Postingan Populer

Fungsi, Jenis, dan Ciri-ciri Makalah yang Baik dan Benar

Fungsi, Jenis, dan Ciri-ciri Makalah yang Baik dan Benar

Brainesia.com Makalah adalah karya tulis yang pada umumnya digunakan untuk laporan hasil kinerja yang bersifat ilmiah. makalah biasanya disusun dari beberapa bagian yang sudah kami jelaskan di postingan sebelumnya. Maka kali ini kita akan membahas lanjutan post tentang makalah, yakni fokus ke fungsi dan jenis-jenis makalah. Oke langsung saja ke pembahasan inti

Jenis-jenis Makalah
Ada berbagai jenis makalah yang umumnya di pakai dalam membuat laporan sebelum di presentasikan, maka dari itu jangan sampai salah memilih jenis makalah yang ingin di presentasikan, sebaiknya pilahlah makalah ini sesuai topik yang ingin kamu bahas
  • Makalah Ilmiah
    Makalah ilmiah merupakan sebuah makalah yang membahas suatu permasalahan dari hasil studi ilmiah. Isi dari makalah jenis ini tidak boleh semata-mata berdasarkan pendapat atau opini yang bersifat subjektif.
  • Makalah Kerja
    Makalah jenis ini diperoleh dari hasil sebuah penelitian. Berbeda dengan makalah ilmiah, makalah kerja memungkinkan si penulis untuk memberikan opini yang bersifat subjektif dari permasalahan yang dibahas.
  • Makalah Kajian
    Makalah kajian merupakan sebuah makalah yang isinya merupakan cara-cara pemecahan suatu masalah yang sifatnya kontroversial.
  • Makalah Posisi
    Makalah posisi adalah makalah yang penyusunannya dilakukan atas permintaan suatu pihak, di mana fungsi dari makalah jenis ini adalah sebagai alternatif pemecahan suatu permasalahan yang ada. 
  • Makalah Analisis
    Sesuai namanya, makalah jenis ini berisi berbagai analisis suatu permasalahan yang sifatnya objektif dan empiris.
  • Makalah Tanggapan
    Makalah jenis ini merupakan yang paling sering di dapatkan oleh siswa/mahasiswa sebagai tugas dari guru/dosen. Isi dari makalah ini merupakan tanggapan/reaksi penulis terhadap suatu permasalahan yang sedang terjadi.

Ciri-Ciri Makalah
Berikut ini terdapat beberapa ciri-ciri dari makalah, yakni sebagai berikut:
  • Akurat dan Menyeluruh. Maksudnya disini adalah, makalah yang dibuat haruslah menyajikan fakta-fakta dan gagasan yang akurat, lengkap dan tuntas.
  • Memiliki Sumber yang Dapat Dipercaya. Maksudnya disini adalah ciri yang paling penting dari setiap makalah, dimana makalah yang bagus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik sejenis.
  • Seimbang. Makalah yang dibuat harus memiliki sudut pandang yang dibicarakan secara obyektif dan seimbang dengan memperhatikan kekuatan dan kelemahan masing-masing.
  • Makalah Memiliki Sumber yang Terpercaya
    Ciri atau karakteristik yang terakhir adalah makalah yang ada harus memiliki sumber yang terpercaya, ciri yang satu ini merupakan ciri atau karakteristik yang sangat penting dari setiap makalah yang dibuat. Dimana makalah tersebut harus mengakui sumbangan penulis lain yang karyanya tentang topik sejenis dengan topik yang ada di makalah tersebut.

Fungsi Makalah
Seperti karya tulis atau teks lain, makalah yang dibuat oleh si penulis tentunya memiliki tujuan tersendiri. Banyak sekali manfaat dari makalah yang bisa kita dapatkan, berikut ini adalah beberapa manfaat makalah yang paling sederhana, di antanya adalah:
  1. Makalah dibuat untuk melatih si penulis supaya mampu menyusun karya ilmiah secara benar, baik, tepat, dan cermat. Sehingga para pembaca lebih mudah dalam memahami makalah yang dibuat si penulis.
  2. Memperluas wawasan atau ilmu pengetahuan bagi si penulis, para pembaca juga bisa menambah wawasan dari makalah yang sudah dibuat oleh si penulis.
  3. Makalah memberikan manfaat bagi perkembangan bidang keilmuan maupun dalam pemecahan masalah
  4. Memberikan pemikiran yang baik, baik itu berupa konsep praktis maupun teoris.

Source:
bocahkampus.com
mastekno.com
pakdosen.co.id
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Download Soal

close