ITB untuk Semua tahun 2013 bertujuan membantu para mahasiwa yang berasal dari keluarga kelas menengah bawah yang kesulitan membayar uang kuliah. Beasiswa ini akan menanggung penuh biaya kuliah mahasiswa selama 4 tahun menempuh studi di ITB. Selain itu, para penerima beasiswa akan dibantu dengan aneka pelatihan soft skill agar mereka dapat menggapai prestasi kuliah yang gemilang serta menjadi pemimpin dan pelopor di masyarakat setelah lulus.

Fasilitas yagn diberikan
  1. Biaya kuliah penuh di ITB adalah Rp. 20.000.000 pertahun (Dalam program ini kami membiayai separuh dari biaya kuliah tersebu)
  2. Biaya Pengembangan Diri terdiri dari biaya bimbingan, bridging (program penyesuaian diri), kunjungan-kunjungan, darurat sakit, dsb


Kriteria Penerima Beasiswa :
  1. Mahasiswa Baru ITB 2018
  2. Penghasilan orang tua (digabung) tidak lebih besar dari Rp5.000.000,- per bulan (jika lebih, harap jelaskan mengapa membutuhkan beasiswa)
  3. Berprestasi dan aktif berorganisasi saat SMA

Syarat Berkas Pendaftaran:
  1. Bukti Nilai Rapor SMA semester 3,4, dan 5.
  2. Bukti Nilai UN (Ijazah/SKHUN atau Surat Keterangan Lulus)
  3. Surat keterangan peringkat kelas  semester 3,4,dan 5 (Apabila tidak ada, langsung sertakan bukti pendukung prestasi lainnya)
  4. Bukti pendukung prestasi bidang ko-kulikuler atau ekstrakulikuler semasa SMA
  5. Slip gaji orang tua/surat keterangan penghasilan orang tua
  6. Kartu Keluarga
  7. Rekening listrik/bukti pembelian prabayar pulsa listrik: 2 bulan terakhir (Keterangan Nilai Daya Listrik harus dapat terbaca jelas)
  8. Bukti Pembayaran PBB atau surat keterangan kepemilikan rumah (bila bukan milik pribadi)
  9. Esai mengenai diri, prestasi, cita-cita, dan alasan mendaftar Beasiswa ITB Untuk Semua(maks 1 halaman A4, 11pt Calibri, spasi single, margin standar)
Semua syarat berkas diunggah saat melakukan pendaftaran Online (dalam bentuk file). Pastikan semua file dapat terbaca jelas agar dapat terproses.


Tatacara Pendaftaran:
  1. Daftar menggunakan akun gmail Anda. Klik tombol DAFTAR di bawah ini. Lakukan sign-in gmail. Bila Anda sudah Log-in  gmail pada browser, maka situs akan langsung mengarahkan Anda pada form Pendaftaran.
  2. Isi semua kotak isian pada form Daftar: Data Diri dan Data Orang Tua.
  3. Unggah berkas pada bagian Data Berkas. Pilih file dan pilih keterangan dengan tepat. Klik Upload.
  4. Pada saat unggah file, cek apakah lampiran berukuran kurang dari 300kb dan berekstensi pdf / jpg.
  5. Pastikan penamaan file berkas benar sesuai aturan agar dapat terproses.
  6. Klik SUBMIT agar data pendaftaran Anda tersimpan dan dicek oleh Panitia Seleksi.
Jika pendaftaran berhasil, maka akan muncul notifikasi “Pendaftaran BERHASIL”, pada bagian di atas data diri, kolom berwarna hijau.


Jadwal Pendaftaran
Biasanya program beasiswa ini dibuka pada jadwal berikut (Jadwal bisa berubah)
  • Pendaftaran Online    Oktober
  • Wawancara                 Oktober - Desember
  • Pengumuman             Akhir Desember

Kontak inforamasi
e mail : kontak@itbuntuksemua.com  atau itbuntuksemua@gmail.com  
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal