-->
close
Kumpulan Beasiswa Untuk Kuliah ke Australia Terbaru

Kumpulan Beasiswa Untuk Kuliah ke Australia Terbaru

Brainesia.com Kuliah ke Australia merupakan suatu kebanggaan tersendiri. Selain Eropa dan Amerika, ternyata Australia juga telah menjelma menjadi incaran para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikannya. Berita baik untuk kamu yang sedang membutuhkan informasi untuk lanjut studi atau kuliah ke Australia, di bawah kami akan ulaskan berbagai beasiswa yang bisa kamu apply untuk kuliah di Australia. Sebelum itu kami akan bahaskan tentang biaya kuliah di Australia. 

Perkiraan Biaya Kuliah di Australia

Perlu diketahui kalau Australia juga memiliki deretan universitas terbaik yang tidak kalah dari kampus negara lain. Maka tak heran kalau tiap tahunnya banyak mahasiswa internasional yang memilih negeri kangguru ini sebagai destinasi menimba ilmu. Biaya kuliah di Australia tentu berbeda dengan kuliah di dalam negeri. Di kutip dari uob.id biaya kuliah di Australia tergolong mahal. Perlu kamu ketahui pula, biaya kuliah mahasiswa internasional di Australia dengan mahasiswa Australia memiliki perbedaan yang cukup besar. Dikutip dari easyuni.co.id, berikut adalah kisaran biaya yang harus kamu keluarkan untuk berkuliah di Australia. 

Foundation / Pre-U
Biaya dalam IDR (Per Tahun)*: Rp. 143 Juta – 355 Juta

Diploma
Biaya dalam IDR (Per Tahun)*: Rp. 38 Juta – 211 Juta

Sarjana (S1)
Biaya dalam IDR (Per Tahun)*: Rp. 143 Juta – 316 Juta

Magister
Biaya dalam IDR (Per Tahun)*: Rp. 191 Juta – 355 Juta

Namun biaya hal ini hanyalah untuk biaya kuliah. Anda masih harus mengeluarkan uang lagi untuk biaya tempat tinggal dan keperluan sehari-hari selama berada di sana. Tak perlu khawatir, ada beragam cara yang Anda bisa tempuh untuk meringankan pengeluaran selama berkuliah di Australia. Salah satunya adalah dengan mengikuti program beasiswa pendidikan sebagai berikut.


Beasiswa Untuk Kuliah Ke Australia

Ada tiga macam beasiswa untuk kuliah yang sudah kami rangkum, beasiswa satu dengan yang lainnya sangat berbeda dari segi pemberi beasiswa dan failitas yang di berikan, baik beasiswa dari pemerintah Australia, dari Universitas dan dari Lembaga/Donatur. 

Beasiswa Kuliah Ke Australia Pemerintah Australia

1. Australia Awards
Australia Awards Scholarship hadir dan siap memberi beasiswa penuh untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2 dan S3. Beasiswa ini merupakan beasiswa rutin yang diberikan oleh Pemerintah Australia untuk para pelajar internasional guna meningkatkan pengetahuan, hubungan pendidikan, serta hubungan jangka panjang yang positif antara Australia dengan negara-negara lain termasuk Indonesia. Karena merupakan program pemerintah beasiswa Australia Awards ini dapat digunakan untuk berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Australia, seperti: Monash University, Deakin University, La Trobe University, Victoria University, dan sebagainya Dulu menurut Tempo.co beasiswa ini dikenal sebagai Australian Development Scholarship sebelum menjadi Australia Awards Scholarship. Beasiswa ini benar-benar ditujukan bagi negara berkembang seperti Indonesia. Beasiswa yang dikelola oleh lembaga AusAID ini sudah ada sejak 1950 

2. Endeavour Scholarships

Endeavour Scholarship juga merupakan skema beasiswa penuh Pemerintah Australia. Beasiswa Endeavour disediakan untuk berbagai jenjang studi, mulai dari diploma, master, PhD, hingga program riset dan pelatihan profesional. Beasiswa yang diberikan sudah mencakup biaya kuliah, uang saku bulanan, tunjangan perjalanan, tunjangan establishment, asuransi kesehatan, hingga asuransi perjalanan. Beasiswa ditawarkan tiap tahun. Biasanya awal tahun pengumumannya sudah keluar.

3. International Postgraduate Research Scholarship (IPRS)

Beasiswa ini cocok bagi Anda yang mengincar beasiswa S2 riset di Australia. Selain S2, peluang juga terbuka untuk pelamar S3 riset. International Postgraduate Research Scholarship (IPRS). Beasiswa IPRS disediakan Pemerintah Australia bagi mahasiswa internasional untuk melanjutkan studi mereka di universitas-universitas Australia. Jika terpilih, IPRS akan menyediakan biaya kuliah serta asuransi kesehatan. Selain itu disediakan pula asuransi kesehatan bagi keluarga yang dibawa.




Beasiswa Kuliah Ke Australia Dari Kampus Terkait

1. Melbourne International Research Scholarships (MIRS)

MIRS merupakan beasiswa S2 dan S3 berbasis riset di University of Melbourne, Australia. MIRS merupakan beasiswa penuh yang menanggung sebagian besar kebutuhan studi, seperti biaya hidup, bantuan relokasi, tunjangan tesis atau disertasi, serta tunjangan berobat, melahirkan, serta cuti orang tua. Beasiswa University of Melbourne diberikan selama dua tahun untuk program master dan tiga tahun untuk program PhD. Ada ratusan kursi yang disediakan.

2. Sydney Achievers International Scholarships

The University of Sydney menawarkan beasiswa sarjana (S1) dan master (S2) melalui Sydney Achievers International Scholarships. Beasiswa ini ditujukan bagi pelajar mancanegara yang berminat kuliah di kampus Australia tersebut. Tiap tahun biasanya sekitar 100 beasiswa dialokasikan. Beasiswa University of Sydney ini berupa tanggungan biaya kuliah dan dalam bentuk parsial. Rincian beasiswa yang diberikan adalah AUD$ 10,000 per tahun bagi mahasiswa S1 dan AUD$ 15,000 - 20,000 untuk studi S2 dengan durasi program 1,5 - 2 tahun. Nilai tersebut bisa berubah sesuai kebijakan universitas.

3. Monash International Scholarship

Bagi Anda yang mengincar beasiswa di universitas Australia. Kampus satu ini juga paling rajin menawarkan beasiswa. Monash University menawarkan beberapa beasiswa luar negeri sekaligus, di antaranya Monash International Scholarship for Excellence, Monash International Leadership Scholarship, dan Monash International Merit Scholarship. Ketiga beasiswa tersebut biasanya disediakan dalam bentuk biaya kuliah. Beasiswa tersebut dapat dipergunakan untuk studi S1 atau S2 di Monash University.

4. Flinders International Postgraduate Research Scholarship (FIPRS)

FIPRS merupakan beasiswa S2 dan S3 riset di Flinders University. Beasiswa ini memberi kesempatan bagi mereka yang memiliki prestasi akademik untuk mengambil studi master maupun doktor mereka di Flinders University. Beasiswa berdurasi dua tahun untuk program master dan tiga tahun untuk program PhD. Mereka yang berhasil memperoleh beasiswa FIPRS akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan dan tunjangan hidup. Selain itu disediakan juga tunjangan pembentukan saat pertama kali tiba.

5. Adelaide Scholarships International (ASI)

Program beasiswa ini dibuka untuk studi master by research dan doctoral by research (PhD) di The University of Adelaide, Australia. Adelaide Scholarships International (ASI). Beasiswa Universitas Adelaide ini menyediakan tanggungan biaya kuliah selama dua tahun untuk gelar master dan tiga tahun untuk doktor. Perpanjangan beasiswa dimungkinkan untuk gelar doktor. Selain biaya kuliah, ASI juga memberikan tunjangan hidup untuk master dan doktor. Tunjangan hidup tersebut diberikan per tahun selama durasi beasiswa. Jika peraih beasiswa mengantongi visa subclass 574, juga berhak mendapatkan biaya asuransi kesehatan.

6. Vice-Chancellor’s International Scholarships

Beasiswa ini ditujukan bagi pelamar internasional yang ingin melanjutkan studi S1 atau S2 di Macquarie University. Vice-Chancellor’s International Scholarships. Beasiswa Vice-Chancellor’s merupakan beasiswa parsial (parohan) yang menanggung biaya pendidikan di Macquarie University. Nilainya hingga AUD$ 10.000 atau Rp 100 juta lebih dan bisa diikuti untuk studi yang diambil di kampus North Ryde, Macquarie University.

7. Curtin International Postgraduate Research Scholarships (CIPRS)

Program beasiswa di Curtin University ini ditawarkan melalui Curtin International Postgraduate Research Scholarships (CIPRS). Beasiswa riset ini meliputi studi jenjang S2 dan S3 di kampus tersebut. Curtin University menjaring para mahasiswa internasional berbakat dengan berprestasi untuk melanjutkan studi di Australia. Bagi Anda yang berhasil memenangkan beasiswa CIPRS, disediakan biaya kuliah selama dua tahun untuk master (S2) dan maksimal tiga setengah tahun bagi gelar doktor (S3). Penerima beasiswa biasanya juga ditawarkan uang saku bulanan.

8. Science Postgraduate Excellence Scholarships

Jika Anda ingin mendalami sains di Australia, ada baiknya mencoba penawaran beasiswa S2 dari Fakultas Sains University of Queensland. Beasiswa yang ditujukan bagi mahasiswa internasional, termasuk dari Indonesia. Ada dua jenis tingkatan beasiswa yang ditawarkan University of Queensland, yaitu Science Postgraduate Excellence Scholarships. Total nilai beasiswa AU $ 12.000. kemudian Science Postgraduate Merit Scholarships. Total nilai beasiswa AU $ 5.000. Nilainya bisa saja berubah sesuai kebijakan kampus.

9. Adelaide Scholarships International (ASI)

Program beasiswa ini dibuka untuk studi master by research dan doctoral by research (PhD) di The University of Adelaide, Australia. Adelaide Scholarships International (ASI). Beasiswa Universitas Adelaide ini menyediakan tanggungan biaya kuliah selama dua tahun untuk gelar master dan tiga tahun untuk doktor. Perpanjangan beasiswa dimungkinkan untuk gelar doktor. Selain biaya kuliah, ASI juga memberikan tunjangan hidup untuk master dan doktor. Tunjangan hidup tersebut diberikan per tahun selama durasi beasiswa. Jika peraih beasiswa mengantongi visa subclass 574, juga berhak mendapatkan biaya asuransi kesehatan

10. Australia Inspiring Innovation Scholarship Australia di Curtin University

Curtin University menawarkan Beasiswa untuk Siswa Internasional. Beasiswa ini memungkinkan siswa internasional untuk mempelajari bidang Teknik, Ilmu Kesehatan, Humaniora, Hukum, dan Sains yang akan diajarkan di Curtin University. Beasiswa ini tersedia untuk program tingkat Sarjana dan Pascasarjana di Curtin University.

11. The Indonesia Global Leaders Scholarship at University of Queensland‍

University of Queensland saat ini menduduki peringkat ke-4 se-Australia (The Times Higher Education World University Ranking) dan ke-47 sedunia (QS World University Rankings 2019). The Indonesian Global Leaders Scholarship diperuntukkan khusus untuk warga negara Indonesia dengan prestasi akademik baik yang ingin melanjutkan studi sarjana dan pasca sarjana dalam bidang Bisnis, Ekonomi dan Hukum.Beasiswa yang ditawarkan mencapai $10,000 untuk masa studi 1 semester dan selulus dari masa studi di University Queensland, Anda akan menjadi bagian dari jaringan Global Leaders Scholarship alumni. Situs resmi: https://scholarships.uq.edu.au/




Beasiswa Kuliah Ke Australia dari Donatur/Lembaga 

1. Rotary Peace Fellowships

Rotary International membuka program beasiswa master dan pelatihan profesional di bidang perdamaian. Rotary secara khusus menawarkan program beasiswa ini melalui skema Rotary Peace Fellowships. Selain terbuka untuk umum, kesempatan luas juga diberikan bagi Anda yang bekerja di pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat, militer, penegak hukum, maupun organisasi internasional lainnya seperti PBB dan Bank Dunia. Beasiswa master diberikan secara penuh dengan menanggung biaya kuliah di salah satu Rotary Peace Center, tempat tinggal, transportasi pp, dan semua biaya magang/studi lapangan. 

2. International Water Center (IWC) Scholarships

Demi pengembangan sumber daya air secara terpadu, International Water Center (IWC) yang berkantor di Australia bekerjasama sejumlah perguruan tinggi ternama Australia, seperti The University of Queensland, Griffith University, Monash University, dan The University of Western Australia menyediakan beasiswa master (S2) bagi mahasiswa internasional. Beasiswa berupa biaya kuliah penuh untuk program Master of Integrated Water Management (MIWM) yang bisa diambil di universitas tersebut. Beasiswa IWC ini juga rutin ditawarkan tiap tahun.

3. Johnstone Family Scholarship for International Students

Australian National University menawarkan Beasiswa Keluarga Johnstone untuk mendukung siswa Australia dan siswa internasional. Beasiswa ini terbuka untuk kandidat dalam dan luar negeri yang mendaftar dalam program gelar sarjana penuh waktu di bidang Matematika atau Statistik. Beasiswa ini disediakan oleh Australian National University. Australian National University adalah universitas riset nasional, memiliki tujuh akademi dan pusat penelitian. Universiyas ini adalah pusat terkemuka dunia untuk penelitian, pendidikan dan keterlibatan kebijakan dan terutama dikenal karena program-programnya di bidang seni dan ilmu sosial. Beasiswa ini tersedia untuk mengejar program gelar sarjana. Beasiswa akan memberikan jumlah senilai hingga $ 5.000 kepada sarjana yang berhasil.


Sekian, Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan dapat menjadi informasi mendalam, ya.





Source: 
studyinaustralia.gov.au
scholarshipsads.com
hotcourses.co.id
beasiswapascasarjana.com
tempo.co/

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah