Postingan Populer

Review Kuliah Jurusan Agribisnis dan Prospek Kerjanya

Review Kuliah Jurusan Agribisnis dan Prospek Kerjanya

Brainesia.com  Hello sobat, kali ini kita akan mengupas lengkap kuliah di jurusan atau program studi Agribisnis. Program studi ini juga menjadi incaran banyak siswa tiap tahunnya. Untuk kamu yang masih penasaran dan sedang mencari tahu tentang jurusan agribisnis, pasti kamu bertanya apa bedanya Agrobisnis dan Agribisnis?

Sebenarnya keduanya sama-sama mempelajari bisnis berbasis hasil pertanian. Pada beberapa perguruan tinggi, program studi ini bernama Agrobisnis, tapi banyak juga yang bernama Agribisnis. Namun menurut KBBI istilah yang tepat adalah Agrobisnis. Program studi ini menawarkan ilmu tentang seluk beluk usaha atau bisnis yang memanfaatkan pertanian sebagai komoditas. Mulai dari pengusahaan produksi pertanian, sampai pengelolaan hasil pertanian pula. Para mahasiswa akan mempelajari semua hal tentang pertanian, dari keseluruhan proses produksi sampai distribusi hasil pertanian sehingga memperoleh keuntungan. Program studi ini merupakan program studi multidisiplin, artinya pelajaran dari IPA maupun IPS akan dipelajari disini.

Bisnis pertanian sangat erat hubungannya dengan ketersediaan pangan. Jika kamu tertarik dengan bisnis dan ingin mewujudkan ketahanan pangan di Indonesia, program studi ini sangat tepat untuk kamu pilih. Program studi ini juga cocok bagi kamu yang menyukai pelajaran IPA terutama biologi tetapi ingin mendalami ilmu bisnis maupun ekonomi. Kamu akan mendalami ilmu pertanian sekaligus bisnis disini


Karakter yang cocok untuk kuliah di Jurusan Agribisnis
Semua pelajar yang ingin kuliah pastinya inginmemiliki kelancaran kuliah dan prestasi akademis. Sebenarnya hal tersebut bisa kamu dapatkan jika kamu cocok memilih kuliah pada jurusan Agribisnis. Kecocokan kamu pada bidang ini ditandai dengan beberapa karakter yang perlu dimiliki oleh para pelajar jurusan Agribisnis. Inilah beberapa karakter yang perlu kamu miliki jika ingin menjadi pelajar jurusan Agribisnis, yaitu:
  • Menyukai Sains dan Matematika
  • Cermat dan teliti terhadap detail
  • Piawai dalam menganalisis
  • Terampil dalam pemecahan masalah
  • Memiliki kemampuan untuk menemukan sebuah inovasi


Suasana kuliah di Agribisnis itu bagaimana, tugasnya banyak enggak, susah apa enak?
Ya, pertanyaan-pertanyaan seperti itu sering kali kami dapatkan. Untuk itu kami jawab semua petanyaan melalui cerita Rizky Ashyanita, Sarjana Agribisnis Universitas Brawijaya. Terlebih ketika dia menjelaskan bahwa Agribisnis merupakan bagian dari pertanian. Ia menjelaskan kesalahan besar bahwa belajar Agribisnis hanya belajar menanam. Memang tidak saya pungkiri bahwa selama saya berkuliah saya juga belajar menanam, karena mau tidak mau sebagai lulusan pertanian saya juga dituntut untuk paham mengenai bercocok tanam. Tapi tidak hanya menanam saja, di Agribisnis juga belajar tentang marketing, keuangan, dan managing orang serta teknologi yang berhubungan dengan produk pertanian serta belajar mengenai hubungan produsen dan konsumen. Dapat saya katakan belajar di Agribisnis hampir sama dengan belajar di Ekonomi, Akutansi, namun dengan kontes pertanian.

Belajar di Agribisnis itu susah-susah gampang enak tapi ya gak enak, kenapa? Susah dan gak enaknya karena kita seakan dijejali semua ilmu pertanian dari bercocok tanam atau budidaya pertanian, hama, ilmu tanah, dan ekonomi sekaligus. Namun, enaknya setelah lulus nanti kita bisa dapat menguasai itu semua seperti lulusan yang telah memiliki paket komplit. Kalo ditanya kuliahnya hitungan atau hafalan? Ya, dua-duanya ada. Ada mata kuliah dimana kita harus menghitung seperti Ekonomi Mikro, Ekonomi Makro, Ekonomi Produksi, Manajemen Keuangan, dll dan menghafal seperti Sosiologi Pertanian, Dasar Ilmu Tanah, Dasar Budidaya Tanaman dll. Di Agribisnis selain mendapatkan ilmu mengenai pertanian dan ekonomi seperti yang telah saya jelaskan di atas, kita juga mendapat ilmu umum seperti agama, pancasila, kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris. Oh iya, dimata kuliah pilihan kalian juga bisa jadi arsitek jika kalian mengambil mata kuliah arsitekstur landscape. Kan, paket komplit banget.

BTW, Tugasnya ngapain aja?
Ketika kuliah di Agribisnis Universitas Brawijaya untuk tugas sehari-hari mungkin sama dengan mahasiswa pada umumnya yaitu riview buku, tugas soal, dan presentasi individu sampai kelompok. Selama saya kuliah presentasi kelompok ini hampir disemua mata kuliah. Kuliahnya anak Agribisnis ini gak hanya kuliah sama dosen aja tapi kita juga ada tambahan pada setiap mata kuliahnya yang sering disebut praktikum atau tutorial dengan asisten praktikum/tutorial. Nah, fungsi dari praktikum/tutor ini selain praktek langsung juga sebagai pendalaman materi. Jadi kalo kamu masih belum paham materi yang diberikan dosen kamu bisa bertanya ke kakak asistennya di jam tutor/praktikum ini. Yah, bisa disebut les gitu sih.

Jangan khawatir di praktikum dan tutorial ini kalian pasti dapet tugas entah itu presentasi atau buat laporan. Biasanya untuk mata kuliahnya anak agroekoteknologi seperti Dasar Ilmu Tanah, Dasar Perlindungan Tanaman gitu kita pasti diminta untuk bikin laporan mingguan setelah selesai praktikum dan menggemaskannya laporan ini di tulis tangan. Jadi inget jaman-jaman semester dua sering begadang sama temen-temen kelas buat ngerjain laporan tulis tangan, tapi dari situ sih jadi kompak.



Mata kuliah Jurusan Agribisnis
Mata kuliah ini kami ambilkan referensi dari UNPAD hanya untuk contoh saja, sebab matakuliah di berbagai Univ berbeda-beda, akan tetapi masih banyak yang sama terutama di matakuliah wajib


SEMESTER 1SKS
1Pengantar Ilmu Pertanian2(2-0)
2Pancasila2(2-0)
3Agama2(2-0)
4Ekonomi Pertanian3(2-1)
5Matematika3(3-0)
6Sistem Agribisnis3(2-1)
7Bahasa Indonesia2(2-0)
8Bahasa Inggris2(2-0)
9Apresiasi Olahraga1(0-1)
 10Keterampilan Belajar (LSIT)1(0-1) 
 Jumlah21 


NoSEMESTER 2SKS
1 Dasar Agronomi 3 (2-1)
2 Kewarganegaraan 2 (2-0)
3 Statistika Dasar 3 (3-0)
4 Ekonomi Mikro 3 (2-1)
5 Kewirus dan etika agb 3 (2-1)
6 Dasar Man. Agribisnis 2 (1-1)
7 Akuntansi Agribisnis 3 (2-1)
8 Studi Kependudukan 2 (2-0)
 Jumlah21 


No SEMESTER 3 SKS
1 TekProtan Pangan 3 (2-1)
2 Pemasaran agribisnis 3 (2-1)
3 Ekonomi Makro 3 (2-1)
4 Komunikasi Agribisnis 4 (2-2)
5 Rekayasa Usahatani 5 (3-2)
6 Apresiasi Seni 1 (0-1)
  Jumlah 19  


NoSEMESTER 4SKS
1 TekProtTan Hortikultura 3 (2-1)
2 Statistika Terapan 3 (2-1)
1 Pengambilan Keput agb 3 (2-1)
4 MK pilihan 6 (3-3)
5 Sosiologi Agribisnis 5 (3-2)
 Jumlah20 


No SEMESTER 5 SKS
1 TekPRotan Perkebunan 3 (2-1)
2 MK pilihan 4 (2-2)
3 Pengembangan Masyarakat  5 (3-2)
4 Rekayasa Agroindustri 5 (3-2)
5 KKN 3 (0-3)
  Jumlah 20  

 

NoSEMESTER 6SKS
1 Modernisasi Ritel produk pertanian 2 (1-1)
2 Pembangunan Pertanian Berkelanjutan 5 (3-2)
3 Metodologi Penelitian 3 (2-1)
4 Perencanaan Pembangunan Pertanian dan Perdesaan 5 (3-2)
5 Rek Rantai Pasok Prod Pert 5 (3-2)
 Jumlah20 


NoSEMESTER 7   
1BEDP Tanaman Pangan6(3-3)
2BEDP Tanaman Hortikultura6(3-3)
3BEDP Tanaman Perkebunan6(3-3)
4Skripsi5(0-5)
 Jumlah23 

 
TOTAL SKS144


Prospek Kerja Jurusan Agribisnis
Salah satu tujuan reorientasi paradigma penyusunan kurikulum pendidikan tinggi dari yang semula berbasis isi menjadi berbasis kompetensi adalah untuk menjawab permasalahan tidak adanya link and match antara kebutuhan bursa kerja sebagai pengguna lulusan perguruan tinggi dengan kualifikasi lulusan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi sebagai produsen tenaga kerja terdidik (skilled labor).  Profil lulusan Program Studi Agribisnis secara umum peluang kerja atau profesi bagi lulusannya  dapat dikategorikan sebagai berikut

1. Bisnis komoditi baru
Beragam komoditi yang melimpah di tanah Indonesia, bisa menjadi salah satu peluang besar dan juga tantangan bagi kamu lulusan sarjana Agribisnis yang ingin mengembangkan komoditi khas di berbagai wilayah di Indonesia. Contohnya Salah satunya yang cukup dikenal adalah buah merah Papua. Buah merah di Papua sangat melimpah. Ekstraknya buah merah bisa dimanfaatkan di bidang agribisnis seperti minuman sari buah merah, sabun maupun minyak wangi. Kalau kamu bisa mengembangkan komoditi baru ini, peluangnya sangat terbuka besar.

2. Entrepreneur
Biasanya selain usaha mandiri, ada banyak yang berasil menciptakan Startup yang fokus pada komoditi buah dan sayuran segar. Mereka terinspirasi membuka usaha tersebut karena adanya peluang yang besar dan masyarakat yang melek teknologi merasa terbantu dengan tidak perlu repot-repot datang ke supermarket atau pasar, tinggal klik, pesan, buah dan sayuran pesanan sudah siap diantar ke rumah kamu. Startup ini seperti revolusi belanja bulanan ya, gak selalu harus ke pasar dan becek-becekkan lagi. Semua sudah tersedia dalam gadget kamu.

2. Bekerja di instansi pemerintah
Siapa sih yang gak pengen jadi pegawai negeri sipil (PNS). Pasti kamu juga kepengen kan? Wajar kok, karena peluangnya juga cukup besar, lulusan agribisnis bisa mendaftar di instansi seperti Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan maupun Kementerian Perindustrian atau di perusahaan BUMN. Peluang bekerja di instansi pemerintahan biasanya dibuka melalui pendaftaran CPNS atau perekrutan pegawai di kementerian atau instansi terkait.

3. Bekerja di sektor swasta
Lulusan agribisnis selain bekerja di sektor formal seperti di instansi pemerintahan, bisa juga bekerja di perusahaan swasta lho. Bedanya, biasanya di sektor swasta kamu akan bekerja dengan sistem kontrak yang lama bekerjanya diketahui saat kamu sudah diterima nanti. Kamu juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang agribisnis maupun komoditi. Atau, kalau kamu berniat membuka usaha sendiri, bisa menjadi supplier komoditas di bidang ini.

4. Menjadi peneliti
Ada banyak lembaga penelitian baik milik pemerintah maupun milik perusahaan swasta yang bergerak di bidang agriindustri maupun agribisnis. Ini juga menjadi peluang bagi kamu yang ingin bekerja sebagai peneliti di instansi tersebut. Kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian baik milik pemerintah maupun swasta. Siapa tahu penelitian kamu bisa menemukan usaha terbaru bidang ini dan memberikan peluang besar bagi pasar. Berikut adalah lembaga pemerintah yang menaungi peneliti di bidang ini seperti LIPI, Badan Pusat Statistik (BPS), Badan Urusan Logistik (Bulog) bisa menjadi peluang karir bagi kamu selepas lulus kuliah nanti.

5. Menjadi akademisi
Kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar atau dosen di Universitas yang membuka program studi Agribisnis. Pengalaman kamu selama di lapangan bisa jadi modal untuk mengajar karena langsung dapat dipraktikkan ke dalam kelas dan memberikan tidak hanya teori, melainkan pengetahuan riil tentang pengaplikasian ilmu agribisnis di lapangan.

Selain itu, berdasarkan hasil tracer study need assessment (market signal) yang dipetakan pada scientific vision diperoleh

Images by: fp.ub.ac.id/

Profil lulusan Program Studi Agribisnis yang relevan berdasarkan rujukan scientific vision dan market signal sebagaimana telah disebutkan di atas, antara lain:

  • Kuadran 1 (be employed): manajer (designer unit agribisnis)dan praktisi atau operator di bidang agribisnis (field manager, organizer), birokrat (PNS, perancang kebijakan, planner), akademisi (pendidik, peneliti, pengkaji, konsultan, pelatih, assesor, evaluator, dsb), fasilitator pengembangan agribisnis (pengurus LSM atau bentuk organisasi lain, koperasi, perbankan, inovator, komunikator, kooperator, mediator, fasilitator, inisiator, kreator, dsb)
  • Kuadran 2 (self employed): misalnya pengrajin bonsai, kolektor tanaman hias dan herbarium, pengamat dan penulis di bidang agribisnis*
  • Kuadran 3 (business owner): wirausaha agribisnis, marketing and promotion agent, ekspor impor, pemilik institusi keuangan yang menyediakan jasa permodalan agribisnis.
  • kuadran 4 (investor): investor di bidang agribisis.


Rekomendasi universitas untuk kuliah Jurusan Agribisnis
Kita telah membahas tentang kuliah di jurusan Agribisnis, matakuliahnya, dan prospek kerja. Nah setelah mengetaui semua itu, kamu pasti bertanya-tanya apa saja univ dengan jurusan Agribisnis dengan akreditasi A?. Kamu bisa cek web BAN-PT sebagai sumber resminya, dan untuk tahun ini berikut unversitas dengan jurusan Agribisnis akreditasi A


Saran untuk kamu saat kuliah di jurusan Agribisnis nanti
Saran kami kalau emang sibuk-sibuknya kuliah agribisnis yang banyak praktikum
  • Prioritas. Kalian harus tahu ya mana yang penting, antara tugas laporan atau rapat. Kalau udah jadi mahasiswa kalian bener-bener harus tahu waktu, gabisa menangin dua-duanya, ya kerjain sebaik-baiknya.
  • Manajemen waktu. Ini sih harus bisa banget urutin waktu, buat kegiatan hari ini, terus tepatin dan laksanain. Persiapkan semua itu di malam hari agar hari esok bisa lebih lancar
  • Hidup sehat. Ini pointnya misalkan kalian ada kelas pagi dan ada deadline laporan, ya seenggaknya kalian tuh buat plan harus tidur jam berapa, harus ngerjain laporan jamberapa, jangan sampe mata panda terus kalian sakit yang membuat pekerjaan semakin menumpuk
  • Do'a. Yang terakhir jangan lupa kencengin doa dan ibadahnya, segala urusan dan masalah selalu ada jalan kalurnya selama kita dekat dengan tuhan.


Q&A seputar jurusan agribisnis
Karena terlalu banyak DM instagram Bang Lanang Official tentang jurusan ini, maka dari itu pertanyaan yang masuk langsung kami jawab di sini ya

1. Kak yang masuk jurusan itu harus anak saintek ya kak?
Iya karena agribisnis masuknya di rumpun saintek jadi yang masuk jurusan itu anak saintek alias ipa hehe.

2. Perbedaan Agrobisnis dan agribisnis?
Kalau agrobisnis sama agribisnis sebenarnya keduanya sama. Agro dan agri itu padanan kata yang berarti sama yaitu pertanian. Cuman ada juga yang menyebutnya Agrobisnis ada yang agribisnis tapi yang dipelajari sama saja. Lalu, kalau dijurusan lain di FPIK misalnya itu ada yang namanya Agrobisnis Perikanan. Ituu dia bisnisnya dibidang perikanan

3. Menurut kakak, kira kira apa kesulitan dari prodi agribisnis?
Kesulitannya adalah di prodi ini banyak sekali disiplin ilmunya. Jadi yang dari IPA belum seluruhnya tahu tentang matkulnya, tiap semester saling berkaitan dan baru materinya jadi kita harus beradaptasi dulu. Apalagi anak IPA itu dapetnya mapel IPS kan cuman dikelas 10 aja jadi yang namanya ekonomi bla bla bla itu udah lupa. Lalu banyak banget tantangan yang dihadapi mulai praktikum, laporan segala macem itu yang membuat kita kadang kadang menjadi deadliner hehe

4. Pembelajarannya lebih ke asintel atau soshum ka?
Pembelajaran di agribisnis ituu pembelajarannya seimbang engga berat sebelah. Soshum dan saintek sama porsinya dan berkaitan satu sama lain

5. Dalam agribisnis itu matematika berdominan ga sih kak?
Matematika tentu berdominan dumss. Apalagi kalau kena matakuliah seperti Manajemen Keuangan (seperti akuntansi) membutuhkan kejelian yang teliti sekali, Budidaya (menghitung kebutuhan pupuk dan luasan lahan), berapa produktivitas dan lain sebagainya. Ekonomi apalagi banyak matematikanya. Pasar uang tiga sektor dua sektor dll

6. Ka alasan kk milih agribisnis apa?
Alasan saya memilih prodi Agribisnis adalah karena saya ingin menghilangkan image buruk atau kesan negatif bahwa petani itu terkesan kumuh, kucel, dekil, bau keringet, mainan lumpur, tua bangka dah apalah itu wkwkw. Terus saya juga ingin membuktikan bahwa kalau ambil jurusan ini itu ga cuman jadi petani aja kalau lulus. Saya ingin membuktikan kalau pertanian itu juga bisa berjaya seperti jurusan jurusan lainnya. Dan saya ingin sekali berterimakasih dengan pahlawan pangan karena apa yg tersaji di meja makan itu juga berkat jerih payah dari petani itu sendiri.

7. urusan agribisnis selain di UB, di universitas apa aja, kak?
Sudah kami tuliskan di atas, semoga membantu :D

8. Suka duka pas baru pertama kali masuk jurusan agribisnis menurut kaka apa aja?
Suka
Kalau sukanya banyak, dari yang sederhana dulu bisa kenal sama temen seluruh indonesia asekkk. Terus ilmu yang didapet banyak. Tau caranya nanem, caranya memproyeksikan kebutuhan pupuk pertanaman, jalan jalan ke perusahaan sama ke sawah, gali lubang tutup lubang mengamati tanah, makan makan. Loh kenapa makan makan? Karena apa yang kita tanam pasti akan dimakan. Ya ga? Wkwkwk. Dan masih banyak suka yang lainnya yang tidak bisa diungkapkan lewat kata kata
Dukanya
Kalau ini dukanya yaaa selalu jadi deadliner kalau ada laporan. Laporan belum selesai muncul tugas baru lagi wkwkw tugas belum selesai nambah lagi, kadang jam tidur makin berkurang kalau sudah mendekati deadline. Kadang kena dosen yang killer dan banyak maunya. Suka kesel kalau apa yg kita kerjain susah susah tapi ngasi nilainya seenak jidat. Adaaaaa wkwkwkw tapi dengan itu alhamdulillah bisa melewatinya dengan mulussss

9. Kak ada ngelab gak? Kalo ada ngelabnya ngapain yak?
Ada joshh. Ngelabnya kalau aku dulu di semester 2 sama 5. Ngelabnya klasifikasi tanah, identifikasi jenis jenis tanah yang cocok untuk pertanian, mengenali hama dan penyakit di tanaman, menghitung ph, resapan air dalam tanah dan lain lainn.

10. Tips masuk UB dengan jurusan agribisnis gmna kak Tipsnya
  • Minta doa restu orang tua karena sangat penting sekali bagi masa depan kalian
  • Berdoa disaat saat mustajabah
  • Selalu tulis apa yang menjadi keinginan kalian di secarik kertas lalu yakinkan kalau keinginanmu bakal tercapai
  • Pikirkan dengan matang apa yang akan kamu ambil. Jangan sampai salah melangkah
  • Selalu senyum dan semangatšŸ˜Š

Source:
www.faperta.unpad.ac.id
www.fp.ub.ac.id/
www.quipper.com
www.beasiswa-id.net
www.easyuni.co.id
/www.arhamaf.com
http://intipjurusan.com
http://nabilapratyaa.blogspot.com








































































Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

1 comment

  1. Jika anda tertarik atau ingin menjadi software developer, anda dapat mengunjungi blog yang saya buat :)
    Software Developer

    ReplyDelete

Post a Comment

berilah komentar yang tidak melanggar peraturan website

Download Soal

close