-->
Mengulas Kuliah Jurusan Manajemen dan Prospek Kerjanya Terbaru
close

Mengulas Kuliah Jurusan Manajemen dan Prospek Kerjanya Terbaru

Brainesia.com Setiap tahun jurusan manajemen hampir selalu menjadi jurusan yang paling banyak di minati di berbagai jalur pendaftaran kuliah, salah satu sebabnya adalah jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit di berbagai perguruan tinggi dan prospek kerjanya yang luas. Setiap perusahaan yang berdiri takkan terlepas dari kebutuhan akan lulusan manajemen di setiap divisi mereka, baik itu personalia, produksi, pemasaran, maupun di divisi keuangan


cermati.com
Images: cermati.com

Bagaimana sih kuliah di manajemen, kuliah di manajemen susah nggak ?
Kuliah di jurusan manajemen itu susah-susah gampang, ada 3 konsentrasi dalam jurusan manajemen, yaitu Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Organisasi, Manajemen Operasi, Manajemen Pendidikan, dan lainnya. yang akan kita bahas nanti. Dalam jurusan manajemen banyak dituntut untuk berpikir analitis dan kritis, oleh sebab kamu harus biasakan dalam menyikapi sesuatunya secara bijak dan berdasarkan data yang valid (akurat). Orang manajemen akan selalu berpatokan pada sesuatu yang sudah valid dan bukan rekayasa.
  1. Semester 1 pelajarannya masih dasar, seperti Microeconomic, Pengantar Bisnis, Statistik Bisnis, PTE Makro dan lain lain. Kamu bisa cek materi dari buku-buku ini dari sekarang jika penasaran
  2. Semester 2-3 kalian bakal berpikir terbuka selama kuliah. di manajemen juga kalian gak hanya belajar duit duit duit/ekonomi aja, tapi kalian belajar hukum, komunikasi, intinya manajemen meluas jadi kalian bisa dapet ilmu banyak di jurusan ini.
  3. Semester 4 kalian bakal di jurusin lagi sesuai passion kalian, ini di namakan pemilihan konsentrasi, setiap konsentrasi berbeda matakuliahnya, ada beberapa konsentrasi di jurusan manajemen yakni Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Keuangan, dan  Manajemen Pemasaran
  4. Semester 7 seperti biasa kalian sudah fokus ke skripsi dan terus mengerjakan penelitian dengan dosen pembimbing kalian, ada juga yang sudah bisa mengajukan judul sekripsi di semester 6, itu tergantung kebijakan kampus masing-masing


Keahliah yang di butuhkan untuk jurusan manajemen
  1.     Kemampuan mengatur manusia
  2.     Kemampuan mengelola keuangan
  3.     Kemampuan berkomunikasi
  4.     Kemampuan bersosialisasi
  5.     Kemampuan manajerial
  6.     Kemampuan menganalisis
  7.     Sikap kepemimpinan


Konsentrasi Jurusan Manajemen
Sekarang kita akan membahas mengenai pemilihan konsentrasi sesuai bahasan di atas, Karier dalam jurusan manajemen banyak dicetak dari adanya konsentrasi jurusan dalam manajemen itu sendiri. Adapun konsentrasi didalam jurusan manajemen pada umumnya ialah sebagai berikut:

1. Manajemen Keuangan
Pada konsentrasi ini, mahasiswa peminatnya akan banyak mempelajari mengenai analisa dan teknik pengelolaan keuangan suatu perusahaan. Adapun analisa yang dimaksud ialah lebih banyak pada analisa laporan keuangan dalam hal menilai kesehatan keuangan perusahaan. Selain itu, pada konsentrasi ini peminatnya akan diajarkan pula pada apa saja yang mempengaruhi tingkat keuangan perusahaan.

2. Manajemen Pemasaran
Pada konsnetrasi ini, mahasiswa peminatnya akan lebih banyak memfokuskan pada teknik pemasaran usaha. Adapun teknik pemasaran ini tak terlepas dari analisa bauran pemasaran seperti Product, Price, Place, Promotion (4P). Selain itu peminat konsentrasi ini diajarkan pula dalam hal melihat peluang pasar dan cara memanfaatkannya, serta apa saja yang dapat mempengaruhi tingakt pemasaran produk tersebut.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM)
Pada konsentrasi ini mahasiswa peminatnya akan banyak terfokus pada pengelolaan sumberdaya manusia (SDM) dala suatu organisasi. Pengelolaan ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja atau produktivitas kerja karyawan. Pada konsentrasi ini peminatnya akan banyak mempelajari bagaimana seorang pimpinan dapat mengelola tenaga kerja yang ada untuk mencapai tujuan perusahaan dan apa saja faktor yang menyebabkan tenaga kerja menjadi menurun produktivitas kerjanya.

4. Manajemen Operasional
Pada konsentrasi ini mahasiswa pemniatnya akan banyak memfokuskan pada analisa produk mulai dari saat pengiriman, pembuatan, hingga proses pengiriman produk. Selain itu konsentrasi ini juga banyak menganalisa mengenai letak perusahaan dan hubungannya dengan kelancaran proses distribusi produk hingga sampai pada tangan konsumen. Konsentrasi ini juga lebih fokus pad kajian mutu dan quality control suatu produk sehingga lulusan dari konsentrasi ini akan banyak dicari oleh industri.



Matakuliah Jurusan Manajemen
Ada banyak mata kuliah yang di pelajari di jurusan manajemen dan sering kamu temui misalnya Pengantar Bisnis, Pengantar Teori Ekonomi, Matematika, Statistika, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Biaya dan beberapa mata kuliah yang sangat spesifik seperti, Manajemen Kinerja dan Balas Jasa, Bisnis Ritel, Etika Bisnis, Analisis Laporan Keuangan, Studi Perencanaan dan Kelayakan Bisnis, Manajemen Operasi, Manajemen Strategis, Manajemen Risiko, Manajemen Mutu dan Produktivitas, dan Manajemen Kuantitatif. Selebihnya sebagai berikut:

MPK (MATA KULIAH PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN)
  •     Pendidikan Agama
  •     Pendidikan Kewarganegaraan
  •     Pendidikan Pancasila
  •     Bahasa Indonesia
  •     Bahasa Inggris Bisnis
  •     Ilmu Alamiah Dasar
  •     Ilmu Budaya Dasar
MKK (MATA KULIAH KEAHLIAN DAN KETERAMPILAN)
  •     Ekonomi Mikro
  •     Ekonomi Makro
  •     Pengantar Akuntansi (dipelajari sampai beberapa semester)
  •     Pengantar Bisnis
  •     Pengantar Manajemen
  •     Matematika Ekonomi
  •     Matematika Bisnis
  •     Statistik (biasanya dipelajari hingga 2 semester)
  •     Pengantar Aplikasi Komputer
  •     Kewirausahaan
  •     Ekonomi Koperasi
  •     Komputerisasi Statistik Bisnis / Laboratorium Statistik
MPB (MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA)
  •     Perilaku Organisasi
  •     Metode Penelitian
  •     Manajemen Investasi
  •     Anggaran Perusahaan
  •     Perpajakan
  •     Hukum Bisnis
  •     Ekonomi Manajerial
  •     Ekonomi Internasional
  •     Komunikasi Bisnis
  •     Analisis Kuantitatif
  •     Perekonomian Indonesia
  •     Etika Bisnis
MKB (MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA)
  •     Manajemen Pemasaran (dipelajari hingga beberapa semester)
  •     Manajemen Keuangan (dipelajari hingga beberapa semester)
  •     Manajemen SDM (dipelajari hingga beberapa semester)
  •     Manajemen Operasi dan Produksi (dipelajari hingga beberapa semester)
  •     Manajemen Strategik
  •     Akuntansi Biaya
  •     Akuntansi Manajemen
  •     Riset Operasi
  •     Sistem Informasi Manajemen
  •     E-Commerce
  •     Studi Kelayakan Bisnis
  •     Analisa Laporan Keuangan
  •     Laboratorium Manajemen Keuangan dan Akuntansi

Matakuliah Konsentrasi Jurusan Manajemen
Seperti yang sudah kami jelaskan di awal, setiap konsentrasi di jurusan manajemen berbeda-beda jenis matakuliahnya, kalian bisa lihat listnya sebagai berikut

KONSENTRASI MANAJEMEN PEMASARAN
  •     Riset Pemasaran
  •     Manajemen Pemasaran Jasa (sering juga disebut Pemasaran Jasa)
  •     Manajemen Pemasaran Internasional
  •     Perilaku Konsumen
KONSENTRASI MANAJEMEN KEUANGAN
  •     Manajemen Keuangan Internasional
  •     Analisis Sekuritas dan Portofolio
  •     Analisis Kinerja Keuangan
  •     Manajemen Resiko
KONSENTRASI MANAJEMEN SDM
  •     Total Quality Management (TQM)
  •     Manajemen Kinerja dan Kompensasi
  •     Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM
  •     Teknik Perencanaan Tenaga Kerja
KONSENTRASI MANAJEMEN OPERASIONAL
  •     Manajemen Mutu Produk
  •     Manajemen Rantai Pasokan (Supply Chain Management)
  •     Manajemen Proyek


Prospek kerja dan karier lulusan jurusan manajemen
Setiap perusahaan yang berdiri takkan terlepas dari kebutuhan akan lulusan manajemen di setiap divisi mereka, baik itu personalia, produksi, pemasaran, maupun di divisi keuangan. Oleh sebab itu banyak sekali membutuhkan lulusan jurusan manajemen, detailnya sebagai berikut:

1. Bidang jasa
Perusahaan dalam negeri maupun luar negeri baik swasta atau negeri banyak yang menggunakan jasa konsultan bisnis yang akan membantu perkembangan perusahaan tersebut. Tak heran jika bayaran yang ditawarkan pada konsultan bisnis yang telah ahli sangat besar atau mencapai angka puluhan juta rupiah. Selain menjadi konsultan kamu juga bisa membangun bisnis sendiri atau sering di sebut dengan wirausahawan, seperti bidang perdagangan, di tunjang dengan ilmu yang di dapat selema kuliah, sektor-sektor ini juga bisa membantumu memiliki prospek masa depan cerah dengan pendapatan bisa melebihi PNS

2. Di Luar Perusahaan
Seorang lulusan Bisanis dan Manajemen bisa menjadi tenaga pengajar atau dosen universtias jika mempunyai record yang bagus. Gaji yang ditawarkan menjadi seorang pendidik atau dosen memang bisa dikatakan sedang atau tidak terlalu besar. Tetapi, ada banyak tunjangan dan proyek yang membuat prospek pekerjaan ini begitu menggiurkan.

3. Dalam Perusahaan
  • Excecutive Staff Personalia dan SDM, Excecutive Staff Pemasaran, Excecutive Staff Produksi,
  • Excecutive Staff Keuangan
  • Administrator Keuangan
  • Administrator Personalia dan HRD
  • Administrator Pemasaran
  • Administrator Produksi
  • Manajer di berbagai bidang
  • Analis Pasar
  • Analis Saham dan Pasar Modal
  • Analis Mutu Produk
  • Supervisor
  • Direktur atau juga Komisaris
  • Staff Penagajar baik Dosen maupun Guru Ekonomi, dan lain sebagainya. 
  • Perencana Bisnis Berkelanjutan
  • Manajer Akuakultural
  • Akuntan   
  • Manajer Umum dan Operasional  
  • Manager Administrasi Servis
  • Manajer Pemasaran
  • Manager Layanan Medis dan Kesehatan
  • Manager Layanan Administrasi
  • Analis Manajemen Bisnis
  • Manager Logistik


Fakta tentang jurusan Manajemen
Ada beberapa fakta yang terjadi di jurusan manajemen  (beberapa universitas mungkin mempunyai nama jurusan berbeda mulai dari Manajemen, Manajemen Bisnis, dll), mungkin ini tidak di semua universitas, akan tetapi sudah banyak terjadi sebagai berikut

1. Bawaan yang sudah seperti wajib hukumnya
Dibanding laptop, kayaknya kalkulator adalah gawai sesungguhnya anak manajemen. Apalagi kalau praktikum ga bawa kalkulator, mending ga praktikum sekalian dari pada keliatan beg*, oh iya kalkulator nya bukan kalkulator biasa ya, pasti anak manajemen tau kalkulator mana yang dimaksud

2. Anak manajemen vs ekspektasi orang tua
Sebagian mahasiswa manajemen masuk ke jurusan manajemen adalah dorongan dari orang tua yang pengen anaknya jadi sarjana ekonomi, bener ga? karena orang tua kita yakin kalau masuk jurusan manajemen kuliah bakal lebih mudah dapet kerja, kalaupun nantinya tidak dapet kerja setidaknya udah punya bekal buat jadi wirausahawan atau bahkan ngelanjutin usaha orangtuanya.

3. Pandangan untuk anak manajemen
Banyak mahasiswa jurusan non-manajemem bilang kalau kuliah di jurusan manajemen itu gampang. Banyak teorinya. Gue klarifikasi ya, kalau lu ga sepenuhnya salah namun juga ga sepenuhnya benar. Kuliah di manajemen ada 4 bidang keahlian, yaitu manajemen SDM, Manajemen Operasi, Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran. Disemua bidang keahlian pasti memerlukan kemampuan berhitung bahkan di bidang keahlian Manajemen SDM sekalipun yang notabene banyak teorinya, kita harus bisa ngitung kompensasi untuk pekerja, dan perhitungan itu harus sesuai uu no 13 tahun 2003 tentang ketenagakerjaan.  Jangan tanya mata kuliah Dasar Akuntansi, akuntansi biaya, akuntansi manajemen, manajemen operasi lanjutan, manajemen keuangan, manajemen portofolio, study kelayakan bisnis, dan masih banyak lagi mata kuliah yang kalau kita salah ngitung kita bisa kena surat peringatan


Source
www.brainesia.com
https://www.kaskus.co.id
http://shaveoda.blogspot.com
http://blogmfe.blogspot.com

SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

There is no other posts in this category.

Posting Komentar

Download Soal