Daftar 12 Beasiswa Pemerintah Dalam Negeri yang Recommended Buat Kamu Apply

Daftar 12 Beasiswa Pemerintah Dalam Negeri yang Recommended Buat Kamu Apply

Brainesia.com Hello gengs, banyaknya beasiswa yang ditawarkan setiap tahun memang sangat menguntungkan bagi pelamar. Setidaknya beragam pilihan tersedia. Tapi, seiring berjalannya waktu, tidak sedikit pula beasiswa yang sebelumnya rutin dibuka, tahun ini sudah tidak terlihat lagi. Bisa jadi program beasiswa tersebut ditutup atau berganti dengan jenis dan nama beasiswa yang baru. Masalahnya mungkin, Anda sudah mempersiapkan diri untuk beasiswa yang dimaksud, tapi saat waktu yang ditunggu-tunggu tiba, beasiswa tersebut tidak lagi buka

Kecewa, tapi tak perlu mengurungkan niat. Banyak peluang lain yang perlu dipertimbangkan. Meski harus menyesuaikan lagi dengan kriteria dan persyaratan yang mereka tetapkan. Nah, di sinilah perlunya mengetahui info beasiswa yang rutin dibuka. Sehingga Anda bisa menghadapi beragam jenis beasiswa sekaligus. Baiklah berikut ulasan tentang Daftar 12 Beasiswa Pemerintah Dalam Negeri yang Recommended Buat Kamu Apply
 


1. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah)
Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. KIP-Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi. Ayo segera cari kampus idamanmu. KIP-Kuliah berlaku untuk jalur seleksi masuk perguruan tinggi SNMPTN, SBMPTN, SNMPN, UMPN, Seleksi mandiri PTN dan seleksi mandiri PTS.

Fasilitas yang didapat
  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer-UTBK serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)
  • Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi
  • Bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini


2. Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP)
Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) merupakan sebuah lembaga yang bekerja dibawah pengawasan 3 kementrian yaitu: Kemenkeu, Kemendikbud, Kemenag. Program beasiswa dari LPDP sendiri hanya ada dua yaitu untuk program Magister atau S2, baik dalam maupun luar negeri, serta program Doktor atau S3 untuk dalam maupun luar negeri juga.

Fasilitas yang di berikan
1. Biaya Pendidikan: Biaya Pendaftaran Biaya SPP Tunjangan Buku Dana Bantuan Penelitian Tesis/Disertasi Dana Bantuan Seminar Internasional Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional 2. Biaya Non Pendidikan: Biaya Transportasi Biaya Aplikasi Visa/Residence Permit Biaya Asuransi Kesehatan Tunjangan Hidup Bulanan Biaya Kedatangan Tunjangan keluarga (Khusus Doktoral) Biaya Keadaan Darurat

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pendaftaran LPDP 2019 Segera Dibuka, Ini 11 Syarat yang Harus Dipenuhi", https://edukasi.kompas.com/read/2019/05/06/14280291/pendaftaran-lpdp-2019-segera-dibuka-ini-11-syarat-yang-harus-dipenuhi?page=all.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo
1. Biaya Pendidikan: 
  • Biaya Pendaftaran 
  • Biaya SPP 
  • Tunjangan Buku
  • Dana Bantuan Penelitian Tesis/Disertasi 
  • Dana Bantuan Seminar Internasional 
  • Dana Bantuan Publikasi Jurnal Internasional 
2. Biaya Non Pendidikan: 
  • Biaya Transportasi 
  • Biaya Aplikasi Visa/Residence Permit 
  • Biaya Asuransi Kesehatan 
  • Tunjangan Hidup Bulanan 
  • Biaya Kedatangan 
  • Tunjangan keluarga (Khusus Doktoral) 
  • Biaya Keadaan Darurat
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini

3. Beasiswa B-PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BBP-PPA (Bantuan Pendidikan-PPA)
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik di bidang akademik dan atau non akademik. Agar program bantuan biaya pendidikan dan beasiswa dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu. Beasiswa B-PPA (Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan BBP-PPA (Beasiswa Bantuan Pendidikan-PPA) diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Fasilitas yang diberikan
1. B-PPA/PPA
  • Penerima beasiswa PPA akan mendapatkan Rp 400.000/  bulan dan akan dibayarkan langsung untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp. 2.400.000, dan langsung diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. 
  • Kuota beasiswa tidak sama tiap semester, tergantung pemberian dari Kemenristekdikti yang akan disampaikan melalui surat tertulis kepada perguruan tinggi penerima. 
2. BBP-PPA/BBM
  • Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa BBP-PPA, akan mendapatkan dana sebesar Rp. 400.000/bulan, dan akan dibayarkan oleh Kemenristekdikti untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp. 2.400.000,-. Biaya yang diberikan akan diterima langsung oleh penerima beasiswa.
  • Jumlah mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa untuk tiap semesternya tidak akan sama, hal ini dikarenakan kuota yang diberikan oleh Kemenristekdikti tidak sama jumlahnya setiap semester. 
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini


4. Beasiswa Unggulan untuk Mahasiswa S1, S2, dan S3 
Program ini merupakan beasiswa dalam negeri untuk mahasiswa S1, S2, dan S3. Para peserta yang dapat mengikuti program ini adalah calon mahasiswa (mahasiswa baru) yang sudah mendapatkan surat diterima di perguruan tinggi atau merupakan mahasiswa yang sedang berkuliah maksimal semester 2 pada saat pendaftaran..

Bidang Studi
1. Pendidikan (Pendidikan PAUD, Pendidikan PGSD)
2. Kurikulum dan Pedadogi
3. Manajemen dan Kebijakan Pendidikan
4. Perfilman
5. Seni Pertunjukan
6. Seni Musik
7. Kebudayaan
8. Perpustakaan
9. Arkeologi (Permuseuman)
10. Teknologi Informasi
11. Kebijakan Publik
12. Pariwisata
13. Industri Kreatif
14. Teknologi Pangan
15. MIPA
16. Maritim
17. Pertanian
18. Energi

  • Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini
5. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI)
Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi terus berupaya untuk mendorong dan meningkatkan kuantitas dan kualitas dosen yang memiliki kualifikasi akademik minimal magister melalui beragam pendekatan. Berbagai langkah sistematis dan perbaikan berkelanjutan selalu dilaksanakan baik pada era TMPD, BPPS, BPPDN hingga BUDI pada saat ini. Dalam pelaksananaannya, program BPPDN mempunyai cakupan yang lebih luas, baik dalam jenjang pendidikan maupun penerima beasiswa. Jenjang pendidikan yang diberi beasiswa adalah magister (S2) dan doktor (S3), sedangkan penerima beasiswa diperluas dengan menyertakan dosen Perguruan

Fasilitas yang diberikan
Komponen pembiayaan beasiswa dan besarannya sesuai dengan standar LPDP semester.  
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini

6. Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB)
Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) dibuka rutin setiap tahunnya oleh Kementerian Agama ini ditujukan bagi santri yang akan melanjutkan studi Sarjana dan Profesi pada Perguruan Tinggi Mitra Kementerian Agama dalam PBSB. Sejak tahun 2005 sampai tahun 2018, PBSB telah memberikan beasiswa kepada 4.566 santri berprestasi yang berasal tidak kurang dari 900 pondok pesantren se-Indonesia.

Fasilitas yang di berikan:
  • Biaya pendidikan untuk masing-masing pilihan studi pada masing-masing Perguruan Tinggi yang dituju.
  • Biaya pengembangan akademik yang diberikan hanya di awal program.
  • Biaya pendidikan profesi yang diberikan untuk pilihan studi yang membutuhkan pendidikan profesi berdasarkan rekomendasi dari masing-masing perguruan tinggi.
  • Biaya peningkatan kualitas (penyetaraan kemampuan/orientasi peserta saat awal program).
  • Biaya hidup untuk meringankan beban keperluan hidup sehari-hari, termasuk untuk memenuhi keperluan kegiatan studi, pengembangan diri, kegiatan pengembangan organisasi, dan pengabdian kepada masyarakat.
  • Tunjangan lainnya untuk menunjang kegiatan penelitian/kerja praktek lapangan/penyelesaian tugas akhir, penempatan di lokasi baru, dan tunjangan untuk mendukung pendidikan profesi.
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini


7. Beasiswa S2 Luar Negeri KEMKOMINFO
Guna meningkatkan kualitas dan profesionalisme aparatur pemerintah, baik pusat maupun daerah dalam pengembangan e-government dan peran Government Public Relations, Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Bidang Komunikasi dan Informatika.

