-->
close
Kumpulan Beasiswa Kuliah di Universitas Jambi

Kumpulan Beasiswa Kuliah di Universitas Jambi

Brainesia.com Buat kamu yang ingin kuliah di Universitas Jambi dengan menggunakan beasiswa, atau kamu mahasiswa Universitas Jambi yang ingin mendapatkan beasiswa guna membantu biaya perkuliahan, berikut admin ulaskan berbagai beasiswa yang ada di Universitas Jambi yang dapat kamu apply

Kumpulan Beasiswa Kuliah di Universitas Jambi


1. Beasiswa PPA dan BBM Universitas Jambi

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mengalokasikan dana untuk memberikan bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa yang orang tuanya tidak mampu untuk membiayai pendidikannya, dan memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang mempunyai prestasi tinggi, baik di bidang akademik dan atau non akademik. Agar program bantuan biaya pendidikan dan beasiswa dapat dilaksanakan sesuai dengan prinsip 3T, yaitu: Tepat Sasaran, Tepat Jumlah, dan Tepat Waktu. Beasiswa B-PPA (Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik dan BBP-PPA (Beasiswa Bantuan Pendidikan-PPA) diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tujuan dari beasiswa B-PPA/BBP-PPA ini antara lain, meningkatkan akses dan pemerataan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi rakyat Indonesia, mengurangi jumlah mahasiswa yang putus kuliah, karena tidak mampu membiayai pendidikan, dan meningkatkan prestasi dan motivasi mahasiswa, baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler, maupun ekstrakurikuler. Sedangkan sasarannya adalah Mahasiswa berprestasi (baik pada bidang akademik/kurikuler, ko-kurikuler maupun ekstra kurikuler) dan Mahasiswa dengan prestasi minimal yang orang tua/wali-nya tidak mampu.

Fasilitas yang diberikan

1. B-PPA/PPA
Penerima beasiswa PPA akan mendapatkan Rp 400.000/ bulan dan akan dibayarkan langsung untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp. 2.400.000, dan langsung diberikan kepada mahasiswa aktif berdasarkan periode tahun anggaran berjalan dan diberikan untuk pertama kalinya sekurang-kurangnya selama 6 bulan.  Kuota beasiswa tidak sama tiap semester, tergantung pemberian dari Kemenristekdikti yang akan disampaikan melalui surat tertulis kepada perguruan tinggi penerima. 

2. BBP-PPA/BBM
Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa BBP-PPA, akan mendapatkan dana sebesar Rp. 400.000/bulan, dan akan dibayarkan oleh Kemenristekdikti untuk 1 semester (6 bulan) sebesar Rp. 2.400.000,-. Biaya yang diberikan akan diterima langsung oleh penerima beasiswa. Jumlah mahasiswa yang akan mendapatkan beasiswa untuk tiap semesternya tidak akan sama, hal ini dikarenakan kuota yang diberikan oleh Kemenristekdikti tidak sama jumlahnya setiap semester.

Note: 
Semua fasilitas yang diberikan bisa berubah besaran dan jumlahnya tergantung kebijakan pemberi beasiswa dan pihak terkait



2. Beasiswa Supersemar Universitas Jambi

dikutip dari pendaftaran.sscnbkn.win/ Beasiswa Supersemar merupakan salah satu program beasiswa yang cukup banyak diminati oleh para mahasiswa. Khususnya bagi mahasiswa yang kurang mampu. Beasiswa yang diberikan oleh yayasan supersemar ini ditujukan untuk para mahasiswa berprestasi dan juga aktif untuk dapat membantu meningkatkan kualitas intelektual mahasiswa tersebut. 

Diharapkan dengan bantuan biaya pendidikan tersebut, akan membuat para mahasiswa tersebut lebih fokus belajar untuk menyelesaikan pendidikan dari mulai sarjana hingga pasca sarjana. Tentu saja dengan menerima beasiswa ini tentunya para mahasiswa tidak perlu lagi merasa khawatir akan biaya perkuliahannya hingga selesai. Yayasan ini memang salah satu yayasan yang cukup lama memberikan bantuan pendidikan kepada para mahasiswa yang berprestasi.

Yayasan yang didirikan pada awal dekade 90 an ini sudah cukup banyak memberikan beasiswa supersemar pada mahasiswa-mahasiswa yang berprestasi unggul. Tentu saja untuk mendapatkan program beasiswa ini, Anda harus melewati beberapa tahapan seleksi yang cukup ketat agar bisa mendapatkan beasiswa ini. Tentu saja beasiswa ini diberikan secara utuh kepada para mahasiswa yang kurang mampu. 

Keunggulan Beasiswa Supersemar

  • Merupakan beasiswa yang cukup tua dan konsisten dalam memberikan bantuan pendidikan
  • Prestise dari beasiswa ini sangat tinggi karena kebanyakan alumni yang mendapatkannya telah menjadi Dosen/Rektor/Petinggi Negeri
  • Beasiswa ini khusus untuk mahasiswa baik-baik dan berprestasi
  • Mendapatkan sertifikat yang menunjukkan telah menerima beasiswa tersebut
  • Program beasiswa yang tidak mengikat
  • Memiliki program unggulan beasiswa yaitu program pengembangan diri dan karakter akan tetapi tidak wajib untk diikuti
  • Mendorong mahasiswa untuk mempertahankan prestasinya sebab apabila prestasi menurun maka beasiswa mungkin dicabut atau diberhentikan oleh yayasan
  • Sejumlah uang yang diberikan oleh beasiswa Supersemar diberikan secara utuh
  • Apabila masa penerimaan beasiswa telah habis maka dapat diperpanjang


3. Beasiswa Bank Indonesia Universitas Jambi

Beasiswa Bank Indonesia tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup. Para penerima Beasiswa BI juga diwadahi oleh komunitas dan nantinya akan mendapatkan berbagai pelatihan secara berkala, terencana, dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu, serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan supaya mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, program Beasiswa Bank Indonesia dibuka untuk berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia


4. Beasiswa Taspen Universitas Jambi

PT TASPEN (Persero) atau Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri adalah Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang bergerak di bidang asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun bagi ASN dan Pejabat Negara. Dana bantuan beasiswa pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa ini,merupakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan kepada dunia pendidikan. Biasanya, Beasiswa pendidikan yang diberikan hanya kepada 20 Mahasiswa, juga bisanya Beasiswa oleh PT. Taspen (Persero) Gorontalo akan diberikan kepada 20 mahasiswa yang memiliki prestasi dibidang akademik dengan IPK minimal 3.00 berstatus mahasiswa semester 6, serta dengan background pekerjaan orang tua sebagai ASN minimal golongan III. (wahid)


5. Beasiswa BNI Universitas Jambi

Beasiswa ini diberikan sebagai bentuk bakti BNI terhadap masyarakat Indonesia. Sebagai bank yang sudah melayani nasabah dari seluruh pelosok tanah air, wajar jika bank ini memberikan sebuah beasiswa sebagai bentuk rasa terima kasih karena sudah memilih bank ini sebagai bank kepercayaan masyarakat. Beasiswa ini diberikan kepada para mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Sehingga dapat membantu biaya pendidikan mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Beasiswa BNI ini akan dibuka setiap tahun ajaran baru. Minimal mahasiswa sudah masuk ke semester 3 dan maksimal sudah semester 10. Tentunya diharapkan dengan persyaratan minimal ini, BNI sebagai pemberi beasiswa bisa menjamin bahwa penerima beasiswa merupakan mahasiswa yang memiliki kecerdasan tinggi. Sebagai bentuk beasiswa terhadap keluarga kurang mampu, tentunya beasiswa ini diharapkan akan semakin memupuk semangat berjuang dari para mahasiswa kurang mampu tersebut untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan mampu mengangkat derajat keluarganya saat mereka sudah lulus dan memperoleh pekerjaan yang mapan dan lebih terpelajar.


6. Beasiswa Yayasan Toyota Astra (YTA) Universitas Jambi

Yayasan Toyota Astra (YTA) didirikan pada tahun 1974 oleh PT Astra International Tbk dan PT Toyota Astra Motor. Yayasan ini melakukan beberapa program dalam bidang pendidikan, diantaranya berupa beasiswa reguler untuk mahasiswa S1, Biasanya, Yayasan Toyota Astra (YTA) akan memberikan beasiswa YTA Reguler S1 TA. 2019/2020 dengan nominal sebesar Rp. 250.000,-/Bulan (dua ratus lima puluh ribu rupiah) selama 1 (satu) tahun akademik untuk 10-15 (lima belas) orang mahasiswa. Penyelenggaraan beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian nyata YTA terhadap dunia pendidikan nasional. Tujuan pemberian beasiswa ini dimaksudkan untuk membantu mahasiswa berprestasi agar dapat menyelesaikan studinya tepat waktu.


7. Beasiswa KIP-Kuliah Universitas Jambi

Pemerintah Indonesia terus berkomitmen untuk fokus meningkatkan pembangunan Sumberdaya Manusia melalui berbagai upaya cerdas. Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi. KIP-Kuliah memberikan akses kepada seluruh siswa di Indonesia untuk menggapai cita-cita melalui pendidikan tinggi.

Fasilitas yang didapat

  • Pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi (Ujian Tulis Berbasis Komputer-UTBK serta seleksi lain) yang diusulkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi bagi siswa yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial(DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos)
  • Pembebasan biaya kuliah/pendidikan yang dibayarkan langsung ke perguruan tinggi
  • Bantuan biaya hidup sebesar Rp. 700.000,00 (tujuh ratus ribu rupiah) per bulan
Note: 
Semua fasilitas yang diberikan bisa berubah besaran dan jumlahnya tergantung kebijakan pemberi beasiswa dan pihak terkait


8. Beasiswa PT Pegadaian (Persero) Universitas Jambi

PT. Pegadaian menyerahkan bantuan beasiswa untuk 16 mahasiswa. Program The Gade Goes To Campus PT Pegadaian (Persero) memberikan beasiswa kepada mahasiswa yang berprestasi berupa Tabungan Emas senilai Rp60 juta. Apresiasi berupa Tabungan Emas ini merupakan program Pegadaian dalam mengedukasi mahasiswa dan masyarakat untuknmemiliki tabungan yang bernilai, yaitu berupa emas. Tabungan Emas merupakan bentuk simpanan yang paling aman dan nilainya terus meningkat

Program The Gade Goes To Campus ini merupakan kegiatan yang akan terus dilakukan Pegadaian dalam rangka mendekatkan diri dan memberikan literasi keuangan kepada kalangan muda dan memperkenalkan Tabungan Emas bagi generasi masa depan. Kegiatan Pegadaian Goes to Campus merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri untuk memberikan edukasi kepada siswa maupun mahasiswa mengenai peran BUMN dalam pembangunan ekonomi. Di sisi lain juga memperkenalkan BUMN serta produk dan layanan BUMN yang bermanfaat bagi masyarakat.


9. Beasiswa Tanoto Universitas Jambi

Buat kalian yang mau kuliah S1 (Sarjana) gratis + mendapat tunjangan biaya hidup tiap bulannya, program ini bisa jadi jawabannya. Saat ini, Tanoto Foundation telah membuka program TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan). Program ini ditujukan bagi mahasiswa baru di beberapa PTN terbaik di Indonesia. Tiap tahun, Tanoto Foundation rutin membuka program pendanaan kuliah bagi mahasiswa Sarjana (S1). Sasarannya ialah mahasiswa baru di salah satu dari 9 kampus mitra. Dengan menjadi penerima program TELADAN ini, kamu akan mendapatkan banyak fasilitas.

Fasilitas yang di berikan

  • Pembiayaan seluruh uang kuliah selama 8 semester.
  • Tunjangan biaya hidup tiap bulan.
  • Mendapatkan program peningkatan softskill, serta kepemimpinan melalui berbagai kegiatan.
  • Mendapatkan dukungan karier.
  • Mendapat akses berbagai kegiatan dari Tanoto Faoundation baik tingkat Nasional maupun Internasional.
  • Mendapat akses sponsorship untuk perlombaan serta program magang (internship)
Note: 
Semua fasilitas yang diberikan bisa berubah besaran dan jumlahnya tergantung kebijakan pemberi beasiswa dan pihak terkait


10. Beasiswa Djarum Universitas Jambi

Djarum Beasiswa Plus atau sering juga disebut Beasiswa Djarum dibuka untuk mahasiswa pada semester 4 dari semua disiplin ilmu pada perguruan tinggi mitra Djarum Beasiswa Plus. Beasiswa Djarum Plus tidak hanya menyediakan bantuan dana beasiswa, tapi juga membekali penerima beasiswanya (Beswan) dengan berbagai kegiatan soft skills. Penerima beasiswa Djarum akan mendapatkan dana beasiswa sebesar Rp 750 ribu per bulan yang diberikan selama 1 tahun. Beasiswa ini dibuka antara bulan April – Mei setiap tahun.



Selanjutnya masih banyak lagi beasiswa yang di tawarkan di Universitas jambi, Antara Lain
  • Beasiswa conocophillip
  • Beasiswa Imhere
  • Beasiswa Eko Tjipta Foundation
  • Beasiswa BCA
  • Beasiswa Pemda


Note

Untuk Info Syarat, jadwal, dan tatacara pendaftaran setiap beasiswa berbeda-beda, untuk itu detailnya silahkan 



Sekian, Semoga artikel ini bisa memberikan wawasan dan dapat menjadi informasi mendalam, ya. Jangan lupa follow sosmed kami, dan join grub telegram brainesia untuk mendapat informasi menarik setiap harinya 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Horizontal

Iklan link Modifikasi

Iklan dalam artikel fix

Iklan Bawah