Review Jusan/Program Studi Teknik Informatika S1 Lengkap

Review Jusan/Program Studi Teknik Informatika S1 Lengkap

Brainesia.com Hello sobat, buat kamu yang ingin mengambil jurusan kuliah teknik Infomatika, mungkin masih bertanya-tanya tentang bagaimana prospek kerja kedepannya, atau malah pertanyaan mendasar seperti apa yang di pelajari di jurusan Teknik Informatika ini.

Berangkat dari masalah ini kami mencoba untuk mengulaskan semua hal tentang jurusan ini yang kami sadur dari berbagai sumber terpercaya. Hal ini akan memudahkanmu dalam mempertimbangkan program studiyang akan kamu pilih nanti akan tetapi mata kuliah yang diajarkan di setiap universitas dan perguruan tinggi pastinya tidak akan sama persis, mungkin akan berbeda sedikit, tergantung kebijakan masing-masing universitas tersebut


Mengapa Memilih Program Studi Teknik Informatika?
Peminat jurusan Teknik Informatika setiap tahunnya selalu meningkat. Bahkan, fakultas kedokteran yang cukup lama bertengger sebagai jurusan terfavorit pun mulai tergeser. Di salah satu perguruan tinggi terbaik di Bandung contohnya, perbandingan jumlah calon mahasiswa yang mendaftar dan diterima untuk jurusan ini adalah 100:1. Artinya, dari 100 pendaftar, hanya 1 orang yang akan diterima. Persaingan yang sangat ketat, bukan?. Namun, hal ini sangat dapat dimaklumi. Tidak percaya? Ini beberapa alasan mengapa jurusan Teknik Informatika kian laris manis diburu.

1. Kebutuhan Industri Terus Meningkat
Ini yang paling utama. Di zaman serba digital ini, apa yang tidak mengandalkan aplikasi dan internet? Kamu pun tentu sudah sedemikian dekat dan mungkin tergantung dengan gawai, baik ponsel, komputer tablet, maupun laptop. Di masing-masing gawai itu pun, tentu ada aplikasi yang selalu menjadi kebutuhanmu untuk melakukan aktivitas, Ke depannya, kebutuhan akan hal ini pun terus meningkat. Dalam bisnis profesional mulai skala menengah pun, bidang IT dibutuhkan dan sangat krusial kehadirannya. Bahkan untuk perusahaan yang berskala besar, tim IT menjadi salah satu tulang punggung utama yang menyokong keberhasilan bisnis tersebut mengingat sekarang seluruh data telah bertransformasi ke dalam bentuk digital.

2. Peluang Bekerja Independen Sangat Tinggi
Masih seputar kesempatan karir di masa mendatang, lulusan Teknik Informatika mempunyai keunggulan yang sangat besar. Dalam konteks pekerjaan yang sesuai dengan bidang studi, tidak semua lulusan perguruan tinggi memiliki peluang untuk bekerja secara independen alias tidak terikat dengan perusahaan tertentu. Paling tidak, kamu bisa menjadi seorang konsultan IT. Dimulai dari usaha kecil-kecilan berbadan usaha CV, kamu dan rekan terpercaya dapat menjadi konsultan perusahaan hingga pemerintahan, lho. Selain itu, kamu juga bisa mendirikan software house sampai startup sekalipun. Bahkan, kamu juga bisa menjadi salah satu jenis pekerja yang tengah marak saat ini terutama di luar negeri, yakni menjadi seorang digital nomad.

3. Ketertarikan terhadap Dunia Informatika
Kalau kamu generasi milenial yang sejak kecil sudah cukup dicekoki dengan gawai, bukan hal yang mengherankan jika kemudian kamu memiliki ketertarikan terhadap dunia informatika. Kamu pun jadi suka mengotak-atik program dengan belajar secara otodidak, baik melalui buku, artikel, video, dan lain-lain. Bahkan tidak jarang pula, peminat Teknik Informatika didasari oleh ketertarikan terhadap dunia game yang disajikan dalam bentuk aplikasi. Rasa ketertarikan untuk bermain tersebut kemudian merangsangmu untuk berpikir bagaimana menciptakan permainan, tidak lagi sebagai user.