Fasilitas yang diberikan
  1. Program Beasiswa S2 dilaksanakan dengan skema cost-sharing dengan pemerintah pusat/daerah/satuan kerja asal penerima beasiswa. Kementerian Kominfo akan menanggung biaya pendidikan yang besarnya sesuai dengan SPP yang telah ditetapkan oleh masing-masing Perguruan Tinggi selama masa studi normal serta bantuan Biaya Operasional sebesar Rp. 1.500.000,- (satu juta lima ratus ribu rupiah) per bulan kepada setiap penerima beasiswa. 
  2. Pemerintah pusat/daerah/satuan kerja asal penerima beasiswa akan menanggung biaya-biaya lainnya yang diperbolehkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku selama masa studi berlangsung.
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini


8. Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU)
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tinggi di Tanah Air, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sejak tahun 2013 membuka Beasiswa Pendidikan Magister menuju Doktor untuk Sarjana Unggul (PMDSU), sebuah program percepatan studi Magister dan Doktor selama empat tahun. Program ini telah meluluskan calon dosen muda berkualifikasi Doktor dengan prestasi gemilang, dan kini tersebar di berbagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Fasilitas yang diberikan
  1. Riset di kelompok peneliti/ promotor Hibah Penelitian PMDSU Maks Rp. 60 juta/mhs/ tahun 
  2. Outsourcing fasilitas riset di Luar Negeri (untuk mahasiswa) PKPI (Sandwich-like)untuk mahasiswa sesuai rencana studi paripurna yang diusulkan Sesuai ketentuan Program PKPI (Sandwich-like)-PMDSU 
  3. Perluasan Jejaring Riset Internasional (untuk Promotor) Peningkatan Jejaring Kerjasama sesuai rencana studi paripurna yang diusulkan PPKP PMDSU (Program Peningkatan Kerjasama Promotor PMDSU) 
  4. Biaya pendidikan SPP / UKT Sesuai ketetapan PT 
  5. Biaya Hidup dan Tunjangan Mahasiswa BPPDN Sesuai standar *Catatan: Program PKPI / Sandwich-like – PMDSU dan SAME-PMDSU bersifat kompetitif
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini


9. Beasiswa Pascasarjana untuk Tenaga Kependidikan Berprestasi (Beasiswa PasTi)
Mulai tahun 2017 diselenggarakan program beasiswa khusus untuk Tenaga Kependidikan jenjang Magister (S2) dalam negeri dengan nama program Beasiswa Pascasarjana untuk Tenaga Kependidikan Berprestasi (Beasiswa PasTi). Pada tahun tersebut disalurkan beasiswa untuk Tenaga Kependidikan sebanyak 73 orang dan pada tahun 2018 disalurkan kepada 74 orang penerima beasiswa. Pada tahun 2019 ini ditargetkan sebanyak 75 orang Tenaga Kependidikan menerima Beasiswa PasTi Angkatan Tahun 2019 dan untuk tahun sekarang silahkan cek di kontak informasi dibawah

Fasilitas yang diberikan
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini
  
10. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN)
Mulai tahun 2019, Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti membuka kembali Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN). Dengan adanya beasiswa ini, Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti dapat mempercepat peningkatan kualitas dosen dengan mendanai lebih banyak dosen yang akan melanjutkan studi jenjang S3. Pedoman Penyelenggaraan Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPPLN) Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Tahun 2019 ini dimaksudkan sebagai acuan baru bagi Pemimpin Perguruan Tinggi, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah, dan para dosen yang akan melamar beasiswa BPPLN.

Fasilitas yang diberikan
  • Uang kuliah (tuition fee) bersifat at cost
  • Biaya hidup untuk karyasiswa sesuai standar Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti untuk menurut negara tujuan studi. Besaran tunjangan hidup untuk tiap-tiap negara ditentukan oleh Surat Keputusan Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti;
  • Tunjangan biaya hidup untuk keluarga-inti yang menyertai karyasiswa diberikan sesuai standar Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti. Tunjangan keluarga diberikan dari semester ketiga sampai dengan semester keenam. Jika keluarga dari karyasiswa yang bersangkutan kembali sebelum semester keenam, maka tunjungan keluarga akan dihentikan di bulan dimana keluarga kembali ke Indonesia
  • Tiket pesawat disediakan oleh Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti untuk satu kali keberangkatan ke tempat tujuan dan satu kali pulang setelah selesai studi. Tiket pesawat hanya diberikan kepada karyasiswa yang bersangkutan, dan tidak untuk keluarga yang menyertainya
  • Biaya visa (visa application fee) yang bersifat at cost (hanya satu kali pengajuan)
  • Asuransi kesehatan sesuai standar perguruan tinggi tujuan, dan hanya diberikan untuk karyasiswa yang bersangkutan saja
  • Biaya buku per semester sesuai standar Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti
  • Biaya kedatangan (penyesuaian) di negara tujuan (settling-in allowance), sebanyak satu bulan biaya hidup sesuai standar Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti
  • Biaya program khusus (satu kali mengikuti konferensi/seminar di negara tempat studi) sesuai standar Ditjen Sumber Daya Iptek dan
  • j. Bantuan biaya penulisan tugas akhir/tesis/disertasi sesuai standar Ditjen Sumber Daya Iptek dan Dikti
  • Biaya pendaftaran ke universitas (admission fee) untuk negara‐negara tertentu, seperti yang tercantum dalam Letter of Acceptance (LoA) atau Letter of Offer (LoO).
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini


11. Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN)
Pada tahun 2019 Kemenristekdikti tetap mengalokasikan beasiswa dosen dengan membuka kembali skema beasiswa BPP-DN. Hal ini penting dilakukan mengingat perguruan tinggi memiliki kader-kader yang berminat menjadi dosen tetapi yang bersangkutan belum memiliki akses untuk pendidikan lanjut.  Tantangan lain yang juga mulai dijawab mulai tahun 2012 adalah kesenjangan kualitas mahasiswa pascasarjana dari daerah 3T. Kajian dari beberapa PPs menunjukkan tingginya tingkat kegagalan mereka pada tahun pertama pendidikan di program pascasarjana. Oleh karena itu mulai tahun 2012 diluncurkan Program Beasiswa Pra Magister untuk bidang sains dasar di tiga Perguruan Tinggi (UGM, ITB, ITS,dan IPB mulai tahun 2013). Kebijakan ini diharapkan dapat memfasilitasi calon mahasiswa 3T dapat mengikuti program pascasarjana dengan lebih lancar. Mulai tahun 2013 istilah BPPS dan Beasiswa Unggulan disatukan dalam istilah Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri (BPPDN) yang terbagi dalam tiga kategori yaitu Kategori Dosen, Tenaga Kependidikan dan Calon Dosen. Tahun 2015 dengan nomenklatur Kementerian yang baru, Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Dalam Negeri bagi dosen dikelola oleh Subdit Kualifikasi Pendidik, sedangkan Beasiswa bagi tenaga kependidikan dikelola oleh Subdit Tenaga Kependidikan Direktorat Kualifikasi SDM, Direktorat Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti Kemenristekdikti

Fasilitas yang diberikan
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini


12. Beasiswa Olimpiade
Beasiswa  Olimpiade  adalah  program  beasiswa  yang  diberikan  kepada  peraih  medali  atau penghargaan  olimpiade  atau  kompetisi  bidang  sains,  teknologi,  penelitian  ilmiah,  dan keterampilan tingkat internasional dan bidang ekonomi tingkat nasional, untuk melanjutkan studi program magister atau doktoral di Perguruan Tinggi Tujuan dalam negeri atau luar negeri

Fasilitas yang diberikan
Untuk tatacara pendaftaran, jadwal, syarat dan dokumen yang di butukan silahkan Klik Disini
Sekian informasi mengenai Beasiswa Pemerintah Dalam Negeri yang Recommended Buat Kamu Apply. Semoga bermanfaat dan jangan lupa SHARE artikel ini ke sohib/rekan anda. Goodluck

Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

close