-->
Jurusan Kuliah Sepi Peminat, Lulusanya Banyak di Cari dan Di Gaji Tinggi
close

Jurusan Kuliah Sepi Peminat, Lulusanya Banyak di Cari dan Di Gaji Tinggi

Brainesia.com Pada dasarnya cepat atau lambat dapat pekerjaan dan besar kecilnya gaji tergantung mahasiswanya masing-masing, ada berbagai faktor yang mempengaruhi, dan sebagian besar di pengaruhi oleh prestasi dan keaktifan mahasiswa tersebut. Akan tetapi jurusan yang kita pilih juga menjadi faktor penting dalam menentukan jenis pekerjaan. Dalam perekrutan pekerjaan biasanya di berikan syarat harus dari jurusan tertentu, karena mereka butuh seseorang berkemampuan dengan bidang yang sesuai. Maka dari itu banyak yang berebut kuliah di suatu jurusan di berbagai universitas dengan mengikuti berbagai tes masuk kampus. Berikut Jurusan Sepi Peminat Tapi Lulusannya di Gaji Tinggi 

Jurusan Kuliah Sepi Peminat, Lulusanya Banyak di Cari dan Di Gaji Tinggi
www.brainesia.com



Jurusan Kuliah Sepi Peminat Untuk Anak IPA

1. Jurusan Astronomi

Jurusan ini juga direkomendasikan untuk kamu suka dan mampu menguasai pelajaran sulit seperti matematika, fisika, dan juga astronomi itu sendiri. Jurusan ini juga termasuk kedalam jajaran jurusan yang sepi peminat. Karena mayoritas orang sudah merasa takut duluan padahal belum mencoba. Padahal jurusan ini sangat special bagaimana tidak seorang lulusan jurusan ini dapat bekerja pada BMKG, LAPAN, hingga NASA sekalipun. Gimana keren bangetkan? 

Gaji Jurusan Astronomi

Untuk gaji seorang staf pelindung bumi di NASA saja bisa mencapai $187.000 atau setara dengan Rp.2,7 miliar! Dan nominal itu belum termasuk bonus di dalamnya.


2. Jurusan Aktuaria

Jurusan aktuaria ini adalah jurusan yang direkomendasikan buat kamu yang suka menghitung karena pada jurusan ini kamu akan diajarkan ilmu-ilmu seperti ilmu matematika, ekonomi, manajemen bisnis, dan ilmu komputer. Melihat perkembangan bidang asuransi di Indonesia yang semakin lama semakin meningkat membuat ahli-ahli di bidang Aktuaria ini sangat dibutuhkan apalagi saat ini kebijakan pemerintah Indonesia yang memberikan kewajiban pada suatu perusahaan untuk wajib memiliki minimalnya satu aktuaria pada perusahaannya tersebut. Sedangkan ahli jurusan ini di Indonesia masih sangat sedikit sehingga membuat Indonesia krisis akan aktuaria ini. Padahal lulusan aktuaria ini dapat membuat kita menjadi rebutan perusahaan-perusahaan dengan gaji yang ditawarkan cukup tinggi.

Gaji Jurusan Aktuaria

Aktuaris dan perusahaan asuransi bagaikan rumah sakit yang nggak bisa beroperasi tanpa adanya dokter. Tapi ternyata, nggak cuma perusahaan asuransi aja lho yang wajib punya tenaga Aktuaris. Perusahaan dana pensiun, investasi, manajemen risiko, dan perbankan juga nggak kalah perluUntuk gaji seorang aktuaris pada umumnya mencapai angka Rp. 4.000.000 sampai Rp. 7.000.000


3. Jurusan Teknik Biomedis

Teknik biomedis adalah jurusan yang akan mengajari kita tentang bermacam-macam prinsip atau ilmu teknik dalam bidang medis atau yang disebut juga dengan kedokteran. Spesialnya, lulusan jurusan ini digadang-gadang mampu untuk memperbaiki alat-alat medis yang rusak, nah gimana? Unik kan jurusannya. Materi kuliah memang lebih susah dan lebih banyak dari materi ilmu kedokteran pada umumnya. 

Gaji Jurusan Teknik Biomedis

Para lulusan jurusan ini berpeluang untuk bekerja pada bidang kesehatan, bidang industri, serta bidang pendidikan tentunya dengan gaji yang tinggi. Seperti yang ada di Amerika Serikat seorang teknis biomedis yang memiliki gaji sekitar Rp.915 juta/bulannya. Melihat perkembangan bisnis di bidang kesehatan Indonesia yang semakin hari semakin meningkat tentunya membuat lulusan ini mendapatkan penawaran kerja dengan gaji yang cukup tinggi. 


4. Jurusan Oseanografi

Oseanografi adalah jurusan yang mengajarkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kelautan, jurusan ini akan sangat bagus untuk kita warga Indonesia karena Indonesia adalah negara maritim dengan luas laut kira-kira 62% dari luas teritorialnya sehingga dengan kondisi ini akan dapat memaksimalkan jurusan Oseanografi ini sehingga sumber daya yang ada di lautan dapat diolah dengan sangat banyak. Namun untuk itu diperlukan SDM(Sumber daya manusia) sehingga diperlukanlah lulusan-lulusan Oseanografi yang telah mempunyai ilmu sehingga dapat berperan dan memberikan kontribusi untuk pembangunan bangsa dalam sektor kelautan. 

Gaji Jurusan Oseanografi

Biasanya lulusan jurusan ini akan berprofesi sebagai Coastal modeler, oceanographic surveyor, metocean engineer, hydrographic surveyor, oceanographer, marine seismic navigator (offshore navigator), marine environmental scientist, dan banyak lagi Gaji yang ditawarkan untuk Fresh Graduate Oseanografi mencapai angka 10jt loh..


5. Jurusan Teknik Perkapalan

Tertarik dengan jurusan Teknik Perkapalan? Coba ubah dulu mindsetmu bahwa lulusan jurusan Teknik Perkapalan akan bekerja terus-menerus di laut. Tentunya Jurusan ini akan mempelajari tentang kapal dan alat transportasi lainnya terutama yang mengambang di laut. Kamu akan belajar berbagai macam hal tentag perancangan dan pembangunan kapal, mulai dari bentuk dasar dan struktur kapal, proses produksi, cara memperbaiki kapal, navigasi kapal, aspek hukum kelautan, hingga mekanisme pengoperasian armada kapal. Jurusan Teknik Perkapalan tidak sama dengan Teknik Sistem Perkapalan. Jika kamu masuk jurusan Teknik Sistem Perkapalan, maka kamu akan fokus pada perkuliahan tentang sistem instrumen pada kapal.



6. Jurusan Teknik Desain dan Manufaktur

Jurusan Teknik Desain dan Manufaktur menawarkan ilmu yang sangat penting untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan belajar banyak hal tentang berbagai macam inovasi produk sesuai dengan kemajuan serta perkembangan pengetahuan. Persiapkan diri dengan baik untuk belajar CAD 3D dan CNC karena perkuliahanmu akan identik dengan kedua hal tersebut. Selepas lulus nanti, peluang kerja untuk lulusan Teknik Desain dan Manufaktur terbuka lebar. Kamu bisa terjun di bidang bisnis pembuatan kapal serta bidang lain yang membutuhkan jasa lulusan Teknik Desain dan Manufaktur. Jadi, peluang kerjanya di dunia industri mulai dari desain sampai dengan proses manufaktur.

Kalau jurusan ini ada berbagai bisang yang mungkin lebih spesifik, berikut bidang Manufakur, teknik desain dan besaran gajinya 

Gaji Jurusan Dsain dan Manufaktur

  • Manufacturing Director (pendidikan S1, masa kerja di atas 15 tahun, Rp 85-150 juta). 
  • Project Manager (pendidikan S1, masa kerja 3 tahun, rentang gaji Rp 17-20 juta). 
  • Sales Engineer Assistant Manager (pendidikan S1, masa kerja 13 tahun  Rp 15-23 juta). 
  • Sales Manager (pendidikan S1, masa kerja 3 tahun, rentang gaji Rp 15-17 juta). 
  • Procurement Manager (pendidikan S1, masa kerja di atas 3 tahun, rentang gaji Rp 14-17 juta).
  • Electrical Engineer (pendidikan S1, masa kerja 3-5 tahun, rentang gaji Rp 13-15 juta). 
  • Senior Sales Engineer (pendidikan S1, masa kerja 4 tahun, rentang gaji Rp 10-17 juta). 
  • Mechanical Design Engineer (pendidikan S1, masa kerja 3-5 tahun, rentang gaji Rp 9-13 juta).
  • QA Engineer (pendidikan S1, masa kerja 3-5 tahun, rentang gaji Rp 8-12 juta). 
  • Sales Engineer (pendidikan S1, masa kerja 3-5 tahun, rentang gaji Rp 8-10 juta). 
  • Sales Executive (pendidikan S1, masa kerja 2 tahun, rentang gaji Rp 6-9 juta). 
  • Sales Engineer (pendidikan S1, masa kerja 1-3 tahun, rentang gaji Rp 4,5-6 juta).


7. Jurusan Fisioterapi

Jurusan Fisioterapi mungkin masih banyak dianggap sebagai jurusan sepi peminat prospek bagus. Jika kamu mencari jurusan yang sedikit peminat tapi peluang kerja besar, maka kamu bisa mempertimbangkan jurusan Fisioterapi. Ilmu fisioterapi ini utamanya adalah memperbaiki gangguan fungsi alat gerak dan tubuh yang mengalami masalah. Jadi, jangan bayangkan bahwa di jurusan Fisioterapi kamu akan dipersiapkan menjadi tukang pijat karena kamu tidak hanya akan mempelajari teknik-teknik terapi saja. Terdapat cara untuk melakukan terapi yang harus disesuaikan dengan penyakit pasien. Kamu juga akan belajar tentang kinesiologi, fisiologi, patologi beserta manajemennya, biomekanik, dan hal yang asih berkaitan. 

Gaji Jurusan Fisioterapi

Setelah lulus dari jurusan Fisioterapi, Prospek kerjanya akan menjadi fisioterapis profesional apalagi setiap ada lowongan kerja PNS, jurusan ini sepi pendaftar. Apabila ingin membuka tempat praktik sendiri, kamu hanya perlu mengiris surat izin atau langsung bergabung dengan lembaga penyedia lowongan kerja untuk lulusan ini. Apabila Anda seorang fisioterapis maka gaji yang akan Anda dapatkan cukup tinggi. Terlebih lagi, bila Anda memilih berkarir di luar negeri dan di pusat kesehatan terkemuka. Dilansir dari Prospects, beragam gaji fisioterapi bisa dilihat pada data di bawah ini:
Jenis perawatGaji per bulan
Fisioterapis tersertifikasi (baru)Rp 30.000.000,- hingga Rp 39.000
Fisioterapis tersertifikasi (berpengalaman)Rp Rp 37.000.000,- hingga Rp 49.000.000,-000,-
Fisioterapis tersertifikasi spesialis (berpengalaman)Rp 44.000.000,- hingga Rp 57.000.000,-000,-
Fisioterapis tersertifikasi spesialis berpengelaman tingkat lanjut> Rp Rp 57.000.000,-000,-

8. Jurusan peternakan

Bila kamu mengambil jurusan ini maka sebagian besar yang kamu pelajari adalah tentang peternakan, sesuai dengan nama jurusannya. Yang kamu pelajari adalah tentang bagaimana cara meningkatkan produktivitas dan mutu genetik di peternakan dengan menggunakan teknologi canggih. Jadi wajarlah kalau lulusan dari jurusan ini diharapkan bisa jadi solusi dalam mengatasi krisis daging yang melanda Indonesia sekaligus meningkatkan kualitas ternak untuk diekspor ke luar negeri. 

Gaji Jurusan Peternakan

Lulusan dari jurusan peternakan bisa bekerja di bidang industri seperti Industri Pakan Ternak, Industri Produksi peternakan, industri pengolahan pangan asal ternak, industri obat hewan, maupun industri pengelolaan limbah. Selain itu, kamu juga bisa berpeluang kerja di instansi pemerintahan seperti kementerian pertanian, kementerian koperasi, kementerian lingkungan hidup, kementerian perindustrian, dan masih banyak lagi. Untuk fresh graduate sarjana jurusan peternakan ditawarkan gaji sekitar Rp 5 juta per bulannya. Dan tentu saja nominal tersebut akan ikut bertambah seiring dengan bertambahnya skill dan kemampuanmu.



9. Jurusan Teknik Penerbangan dan Aeronautika

Dari namanya dan kedengarannya sendiri udah bikin mumet. Memang, bidang pendidikan ini termasuk jenis perkuliahan yang dikategorikan rumit dan sulit. Tapi, ada beragam keuntungan di balik kesulitan jurusan Teknik Penerbangan. Karena minimnya jumlah institusi atau akademi yang menawarkan bidang ini, kamu harus lebih cermat dalam memilihnya dan mempersiapkan diri untuk mengikuti tes masuknya.  

Gaji Jurusan Teknik Penerbangan dan Aeronautika

Soal gaji? Nggak usah diragukan lagi. Lulusan Aeronautika dan Astronautika dibutuhkan di industri manufaktur (Dirgantara Indonesia), Industri jasa perawatan pesawat (GMF AeroAsia, Merpati Maintenance Facilites), maskapai penerbangan, industri telekomunikasi, dan Departemen Perhubungan Udara  yang tentunya gak akan menimbulkan banyak pertanyaan untuk prospek ke depannya. Gaji yang Anda dapatkan sebagai seorang perawat bisa jadi cukup bisa terutama bila Anda bekerja luar negeri. Dilansir dari AllNursingSchools, rata-rata gaji tenaga perawat bisa dilihat pada data di bawah ini:

Jenis perawatGaji (USD)Gaji (Rupiah)

Aerospace engineers

USD 112,000 per tahunRp 1,5 milyar per tahun

Flight Technicians

USD 88,000 per tahunRp 1,2 milyar per tahun

Pilots or crew members of a spacecraft

USD 84,000 per tahunRp 1,15 milyar per tahun

Physical scientists

USD 108,000 per tahun

Rp 1,48 milyar per tahun

Technical communicators

USD 105,380 per tahunRp 1,4 milyar per tahun


Jurusan Kuliah Sepi Peminat Untuk Anak IPS

1. Jurusan Ilmu Arkeologi

Apa yang terbesit di benakmu ketika disebut nama jurusan arkeologi? Jika kamu mendalami jurusan Arkeologi, kamu akan belajar meneliti benda-benda zaman dahulu dan benda bersejarah. Mungkin masih ada diantara kamu yang menganggap bahwa belajar tentang peninggalan masa lalu tidaklah begitu penting. Sebenarnya, semua jurusan pasti akan memberikan dampak dan kontribusi, tidak terkecuali jurusan Arkeologi yang memungkinkan lulusannya lebih paham dengan peradaban masa lalu ketika masyarakat belum mengenal huruf dan angka. Oleh karena itu, catatan masa lalu yang sangat terbatas perlu dicari dan ditelaah lebih lanjut.Masih ingin mendalami jurusan Arkeologi? Tenang, terdapat banyak Perguruan Tinggi bergengsi di luar negeri yang menyediakan fasilitas untuk kamu, bahkan hingga meraih gelar PhD 

Gaji Jurusan Arkeologi

Peluang kerja jurusan Arkeologi ke depannya adalah menjadi seorang arkeolog, peneliti, sejarawan, dll. Apabila tujuan utamamu setelah lulus nanti menjadi seorang arkeolog namun belum tercapai, kamu bisa mencoba peluang lain untuk bekerja di bidang akademik seperti museum sebagai seorang kurator maupun arsiparis. Selama mendalami jurusan Arkeologi, kamu pun akan diajarkan cara mengolah data, sehingga peluang kerja selepas lulus bisa juga berkaitan dengan bidang pengumpulan data hingga penulisan laporan di sektor jurnalistik hingga konservasi. Adapun gajinya sebesar USD61.551 atau sekitar 800 juta.


2. Jurusan Ilmu Sejarah

Jangankan anak IPA, anak IPS aja kalau ditanya soal pelajaran sejarah pasti ogah-ogahan jawabnya. Secara, ilmu sejarah emang butuh daya hapalan yang tinggi. Isinya tanggal semua broh... makanya, gak banyak anak IPS yang mau kuliah di jurusan sejarah. Kalau kamu kuliah di jurusan sejarah, kamu akan mempelajari mengenai urutan fakta-fakta masa lampau dengan menggunakan tafsiran dan penjelasan yang memberikan pemahaman tentang apa yang terjadi. Peluang kerjanya gak harus jadi sejarawan, lulusanya bisa juga jadi budayawan ,jurnalis dan lain sebagainya. Jurusan ini di UNPAD memiliki passing grade sebesar 29,20%, di UI 30,9%, UGM 40,21%, dan di UNS 28,5%.

Gaji Jurusan Ilmu Sejarah

ProfesiGaji perbulan
Guru atau dosenRp 3.000.000,- hingga Rp 5.000.000
Penulis Skenario Film SejarahHingga Rp 20.000.000,-
Pemandu Wisata SejarahHingga Rp 24.000.000,-
Pembawa Acara BudayaRp 3.000.000,- hingga Rp 8.000.000,-

3. Jurusan Kriminologi

Kata Kriminologi sebenarnya berasal dari bahasa Latin yang merupakan gabungan crimen dan memiliki arti kejahatan dan logos yang bermakna ilmu. Maka jika dilihat secara umum, kriminologi berarti suatu disiplin ilmu yang mempelajari berbagai aspek tentang kejahatan. Ilmu Kriminologi memang erat kaitannya dengan ilmu Sosiologi. Akan tetapi ilmu Kriminologi juga terkoneksi dengan beberapa ilmu lainnya seperti Psikologi, Psikiatri, Ekonomi, Sejarah, Biologi, Geografi, Antropologi, Filsafat, Politik, Hukum, dan bahkan berhubungan juga dengan ilmu Jurnalistik. Di beberapa kampus yang menyediakan jurusan Kriminologi, kamu juga akan menjumpai berbagai pilihan konsentrasi yang menarik lho. Penasaran bukan dengan hal tersebut? Sebut saja Cyber Crime, Kriminologi Jurnalistik, Kejahatan Transnasional, Kepenjaraan, Kriminologi Teoritis, Industrial Sekuriti, hingga Penegakan Hukum.

Gaji Jurusan Kriminologi

Setelah mengenali sedikit profil atau informasi mengenai jurusan Kriminologi, maka kini kamu bisa melihat apa saja prospek kerja jurusan Kriminologi yang menjanjikan tersebut. Perlu brainesia ulang lagi bahwa jurusan Ilmu Kriminologi ini sangat pas bagi kamu yang suka menganalisa (observan) suatu hal dengan teliti, kritis, dan rasional. Apalagi jika jurusan Kriminologi memang menjadi salah satu jurusan ilmu bidang sosial yang kamu minati. Apabila kamu mengetahui prospek kerja jurusan Kriminologi yang masih terbuka lebar, kamu pasti akan langsung membulatkan tekad untuk mendaftar.
ProfesiGaji perbulan
Peyidik KPKRp 20.000.000,- hingga Rp 25.000.000 
Lembaga KepolisianRp 4.000.000,- an
KejaksaanRp 2.000.000,- hingga Rp 4.000.000,-
Departemen KehakimanRp 2.000.000,- hingga Rp 4.000.000,-


4. Jurusan Sastra

Jurusan Sastra termasuk yang kurang banyak diminati. Namun, jurusan yang satu ini diperkirakan akan sangat berguna di masa depan. Dari dulu, mahasiswa jurusan Sastra kerap dipandang sebelah mata, karena jurusannya dianggap “main-main”, dengan mata kuliah yang “main-main”, serta nilai yang “main-main” juga. Jadi, kalau kamu berencana kuliah di jurusan Sastra, siap-siap aja ditodong dengan pertanyaan-pertanyaan yang berbau “salah kaprah”, terutama dari orang-orang yang nggak paham dengan ilmu liberal arts, atau sekedar menganggap jurusan Sastra itu underdog.

Gaji Jurusan Sastra

Mungkin banyak yang menganggap bahwa mahasiswa lulusan sastra bakal sulit mencari kerja. Padahal kenyataannya tidaklah demikian, karena ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan orang lulusan sastra, entah itu Sastra Inggris, Jepang, Arab, atau jurusan lainnya. Nggak ada alasan lagi buat kamu untuk bingung mencari kerja setelah lulus
ProfesiGaji perbulan
EditorRp 3.000.000,- hingga Rp 8.000.000 
CopywriterHingga Rp 10.000.000,- an
PenerjemahRp 3.000.000,- hingga Rp 10.000.000,-
Content WriterRp 3.000.000,- hingga Rp 5.000.000,-

5. Ekonomi Pembangunan

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu bagian dari ilmu Ekonomi yang secara spesifik mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan terjadi di negara berkembang. Pembangunan tersebut mencakup industri, perbankan, keuangan, dan bisnis. Selain itu di program studi ini kamu akan menganalisis berbagai isu isu perekonomian untuk kemudian mencari dan menemukan solusi dari berbagai persoalan ekonomi secara kritis, kreatif, dan inovatif. Di program studi ini kamu dipersiapkan untuk menjadi perencana bidang pembangunan ekonomi sehingga bisa turut membantu terciptanya kesejahteraan bersama. Ekonomi Pembangunan bisa jadi prodi yang tepat bagi kamu, terutama apabila kamu punya minat untuk mempelajari ilmu ekonomi. Terlebih, dengan memilih prodi ini, kamu berpeluang untuk turut berperan serta dalam mewujudkan pembangunan negara di masa depan. Kalau kamu tipe yang menyukai pelajaran hitungan, kamu akan cocok dengan prodi ini. Karena di prodi ini selain banyak menghitung, dan menganalisa angka-angka menjadi kurva dan data statistik lainnya

Gaji Jurusan Ekonomi Pembangunan

Kuliah jurusan Ekonomi Pembangunan mungkin terdengar asing bagi sebagian orang sebagaimana memang pamornya yang kalah dengan jurusan-jurusan kuliah lainnya. Kalah pamor, bukan berarti bukan unggulan. Nyatanya jurusan yang khusus memperdalam ilmu ekonomi makro dan mikro ini memiliki peluang dan potensi karier yang menjanjikan di masa depan.
ProfesiGaji perbulan
Analis AnggaranRp 4,2.000.000,- hingga Rp 6,5.000.000 
Ahli EkonomiRp 4,6.000.000,- hingga Rp 18.000.000 
Pemasaran & PenjualanRp 2,9.000.000,- hingga Rp 7.000.000,-
jabatan di PerbankanRp 25.000.000,- hingga Rp 35.000.000,-



source
www.prospects.ac.uk
www. AllNursingSchools.com
www.ekonomi.kompas.com
www.hipwee.com
www.lancangkuning.com
www.mamikos.com
www.hidupcu.com
www.rencanamu.id
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal