Review Universitas Terbaik untuk Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Review Universitas Terbaik untuk Kuliah Jurusan Teknik Informatika

Brainesia.com Kuliah di jurusan Teknik Informatika memang menjadi pilihan favorit bagi kalangan anak muda saat ini. tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa prospek kerja yang di sajikan jurusan ini sangat sesuai dengan perkembangan jaman yang serba canggih saat ini. Tidak menutup kemungkinan peminat dari tahun ke tahun jurusan Teknik Informatika akan terus meningkat. 

Akan tetapi kamu harus benar-benar memperhatikan kampus tempat jurusanmu kuliah juga, sebab tidak hanya teknologi yang berkembang pada saat ini, akan tetapi kualitas, akreditasi dan fasilitas yang di berikan oleh kampus untuk menunjang proses belajar mengajar sangat mempengaruhi perkembanganmu. Maka dari itu kami sajikan kampus terbaik untuk Kuliah Jurusan Teknik Informatika pada saat ini


Akreditasi BAN-PT:
  • Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian. Setiap universitas tentu memiliki visi dan misi masing-masing. Disini dilihat apakah universitas tersebut memang sungguh-sungguh ingin menjadi yang terbaik, dan bagaimana cara mencapainya.
  • Tata pamong, kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu. Hal ini lebih kepada sistem administasi dari jurusan tersebut, apakah sudah rapi, disiplin, dsb.
  • Mahasiswa dan lulusan. Berapa banyak jumlah mahasiswa dan berapa banyak dari lulusan yang telah bekerja atau buka usaha sendiri misalnya startup digital. Semakin banyak yang diterima bekerja tentu semakin bagus. Perusahaan tempat lulusan tersebut juga menjadi poin tembahan, misalnya diterima di perusahaan asing, swasta nasional, atau BUMN. Apakah diterima sebagai karyawan biasa atau karyaman pimpinan (seperti Management Trainee).
  • Sumber daya manusia. Termasuk disini berapa jumlah dosen serta pendidikan dosen, misalnya berapa banyak dosen dengan gelar S-2 (magister), S-3 (doktor), atau professor. Semakin banyak tentu semakin bagus.
  • Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi. Ini berkaitan dengan fasilitas yang tersedia, misalnya ruangan kelas yang memadai, labor komputer yang cukup, dll.
  • Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik. Termasuk disini pemilihan mata kuliah, maupun kegiatan ekstra mahasiswa, prestasi dari jurusan tersebut, apakah pernah memang lomba programming, kompetisi coding, robotika, baik tingkat lokal maupun mancanegara.
  • Penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerja sama. Berkaitan dengan “aktifnya” jurusan tersebut mengadakan seminar, penelitian, seberapa banyak pihak kampus mengadakan sosialisi ke masyarakat sekitar, atau bekerjasama dengan perusahaan.
Dari faktor-faktor yang diuji, cukup beralasan menjadikan akreditasi BAN-PT sebagai patokan bagus tidaknya sebuah jurusan. Nilai akreditasi ini juga bisa anda cek sendiri ke situs resmi BAN-PT

Total terdapat 417 Perguruan tinggi yang menggelar jurusan S-1 Teknik Informatika. Dengan menyaratkan nilai akreditasi A, berikut daftar Universitas terbaik untuk jurusan Teknik Informatika di Indonesia (diurutkan berdasarkan abjad):
  • Institut Teknologi Bandung, Bandung
  • Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya
  • Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Yogyakarta
  • Universitas Bina Nusantara, Jakarta
  • Universitas Dian Nuswantoro, Semarang
  • Universitas Esa Unggul Jakarta, Jakarta Barat
  • Universitas Gunadarma, Depok
  • Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta
  • Universitas Kristen Petra, Surabaya
  • Universitas Kristen Satya Wacana, Salatiga
  • Universitas Presiden, Bekasi
  • Universitas Surabaya, Surabaya
  • Universitas Telkom, Bandung

Pentingnya Akreditasi
Saya pribadi berpendapat bahwa nilai akreditas ini cukup penting. Jika anda melamar kerja nanti, ada beberapa perusahaan yang berpatokan ke nilai akreditasi. Ada kemungkinan kita sudah tersisih di seleksi administrasi karena akreditrasi jurusan tidak sesuai dengan syarat perusahaan. Ini juga yang menjadi pertimbangan jika si A memiliki IP 3,9 dari universitas X, tapi yang diterima kerja adalah si B yang memiliki IP 3,2 dari universitas Z. Ini terjadi karena mungkin saja akreditasi jurusan universitas Z lebih tinggi daripada universitas X, walupun IP si A lebih tinggi dari B (terlepas dari hasil nilai lain seperti wawancara, skill, dsb). Namun seperti yang dibahas sebelumnya, nilai akreditasi merupakan kumpulan dari berbagai aspek. Bisa jadi ada kampus yang sebenarnya layak mendapat “A” tapi karena masih jurusan baru (belum memiliki alumni), dinilai sebagai B.

Lalu bagaimana dengan Univ yang lain?
Seperti judul artikel, disini kita membahas tentang “kampus terbaik”. Di luar daftar ini tentu masih banyak universitas lain yang “baik”. Misalnya terdapat 404 kampus lagi yang menyelenggarakan jurusan teknik informatika dengan akreditasi B atau C. Tidak salah juga untuk memilih universitas atau perguruan tinggi tersebut. Bagus tidaknya sebuah kampus baru setengah dari langkah anda untuk menuju kesuksesan. Faktor yang paling penting adalah seberapa tinggi kemauan anda untuk belajar. Katakanlah nanti bisa masuk ITB, tapi belajar malas-malasan. Tentu hasilnya tidak akan maksimal.
Disisi lain jika belajar dengan sungguh-sungguh dan mencari ilmu dari berbagai sumber lain (seperti situs duniailkom ini, hehe… ) anda bisa lebih hebat dari lulusan universitas favorit.

Jadi, mari berjuang untuk menjadi yang terbaik. Jika saat ini anda sudah kuliah, lanjutkan studi dengan serius, raih IP yang tinggi, tapi jangan lupakan praktek. Kelemahan dari mayoritas sarjana IT adalah kuat di teori tapi tidak bisa praktek. Jika saat ini anda masih SMA/SMK, belajarlah dengan sungguh-sungguh agar bisa masuk di kampus terbaik untuk jurusan ilmu komputer dan teknik informatika di Indonesia. Semoga bisa bermanfaat

Source: www.duniailkom.com
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment