Mengapa Banyak Anak Berprestasi Tidak Lolos SNMPTN?

Mengapa Banyak Anak Berprestasi Tidak Lolos SNMPTN?

Brainesia.com Sebenarnya ini sudah hal yang biasa, banyak anak berprestasi tidak diterima SNMPTN merupakan langkah awal para siswa untuk mengetahui betapa kejamnya kehidupan di dunia
Tidak ada yang tahu bagaimana panitia penyeleksi SNMPTN dalam menilai. Siswa yang berprestasi tidak selalu aman untuk mengamankan satu kursi di SNMPTN.

Memiliki sertifikat Olimpiade Sains Kebumian tingkat Nasional tidak diterima di FITB ITB, keterima malah lewat jalur SBMPTN. Siswa yang hanya mengandalkan nilai saja malah diterima.

Akan tetapi, ada beberapa faktor yang diyakini bisa membuat siswa-siswi memiliki peluang diterima yang lebih besar, diantaranya :

Daerah yang Sama dengan Universitas Tujuan.
Sekolah SMA di Depok memiliki peluang diterima lebih besar untuk berkuliah di UI dibandingkan bersekolah SMA di Banjarmasin.

Alumni yang banyak di Universitas Tujuan.
Semakin banyak alumni yang berkuliah di universitas tujuan kamu, khususnya dengan prodi yang sama, peluangmu untuk keterima jalur SNMPTN ini semakin besar.

Mungkin siswa berprestasi tersebut bersekolah diluar daerah universitas tujuannya, belum ada alumni yang berkuliah di universitas tujuan, atau ada alumni yang berkuliah di universitas tujuan tetapi dengan prodi yang berbeda.

Terkadang jika siswa tersebut memiliki sertifikat prestasi, sertifikat tersebut harus linier dengan jurusan yang diambil.

Bila ada siswa memiliki sertifikat Olimpiade Sains Biologi, peluang diterima akan lebih besar jika memilih jurusan yang ada kaitannya dengan biologi, contohnya kedokteran atau biologi murni. Lain halnya jika memilih jurusan teknik informatika, karena kaitannya dengan biologi sangat kecil.

Faktor tersebut tidak selamanya benar, ada saja siswa yang memiliki nilai yang cukup, sertifikat prestasi yang linier, alumni yang sudah berkuliah di prodi tersebut, dan daerah yang sama dengan universitas tujuan tetap saja tidak diterima.

Sekali lagi, hanya Tuhan dan panitia SNMPTN yang tahu bagaimana penilaiannya.

So, apakah kita tidak perlu rajin belajar? No, kita tetep harus memasang target kita setinggi mungkin tak peduli omongan orang.

Source: https://m.facebook.com/groups/2039624379469092?view=permalink&id=2711303515634505
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment