-->
Cara Membuat Laporan dan Contoh Format Penulisanya
close

Cara Membuat Laporan dan Contoh Format Penulisanya

Brainesia.com Dalam kegiatan sehari-hari pasti kamu sering dong membuat laporan, apalagi kalau kamu seorang yang aktif didunia organisasi dan banyak agenda acara, membuat laporan yang baik dan benar sangat perlu kamu pahami agar tidak ada kesalahan yang dapat merugikan pihak lain maupun dirimu sendiri. Dengan kata lain Laporan bisa dibilang adalah bentuk pertanggung jawabanmu kepada semua pihak yang terlibat di dalam suatu acara atau agenda. 
Laporan dalam bahasa Inggris "report" berasal dari bahasa Latin "portare" yang berarti membawa atau mengangkut. Awalan (prefix) "re" berarti kembali, maknanya bahwa jika seseorang ditugaskan untuk mengadakan penelitian, dan setelah itu ia harus membawa hasil fakta dan data hasil penelitian tersebut obyektif dan tulus. Laporan dimaksudkan untuk memberikan gambaran mengenai peristiwa yang terjadi. Isi laporan yang benar akan mendorong mutu penulisan laporan yang baik. Artinya, kebenaran isi tercakup pada laporan yang memiliki bentuk yang sistematis, penalaran yang jelas, dan mengikuti bahasa dengan kritis. Secara umum, laporan dapat dianggap sebagai pelaksanaan komunikasi secara tertulis dan lisan. Sedangkan secara khusus yaitu dalam konteks administrasi, laporan memperoleh pengertian khusus sebagai pertanggungjawaban pelaksanaan tugas dan fungsi setiap satuan organisasi. (Soetrisno dan Renaldi, Brisma : 121)

Macam-macam Laporan

Laporan iru sendiri terdiri dari 3 metode looh, yakni Laporan yang dapat dilakukan langsung secara lisan, Laporan Visual yang disajikan dalam bentuk gambar, entah lukisan, foto, film atau slide, dan laporan dalam bentuk tulisan seperti memo, naskah, buku dll. Berikut beberapa jenis laporan yang sering kita buat 

Laporan Peristiwa

Laporan peristiwa/berita adalah laporan yang menyajikan tentang proses atau keadaan berlangsungnya sebuah peristiwa. Laporan ini dapat diolah melalui unsur 5W+1H, tetapi dimuat dalam bentuk deskriptif. Misalnya surat kabar, majalah, dan sebagainya.

Laporan Diskusi/Kegiatan

Laporan diskusi disebut juga notulen adalah laporan yang menyajikan mengenai jalannya diskusi.
Laporan kegiatan. Laporan kegiatan yaitu laporan mengenai kegiatan yang telah berlangsung. Contohnya: kegiatan OSIS, laporan kegiatan PKL, laporan kegiatan pramuka, dan lainnya.

Laporan Perjalanan

Laporan perjalanan adalah laporan yang disusun secara naratif dan kronologis yang berisikan pengalaman dari penulis.

Laporan Penelitian

Laporan penelitian yaitu laporan yang berisi mengenai hasil penelitian yang telah dilakukan.



Struktur Laporan

Cover

Cover merupakan halaman yang letaknya berada di bagian paling awal sebuah laporan. Sama halnya dengan makalah, di dalam cover sebuah laporan juga memuat judul, identitas, dan keterangan dari si penulis.

Kata Pengantar

Kata pengantar merupakan bagian yang tidak boleh dilewatkan dalam membuat sebuah laporan. Halaman ini nantinya berfungsi untuk mengantarkan pembaca agar dapat memahami laporan seperti apa yang telah kamu buat. Untuk membuat kata pengantar di sebuah laporan, kamu bisa melihat berbagai contoh kata pengantar yang baik dan benar sebagai referensi.

Daftar Isi

Sesuai namanya, daftar isi merupakan halaman yang di dalamnya memuat pemetaan halaman untuk setiap bagian, mulai dari kata pengantar sampai halaman terakhir. Untuk membuat daftar isi, kamu bisa memanfaatkan fitur table of content yang ada pada Microsoft Word atau aplikasi sejenis.

Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian awal dari laporan yang berisi beberapa sub-bab seperti latar belakang dan tujuan kegiatan.

a. Latar Belakang

Latar belakang berisi tentang faktor apa saja yang membuat kamu menyusun laporan tersebut. Biasanya, latar belakang mencakup sebuah jawaban dari “Apa yang membuatmu melakukan penelitian/kegiatan tersebut?”.

b. Tujuan

Di bagian ini, kamu bisa menjelaskan tentang tujuan dibuatnya kegiatan atau penelitian yang kamu lakukan. Dalam penulisannya, cukup deskripsikan tujuan secara singkat dan jelas.

Pembahasan

Pembahasan atau juga bisa disebut sebagai isi, merupakan bagian inti dari laporan yang kamu buat. Di bagian ini, sebisa mungkin jelaskan secara detail dan mencakup unsur 5W + 1H. Misalnya, jika laporan yang kamu buat adalah laporan kegiatan, maka kamu bisa mengisinya dengan:
  • Kegiatan apa yang kamu lakukan?
  • Siapa saja yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut?
  • Di mana kegiatan tersebut dilaksanakan? dll

Penutup

Penutup biasanya berisi kesimpulan tentang kegiatan dan laporan yang telah kamu buat. Kamu bisa menuliskan ringkasan tentang hal-hal yang telah kamu paparkan sebelumnya pada bagian ini. Selain kesimpulan, kamu juga bisa menambahkan saran untuk para pihak terkait atau kendala yang kamu alami selama kegiatan berlangsung.

Lampiran

Bagian terakhir merupakan lampiran. Lampiran adalah halaman yang memuat berbagai dokumentasi tentang kegiatan yang telah kamu lakukan. Dokumentasi tersebut dapat berupa foto/gambar, tabel, surat, dan sebagainya.Lampiran tersebut nantinya akan mewakili kelengkapan laporan yang kamu buat.

Gambaran format penulisan laporan di Atas
Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Bab 1 Pendahuluan
  • Latar Belakang Masalah
  • Identifikasi Masalah (Jika Laporan Ilmiah)
  • Penegasan Istilah (Jika Laporan Ilmiah)
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Penelitian (Jika Laporan Ilmiah)
  • Manfaat Penelitian  (Jika Laporan Ilmiah)
  • Keterbatasan Penelitian (Jika Laporan Ilmiah)
Bab II Pembahasan
  • Kegiatan apa yang kamu lakukan?
  • Siapa saja yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut?
  • Di mana kegiatan tersebut dilaksanakan? dll
Bab III Penutup
  • Kesimpulan
  • Saran 
Daftar Pustaka (jika Laporan Bersifat Ilmiah)
Lampiran



Cara Membuat Laporan yang Benar

Memilih Topik

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat laporan tentunya adalah memilih sebuah topik. Topik dalam hal ini bisa ditentukan oleh guru/dosen atau pihak lainnya, bisa juga merupakan topik yang kamu pilih sendiri untuk melakukan sebuah penelitian atau kegiatan. Jika kamu memilih topik kamu sendiri, usahakan untuk memilih topik yang kamu sukai atau kamu kuasai. Jika topik sudah ditentukan oleh guru/dosen, pastikan kamu memahami syarat dan ketentuan yang telah diberikan.

Melakukan Penelitian/Kegiatan

Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah melakukan sebuah penelitian atau kegiatan yang sesuai dengan topik tersebut. Selain melakukan penelitian atau kegiatan, kamu juga harus mencari berbagai referensi yang berhubungan dengan topik yang kamu pilih. Hal tersebut nantinya akan membantu kamu dalam menulis dan melengkapi isi dari laporan yang akan kamu buat.

Buat Kerangka Laporan

Setelah kedua hal di atas kamu lakukan, sekarang saatnya untuk membuat kerangka laporan. Kerangka laporan berisi sekumpulan gagasan utama yang menggambarkan inti dari laporan yang kamu buat. Misalnya, jika kamu membuat sebuah laporan kegiatan KKN, maka kamu bisa menulis terlebih dahulu gagasan utamanya seperti berikut:
  • Profil Lokasi KKN
  • Potensi Lokal Lokasi KKN
  • Kegiatan Utama KKN
  • Hasil Kegiatan KKN Dst
Pembuatan kerangka ini bertujuan untuk mempermudah pengaturan dan penyusunan laporan yang akan kamu buat.

Mulai Menulis Laporan

Setelah membuat kerangka, sekarang saatnya kamu mulai menulis laporan. Jangan lupa, tulis laporan dengan struktur yang baik dan benar seperti yang sudah kami jelaskan di atas. Mulailah menulis dari bagian pendahuluan sampai dengan penutup. Untuk menulis laporan, gunakanlah kalimat yang jelas serta berdasarkan data dan fakta yang ada. Perhatikan juga format laporan jika sebelumnya telah ditentukan oleh guru/dosen kamu.

Menyunting Laporan

Setelah selesai menulis laporan, jangan lupa untuk mengeceknya terlebih dahulu. Perhatikan setiap kalimat dan kata. Perhatikan apakah terdapat kesalahan penulisan atau kesalahan ejaan. Jika terdapat kesalahan, segera sunting bagian tersebut agar laporan bisa segera kamu publikasikan, entah itu dikumpulkan dalam bentuk cetak (hardcopy) atau file (softcopy).



Prinsip-Prinsip Penulisan Laporan

Laporan pada dasarnya merupakan alat komunikasi juga. Supaya dapat digunakan sebagai alat komunikasi yang efektif, sebuah laporan harus memenuhi beberapa syarat. Berikut merupakan syarat atau prinsip dalam menulis laporan

Lengkap

Lengkap artinya data dan fakta yang ada dalam laporan haruslah lengkap
Jelas. Sebuah laporan disebut jelas bila uraian dalam laporan tidak memberi peluang ditafsirkan secara ganda oleh pembaca yang berbeda. Ini dapat tercapai bila bahasa yang digunakan benar dan komunikatif

Benar / akurat

Data dan fakta yang salah dapat menuntun pembaca membuat keputusan yang salah. Jadi kebenaran dan keakuratan isi yang ada dalam laporan sangat diperlukan.
Sistematis. Laporan harus disusun sedemikian rupa, dengan system pengkodean yang teratur, sehingga mudah dibaca dan diikuti oleh pembaca. Laporan yang sistematis juga akan memudahkan orang lain dalam memahami isinya.

Objektif

Penulis laporan tidak boleh memasukkan selera pribadi ke dalam laporan yang dibuatnya. Pelapor harus bersikap netral dan memakai ukuran umum dalam menilai sesuatu sesuai dengan yang diamati.
Tepat waktu. Ketepatan waktu mutlak diperlukan, karena keterlambatan dalam membuat laporan bisa mengakibatkan keterlambatan pengambilan keputusan.



Penyajian Laporan

Laporan Informal

Laporan ini biasanya diwujudkan dalam bentuk e-mail, memo, atau surat yang dibuat dengan tidak mengikuti atauran pembuatan laporan pada umumnya. Pembuat laporan dapat membuat bentuk yang sesuai dengan keinginannya sendiri dan sering tanpa disertai dokumen-dokumen yang mendukung materi laporan. 

Laporan Formal

Laporan ini sifatnya analitis yang dibuat dengan mengikuti aturan resmi dalam pembuatan laopran dan didukung oleh dokumen-dokumen resmi. Salah satu hal yang paling penting diperhatikan adalah pembuat laporan harus mampu menginterpretasikan data dengan benar. Kekeliruan dalam menginterpretasikan data akan berdampak pada kesalahan dalam pembuatan kesimpulan atau rekomendasi. Dalam pembuatan kesimpulan, unsur subektivitas pembuat laporan tidak boleh dimasukkan agar laporan tetap bersifat benar dan objektif.


Contoh Laporan

1. Contoh laporan Diskusi/Kegiatan


Cover / Judul

“ LOMBA MEMPERINGATI HARI KEMERDEKAAN “

Kata Pengantar
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, sebab dengan rahmat serta hidayah- Nya Saya bisa menuntaskan Laporan Kegiatan Lomba “ Memperingati Hari Kemerdekaan” Dengan adanya laporan ini semoga bisa berikan manfaat serta sebagai bukti kepada seluruh pihak, untuk saya serta untuk kepala daerah dan warga. Saya menyadari kalau laporan ini belum sempurna serta masih mempunyai banyak kekurangan. Oleh sebab itu, saya mengharapkan kritik serta anjuran yang membangun dari seluruh pihak yang membaca.


Daftar Isi
  • Kata Pengantar 
  • Daftar Isi 
  • Pendahuluan 
  • Pembahasan 
  • Penutup
  • Lampiran

Pendahuluan (Latar Belakang,Tujuan)

        
a. Latar Belakang
Untuk memperingati hari Merdeka negara Republik Indonesia maka akan diadakannya lomba-lomba sebagai mana untuk menghargai para jasa pahlawan kita yang telah gugur. Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya telah terlaksananya ajang lomba antar rt/rw

b. Maksud dan Tujuan Kegiatan
  • Untuk memperingati jasa pahlawan bangsa
  • Untuk kekompakan warga
  • Membangun kerukunan antar warga
  • Meramaikan desa

Pembahasan
Nama dan Jenis kegiatan
Kegiatan ini adalah perlombaan antar warga desa yang akan dilaksanakan selama satu hari di lingkungan halaman lapangan bola desa Ngadi Rejo. Untuk melaksanakan kegiatan ini, warga diwajibkan untuk melakukan pendaftaran setiap tim yang akan diikut sertakan lomba. Kegiatan ini akan diisi dengan lomba seperti panjat pinang dan bola voli dilingkungan sepak bola dengan dibimbing oleh segenap panitia desa Ngadi Rejo.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan
  • Tanggal : Sabtu, 18 Agustus 2019
  • Tempat : Lapangan Sepak Bola Ngadi Rejo
  • Peserta Kegiatan: Kegiatan ini diikuti oleh seluruh warga Ngadi Rejo.
  • Susunan panitia kegiatan ini terlampir di lampiran.

Anggaran Biaya
Uang masuk ( donatur, iyuran ) dan pengeluaran untuk kegiatan ini terlampir di lampiran.

Pelaksanaan kegiatan
  • 08.00 – 08. 30 = Pendaftaran Tim Peserta Lomba
  • 08.30 –09. 00 = Pembukaan Acara Lomba
  • 09.00 –11. 30 = Lomba Bola Voli (Hingga Final Penentuan Juara)
  • 11.30 –13. 00 = Istirahat ( Sholat, Makan )
  • 13.00 –14. 30 = Acara – Selesai Lomba Panjat Pinang
  • 14.30 –16.00 = Acara penutup, Pembagian Hadiah

Penutup
Demikian laporan kegiatan yang telah di laksanakan sesuai dengan waktu yang telah dipaparkan, semoga bisa menjadi bukti acara dan menjadi manfaat bagi semua belah pihak.

Lampiran
Lampiran 1:
  • Penanggung Jawab :Suwardi S.pd
  • Ketua Pelaksana :Yanto Banis
  • Bendahara :Rira Septi
  • Seketaris :Dewi Indah
  • Seksi Acara :Deni, Tanto, Enggal, Anggit, Dewo, Ajiz
  • Seksi Konsumsi :Hendra, Wendi, Irawan
  • Perlengkapan :Feri, Agus, Dono
Lampiran 2:
  • Uang Masuk:
Kepala Desa :3.000.000
Pemuda Desa :1.500.000
Donatur Warga :1.000.000
  • Uang Keluar:
Sewa Tarup :700.000
Sewa Perlengkapan Suara :500.000
Beli Perlengkapan Lomba Voli :500.000
Perlengkapan Lomba Panjat Pinang: 500.000
Beli Hadiah Lomba :1.500.000
Konsumsi :500.000


2. Contoh Laporan Peristiwa

Kegiatan gotong royong rutin
Cover (isi dengan gambar)

Di daerah sekitar lingkungan kelurahan Bumi Mulyo, Lampung Timur, tepatnya di RW 03. Akan dilakukan kerja bakti oleh warga RW 03. Kerja bakti akan dilaksanakan, pada tanggal 12 Juni 2001. Warga yang mengikuti kerja bakti pada umunya adalah kaum pria dewasa.

Sedangkan untuk kaum wanita, khususnya untuk ibu-ibu, biasanya mereka memasak beramai-ramai yang akan disuguhkan untuk waraga yang mengikuti kerja bakti. Kegiatan ini sudah menjadi acar rutin tiap bulannya.

Karena sampah-sampah yang ada di selokan tiap harinya semakin banyak sehingga memerlukan pembersihan.Maka dengan adanya kegiatan kerja bakti ini mampu mengatasi sampah yang membanjiri selokan dan lingkungan tersebut pun menjadi bersih dan terhindar dari segala macam penyakit.


3. Contoh Laporan Perjalanan

KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Karya Wisata adalah kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah pengetahuan siswa serta menambah pengalaman. Setelah karya wisata kami laksanakan, siswa diwajibkan untuk membuat karya tulis. Karya tulis adalah hasil dari suatu kegiatan yang telah dilaksanakan. Laporan karya tulis ini merupakan tugas bagi semua angkatan kelas VIII SMP 1 MEGALUH. Dalam penyusunan karya tulis ini, siswa diharapkan dapat melaporkan segala pengetahuan dan pengalamannya yang diperoleh selama menjalankan study tour selama 4 hari (Dari tanggal 26-29 Maret 2012). Pengalaman dan pengetahuan selama mengikuti study tour ke JAKARTA-BOGOR-BANDUNG diharapkan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam laporan karya tulis ini membahas tentang beberapa objek wisata dan objek study tour yang berada di JAKARTA-BOGOR-BANDUNG dan sekitarnya.

B. Tujuan
Tujuan yang hendak kami capai dalam pembuatan laporan perjalanan ini serta dalam pelaksanaan study tour adalah sebagai berikut:
  • Menyelesaikan tugas akhir Bahasa Indonesia
  • Untuk menambah pengetahuan dan pengalaman siswa.
  • Untuk mengembangkan potensi, etika, estetika, dan pratika.
  • Untuk memupuk rasa cinta terhadap tanah air.
  • Mensyukuri Keindahan Alam
  • Dapat menerapkan ilmu dan pengetahuan yang telah didapat sehingga dapat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari.
  • Bermanfaat bagi pembaca dalam menambah pengetahuan mengenai seputar objek wisata.
BAB II
Pembahasan
A. Persiapan
Pada hari Senin tanggal 26 Maret 2011, siswa siswi SMP 1 Megaluh berkumpul di bangsal SMP 1 Megaluh untuk persiapan keberangkatan menuju ke Jakarta dalam rangka Study Tour. Sebelum berangkat kami semua dibagikan tas kecil dari pihak “Duta Tour”, sesudah itu kami diberi pengarahan oleh Bapak Wahab selaku pembina. Setelah kami meneima pengarahan, kami semua harus menunggu kedatangan Bapak Alim, S.Pd selaku Kepala SMP 1 Megaluh, selama beberapa menit. Beberapa menit kemudian, Bapak Alim, S. Pd pun hadir dan langsung memberi beberapa sambutan. Sesudah itu kami semua berangkat meninggalkan Kota Jombang untuk menuju ke Ibu Kota Jakarta.

B. Isi
Di perjalanan, kami semua juga mendapat pengarahan dari pihak “Duta Tour”. Beberapa saat kemudian, kami semua berhenti di Rumah Makan Sendang Wungu, Gringsing, untuk mengisi perut kami. Setelah kami selesai makan, kami semua melanjutkan perjalanan menuju Jakarta. Di perjalanan menuju Jakarta, kami semua tidur karena harus mengumpulkan energi untuk menjalankan aktivitas di keesokan harinya. Setelah menempuh perjalanan yang cukup melelahkan, kami pun sampai di Pondok Haji Indonesia, Pondok Gede, Jakarta Timur. Di sana kami bisa beristirahat sejenak dan membersihkan badan. Setelah itu, kami sarapan bersama dengan teman-teman lainnya. Kemudian kami, diberi waktu untuk berkeliling dan melihat-lihat lingkungan sekitar PHI, kami pun sempat berfoto bersama teman-teman. Setelah itu, kami munuju objek yang sudah ditentukan.

Objek pertama yang kami datangi adalah Museum PP IPTEK yang berada di Kawasan TMII. Perjalanan menuju TMII sangatlah singkat, mungkin hanya 5 menit. Disana kami dapat melihat, menyentuh, dan mempraktekkan penemuan – penemuan atau percobaan – percobaan. Kami diberi waktu untuk mengelilingi Museum PP IPTEK selama 1 jam 30 menit.
Setelah mengunjungi Museum PP IPTEK kami pun melanjutkan perjalanan menuju Theatre IMAX Keong Mas yang masih berada di Kawasan TMII. Disana kami menyaksikan film 3Dimensi. Film yang kami toton bertemakan tentang Kehidupan Monyet yang Hampir Punah. Kami pun menjadi prihatin dengan kondisi monyet – monyet tersebut yang hampir punah.

Setelah melihat film di Theatre IMAX Keong Mas, kami semua melanjutkan perjalanan menuju Kota Bogor, untuk mengunjungi objek kedua yaitu Taman Safari Cisarua Bogor. Perjalanan menuju ke Kota Bogor cukup lama. Setelah sampai, kami langsung berkeliling area Taman Safari dengan menggunakan bis. Selama perjalanan mengelilingi area tersebut kami dilarang untuk turun dari kendaraan demi keselamatan bersama.

Selanjutnya kami pergi menuju Kota Bandung untuk beristirahat di daerah Lembang. Esoknya kami menuju ke objek keempat yaitu Museum Asia Afrika. Di sana banyak menyumpan barang – barang dan dokumen yang berhubungan dengan Kenferensi Asia Afrika yang diadakan di Kota Kembang ini. Di Museum ini kita juga dapat melihat film tentang Konferensi Asia Afrika.
Setelah itu kami menuju ke objek berikutnya yaitu Trans Studio Bandung. Trans Studio Bandung merupakan wahana indoor yang cukup menguji adrenalin kami. Disana kami mencoba satu – persatu wahana yang ada, dan mambeli oleh – oleh seperti baju, topi, boneka yang disediakan di Kawasan Trans Studio.

Setelah bermain di Trans Studio Bandung kami segera menuju ke Kawasan Cibaduyut. Disana kita dapat membeli sepatu, baju, jaket, tas dan juga bermacam oleh – oleh khas Bandung. Selain banyak pilhan barang kita juga bisa menawar harga barang tersebut sehingga menjadi lebih murah. Kemudian kami kembali pulang ke Kota Kudus tercinta . Setelah sampai di Kendal , kami perjalanan kami ke kudus terpaksa tertunda karena kami terjebak macet . Seharusnya kami sampai di Kudus jam 10.00 WIB tapi karena macet kami harus makan pagi . Seharusnya kami tidak di sediakan makan pagi , tapi karena macet kami di kasih sarapan pagi oleh Duta Tour dan setelah makan kami melanjutkan perjalanan pulang menuju ke Jombang 

C. Objek
1. Museum PP IPTEK-TMII
Museum PP IPTEK-TMII adalah salah satu wisata yang mengoleksi penemuan-penemuan. Museum PP IPTEK-TMII berada di provinsi Jakarta. PP IPTEK berada di kawasan TMII yang merupakan tempat wisata juga.Objek wisata ini berada di provinsi DKI Jakarta. Lebih tepatnya terletak di Barat kota Bekasi, kira-kira 25 km.

2. Theater IMAX Keong Mas
Letak Objek Wisata Theater IMAX Keong Mas Provinsi DKI Jakarta Kotamadya Jakarta Timur. Teater pertama yang memiliki layar terbesar di Indonesia, lebih besar daripada layar bioskop ukuran normal. Dan di sana selalu ramai dikunjungi orang.Laporan Letak Objek wisata Theater IMAX Keong MAS terletak di provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di kecamatan Keramat Jati, lebih tepatnya desa Ancol. Letaknya sekitar 25 km arah barat dari kota Bekasi . Dan letak objek wisata Theater IMAX Keong Mas dekat dengan objek wisata Museum PP IPTEK. Theater ini merupakan theater pertama di Indonesia yang memiliki layar terbesar. Film-film yang di tampilkan mengangkat tema tentang Alam.

3. Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor
Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor terletak di provinsi DKI Jakarta, objek wisata tersebut berada di kota Bogor. Kondisi disana dibuat seperti aslinya, seperti di hutan. Hewan-hewan disana dibiarkan bebas berkeliaran. Pengunjung yang berkeliling Taman Safari Indonesia I Cisarua Bogor, dilarang membuka jendela kendaraan dan member makan hewan di Taman Safari tersebut.

4. Museum Konferensi Asia Afrika
Gedung Konferensi Asia Afrika bertempat di jalan raya besar yang bernama Jalan Asia Afrika yang didirikan oleh arsitek belanda bernama Van Galenlast dan C.O. Wolf Shoomaker. Luas Gedung Konferensi Asia Afrika sebesar 7500 m2


BAB III
PENUTUP
A. Kesan
Kesan yang kami dapatkan selama kami mengikuti study wisata banyak sekali. Kami merasa senang karena kami bisa mengikuti study wisata bersama teman – teman dan guru. Selain itu kami juga mendapatkan banyak sekali ilmu baru. Kami juga mendapatkan pengalaman baru yang tidak akan pernah kami lupakan.

B. Pesan
Karya Wisata kemarin sebagai sarana pembelajaran siswa di luar sekolah dan untuk Menyegarkan Pikiran saat kebingungan ketika Kegiatan Belajar Mengajar sedang berlangsung. Selain itu Kegiatan Karya wisata kemarin juga berguna untuk menambah wawasan peserta didik . Disana Kami lebih tahu , betapa indahnya Alam Ciptaan Tuhan Yang Maha Esa . Dari Situlah kami ingin meninggalkan beberapa pesan yaitu ,



4. Contoh Laporan Penelitian 

1. Penelitian Kualitatif

BAB I 
PENDAHULUAN 

1.1 Latar Belakang 
Berdagang merupakan solusi yang tepat jika seseorang memiliki cukup modal atau sudah bosan dengan ruitinitas di kantor dan sudah bosan menjadi seorang pegawai. Membuka usaha perlu melakukan banyak rencana yang harus dipikirkan bukan hanya modal saja yang harus jadi awal seseorang untuk mulai berdagang tetapi juga beberapa persiapan lain seperti kreativitas dan keinovatifan didalam mengembangkan suatu usaha. 

1.2 Rumusan Masalah 
Alasan penulis memberi judul “Upaya Peningkatan Keberhasilan dalam Berdagang Siomay di Lingkungan Masyarkat” karena menurut penulis siomay merupakan salah satu jenis makanan yang disukai oleh masyarakat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Untuk itu penulis ingin memberikan pendapat atau saran dalam meningkatkan usaha berdagang siomay tersebut kepada para pedagang agar dapat mengembangkan usaha yang telah mereka geluti selama ini. Masalah yang sering dihadapi oleh pedagang adalah kurangnya pemahaman strategi dalam berdagang. 

1.3 Tujuan Penelitian 
Karena menurut penulis hal ini sangatlah penting untuk diketahui oleh para pedagang supaya para pedagang dapat mengetahui strategi dan cara yang tepat dalam meningkatkan usaha mereka agar memperoleh keuntungan yang besar tanpa mengesampingkan mutu dan kualitas dari barang dagangan tersebut.  Oleh karena itu, penulis ingin meneliti dan mencari tahu lebih dalam lagi mengenai upaya-upaya peningkatkan keberhasilan dalam berdagang siomay dilingkungan masyarakat. 


BAB II 
PEMBAHASAN 

1. Data Hasil Wawancara 
  • Waktu : Rabu, 19 September 2012 
  • Tempat : Di depan ruang Koperasi kampus Universitas Kristen Indonesia 
  • Narasumber : Nana (seorang pedagang siomay) 
2. Tanggapan Penulis dari Hasil Wawancara
Dari hasil percakapan pada wawancara di atas dapat dikatakan bahwa usaha berdagang siomay tersebut berhasil. Maka dalam kesempatan ini saya akan menjelaskan pendapat kami mengenai rencana pengembangan terhadap dagangan siomay tersebut kedepannya agar semakin sukses.  Berdagang merupakan bagian dari sebuah kegiatan dalam berwirausaha. Namun agar usaha yang digeluti bisa medatangkan keuntungan yang besar tidak cukup hanya dengan hanya menyumbangkan modal yang besar tetapi juga dibutuhkan kerja keras, tanggung jawab, kreativitas, dan inovasi serta dorongan berprestasi didalam mengembangkan usaha tersebut. Berdasarkan hasil survei yang telah saya amati, usaha berdagang siomay tersebut kedepannya sebaiknya perlu ditingkatkan mutu dan kualitasnya guna mencapai keuntungan yang lebih besar lagi. Dan mengembangkannya lebih luas agar mendapatkan hasil yang lebih banyak, yaitu dengan cara membuka cabang ditempatlain. 

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Perbaikan diantaranya, adalah 
  • Fasilitas tempat makan yang telah tersedia, saat ini fasilitas yang tersedia masih kurang memadai seperti lahan tempat berdagang yang sempit. Hal ini dapat menyebabkan pelanggan yang mulanya ingin makan menjadi mengurungkan niatnya jika melihat kursi yang tersedia tidak mencukupi pelanggan yang datang. 
  • Diperlukan penambahan sarana seperti meja makan, karena berdasarkan survei yang saya lihat hanya tersedia kursi saja tanpa meja makan. 
  • Saat ini lahan tempat berdagang tersebut terlihat sangat sempit dan kurang memadai. Sebaiknya pedagang tersebut bisa memperluas lahannya jika masih memungkinkan namun jika tidak pedagang tersebut bisa mencari lahan baru untuk berdagang. Tentunya diperlukan tempat berdagang yang strategis. Seperti : dikantin mahasiswa atau di kawasan yang banyak karyawan berada. 
  • Mempromosikan dagangan tersebut dengan promo-promo yang menarik dan harga yang terjangkau melalui selebaran atau social media seperti facebook atau twitter. Sehingga iklan tersebut tersebar luas dan orang – orang yang membacanya menjadi tertarik untuk datang dan mencobanya. 
  • Meperbanyak kreasi dagangan yang beraneka ragam pada tempat berdagang. 
  • Jika sarana dan prasarana berdagang sudah membaik, pedagang tersebut bisa membuka cabang baru dengan menggunakan gerobak keliling kepada orang-orang yang berminat atau menitipkannya pada seseorang yang membuka usaha Rumah makan dan mengmbil hasil dagangannya kembali pada sore hari. 
  • Namun selain melakukukan berbagai perbaikan, pedagang juga harus memiliki beberapa strategi berdagang guna menarik hati pembeli dan meningkatkan keuntungan yang lebih besar lagi. 

Beberapa strategi berdagang yang harus dilakukan adalah: 

  • Menentukan segmen pembeli dagangan Anda. Tujuan Anda berdagang harus Anda yakini dan pahami, jangan sampai dagangan tidak laku dikarenakan Anda tidak tahu untuk siapa dagangan Anda diperjualkan. Untuk itu terlebih dahulu Anda harus mengetahui segmentasi pembeli yang akan membeli dagangan Anda. Misalnya Anda adalah seorang mahasiswa yang memang lebih sering bergaul di kampus dan cakupan Anda bersosialisasi hanya dengan teman-teman kampus, sedangkan Anda berencana untuk menawarkan pakaian import dari luar negeri yang memang harganya tidak bisa dijangkau oleh orang yang belum bekerja. Jadi, kemungkinan dagangan Anda untuk laris sangat kecil jika Anda hanya menawarkan tas yang Anda jual kepada teman kampus Anda. 
  • Jangan membuat pembeli kapok. Setelah mengetahui segmentasi pembeli, hal yang yang harus dilakukan agar pembeli tidak kapok dan menjadi pelanggan tetap adalah Anda harus memberikan kemudahan atau menonjolkan nilai plus dari cara Anda berdagang, misalnya dengan cara memberikan kemudahan dalam pembayaran serta harga yang terjangkau. Selain itu, mutu dan kualitas barang dagangan tersebut juga harus menjadi hal utama yang diperhatikan agar pembeli merasa senang dan puas. 
  • Jualah produk yang bermutu dan berkualitas. Didalam berdagang Anda sangat perlu memperhatikan kepuasan pelanggan. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda harus menjual barang dagangan yang bermutu dan berkualaitas. Misalnya untuk seorang pedagang siomay, diperlukan menggunakan bahan-bahan yang bersih, alami dan masih segar sehingga cita rasa yang dihasilkan terasa enak dan sehat. Jangan menggunakan bahan-bahan yang sudah basi atau tidak segar lagi.dalam pembuatan siomay tersebut juga harus diperkirakan jumlah yang pas guna menghindari barang dagangan yang sisa terlalu banyak. Sehingga pedagang tidak menjual sisa barang dagangan sisa kemarin. 
  • Jadilah pedagang yang cerdas dengan memanfaatkan E-commerce. Menjadi pedagang yang modern adalah suatu nilai plus dalam memasarkan barang dagangan Anda, karena Anda bisa memanfaatkan sarana internet seperti jejaring sosial, blog gratis dan situs yang memang menyediakan tempat untuk mempromosikan dagangan. E-commerce adalah dimana Anda melakukan perdagangan yang memanfaatkan sarana internet sebagai media dalam mempromosikan, tentunya modal yang Anda keluarkan tidak besar, Anda cukup mengupload gambar produk yang menjadi barang dagang yang akan Anda jual, dengan mencantumkan nomor yang bisa dihubungi dan nomor rekening untuk mentransfer uang dari si pemesan. Meski begitu Anda tetap dituntut untuk selalu mengupdate ilmu e-commerce, sedapat mungkin Anda harus membuat barang dagangan Anda banyak terekspose oleh para calon pembeli sehingga peluang untuk laris pun semakin terbuka. Banyak metode yang bisa Anda lakukan, salah satunya melalui Facebook dan twitter yang merupakan social media yang paling sering dibuka oleh anak-anak muda seperti mahasiwa dan karyawan. Dengan menggunakan metode ini tentunya akan banyak pembeli yang merasa tertarik dan ingin mencobanya. 
  • Menjadi Pedagang yang Jujur. Seorang pedagang harus jujur dalam menjalankan usahanya. Pedagang yang berhasil mengelabui pembeli hanya akan mendapatkan uang lebih sesaat saja, setelah itu pembelinya akan menghindar dan tak akan kembali lagi untuk membeli dagangannya. Jika ada barang dagangan yang rusak jangan dijual lagi. Dagangan yang rusak juga jangan diletakkan dibawah barang yang bagus atau dicampur dengan barang yang bagus. 
  • Bersikaplah ramah dan murah senyum. Pepatah yang mengatakan bahwa “pembeli adalah raja” memang patut untuk menjadi prinsip bagi seorang pedagang. Karena tanpa adanya pembeli ia tidak bisa mendapatkan pemasukan. seorang pedagang harus selalu bersikap ramah dan murah senyum terhadap pembeli, sehingga pembeli menjadi senang dan tidak malas untuk datang kembali lagi sehingga bisa menjadi pelanggan tetap. 
  • Jangan Serakah. Seorang pedagang jangan serakah dalam mengambil keuntungan dari barang yang dijualnya secara berlebihan. Semua orang memang membutuhkan uang namun keserakahan tentu sangat merugikan diri sendiri dan orang lain. Pedagang hendaknya mengambil untung secara wajar dan tidak berlebihan sebagai upah jerih payahnya dalam berjualan

BAB III
PENUTUP 

Kesimpulan 
Dari pembahasan diatas, kami menyimpulkan bahwa pedagang siomay yang kami wawancarai adalah pedagang siomay yang berhasil. Yang kedepannya akan dikembangkan lebih luas dan mendapatkan hasil yang lebih banyak dengan menggunakan stategi yang benar dan modal yang cukup. 

Saran 
Adapun saran yang dikemukakan berdasarkan pembahasan yang ada yaitu: 
  • Melakukan beberapa perbaikan, seperti fasilitas makan dan kebersihan. 
  • Memiliki strategi berdagang guna menarik pembeli.

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN


2. Penelitian Kuantitatif

KATA PENGANTAR

Alhamdulillaahirabbil’aalamien, puji syukur kepada Allah SWT, yang telah memberikan waktu, kemudahan dan petunjuk kepada tim peneliti, sehingga penulisan Laporan penelitian dengan judul “Sistem Pemasaran Pada Shopie Rent Car” ini dapat terselesaikan. Serta salam semoga selalu kita kirimkan kepada jujungan kita Nabi Muhammad SAW. Sehingga mudah-mudahan kita mendapat syafaat beliau dihari akhir kelak, Amien. Dalam proses sampai dengan tersusunnya laporan penelitian ini, tim peneliti telah memperoleh bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. 

Oleh karenanya dengan segala kerendahan hati tim peneliti mengucapkan terima kasih kepada: Bapak Ridwan, S.Ag, M.Ag, selaku pembimbing sekaligus motivator kami. Teysa Dwitra, Manajer shopie Rent Car yang telah memberikan kami banyak informasi sehingga memudahkan kami dalam penelitian ini Dan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses hingga laporan penilitian ini selesai. Akhirnya, Tim Peneliti berharap mudah-mudahan laporan penelitian dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Yogyakarta, 9 Mei 2012
Tim Penulis
Fikri Farhan
Tio Afif Fahrian
Ayu Tifanny

DAFTAR ISI
Kata Pengantar ……………………………………………………………………… i
Daftar Isi ……………………………………………………………………………. ii

BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang Masalah ……………………………………………………… 1
Rumusan Masalah ……………………………………………………………. 1
Tujuan dan Manfaat Penelitian ………………………………………………. 2
Telaah Pustaka ……………………………………………………………….. 2
Metodologi penelitian ………………………………………………………… 3
Waktu dan Tempat …………………………………………………………… 4

BAB II PROFIL PERUSAHAAN
Sejarah Perusahaan …………………………………………………………… 5
Visi dan Misi …………………………………………………………………… 5
Struktur ………………………………………………………………………. 5
Denah atau Lokasi Perusahaan ……………………………………………….. 7

BAB III PEMBAHASAN
Sistem Pemasaran Pada Shopie Rent Car …………………………………….. 8

BAB IV PENUTUP
Simpulan ……………………………………………………………………… 10
Saran ………………………………………………………………………….. 11

Daftar Pustaka ………………………………………………………………………… 12
Lampiran ……………………………………………………………………………… 13



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Melihat kebutuhan masyarakat akan kendaraan, khususnya mobil, maka berbisnis rental mobil adalah bisnis yang sangat menjanjikan keuntungannya. Ciri rental mobil yang sukses salah satunnya adalah rental mobil yang mempunyai sistem pemasaran yang baik. Sophie Rent Car salah satu usaha jasa yang bergerak dalam bidang rental mobil, seharusnya mempunyai sistem pemasaran dan keuangan yang bagus untuk keberhasilan usahanya. Dari uraian di atas kami tertarik untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaran dan keuangan yang dijalankan oleh Sophie Rent Car dalam usahanya menjadi usaha rental mobil yang sukses, oleh karena itu kami memilih judul penelitian.” Sistem Pemasaran pada Sophie Rent Car”.

B. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang akan kami bahas dalam penelitian ini adalah :
Bagaimana sistem pemasaran di Sophie Rent Car?

C. Tujuan dan Manfaat penelitian
  1. Tujuan dan manfaat dari penelitian ini adalah :
  2. Untuk mengetahui bagaimana sistem pemasaran Sophie Rent Car
  3. Sebagai bahan masukan bagi usaha jasa rental mobil lainnya dalam mengatur sistem pemasaran dan keuangan
  4. Sebagai bahan untuk menanambah penegetahuan tentang sistem pemasaran disuatu badan usaha, khususnya usaha jasa rental mobil.
D. Telaah Pustaka
Pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Inti dari pemasaran adalah mengindetifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial. (Philip Kotler&Kevin Lane Keller,2009:5). Dari sudut pandang manajerial, pemasaran adalah fungsi organisasi dan serangkaian proses untuk menciptakan, mengomunikasikan, dan menghantarkan nilai kepada pelanggan dan untuk mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan pemegang kepentingannya. (Philip Kotler&Kevin Lane Keller,2009:32)

Kesuksesan keuangan sering bergantung pada kemampuan pemasaran. Keuanagan, operasi, akutansi dan fungsi bisnis lainnya tidak akan berarti jika tidak ada cukup permintaan akan produk dan jasa sehingga perusahaan bisa mengambil keuntungan. Harus ada pendapatan agar laba didapat. pemasaran yang cerdas adalah usaha tak berkesudahan. (Philip kotler&Kevin Lane Keller,2009:4)

Pemasaran yang sukses adalah pemasaran yang bisa meghantarkan atau mengomunikasikan nilai produk kepada konsumen dengan baik dan bisa menghasilkan produk yang sesuai dengan harapan konsumen. Pemasar terampil dalam mengelola permintaan: mereka berusaha mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan. pemasar terlibat dalam memasarkan berbagai jenis entitas: barang, jasa, acara, pengalaman, orang, tempat, hak kepemilikan/properti, organisasi, informasi, dan ide. (Philip Kotler&Kevin Lane Keller,2009:32). Rangkaian tugas yang diperlukan untuk manajemen pemasaran yang sukses antara lain adalah mengembangkan strategi dan rencana pemasaran, menangkap pemahaman pemasaran, berhubungan dengan pelanggan, membangun merek yang kuat, membentuk penawaran pasar, menghantarkan dan mengomunikasikan nilai, serta menciptakan pertumbuhan jangka panjang. (Philip kotler&Kevin lane keller,2009:32)

E. Metodologi Penelitian
Jenis penelitian yang kami lakukan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu dengan peninjauan langsung keobjek penelitian dalam hal ini Sophie Rent Car, ini dilakukan untuk memperoleh data yang relevan dengan tujuan penelitian secara nyata, tepat dan akurat. (Tim, 2011). Metode penelitian yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan merumuskan dan menafsirkan data yang diperoleh, menyusun dan mengaplikasikan serta menganalisis dan menginterprestasikannya sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan perusahaaan perusahaan. (Tim, 2011).  Selama observasi dilakukan kami juga melakukan wawancara dan komunikasi dengan karyawan dan pemilik usaha itu sendiri untuk mendapatkan informasi yang berguna bagi penelitian kami. (Tim, 2011).

F. Waktu dan Tempat
Penelitian ini dilaksanakan pada hari Selasa 1 Mei 2012, pukul 08.00-09.30 WIB di Perum Pamungkas Blok A No.10, Jl.kaliurang KM.17


BAB II
PROFIL PERUSAHAAN

A. Sejarah Perusahaan
Perusahaan ini didirikan pada agustus 2010 lalu, latar belakang berdirinya usaha ini karena adanya keinginaan dari pemilik rental ini untuk menambah penghasilan dengan cara yang relatif mudah dilakukan. Setelah melakukan survei pemilik perusahaan melihat besarnya peluang dari bisnis ini, karena tingginya kebutuhan konsumen akan kendaraan yang bukan milik pribadi tetapi mengutamakan privasi. Pada mulanya unit usaha ini mempunyai satu unit mobil Toyota Avanza yang dibeli secara kredit, setelah hampir dua tahun perusahaan sudah memiliki tiga buah kendaraan, ini semua karena banyaknya permintaan dari konsumen dan strategi pemasaran yang dilakukan.

B. Visi Misi
Perusahaan ini belum mempunyai Visi dan Misi.

C. Struktur Organisasi
  • Komisaris : Ir. Tentram Raharjo
  • Direktur : Virsha, S.E
  • Manajer : Teysa Dwitra
  • Karyawan : 1. Leo Harpa
Keterangan :
Komisaris
Komisaris adalah orang yang bertugas untuk melakukan pengawasan dan memberikan nasihat kepada direktur. Komisaris memiliki tugas dan wewenang, diantaranya sebagai berikut :
  • Melakukan pengawasan atas jalannya usaha dan memberikan nasihat kepada direktur.
  • Kewenangan khusus dewan komisaris, bahwa dewan komisaris dapat diamanatkan dalam anggaran dasar untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu direktur, apabila direktur berhalangan atau dalam keadaan tertentu.
  • Dalam melakukan tugas, dewan direksi berdasarkan kepada kepentingan perusahaan dan sesuai dengan maksud dan tujuan perusahaan. (Wikipedia, 2012)
Direktur
Direktur (dalam jumlah jamak disebut Dewan Direktur) adalah seseorang yang ditunjuk untuk memimpin perusahaan dalam hal ini Shopie Rent Car. Direktur dapat seseorang yang memiliki perusahaan tersebut atau orang profesional yang ditunjuk oleh pemilik usaha untuk menjalankan dan memimpin perseroan terbatas. Penyebutan direktur dapat bermacam-macam, yaitu dewan manajer, dewan gubernur, atau dewan eksekutif. Tugas dan wewenang Direktur meliputi :
  • Membuat rencana pengembangan perusahaan dan usaha perusahaan dalam jangka pendek dan jangka panjang
  • Mengawasi serta mengurus kekayaan perusahaan.
  • Bertanggung jawab penuh dalam melaksanakan tugasnya untuk kepentingan perusahaan dalam mencapai maksud dan tujuannya. (Wikipedia, 2012)
Manajer
Manajer adalah seseorang yang melakukan koordinasi dan pengawasan terhadap pekerjaan orang lain, sehingga sasaran-sasaran organisasi dapat dicapai. (Mary Coutler&Sthephen, 2010). Setiap manajer menjalankan lima buah fungsi : perencanaan (planning), penataaan (organizing), penugasan (commanding), pengkoordinasian (koordinating), dan pengendalian (controlling). (Mary Coutler&Stephen, 2010)

Karyawan
Tiap orang yang mampu melakukan pekerjaan baik di dalam maupun di luar hubungan kerja, guna menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat (UU No.13 Tahun 2003 pasal 1). Dalam hal ini, karyawan yang dimiliki Shopie Rent Car berjumlah dua orang.


BAB III
PEMBAHASAN

A. Sistem Pemasaran Pada Shopie Rent Car
Pemasaran adalah seni dan ilmu memilih pasar sasaran meraih, mempertahankan, serta menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menghantarkan, dan mengomunikasikan nilai pelanggan yang unggul. Inti dari pemasaran adalah mengindetifikasi dan memenuhi kebutuhan manusia dan sosial.(Philip kotler&Kevin Lane Keller,2009:5). Riset pemasaran merupakan kegiatan sistematis dalam rangka pengumpulan informasi, pencarian dan analisa data untuk mengidentifikasi suatu masalah yang adadalam perusahaan guna membantu manajemen dalam mengambil keputusan dan langkah selanjutnya dalam rangka meningkatkan pangsa pasar dengan cara memenuhi kenginan dan harapan konsumen akan produk.

Dalam kegiatan ini dilakukan penelitian pemasaran tentang sistem pemasaran yang digunakan oleh Shopie Rent Car terhadap konsumen. Berdasarkan wawancara yang kami lakukan kepada pemilik unit usaha ini, diketahui bahwa sistem pemasaran yang digunakan dalam memasarkan jasanya awalnya hanya melakukan promosi dari mulut kemulut, mulai dari teman dan sanak saudara. Bahkan sampai sekarang pun unit usaha ini masih merasakan betapa efektifnya metode pemasaran dengan cara seperti ini, karena tidak memerlukan banyak biaya yang banyak tapi memberikan hasil yang cukup maksimal.

Setelah manajer perusahaan melakukan evaluasi atas pemasaran yang mereka lakukan ternyata pemasaran dari mulut kemulut dirasakan kurang maka perusahaan ini juga memanfaatkan teknologi untuk memasarkan jasanya, dengan memanfaatkan BlackBerry Messenger, Facebook dan Twitter manajer perusahaan dengan dibantu dua karyawannya terus gencar melakukan promosi, hasilnya konsumen pun mulai meningkat dari sebelumnya.

Manajer Shopie Rent Car menyadari bahwa dengan keterbatasan yang dimiliki sangat mustahil untuk memenuhi semua segmen pasar, maka mereka memilih segmen khusus untuk memasarkan jasanya. Segmen yang dipilih adalah Mahasiswa, tidak bisa dipungkiri Yogyakarta sebagai Kota pendidikan memiliki puluhan Perguruan Tinggi dan masing-masing perguruan tinggi memiliki ratusan bahkan ribuan mahasiswa, merupakan pangsa pasar yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Dalam suatu usaha pasti tidak lepas dari persaingan, apalagi unit usaha rental mobil yang sangat banyak pelaku usahanya. Namun ketika ditanya bagaimana menghadapi kompetitornya manajer dari perusahaan ini malah bersyukur dengan adanya kompetitor. Kompetitor bisa dimanfaatkan, dengan meminta bantuannya. ketika banyaknya permintaan dari konsumen akan jasannya, sedangkan perusahaan tidak mampu memenuhi permintaan tersebut dikarenakan kekurangan armada mobilnya. manajer perusahaan juga menjelaskan hampir semua usaha bisnis rental mobil yang ada yogyakarta bekerja sama atau saling bantu-membantu satu dengan yang lainnya.

Manajer perusahaan juga menambahkan, saling menjaga kepercayaan adalah modal yang sangat ampuh untuk menjalankan bisnin ini, kalau tidak ada saling percaya bisnis ini tidak akan berjalan. Shopie rent Car selalu berusaha untuk menjaga kepercayaan konsumen dengan cara melakukan pengecekan rutin untuk setiap kendaraan sebelum disewakan kepada konsumen.


BAB IV
PENUTUP


A. Simpulan
Metode pemasaran yang digunakan Shopie Rent Car tidak bersifat tetap, tetapi berubah sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Terbukti dari awalnya unit usaha ini hanya menggunakan metode dari mulut-kemulut kemudian dikembangkan dengan menggunakan teknologi yang ada. Dan salah satu cara unit usaha ini mempertahankan konsumen adalah dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan.

Saran
  1. Sebaiknya Shopie Rent Car memiliki Visi dan Misi, karena Visi dan Misi merupakan salah satu aspek penting untuk kelangsungan perusahaan dalam jangka panjang dan merupakan Value perusahaan yang membedakan suatu dengan perusahaan lainnya.
  2. Armada mobil sebaiknya ditambah, melihat tingginya permintaan konsumen , maka hal ini tidak akan merugikan perusahaan, malah sebaliknya perusahaan akan terus berkembang dan dengan sendirinya profit yang diterima pun semakin tinggi.
  3. Bersikap terbuka dengan keuangan perusahaan apabila ada pihak-pihak yang ingin melakukan penelitian, karena ini menunjukkan tingkat keprofesionalan dari suatu perusahaan.
  4. Tidak hanya mengandalkan dari mulut-kemulut atau media sosial dalam promosi, tetapi juga perlu adanya kreasi-kreasi baru, baik itu dengan brosur, banner, atau dengan cara memberikan discount pada hari-hari tertentu.
  5. Sebaiknya Shopie Rent Car memberikan tarif khusus kepada konsumen yang loyal.
  6. Tetap menjaga kepuasan dan kepercayaan konsumen dengan cara memberikan pelayanan terbaik

DAFTAR PUSTAKA

Contoh skripsi manajemen pemasaran. (2011). Diakses tanggal 19 maret 2012 dari http://contohskripsi.net
Direktur. (2011). Diakses tanggal 9 mei 2012 dari http://id.wikipedia.org/wiki/Direktur
Kotler, Philip&Keller, Kevin lane. (2009). Marketing Manajement, (terj. Bob Sabran: Manajemen Pemasaran). Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kutipan, Catatan Kaki, Catatan Tubuh . (2010). Diakses tanggal 9 mei 2012 dari http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&ved=0CFwQFjAA&url=http%3A%2F%2Framakertamukti.files.wordpress.com%2F2010%2F11%2Fpenulisan kutipan.doc&ei=ToyqT9KzD8W0iQfZkrS1Aw&usg
Muslih, Muhammad. dkk. (2007). pedoman penulisan skripsi, Ponorogo: Trimurti Press.
Robbins, Stephen& Coulter, Mary. (2010). Management, (ter. Bob Sabran&Devri: Manajemen). Jakarta: Penerbit Erlangga
Tinjauan Terhadap Sistem Berjalan. (2011). Diakses tanggal 9 mei 2012 dari http://storage.jakstik.ac.id/students/paper/penulisan%20ilmiah/30402071/BAB%20III.pdf


LAMPIRAN
A. Profil Penulis
Nama : Fikri Farhan
NIM : 11311366
Alamat : Jl. Masjid, Condong Catur, Yogyakarta
E-mail : Fikri_farhan91@yahoo.com
motto hidup : Fikirkan, jalani, dan nikmati

Nama : Ayu Tifanny Musatikasari
NIM : 11311377
Alamat : RT.20 RW.04, Kuncen, Yogyakarta.
E-mail : Ayutiffany09@yahoo.com
Motto hidup : semangat !!

Nama : Tio Afif Fahrian
NIM : 11311383
Alamat : Jalan Godean KM.8, Yogyakarta
e-mail : Afiftyo@yahoo.com
Motto hidup : semangat !!


Sekian artikel dan uraian materi tentang "Cara Membuat Laporan dan Contoh Format Penulisanya" dari Brainesia, jangan lupa berkunjung ke sosmed kami ya 

Instagram : Brainesia
website    : www.brainesia.com


Source:
quipper.com
hijauku.net
bocahkampus.com
romadecade.org
aninjola.blogspot.com
fikrifarhan.wordpress.com
cryptowi.com
Soetrisno dan Renaldi, Brisma. 2009. Manajemen Perkantoran Modern (Modul    Pendidikan Dan Pelatihan Prajabatan Golongan III). Jakarta : Lembaga Administrasi Negara - Republik Indonesia
Baca Juga
SHARE
Brainesia
brainesia merupakan website belajar untuk adik-adik SMP sampai kuliah dan dapat di akses 24 jam
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Download Soal