--> Info Lengkap Beasiswa B-PPA (Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan BBP-PPA (Beasiswa Bantuan Pendidikan-PPA) - Brainesia
Info Lengkap Beasiswa B-PPA (Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan BBP-PPA (Beasiswa Bantuan Pendidikan-PPA)
close

Info Lengkap Beasiswa B-PPA (Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan BBP-PPA (Beasiswa Bantuan Pendidikan-PPA)

Brainesia.com Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik di bidang akademik dan atau non akademik. Agar program bantuan biaya pendidikan dan beasiswa dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu. Beasiswa B-PPA (Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan BBP-PPA (Beasiswa Bantuan Pendidikan-PPA) diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan dari beasiswa B-PPA/BBP-PPA ini antara lain,  meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi rakyat Indonesia,  mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah, karena tidak mampu membiayai pendidikan, dan meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler,  maupun ekstrakurikuler.

Sedangkan sasarannya adalah Mahasiswa berprestasi (baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler) dan Mahasiswa dengan prestasi minimal yang orang tua/wali-nya tidak mampu.


Fasilitas yang diberikan
1. B-PPA/PPA
  • Penerima beasiswa PPA akan mendapatkan Rp 400.000/  bulan dan akan dibayarkan langsung untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp. 2.400.000, dan langsung diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan. 
  • Kuota beasiswa tidak sama tiap semester, tergantung pemberian dari Kemenristekdikti yang akan disampaikan melalui surat tertulis kepada perguruan tinggi penerima. 
2. BBP-PPA/BBM
  • Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa BBP-PPA, akan mendapatkan dana sebesar Rp. 400.000/bulan, dan akan dibayarkan oleh Kemenristekdikti untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp. 2.400.000,-. Biaya yang diberikan akan diterima langsung oleh penerima beasiswa.
  • Jumlah mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa untuk tiap semesternya tidak akan sama, hal ini dikarenakan kuota yang diberikan oleh Kemenristekdikti tidak sama jumlahnya setiap semester.

Syarat yang harus di penuhi
B-PPA/PPA
 1. Formulir Pendaftaran calon penerima Beasiswa PPA
 2.
Surat Permohonan tertulis Bantuan Biaya Pendidikan PPA ditujukan kepada Rektor Universitas Al Azhar Indonesia
 3. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai tanda bukti mahasiswa aktif
 4. Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional maupun Internasional (jika ada).
 5. Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD/ Beasiswa lainnya (bermaterai).
 6. Surat rekomendasi dari Dekan/Kaprodi.
 7. Fotokopi Kartu Keluarga.
 8. Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) paling rendah 3,00 yang disahkan oleh Dekan/Kaprodi
 9. Surat pernyataan bersedia ikut kegiatan kemahasiswaan terutama Program Kreativitas Mahasiswa, Seminar, Kepanitiaan Kegiatan Kemahasiswaan, dst. (bermaterai)

 BBP-PPA/BBM
1.
Formulir Pendaftaran calon penerima Bantuan Biaya Pendidikan
2.
Surat Permohonan tertulis Bantuan Biaya Pendidikan PPA ditujukan kepada Rektor Universitas Al Azhar Indonesia
3.
Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) dan Kartu Rencana Studi (KRS) atau yang sejenis sebagai tanda bukti mahasiswa aktif
4.
Fotokopi piagam atau bukti prestasi lainnya (ko-kurikuler dan atau ekstra kurikuler) yang diselenggarakan oleh Kemendikbud dan atau organisasi lain baik pada tingkat Nasional, Regional maupun Internasional (jika ada).
5.
Surat pernyataan tidak sedang menerima beasiswa/bantuan biaya pendidikan lain dari sumber APBN/APBD/ Beasiswa lainnya (bermaterai).
6.
Surat rekomendasi dari Dekan/Kaprodi.
7.
Fotokopi Kartu Keluarga.
8.
Fotokopi transkrip nilai dengan Indeks Prestasi Komulatif (IPK) paling rendah 2,75  yang disahkan oleh Dekan/Kaprodi
9.
Surat keterangan penghasilan orang tua dari instansi tempat kerja (disertai slip gaji) atau surat pernyataan penghasilan orang tua bermaterai yang berwirausaha
10.
Surat Keterangan tidak mampu dari Kelurahan
11.
Surat pernyataan bersedia ikut kegiatan kemahasiswaan terutama Program Kreativitas Mahasiswa, Seminar, Kepanitiaan Kegiatan Kemahasiswaan, dst. (bermaterai)

Note:
Semua persyaratan tergantung Universitas masing-masing. Persyaratan di atas hanya menuliskan yang biasanya di ajukan
 
Jadwal pendaftaran
Jadwal pendaftaran tergantung pada fakultas dan kampus masing-masing. Segera cek di dekanat/rektorat untuk info jadwal pendaftaran


















Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal