Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Pascasarjana untuk Tenaga Kependidikan Berprestasi (Beasiswa PasTi)

Informasi Lengkap Pendaftaran Beasiswa Pascasarjana untuk Tenaga Kependidikan Berprestasi (Beasiswa PasTi)

Brainesia.com Mulai tahun 2017 diselenggarakan program beasiswa khusus untuk Tenaga Kependidikan jenjang Magister (S2) dalam negeri dengan nama program Beasiswa Pascasarjana untuk Tenaga Kependidikan Berprestasi (Beasiswa PasTi). Pada tahun tersebut disalurkan beasiswa untuk Tenaga Kependidikan sebanyak 73 orang dan pada tahun 2018 disalurkan kepada 74 orang penerima beasiswa. Pada tahun 2019 ini ditargetkan sebanyak 75 orang Tenaga Kependidikan menerima Beasiswa PasTi Angkatan Tahun 2019 dan untuk tahun sekarang silahkan cek di kontak informasi dibawah
Fasilitas yang diberikan
semua komponen tersebut tidak dikenakan pajak


Syarat yang harus dipenuhi
  • Hanya mendaftar ke satu perguruan tinggi penyelenggara (Lampiran 2). 
  • Menyertakan Surat Rekomendasi Melanjutkan Studi (Lampiran 3) dengan pilihan program studi yang sesuai dengan bidang kerjanya. Surat ini ditandatangani oleh atasan langsung (minimal Eselon 3).  
  • Menyertakan Surat Penugasan (Lampiran 4) yang ditandatangani oleh Pejabat Bagian Kepegawaian dan Pimpinan Instansi. Ketentuan pejabat penanda tangan Surat Penugasan tercantum pada Tabel 2.2. 
  • Berijazah S1 atau D4, dibuktikan dengan melampirkan salinan ijazah yang dilegalisir. Bagi pelamar yang memiliki ijazah S1 atau D4 namun ijazahnya belum disesuaikan di bagian kepegawaian maka harus mengikuti penyesuaian ijazah terlebih dulu. 
  • Menyertakan salinan SK Kenaikan Pangkat atau SK Pegawai terakhir. 
  • Batas usia maksimal pada saat mendaftar 42 tahun. 
  • Minimal IPK 2,75 pada jenjang pendidikan sebelumnya, dibuktikan dengan melampirkan salinan transkrip nilai yang sudah dilegalisir. 
  • Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris (minimal TOEFL 400 atau minimal IELTS 4), atau sesuai dengan ketentuan Perguruan Tinggi tujuan.
  • Dalam kondisi sehat dibuktikan dengan melampirkan Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah. 
  • Mendaftar ke perguruan tinggi tujuan pada Tahun Akademik 2019, serta wajib mendaftar secara on line ke laman aplikasi pendaftaran http://beasiswa.ristekdikti.go.id/pasti/.  
  • Pegawai yang sudah bergelar S2 tidak diperkenankan mendaftar program beasiswa ini. 
  • Tidak diperkenankan menerima beasiswa ganda.  


Ketentuan Penerima Beasiswa atau “Pegawai Pelajar”
  1. Beasiswa PasTi bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi Tenaga Kependidikan dan bukan dimaksudkan untuk memfasilitasi alih status menjadi dosen. 
  2. Calon penerima beasiswa yang sudah ditetapkan, tapi kemudian mengundurkan diri dengan alasan yang tidak dibenarkan maka instansi yang bersangkutan akan dikenakan sanksi tidak dapat mengikuti Program Beasiswa PasTi selama 2 (dua) tahun berikutnya. Jika terdapat biaya yang sudah dibayarkan maka yang bersangkutan harus mengembalikan sebesar 2 (dua) kali biaya tersebut. 
  3. Selama waktu diberikan beasiswa, status Penerima Beasiswa adalah Tugas Belajar. Penerima Beasiswa harus mengurus SK Tugas Belajar sesuai ketentuan yang berlaku.
  4. Pegawai Pelajar sebagai penerima beasiswa harus menandatangani Surat Perjanjian antara Penerima Beasiswa dengan Pemberi Beasiswa dalam hal ini Direktur Kualifikasi SDM (Lampiran 5). 5. Selama masa Tugas Belajar, Pegawai Pelajar tidak diperkenankan mengambil cuti semester. 
  5. Jangka waktu pemberian beasiswa maksimum 4 (empat) semester. Jika setelah 4 (empat) semester belum selesai studi, penerima beasiswa harus menanggung biaya secara mandiri.  
  6. Setelah dinyatakan lulus studi, Pegawai Pelajar tidak diperkenankan beralih status menjadi Dosen dan wajib mengabdi ke instansi tempat semula bekerja selama 2n tahun (n adalah lama waktu Tugas Belajar dalam satuan tahun). 
  7. Pegawai Pelajar wajib mengikuti seluruh ketentuan akademik yang berlaku di Perguruan Tinggi (PT) Penyelenggara. 
  8. Pegawai Pelajar yang melanggar ketentuan-ketentuan tersebut dikenakan sanksi berupa pengembalian dana beasiswa sebesar 2 (dua) kali jumlah yang telah diterima

Jadwal Pendaftaran
Biasanya pendaftaran dilakukan pada jadwal berikut (jadwal bisa berubah)
  1. Sosialisasi Beasiswa PasTi Maret - April  
  2. Mendaftar ke aplikasi beasiswa secara on line melalui laman http://beasiswa.ristekdikti.go.id/pasti/ 18 Maret – 15 Juli 
  3. Mendaftar ke PT Penyelenggara yang dituju dengan memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan. Sesuai jadwal PT Tujuan  
  4. Mengikuti proses seleksi akademik atau tes masuk PT Penyelenggara yang dituju. Sesuai jadwal PT Tujuan   
  5. PT Penyelenggara menetapkan Status Pelamar Beasiswa secara on line melalui laman http://beasiswa.ristekdikti.go.id/pasti/ 2 Agustus
  6. Direktorat Kualifikasi SDM melakukan verifikasi terhadap usulan Pelamar Beasiswa dari PT Penyelenggara.  5 Agustus
  7. Direktorat Kualifikasi SDM menetapkan dan menyampaikan hasil penetapan Penerima Beasiswa kepada PT Penyelenggara. Minggu pertama Agustus 
  8. PT Penyelenggara menyampaikan hasil penetapan tersebut kepada Pelamar Beasiswa dan pimpinan PT/lembaga. Minggu kedua Agustus 
  9. Penandatanganan Perjanjian Beasiswa antara Penerima Beasiswa dengan Direktur Kualifikasi SDM.  Minggu Ketiga Agustus  
  10. Penandatanganan Kontrak Penyaluran Beasiswa antara Direktur Kualifikasi SDM dengan PT Penyelenggara.  Minggu Keempat Agustus   
  11. Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Beasiswa  Oktober/November 

Kontak informasi
http://beasiswa.ristekdikti.go.id/pasti/.
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment