-->
Informasi Jalur Pendaftaran Prestasi Khusus Universitas Lampung 2020
close

Informasi Jalur Pendaftaran Prestasi Khusus Universitas Lampung 2020

Brainesia.com Jalur Prestasi Khusus merupakan penerimaan mahasiswa baru yang memberikan kesempatan kepada lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA), Madrasah Aliyah (MA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan sederajat yang memiliki prestasi khusus bidang akademik, olah raga, seni dan keagamaan.


Syarat yang harus di penuhi
  1. Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah (MA)/Sederajat di Provinsi Lampung atau Luar Provinsi Lampung tapi merupakan putra/putri daerah Lampung yang dibuktikan dengan KTP siswa/orangtua berdomisili di Lampung yang merupakan lulusan Tahun 2018, 2019, 2020;
  2. Nilai raport rata-rata setiap semester, dari semester I sampai semester VI minimal 75 (skala 100) atau 7,5 (skala 10).
  3. Memiliki prestasi/juara di bidang akademik/bidang olah raga/bidang seni dan/atau bidang keagamaan yang dibuktikan dengan memiliki piagam/sertifikat/medali;
    Bidang Akademik:
  • Juara 1 (satu) Olimpiade Sains SMA sederajat minimal Tingkat Provinsi
  • Juara Lomba Cepat Tepat (LCT) dalam rangka Dies Natalis Universitas Lampung sesuai SK tentang Penetapan Pemenang Lomba Cepat Tepat (LCT) Bidang IPA/IPS Tingkat SMA/MA Se-Provinsi Lampung Dalam Rangka Dies Natalis Ke-54 Universitas Lampung Tahun 2019.
  • Juara Olimpiade Sains, Matematika, dan Komputer (Osamakom) FMIPA Unila tahun 2019 dalam rangka perayaan Dies Natalis Ke 54 Unila.


  • Bidang Olahraga:
  • Prestasi pada salah satu cabang olahraga minimal juara 1 di tingkat provinsi (PraPON, PORPROP), atau tingkat Nasional (O2SN, PON, Kejurnas) atau tingkat Internasional (Sea Games, Asean Games, Olimpiade, dan lain-lain).
  • Kejuaraan merupakan event resmi yang diselenggarakan oleh induk Organisasi olah raga atau KONI (dibuktikan dengan surat rekomendasi).
  • Diutamakan untuk kejuaraan bidang perorangan.


    Bidang Seni :
  • Juara salah satu cabang seni pertunjukan minimal juara 1 (satu) tingkat Provinsi, yang   diselenggarakan    oleh    Instansi Pemerintah atau organisasi seni anggota Koalisi Seni Indonesia (KSI).


    Bidang keagamaan:
  • Hafiz Qur’an minimal 5 Juz atau Hafidz kitab Alfiyyah ibnu Malik minimal 500 bait serta mampu membaca kitab Fathul Qorib dengan benar.
  • Juara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) atau Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) minimal juara 1 (satu) tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh pemerintah dan lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) yang dibuktikan dengan piagam/sertifikat/surat keputusan yang dilegalisir oleh pihak yang berwenang.
  • Prestasi minimal juara 1 (satu) tingkat provinsi pada Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional atau Nasional;
  • Prestasi minimal juara 1 (satu) tingkat provinsi pada Dharma Wacana dalam kejuaraan tingkat Provinsi, Regional atau Nasional.


Tatacara Pendaftaran
  1. Mendaftar secara online pada laman http://admisi.unila.ac.id.
  2. Membayar uang pendaftaran (pembelian PIN) sebesar Rp. 200.000,00 melalui Bank BNI.
  3. Apabila diterima akan dikenakan pembayaran UKT sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga yang bersangkutan.
  4. Peserta boleh mengusulkan 2 (dua) Program Studi lintas Fakultas sesuai jurusan asal Sekolah.
  5. Jurusan IPA boleh memilih Saintek dan Soshum sedangkan Jurusan IPS hanya Soshum saja.
  6. Peserta wajib mengirimkan berkas pendaftaran yang diminta menggunakan pos/ekspedisi ke sekretariat BPPMB lt 3. Gedung Rektorat Unila, dan bukti pengiriman diunggah di laman pendaftaran
  7. Khusus Fakultas Kedokteran peserta wajib tidak buta warna dan sehat jasmani dan rohani (Jika dinyatakan lolos harus mengirimkan hasil tes tidak buta warna dan hasil tes kejiwaan/MMPI dari instansi yang berwenang).

 

Berkas yang harus dikirimkan

  1. Kartu Peserta Jalur Prestasi Khusus dari aplikasi pendaftaran
  2. Surat Pernyataan Peserta Jalur Prestasi Khusus dari aplikasi pendaftaran
  3. Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kedua Orang tua /Wali yang telah dilegalisir lurah/kepala desa.
  4. Foto copy rapor semester 1 sampai dengan semester 6 yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  5. Foto copy Ijazah dan/atau SKHU yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
  6. Surat rekomendasi yang berisi keterangan peringkat kelas semester 1 sampai dengan 6 dan bahwa yang bersangkutan benar-benar siswa berprestasi yang ditandatangani oleh kepala sekolah atau pejabat yang berwenang sesuai dengan ketentuan yang berlaku. (format lampiran 1)
  7. Foto copy Piagam/Sertifikat/Surat Keputusan yang telah dilegaslisir oleh pejabat yang berwenang.
  8. Foto yang bersangkutan ketika menerima medali/piagam/surat keputusan pada waktu kejuaraan berlangsung.
  9. Rekomendasi dari KONI Propinsi untuk olahraga dan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi untuk bidang seni/budaya.
  10. Seluruh dokumen diatas dimasukkan kedalam MAP dengan ketentuan sebagai berikut: warna Kuning untuk kategori Akademik, warna Merah untuk kategori Olahraga, warna Ungu untuk kategori Seni,  warna Hijau untuk kategori Keagamaan. Map tersebut di tempel dengan form verifikasi sesuai format.
  11. Map pada poin diatas, dimasukkan kedalam amplop coklat dan ditulis Nama peserta, Nomor Peserta, Prodi Pilihan dan alamat serta pada pojok kanan atas di tulis PRESTASI KHUSUS. Berkas dikirimkan paling lambat cap pos/ekspedisi 10 Agustus 2020 ke:

Panitia Seleksi Prestasi Khusus Unila 2020
Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB)
Universitas Lampung
Gd. Rektorat lt. 3
Jl. Soemantri Brojonegoro No. 1 Bandar Lampung kode pos 35145

  1. Jika lolos seleksi administrasi, pada waktu wawancara harap membawa dan menunjukan berkas yang asli.


Proses Seleksi
  1. Proses seleksi SIMANILA Program Prestasi Khusus dibagi atas dua tahap yakni seleksi administrasi, dan seleksi wawancara.
  2. Peserta yang lolos seleksi adminstrasi akan dipanggil mengikuti seleksi wawancara yang diumumkan pada laman https://simanila.unila.ac.id
  3. Peserta yang lolos seleksi wawancara dan diterima di Unila akan diumumkan pada laman https://simanila.unila.ac.id tanggal 2 September 2020.


Biaya Pendaftaran

Dipungut biaya Pendaftaran sebesar Rp. 200.000,-, dan apabila dinyatakan lulus akan dikenakan pembayaran UKT sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga yang bersangkutan.

Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal