--> Review Program Studi Teknik Perkapalan Lengkap dan Prospek Kerjanya - Brainesia
Review Program Studi Teknik Perkapalan Lengkap dan Prospek Kerjanya
close

Review Program Studi Teknik Perkapalan Lengkap dan Prospek Kerjanya

Brainesia.com Apa yang pertama kali kamu pikirkan ketika mendengar jurusan Teknik Perkapalan? Kapal laut dan nakhoda? Eitsss, ini bukan tentang nakhoda, jurusan ini berbeda dengan Pelayaran. Terus apa? Baca dulu, doooong!

Jurusan ini biasanya juga disebut dengan Marine Engineering atau Naval Architect Engineer. Program studi Teknik Perkapalan mempelajari seluk beluk atau semua hal yang berkaitan dengan kapal. Lebih spesifiknya, pengetahuan tentang perancangan dan pembangunan kapal (naval architecture and shipbuilding), dimulai dari bentuk kapal, struktur, produksi, perbaikan, sampai pada pengoperasian kapal yang sudah siap menjadi alat transportasi, serta pengembangan sistem transportasi dan bisnis pengoperasian armada kapal. Lalu apa bedanya dengan prodi Teknik Sistem Perkapalan? Jika prodi Teknik Sistem Perkapalan lebih fokus mempelajari sistem pada instrumen-instrumen kapal seperti mesin, pipa, kelistrikan, dan sistem kontrol, maka Teknik Perkapalan mempelajari perancangan dan konstruksi kapal, sistem navigasi kapal, hingga ke aspek hukum laut.


Kenapa memilih Teknik Perkapalan?
Idealnya, di negara maritim, kapal menjadi transportasi yang sangat umum. Meskipun di Indonesia pergerakan masyarakat lebih banyak di darat, pemerintah mulai menyadari dan mengungkapkan komitmennya untuk memperkuat jalur laut. Peran kapal sebagai moda transportasi pun akan menjadi populer. Oleh karena itu, apabila kamu suka laut dan ingin mengenal lebih dalam tentang dunia perkapalan, prospek untuk memilih program studi ini sangat bagus.

Materi Kuliah Teknik Perkapalan
Biasanya dalam jurusan atau program studi perkapalan mahasiswa pada umumnya akan di berikan mata kuliah sebagai brikut,dan perbedaan mata kuliah tergantung pada setiap fakultas/jurusan universitas masing-masing
  1. Mekanika Teknik
  2. Termodinamika
  3. Teori Bangunan Kapal
  4. Matematika Terapan
  5. Proses Produksi
  6. Ekonomi Teknik
  7. Konstruksi Kapal
  8. Permesinan Kapal
  9. Kapal Ikan
  10. Perancangan Kapal
  11. Kekuatan Kapal
  12. Tahanan dan Propulsi Kapal
  13. Elemen Mesin
  14. Getaran Kapal
  15. Manajemen Pelayaran
  16. Manajemen Pelabuhan
  17. Sistem Transportasi Laut.
  18. Menggambar Teknnik
  19. Metode Numerik dan Komputer
  20. Teknologi Las
  21. Simulasi dan Pemodelan
  22. Dinamika Kapal
  23. Kapal Militer
  24. Teknologi Perawatan & Reparasi Kapal
  25. Perencanaan Operasi Kapal
  26. Sistem Transportasi Laut

Metode Pembelajaran
Metode belajarnya tidak hanya di kelas lho guys, kamu juga akan belajar di laboratorium atau studio seperti Laboratorium Hidrodinamika Kapal, Laboratorium Produksi Kapal, Laboratorium Perencanaan dan Sistem Transportasi, Laboratorium Komputasi, dan Studio Gambar. Selain itu, kamu juga akan dibekali dengan keahlian-keahlian seperti keahlian perencanaan kapal, kekuatan kapal, struktur dan teknologi pembangunan dan reparasi kapal, serta keahlian tambahan lainnya. Terdengar menyeramkan? Tenang, semua tergantung kita. Asalkan ulet, rajin, dan gak banyak nunda, pasti bisa!. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk mengambil jurusan ini, kalian harus memiliki minat disertai kemampuan untuk menjalani perkuliahannya. Untuk mengetahui apakah jurusan ini cocok untuk kalian, silahkan gunakan program TES ONLINE bidikmasadepan.com ya guys, biar ga salah pilih jurusan.. okey !!!

Kampus untuk belajar teknik perkapalan
Universitas Indonesia
Institut Teknologi Bandung
Universitas Hasanuddin
Universitas Diponegoro
Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
Universitas Pattimura
Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Universitas Darma Persada
Universitas Hang Tuah
Dan masih banyak lagi


Prospek Kerja Teknik Perkapalan
Untuk prospek kerja lengkapnya silahkan Klik Disini

Pengalaman Kuliah di Teknik Perkapalan
Mungkin tulisan ini bisa membantu temen-temen yang masih bingung mau ke jurusan ini atau enggak, nah ada kisah menarik di jurusan teknik perkapalan nih, untukj membacanya silahkan Klik Disini


Source
bidikmasadepan.com
rencanamu.id

Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal