-->
Kuliah di Turki Dengan Berbagai Beasiswa dan Wisatanya
close

Kuliah di Turki Dengan Berbagai Beasiswa dan Wisatanya

Brainesia.com Hello gengs, buat kamu yang ingin kuliah ke turki kali ini abang akan bahaskan selengkap dan sedetail mungkin agar kamu benar-benar faham tentang kuliah di turki, sehingga tidak ngawang (ragu) lagi, karena kuliah keluar negeri tidak seindah di instagram. Mulai dari:
1. Kenapa harus kuliah di Turki
2. Susah seneng dan untung ruginya kuliah di Turki
3. Rekomendasi universitas di Turki
4. Beasiswa untuk kuliah di Turki
5. Biaya hidup di Turki
Okelah, tanpa panjang lebar memaparkan langsung saja cek poin-poin nya.

Images: Turkish Airlines

1. Kenapa harus kuliah di turki
Btw, turki itu bukan negara arab walau kebanyakan masyarakatnya beragama Islam, negara Turki di antara benua Eropa dan Asia yang memiliki peradaban Islam di masa silam ini memang telah menjelma kembali menjadi sebuah negara yang memiliki perekonomian kuat, berpengaruh, dan maju dalam berbagai sektor, termasuk sektor Pendidikan. Negara dengan tahun akademik September-Juni ini menerapkan bahasa Turki dalam sebagian besar universitasnya (Bahasa Inggris digunakan juga di beberapa universitas). Tapi meski dari segi bahasa dan politik Turki bukan termasuk dalam EU, Turki mengimplementasi Bologna process sejak tahun 2001. Ini membuat sistem pendidikan di negara tersebut setara dengan negara-negara di Eropa.

Hal ini dibuktikan dari semua perguruan tingginya yang menggunakan credit system yang sama dengan Universitas di Amerika Utara. Sedangkan untuk segi sistem pendidikannya sendiri, Turki menggunakan two-tier system, kecuali untuk beberapa jurusan seperti Ilmu kedokteran gigi, Ilmu kedokteran hewan, farmasi, dan obat-obatan.  Adapun kelebihan dari penerapan Bologna process ini adalah dalam hal pengakuan gelar, jaminan kualitas, kualifikasi kerangka kerja, dan sistem akreditasi terbaru yang di universalkan dengan European Union. Para pelajar juga dapat mengikuti program pertukaran pelajar ke negara Eropa (Erasmus). Syaratnya yaitu harus lulus seleksi TOEFL dan nilai GPA. Bila lulus, pelajar di Turki  bisa ke Jerman, Prancis, Belanda, Polandia, dan negara eropa lainnya sesuai kerjasama masing-masing universitas. Sedangkan untuk pencapaian, berdasarkan statistik ISI Web Sains Indeks Thomson , Turki selalu berada di 20 besar  peringkat dunia untuk publikasi jurnal ilmiah. Turki juga menambah jumlah universitas mereka pada tahun 2010, dari 51 menjadi 171.

Misi pemerintah Turki untuk menjadi pusat regional untuk pendidikan tinggi telah membuat negara ini menambah daya tampung pelajar asing nya. Menurut UDEF sebuah Lembaga Pendidikan di Turki, pemerintah Turki berencana akan meningkatkan jumlah mahasiswa asing dari angka 100 ribu mahasiswa di tahun 2015, menjadi 350 ribu mahasiswa di tahun 2020. Saat ini mahasiswa dari 155 negara termasuk Indonesia sudah mengenyam pendidikan di Turki. Internasionalisasi universitas Turki adalah salah satu upaya insentif untuk menstandarisasi kualitas yang lebih tinggi. Perluasan kapasitas pendidikan tinggi di Turki juga telah menjadi bagian integral dari kemampuan Turki untuk menyambut lebih banyak siswa internasional.


2. Susah seneng dan untung ruginya kuliah di turki
Kuliah di manapun tidak terlepas dari susah dan senang, apalagi di Turki yang sangat banyak tempat destinasi dan berbeda kultur dengan kita. Hampir semua yang pernah berkunjung ke Turki pasti tahu bahwa Turki merupakan persilangan dua benua, yakni Asia dan Eropa. Inilah kenapa Turki merupakan negara multikultural. Ini juga yang menyebabkan adanya percampuran antara budaya timur dan barat.  Bagi  yang suka travelling, kuliah di Turki bakalan membuat Anda tidak bosan. Banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti misalnya 3 provinsi besar; İstanbul, Ankara, İzmir, Bursa. Atau mencoba ke khasan wisata di provinsi lain seperti melihat kuda troy di Canakkale, atau situs sejarah di Sanliurfa atau Mardin. Selain itu, berkunjung ke Eropa saat liburan juga bukan hal yang tidak mungkin. Misalnya jika kamu ingin ke Yunani atau Bulgaria, bisa lewat Edirne. Jarak yang dekat dan kemudahan transportasi bisa membuat biaya travelling mu jauh lebih murah.

Cara daftar kuliah di Turki gak susah. Karena banyak universitas Turki yang mengadakan seleksi masuk di Indonesia. Kamu tinggal ikut ujian masuk yang soalnya matematika dan IQ, kalau lulus, tinggal bikin visa studi dan berangkat. Kamu gak mau ikut ujian? Bisa aja, kamu daftar pakai nilai UN dan transkrip nilai. Jalur ini biasa dikenal dengan jalur berkas. Untuk masalah Visa, berbeda dengan kebanyakan negara Eropa lainnya. Untuk membuat Visa studi ke Turki benar-benar mudah. Misalnya tidak ada syarat harus melampirkan sertifikat bahasa. Tidak ada syarat deposit money. Kamu hanya perlu melampirkan rekening koran 3 bulan terakhir dan surat referensi bank saja. Ditambah dengan surat penerimaan dari universitas dan bukti booking tempat tinggal/asrama disana.

Dilain sisi di sini kami ketemu teman dari berbagai negara, diskusi berbagai hal. Turki itu indah, kaya akan berbagai sejarah juga, kalian bisa temukan di berbagai sudut Turki fasilitas yang modern, dan kualitas pendidikan yang baik. Di satu sisi, hal yang kurangnya dari Turki, khususnya kota Izmir, di sini sekulerisme masih terbuka jelas. Di mana dari hampir keseluruhan rakyatnya yang muslim, hanya 50% diantaranya yang menunaikan solat, bisa mengaji, dll. Selebihnya, mereka hanya islam KTP. Kota saya, Izmir, merupakan kota paling sekuler di Turki. Di sini jujur agak susah juga menemukan mesjid. Patut diketahui, di sekolahku ga ada mesjid satupun. Jadi sekedar untuk menunaikan solat, harus cari taman atau pojokan untuk ibadah (Ciptadi Akbar Ahdiat, 2018).

Bahasa
Turki merupakan salah satu negara yang memiliki kemampuan bahasa Inggris yang rendah. Artinya kalau kamu tinggal di Turki mau gak mau, suka gak suka kamu harus belajar dan bisa bahasa Turki. Walaupun kamu kuliah di Turki dengan bahasa pengantar bahasa Inggris, kamu tetap saja harus bisa bahasa Turki. Itulah sebabnya di tahun pertama kamu harus kursus bahasa Turki dulu di TÖMER atau lembaga kursus bahasa Turki baik di kampus atau di luar kampus. Tahun selanjutnya kamu baru bisa mulai kuliah.

Makanan
Salah satu yang biasa jadi masalah pelajar Indonesia yang tinggal disana adalah makanan. Karena masakan Turki dengan Indonesia benar-benar berbeda. Misalnya saja menu sarapan disana. Kamu gak akan Nemu nasi uduk, nasi goreng atau bubur ayam. Menu yang ada adalah roti, keju, zaitun, telur, cokelat, selai, madu, mentimun, tomat, sosis dan lain-lain. Belum lagi menu makanan yang lain seperti kebab, döner, dürüm, kokoreç, patlıcan, fasulye, biber dolması dan lain-lain. Sebenarnya enak, tapi kalau pertama kali coba mungkin kamu perlu terbiasa dengan rasanya.

Cuaca
Sebagaimana yang kita tahu, bahwa Turki adalah negara 4 musim. Bulan Desember sampai Februari adalah musim dingin atau musim salju. Bulan Maret sampai bulan Mei adalah musim semi. Bulan Juni sampai bulan Agustus musim panas. Bulan September sampai bulan November adalah musim gugur. Apalagi buat kamu nanti yang kebetulan tinggal di kota-kota yang dingin. Seperti Bursa, Erzurum, Isparta dan lain sebagainya. Kamu harus siap dengan suhu -5° sampai -30° Celcius saat musim dingin. Serunya sih kamu bisa main salju yang gak pernah kamu lihat di Indonesia.

Mungkin untuk kisah susah senengnya kamu bisa cek di youtube bang lanang official ( jika videonya sudah di unggah) atau channel lain yang membahas kehidupan di turki, karena kalau di jelaskan rincinya wah, poin lain nggak sempet kebahas nanti, ini aja masih poin kedua hehe


3. Rekomendasi universitas di turki
Mengutip dari wikipedia, ada sekitar 183 perguruan tinggi di negeri ini yang terdiri atas 109 universitas negeri (termasuk di dalamnya 8 universitas teknik, 1 institut teknologi, serta 1 universitas seni murni), 65 universitas swasta dan 8 akademi lainnya. Namun, di artikel ini saya menyuguhkan daftar 10 perguruan tinggi terbaik di Turki yang masuk dalam daftar QS World University Ranking 2020. Rekomendasi ini bisa menjadi pertimbangan buat kamu atau orang terdekatmu yang berencana melanjutkan studi ke negeri asal bunga tulip ini.
a. Koç University
Koç University adalah sebuah universitas swasta-nirlaba yang kampusnya berlokasi di Istanbul. Universitas ini pertama kali didirkan pada tahun 1933, namun kala itu masih belum memiliki gedung sendiri sehingga kegiatan perkuliahan serta administrasi universitas ditempatkan di sebuah bagunan bekas pabrik di Kota Istinye. Barulah kemudian pada tahun 2000 perguruan tinggi ini berpindah ke kampusnya yang sekarang di Rumelifeneri di Utara Istanbul. Berdasarkan QS World University Rankings 2020, Koç University menempati urutan pertama perguruan tinggi terbaik di Turki dan menempati posisi 448 di seluruh dunia. Koç University mempunyai 22 program sarjana, 31 program pascasarjana, serta 16 program PhD dengan program studi multidisiplin mulai dari ilmu sosial, ekonomi, hukum, sains, hingga kedokteran dan keperawatan. Universitas yang memiliki 5500 mahasiswa ini pun menjalin kerjasama dengan beberapa universitas top dunia seperti University of California, Cornell University, Northwest University, serta Georgetown University.

b. Bilkent University.
Berlokasi di Ibu kota Turki, Ankara, universitas ini didirikan pada tahun 1984 oleh seorang profesor bernama Ihsan Dogramaci yang namanya diabadikan di logo universitas ini. Nama "Bilkent" merupakan singkatan 2 kata dalam bahasa Turki Bilim Kenti yang berarti kota ilmu pengetahuan. Meskipun usianya tergolong masih muda dibandingkan beberapa universitas lain di Turki, Bilkent University mampu menunjukkan eksistensi dan kemajuannya di mata dunia yang dibuktikan dengan masuknya nama perguruan tinggi ini di dalam list QS World University Rankings 2020, menempati urutan kedua di Turki dan 456 di dunia. Diperkirakan saat ini Bilkent University memiliki tak kurang dari 13000 mahasiswa yang terdaftar di 33 program sarjana serta 59 program pascasarjana. Bilkent university memiliki 9 fakultas, diantaranya fakultas ekonomi, pendidikan, hukum, humaniora serta desain dan arsitektur.

c. Sabanci Üniversitesi
Universitas terbaik ketiga di Turki versi QS World University Rankings 2020 adalah Sabanci Üniversitesi. Adalah yayasan bernama Sabanci Vakfi yang mempelopori berdirinya universitas ini pada bulan Juli 1994. Setelah melalui proses panjang, dari mulai konferensi yang melibatkan lebih dari 50 akademisi dari 22 negara pada tahun 1995 hingga upacara groundbreaking (pencangkulan tanah pertama) pada tahun 1997, akhirnya universitas ini resmi dibuka dan menjalankan perkuliahannya pada bulan Oktober 1999. Saat ini, Sabanci Üniversitesi memiliki 3 fakultas dengan 11 program sarjana, 46 program pascasarjana, 15 program doktoral, 11 program minor, serta 10 program double degree. Perguruan tinggi yang berlokasi di Istanbul ini memiliki sekitar 4000 mahasiswa program sarjana dan 1000 mahasiswa pascasarjana dengan sekitar 66% dari mereka menerima beasiswa dari universitas tersebut.

d. Orta Dogu Teknik Üniversitesi (Middle East Technical University)
Nama universitas ini biasanya disingkat ODTÜ (bahasa Turki) dan METU (Bahasa Inggris). METU didirikan pada tahun 1956. Universitas ini menyandang nama "Middle East" sebab selain memiliki gedung kampus di Kota Cankaya, Ankara dan provinsi Erdemli, METU juga mendirikan 1 kampus lainnya di luar Turki, tepatnya di Kota Morphou, Siprus Utara. METU memiliki fokus studi di bidang engineering dan ilmu-ilmu alam, memiliki 5 fakultas dengan 40 program sarjana, 97 program master, serta 62 program doktoral dalam 5 sekolah pascasarjana. Di usianya yang telah mencapai 63 tahun, METU telah memiliki lebih dari 120.000 alumni dari seluruh dunia. METU memberikan keringan hingga membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswa internasional dengan melihat prestasi dan pencapaian akademik mereka

e. Bogaziçi Üniversitesi.
Universitas ini merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Turki. Bogaziçi Üniversitesi didirikan oleh Christopher Robert pada tahun tahun 1863 dengan nama Robert College. Kala itu, Turki masih berada di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah. Robert College merupakan institusi pendidikan tinggi Amerika Serikat pertama yang didirikan di luar wilayah negara tersebut. Kemudian pada tahun 1971, Robert College berubah nama menjadi Bogaziçi Üniversitesi. Bogaziçi Üniversitesi memiliki 4 fakultas dan 2 sekolah sarjana serta 6 institut menawarkan program pascasarjana. Universitas ini memiliki 6 kampus yang semuanya berlokasi di Istanbul. Bogaziçi Üniversitesi menawarkan program studi multidisiplin, diantaranya adalah ilmu eksak seperti kimia, fisika dan matematika; ilmu sosial seperti ilmu politik, sosiologi dan ekonomi; serta humaniora seperti sastra Inggris dan sastra Turki.

4. Beasiswa untuk kuliah di Turki
Untuk kuliah di turki, ada dua jenis beasiswa resmi yang diberikan pemerintah Turki yakni beasiswa untuk jurusan-jurusan umum yang dibagi ke dalam rumpun ilmu sosial dan ilmu alam.
a. Beasiswa untuk ilmu sosial, dikenal dengan nama İbnu Haldun Bursu atau Beasiswa Ibnu Khaldun.
b. Beasiswa untuk ilmu alam, dikenal dengan nama Ali Kusçu Bursu atau Beasiswa Ali Kusçu.
Dua beasiswa ini bisa di-apply dalam satu website YTB pada alamat www.turkiyebursları.gov.tr. Pemerintah Turki membuka beasiswa YTB biasanya dari bulan Januari hingga Februari setiap tahunnya.

Sedangkan jenis beasiswa kedua  adalah Türkiye Diyanet Vakfı (TDV) atau dikenal juga dengan istilah beasiswa departemen keagamaan Turki. TDV ini merupakan yayasan yang didirikan oleh Diyanet Bakanlığı untuk mengurus beberapa program, salah satunya pemberian beasiswa untuk pelajar muslim. Pendaftaran beasiswa TDV dibuka hampir bersamaan dengan beasiswa YTB. Jika beasiswa YTB pada bulan Januari hingga Februari setiap tahunnya, maka beasiswa TDV dibuka dari Maret hingga april. Adapun prosedur pendaftarannya dua-duanya sama melalui internet untuk TDV sendiri di website www.diyanet.org.tr


5. Biaya hidup di Turki
Untuk ukuran negara maju sekelas Turki, dengan berbagai kenyamanan dan fasilitas yang serba lengkap juga tersedia, ternyata biaya hidupnya relatif terjangkau. Di Turki, kamu bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri dengan biaya  kuliah yang cukup terjangkau, dikarenakan adanya subsidi biaya kuliah. Bahkan di beberapa universitas Turki seperti Kastamonu Univeristy, Kirklareli University, dan lainnya  Tuition Fees (SPP)  kurang dari satu juta rupiah per semester. Khusus di Universitas Suleyman Demirel, fakultas kedokteran hanya sekitar 2 juta rupiah per semester. Bayangkan kalau kamu kuliah di Indonesia, berapa ratus juta yang harus kamu keluarkan untuk kuliah jurusan kedokteran. Selain itu kuliah di Turki tidak ada uang pangkal. Jadi kamu hanya perlu membayar uang semester saja. Misalnya biaya kuliah kamu per semester 2 juta. Artinya sampe kamu lulus, kamu hanya mengeluarkan uang 16 juta rupiah saja. Wow! Murah banget kan.

Beberapa harga bahkan tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, misalkan saja, tiket transportasi lokal satu kali jalan nya berkisar 2.60 TL atau Rp 9.100. Abang juga pernah di ceritain kawan yang sedang kuliah di turki kalau harga buah dan sayuran tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, bahkan beberapa ada yang sama. Biaya hidup di Turki bisa dibilang sangat terjangkau dibanding dengan negara-negara Eropa lainnya. Kamu hanya membutuhkan sekitar $300 – $ 400 per bulan tergantung dengan gaya hidup kita masing-masing. Untuk detail estimasi pengeluaran sebagai berikut:
Makanan6-30TL
Pulsa10-100 TL
Pakaian Musim Dingin40-200 TL
Asrama Pemerintah105-400 TL/ bulan
Asrama Swasta400-600 TL/ bulan
Sewa Rumah800-1500TL/bulan

1 TL pada saat artikel dibuat = Rp 3635

Itulah tadi ulasan lengkap tentang kuliah di Turki, untuk kamu yang ingin kuliah kesana, jangan lupa selalu update info terbaru ya, bisa lewat web brainesia.com atau intagram bang lanang offisial, atau jika ada sohibmu yang ingin kuliah ke Turki, kamu bisa SHARE artikel ini sebagai bahan referensi. Selamat berjuang!


Source:
republika.co.id
fatihgazi.com
optima-education.com
brilio.net
aa.com.tr
wikipedia
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

1 komentar

Posting Komentar

berilah komentar yang tidak melanggar peraturan website

Download Soal