Gaji Lulusan Jurusan/Program Studi Teknik Informatika S1
Bicara soal gaji lulusan Teknik Informatika, rentangnya sangat bervariasi. Menurut survei di tahun 2018, rerata besarnya gaji programmer yang baru lulus kuliah alias fresh graduate di Inggris mencapai sekitar 610 juta rupiah per tahun dan 919 juta rupiah per tahun di Amerika Serikat. Dibandingkan Indonesia, tentu angkanya jauh berbeda. Untuk level junior dan belum berpengalaman (fresh graduate), seorang lulusan Teknik Informatika yang bekerja pada bidangnya secara umum memperoleh gaji sekitar 4 sampai 7 juta rupiah. Namun, perusahaan startup yang cukup bonafide dan perusahaan asing biasanya memberikan gaji yang lebih menggiurkan. Untuk entry level, kamu sebagai lulusan Teknik Informatika bisa mendapat upah sekitar 10 juta rupiah atau bahkan lebih setiap bulannya. Hanya saja, seleksi yang dilakukan oleh perusahaan semacam ini cenderung lebih ketat dan betul-betul memperhatikan skill daripada nilai dan prestasi yang sekadar ada di atas lembar resume atau CV.


Karakteristik mahasiswa yang cocok untuk Jurusan/Program Studi Teknik Informatika
Memilih jurusan kuliah merupakan hak setiap orang. Namun sesungguhnya, kuliah bukan hanya perkara kemampuan akademik seseorang. Masing-masing bidang studi mempunyai karakter tertentu yang sebaiknya disesuaikan dengan karakter masing-masing person. Penyesuaian ini pun akan memberikan pengaruh kepada mahasiswa untuk beradaptasi sehingga mampu mengembangkan kemampuannya dengan optimal selama masa studi.

Lantas, apa saja karakter yang sesuai untuk bidang studi Teknik Informatika?
• Mempunyai pemahaman logika yang kuat.
• Teliti dan berhati-hati.
• Tekun dan mampu bekerja terus menerus dalam jangka waktu cukup panjang.
• Memiliki orientasi pada detail yang tinggi.
• Terbiasa berpikir secara sistematis dan terstruktur.
• Menyukai hitungan.
• Gemar melakukan analisis.
• Mempunyai daya fokus yang sangat tinggi.
• Mampu bekerja di bawah tekanan.
• Mampu melakukan pekerjaan sendiri.
• Senang melakukan riset.
• Menyukai tantangan.


Tapi bagaimana dengan mata kuliah dan prospek kerja, serta apa aja yang harus di pelajari di Jurusan/Program Teknik Informatika?. 
Banyak sekali pertanyaan seperti ini yang bermunculan, maka dari itu akan kami jawab dan ulaskan semua secara rinci dan detail agar kamu bisa membayangkan kuliah di Jurusan/Program Studi Ilmu Komputer dan Teknik Informatika seperti apa dan bagaimana. Oke, silahkan pilih saja artikel di bawah tentang Jurusan/Program Studi Ilmu Komputer dan Teknik Informatika yang ingin kamu baca
  1. Prospek Kerja Program Studi Teknik Informatika? Klik Disini
  2. Mata Kuliah Tiap Semester Program Studi Teknik Informatika? Klik Disini
  3. Apa yang di perlukan untuk Program Studi Teknik Informatika? Klik Disini
  4. Universitas Terbaik untuk Jurusan Teknik Informatika dan Ilmu Komputer. Klik Disini
  5. Pertimbangkan Hal ini Sebelum Kuliah di Jurusan Komputer. Klik Disini
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment