Pengalaman Kuliah di Teknik Perkapalan - Helmi Dadang Ardiansyah

Pengalaman Kuliah di Teknik Perkapalan - Helmi Dadang Ardiansyah

Brainesia.com Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang kuliah di UI, kebetulan saya masuk UI jurusan Teknik Perkapalan. Di UI sendiri Teknik Perkapalan masuk dalam Departeman Teknik Mesin bersama dengan Teknik Mesin. Saya orang biasa saja secara akademik namun Alhamdulillah oleh Allah SWT diberi kesempatan dan kepercayaan untuk merasakan serta menimba ilmu di Teknik Perkapalan UI. Awal memilih jurusan pasti teman-teman bingung begitu juga saya kemarin, bahkan saya memutuskan memilih jurusan Teknik Perkapalan sebagai pilihan kedua dengan pilihan pertama Teknik Industri sebelum mengumpulkan berkas untuk UMB di Yogya (kemarin namanya UMB sebelum adanya SIMAK). Alhamdulillah saya dapat diterima di UI dengan jurusan Teknik Perkapalan.

Tidak ada hal yang sia-sia, Allah SWT pasti memberikan terbaik untuk kita asal kita berusaha dengan sungguh-sungguh serta tawakal. Awalnya saya merasa kurang cocok dengan jurusan ini mengingat secara peminatan Teknik Perkapalan terbaik berada di ITS. Namun dengan modal dan mindset seperti dijelaskan sebelumnya (tulisan di-bold), saya memantapkan niat untuk mencari ilmu disini, saya merasa dosen di Teknik Perkapalan UI juga jago serta banyak yang ber-title doctor dari luar negeri, kemudian kurikulum yang diajarkan juga hampir sama dengan universitas yang lain. Sehingga sejak masuk kuliah saya telah memposisikan diri untuk berkompetisi dengan mahasiswa teknik perkapalan dari MIT (US), dan TU Delft (Holland) dengan begitu saya merasa percaya diri dalam menuntut ilmu bertambah dan kerja keras saya harus ditingkatkan untuk minimal menyamai dengan mereka bahkan bisa melebihi kwalitas output dari teman-teman di negara lain. Dengan mindset seperti ini saya tidak merasa minder dengan teman-teman yang lain, karena hal ini yang terkadang menjadi “momok” bagi teman-teman yang kuliah di universitas dan jurusan yang menurut mereka kurang difavoritkan.


Coba bayangin kalau dengan sistem dan cara dari instansi pendidikan yang kurang maksimal namun kita dapat memaksimalkan kemampuan kita sehingga akhirnya mempunyai output minimal sama dengan teman-teman dari sistem dan cara yang ideal, bukankah kita akan lebih berkwalitas karena mempunyai proses yang lebih dalam. Imam Bukhori dalam setiap malam terbangun sebanyak 15 kali untuk belajar. Maka dari kata kuncinya adalah diri kita, bukan universitas, memang universitas yang favorit mengantarkan kesuksesan mahasiswa tapi perlu diingat itu bukan satu-satunya parameter, masih banyak parameter yang harus dipenuhi, masih ingat cerita Bill Gates pemilik Microsoft yang “Drop Out”? Intinya Allah SWT tidak akan mengubah suatu kaum (dalam hal ini individu) sebelum kaum tersebut mengubah dirinya sendiri, Allah SWT pasti adil dalam membagi rezeki asal ketentuan dan syarat-Nya berlaku.

Di kuliah saya dapat belajar tentang filosofi hidup apalagi setelah ikut organisasi, Imam Syafi’I menganjurkan untuk merantau, dan saya merasakan manfaatnya ketika saya tinggal di Depok. Mulai dari komunikasi dengan teman-teman di seluruh Indonesia, bahkan luar negeri, mengajar les privat dengan salary rata-rata Rp 150.000/sesi (di sini menjadi pengajar privat rata-rata pendapatan sekitar segitu persesi selama 1.5-2 jam, seminggu minimal biasanya 2 kali, lumayan untuk jajan, pulsa, dll), ikut proyek dosen, magang di perusahaan, belajar entrepreneur, homesick karena kangen orang tua yang harus kita hadapi dan hal itu malah dapat menjadi motivasi kita kenapa kita berada disini, dll. Teman-teman mau pilih mana karena hidup hanya sebuah pilihan dengan banyak parameter serta variable, namun perlu diingat Hukum Newton ke-2 tentang aksi reaksi, karena semua terdapat konsekwensi yang harus kita pertanggung jawabkan. Untuk beasiswa di UI lumayan cukup banyak, lagi-lagi tergantung dari kita aktif tidaknya untuk hunting dan submit, biasanya kita akses beasiswa di mahasiswa.ui.ac.id. Alhamdulillah saya diberi kesempatan oleh Allah SWT untuk mendapatkan beasiswa tersebut, saya pernah mendapat beasiswa PPA/BBM ( Dikti), beasiswa Komatsu (Perusahaan alat berat asal Jepang), dan sekarang Beasiswa Unggulan dari Dikti untuk study lanjut di Teknik Mesin UI.

Alhamdulillah saya lulus pas 4 tahun di Teknik Perkapalan, kalau dilihat dari teman-teman seangkatan scope kerja mereka berbeda-beda, ada yang marine surveyor, surveyor di galangan, konsultan, offshore, service company offshore (contoh Halliburton,  Schlumberger, dll) bahkan ada yang di Bank.  Untuk kurikulum mungkin teman-teman bisa tanya di mbah google karena segala info terhimpun rapi disana tergantung kita mau cari apa tidak.

Saya sama seperti kalian kok, sama bingungnya dan mungkin lebih jago kalian dipelajaran jika di challenge, namun karena saya lebih dulu lahir maka saya punya pengalaman yang kebetulan lebih banyak. Oleh karena itu saya share pengalaman untuk teman-teman semoga dapat mengambil baiknya atau betulnya, betulnya dari semua ini semata-mata milik Allah SWT serta jika ada salahnya itu pasti salah saya, dan saya minta maaf jika ada perkataan yang kurang berkenan. Kalau boleh saran, rajin-rajinlah searching di google untuk scholarship. FYI scholarship di luar negeri untuk teman-teman SMA/SMK yang akan masuk S1 sangat banyak lo, seperti dari BII, Australia embassy, monbusho (Japan), Malaysia, dll. Serta jika ingin melanjutkan di dalam negeri ada beberapa beasiswa misalnya dari Dompet Dhuafa, Sumitomo, dll. Jika berkesempatan untuk melanjutkan kuliah di luar, why not? Karena kesempatan itu kita buat, bukan kita tunggu. Apa gunanya kapal berlabuh terlalu lama karena pada prinsipnya kapal dibuat untuk menerjang ombak. Make proud your family from now. Dan jangan lupa minta doa restu kedua orang tua kita. Saya doakan semoga teman-teman lancar dan minta doanya agar saya juga diberi kelancaran. Amin ya Rob. SEMANGAT

 

Helmi Dadang Ardiansyah

Teknik Perkapalan 2008/Teknik Mesin 2012

Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment