Kamu Harus Pertimbangkan Hal ini Sebelum Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Kamu Harus Pertimbangkan Hal ini Sebelum Kuliah di Jurusan Teknik Informatika

Brainesia.com Sebelum perkuliahan di mulai atau saat mendaftar kuliah di jurusan Teknik Informatika banyak yang harus kamu pertimbangkan. Sebab kuliah dengan SMA itu sangat berbeda. Jika kamu tertinggal dari yang lain maka tidak akan ada yang bisa menolongmu. Intinya kamu harus mandiri. Apalagi kuliah di teknik informatika, semua tergantung oleh kerajinan dan skillmu


Pilih Universitas Negeri atau Universitas Swasta untuk Jurusan Komputer? 
Secara umum tidak ada perbedaan mendasar antara Universitas Negeri maupun Swasta. Hanya saja di Universitas Negeri atau PTN (Perguruan Tinggi Negeri), uang kuliahnya relatif lebih murah jika dibandingkan dengan Universitas Swasta. Alasannya, beberapa universitas masih disubsidi pemerintah, dimana mahasiswa hanya bayar sebagian saja. Itupula yang menjadi alasan kenapa di PTN mahasiswanya harus lulus dalam 5 tahun, kalau tidak terpaksa di DO (mesti gantian dengan calon mahasiswa lain). Tapi peraturan ini sudah diubah menjadi maksimal 7 tahun.

Selain itu, banyak faktor yang juga menjadi pertimbangan dalam memilih kampus:
    Kemampuan diri (untuk lolos seleksi)
    Biaya kuliah dan biaya hidup
    Jarak dengan rumah (orang tua)
    Akreditasi jurusan

Saat ini terdapat berbagai cara untuk masuk ke Universitas, tapi yang jelas akan ada seleksi, bisa jadi ujian tertulis (seperti SBMPTN) atau jalur undangan (SNMPTN). Tentunya kita harus bisa mengukur kemampuan diri apakah mampu lolos seleksi ke ITB atau UI misalnya. Biaya juga menjadi faktor penting. Ini bisa di bicarakan dengan orang tua, apakah sanggup masuk ke Universitas favorit yang biasanya perlu biaya kuliah cukup tinggi (terutama swasta) atau “mengalah” untuk masuk ke Universitas biasa yang biayanya lebih terjangkau.

Beberapa orang tua juga melarang anaknya untuk kuliah jauh-jauh (terutama untuk perempuan). Ini juga harus dibicarakan sebelum memutuskan memilih universitas. Terutama yang lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal saat ini. Biaya hidup di kota besar seperti Jakarta jauh lebih besar jika dibandingkan di kota kecil. Akreditasi jurusan juga bisa menjadi pertimbangan. Usahakan untuk memilih kampus yang memiliki akreditasi A atau minimal B. Akreditasi ini mencerminkan kualitas dari sebuah jurusan. Untuk memilih kampus jurusan IT atau Ilmu Komputer terbaik, saya bahas disini: Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer.

Haruskah Paham Programming Sebelum Kuliah?
Tidak perlu. Karena di perkuliahan nanti juga akan dipelajari dari awal. Sama seperti calon mahasiswa kedokteran yang juga belum paham banyak menyangkut kesehatan. Atau calon mahasiswa hukum yang tidak tau apa beda hukum pidana dengan perdata.

Mengenai pertanyaan ini juga sudah saya buat artikel tersendiri: Saya Belum Paham Programming, Apakah Bisa Masuk Jurusan Ilmu Komputer / IT? Semua basic programming akan dipelajari di semester awal perkuliahan nanti. Tapi memang jika anda punya modal programming sebelumnya, itu akan sangat membantu. Di semester awal akan belajar algoritma (dasar programming) yang biasanya menggunakan bahasa pemrograman Pascal atau C. Namun sekali lagi, skill programming ini bukan syarat untuk masuk ke jurusan IT. Silahkan fokus ke seleksi ujian masuk terlebih dahulu, setelah pasti diterima baru kebut belajar programming.

Apakah harus jago matematika agar bisa kuliah di TI/SI/Ilkom?
Saya yakin sebagian besar dari kita tidak suka hitung-hitungan, termasuk saya. Pelajaran matematika mengharuskan proses berfikir untuk memecahkan suatu masalah. Materi hapalan terasa lebih mudah karena kita tidak harus “berfikir”, tapi hanya perlu mengingat apa yang telah diajarkan sebelumnya. Untuk bisa masuk jurusan komputer, anda tidak perlu harus jago matematika. Cukup sekedar tidak anti matematika. Di SMA / SMK kita juga “dipaksa” belajar matematika, dan hasilnya juga tetap lulus (bahkan dengan nilai yang lumayan). Suka atau tidak suka, di jurusan komputer akan ketemu matematika. Selama keinginan untuk lolos lebih kuat dan punya kemauan untuk belajar, semua bisa dilewati. Jadi, tidak perlu khawatir harus jago matematika untuk bisa masuk jurusan TI/Ilkom/SI.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Informatika Yang Sering di Berikan Oleh Kampus
Ketika memutuskan berkecimpung di dalam jurusan Teknik Informatika, kamu sudah harus siap untuk mendapatkan kelas-kelas yang akan sangat menuntut kecerdasan logikamu. Dasar matematika dan analisis yang dimiliki pun haruslah kuat untuk meminimalisasi seringnya terjadi kesalahan dalam membuat program tertentu.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa materi dasar pada jurusan Teknik Informatika.
• Algoritma dan Struktur Data
• Logika Informatika
• Strategi Algoritma
• Sistem Operasi
• Probabilitas dan Statistika
• Pemrograman Berorientasi Objek
• Rekayasa Perangkat Lunak
• Artificial Intelligence
• Dasar-Dasar Pemrograman
• Kalkulus
• Pemrograman Internet
• Teori Komputasi
• SIstem Komputer
• Sistem Jaringan
• Data Mining
• Metode Pengembangan Software
• Database dan Sistem Informasi
• Kriptografi
• Basis Data
• Etika dan Hukum Cyber

Perlu dicatat, beberapa mata kuliah yang disebutkan adalah mata kuliah dasar yang ada di jurusan Teknik Informatika. Tentu, beberapa mata kuliah dasar seperti agama, fisika dasar, bahasa, dan kewarganegaraan juga tetap dipelajari (biasanya menjadi bagian dari mata kuliah umum yang juga wajib diikuti). Standarnya, kamu bisa menyelesaikan kewajiban studi strata 1 Teknik Informatika dalam kurun waktu empat tahun (delapan semester). Namun, beberapa pihak jurusan, fakultas, dan perguruan tinggi memungkinkan mahasiswanya untuk lulus lebih awal sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan.

Biasanya, mahasiswa yang memiliki nilai IPK di atas 3,00 berhak mengambil mata kuliah atas selagi batas kredit mata kuliah yang diberikan masih mencukupi. Di samping itu, keberadaan Semester Pendek (SP) atau Semester Antara (SA) juga bisa membantumu untuk lulus dengan lebih cepat

Source: 
teknik.unpas.ac.id
duniailkom.com

Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment